ARTJOG: Hajatannya Pencinta Seni

ARTJOG 2019 Yogyakarta

ARTJOG MMXIX

Sumber: Dokumen Pribadi

Semenjak pandemi dan kerja dari rumah, abang punya hobi baru buat memuaskan “nafsu” jalan-jalan dan mengunjungi suatu event, yaitu dengan mengakses Event #DiIndonesiaAja. Ya beginilah biar bisa tetap jalan-jalan walaupun secara virtual. Itung-itung bikin bucket list destinasi, event, hingga kuliner yang wajib dikunjungi dan cicipi di Indonesia setelah pandeminya kelar~

Ngomongin tentang event nih, abang jadi inget pas kunjungan ke ARTJOG 2019 (ARTJOG MMXIX) di Museum Nasional Yogyakarta dari tanggal 25 Juli – 25 Agustus 2019.  Lagi-lagi, ini gara-gara abang liat Event Seni  di Indonesia Travel yaitu ARTJOG MMXXI: Time (to) Wonder yang digelar secara virtual dari 8 Juli – 31 Agustus 2021. Sobat jalan-jalan pasti udah taukan ARTJOG ini merupakan hajatannya para pencinta seni bertaraf internasional? Iya dong secara sudah 13 tahun diadakan hehe. Yaudah kali ini abang mau cerita tentang serunya pengalaman abang dateng ke ARTJOG MMXIX, disimak yah~

Selayang Pandang ARTJOG

ARTJOG MMXIX

Salah satu karya yang ada di ARTJOG MMXIX 

Sumber: Dokumen Pribadi 

Sobat jalan-jalan, ARTJOG merupakan festival seni kontemporer berkelas internasional yang rutin diselenggarakan setahun sekali #DiIndonesiaAja tepatnya di Yogyakarta. Perhelatan akbar ini berada di bawah naungan Yayasan Hita Pranajiwa Mandaya yang setiap tahun berhasil menggaet puluhan hingga ratusan ribu wisatawan untuk berbondong-bondong datang ke Yogyakarta. Tentunya ini berdampak positif terhadap ekonomi kreatif yang ada di Yogyakarta lho. 

Baca juga: Keren! Akhirnya Bekasi Punya Museum Digital

FYI nih sobat jalan-jalan, sebelum menjadi festival seni yang sangat populer seperti saat ini, ARTJOG hanya bagian dari Festival Kesenian Yogyakarta. Waktu itu namanya adalah Jogja Art Fair (JAF). JAF pertama kali diadakan pada tahun 2008. Pada saat itu, JAF merupakan pekan raya seni kontemporer pertama yang diadakan di Indonesia. Kemudian, pada tahun 2010 terjadi transformasi yang lebih besar lagi, yaitu Jogja Art Fair berubah nama menjadi ARTJOG seperti yang dikenal saat ini. 

ARTJOG MMXIX

ARTJOG Hajatannya Pencinta Seni

Foto disalah satu karya seni yang ada di ARTJOG MMXIX

Sumber: Dokumen Pribadi

Sebagai salah satu pencinta seni, abang nggak mau ketinggalan dong untuk datang ke ARTJOG MMXIX bareng temen-temen. Pada tahun 2019, jauh sebelum ada pandemi, ARTJOG full diadakan secara offline. Bahkan menurut artikel yang abang baca di Indonesia Travel, sebanyak 101.500 wisatawan baik nusantara maupun mancanegara datang ke  ARTJOG MMXIX. Mantap banget nggak tuh? Mantap banget dong!

Kalau ini udah baca: Pantai Muara Beting, Pantai Eksotik di Muaragembong Bekasi

Pada ARTJOG MMXIX, tema yang diusung adalah “Arts in Common”. Tema ini diharapkan ARTJOG MMXIX semakin ramah dan membumi bagi semua kalangan yang datang dan tentunya agar lebih dekat dengan para pencinta seni. Sesuai dengan temanya, pas abang dateng kesana, banyak banget karya seni hebat yang dipamerkan. Tidak lain, karya seni ini merupakan karya-karya dari tangan dingin para seniman nusantara yang membahas tentang persoalan-persoalan manusia yang butuh untuk direnungkan. Tentu, ini disajikan dengan visual yang sangat amat menarik.

Pameran Karya Seni ArtJog

Kursinya unik banget yaa

Sumber: Dokumen Pribadi

Banyak karya seni yang dipamerkan, mulai dari lukisan, instalasi, hingga seni rupa yang bikin para pengunjung berdecak kagum. Apalagi di ARTJOG MMXIX ini, para seniman banyak menggunakan barang-barang bekas yang didaur ulang menjadi sebuah karya seni yang sarat akan cerita. Tenang, setiap karya seni yang dipamerkan akan diberikan keterangan jadi orang awam pun bisa mencerna apa yang dimaksud dari karya seni tersebut. Nggak mau menyia-nyiakan kesempatan dong, abang pun ikutan foto di beberapa karya seni. Tenang-tenang, ini masih di jarak aman kok dan inget ya kita nggak boleh menyentuhnya, cukup dinikmati aja lewat visual.

ARTJOG

Siapa yang mau radio ini?

Sumber: Dokumen Pribadi

Ah emang deh, abang jadi dapet banyak banget insight baru setelah mengunjungi ARTJOG MMXIX. Banyak pesan yang akhirnya tertuang dalam sebuah karya seni, tentang hidup dan permasalahannya, tentang lingkungan, dan tentang yang ada di bumi tercinta ini. Ini harusnya membuat kita lebih bijak lagi sebagai manusia. 

Tentang ARTJOG MMXXI

Tahun ini, Yayasan Hita Pranajiwa Mandaya kembali menggelar hajatan untuk para pencinta seni, tidak lain adalah ARTJOG  MMXIX. Tema ARTJOG MMXIX adalah “Time (to) Wonder” di mana para seniman diajak untuk memaknai waktu yang kemudian dituangkan dalam bentuk karya seni kontemporer. Tentu karya-karya ini merupakan karya dari pada seniman terbaik dari dalam dan luar negeri. Jadi nggak bakal kecewa deh hehe. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ARTJOG MMXXI diselenggarakan secara online karena dengan suasananya yang masih pandemi. Acara ini berlangsung dari tanggal 8 Juli hingga 31 Agustus 2021, salah satunya kalian bisa langsung mendapatkan infonya di web Indonesia Travel. Gimana ada yang ikutan kemaren?

Sabar Masih Pandemi, Jalan-jalannya Virtual Dulu Yaa!

ARTJOG RESELIENCE
ARTJOG RESELIENCE 2020
Sumber: WonderfulImage.id

Sudah satu tahun lebih pandemi masuk ke Indonesia dan tentunya sangat menggangu semuanya. Teruntuk sobat jalan-jalan yang sudah suntuk karena di rumah terus, sabar dulu yaa. Tunggu sampai semua keadaan membaik. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 6M dimanapun kita berada yaa, seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dengan benar, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama. Oh iya, vaksin pun wajib dilakukan yah. Selain untuk kekebalan tubuh menghadapi Virus Covid-19, sertifikat vaksinasi pun banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Itung-itung persiapan jalan-jalan kalau pandeminya sudah mereda ya sobat jalan-jalan hehe.

Jalan-jalan Virtual Aja Yuk!

Ipul Soedibjoe
Asiknya jalan-jalan virtual
Sumber: Dokumen Pribadi

Tenang tak usah gundah gulana, kalian masih bisa tetap jalan-jalan kok walaupun masih pandemi. Yaps caranya jalan-jalan secara virtual. Ada banyak banget platform yang bisa kalian akses untuk jalan-jalan secara virtual di Indonesia. Ya itung-itung bikin bucket list destinasi impian mana yang belum kalian kunjungi, menginap di resort mana yang unik dan instagramable, mencicipi kuliner khas yang udah lama pengen banget kalian cobain, sampai menghadiri event yang udah kalian tunggu-tunggu banget nih. Nah sebagai referensi abang biasanya mengakses www.indonesia.travel/event/id/home nih untuk event-event dan info menarik terkait pariwisata Indonesia. Nggak lupa juga abang follow akun instagram Kemenparekraf RI dan Pesona Travel. Jadi walaupun di rumah aja abang tetep masih bisa up to date terkait pariwisata dan ekonomi kreatif.  Jadi mau kemana nih setelah pandemi? Kalo abang sih #DiIndonesiaAja.

4 Comments

  1. Aku malah belum pernah ke Artjog ini. Ajak dong bang ke sanaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tahun depan ArtJog-nya offline kita kesana bareng-bareng yaak Num~

      Delete
  2. Sudah lama gak k Jogja. Pengen sih, tp tunggu pandemi berakhir.

    Kalau sempet main2 k blog sya bang! Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah siap bang ditunggu di Jogja ya kalau pandeminya udah berakhir aamiin :')

      Delete