Welcome 2020, Thank You 2019 : Resign dari Bank, Sekarang Jadi Blogger!



Yeah selamat tahun baru 2020 yaa genks! Wah pasti udah banyak banget target-target yang udah ditulis nih sebagai Resolusi 2020. Btw, kalo kita throwback ke 2019 apa sih pencapaian-pencapaian kalian yang udah terealisasi? Pasti ada yang terrealisasi ada yang belum yah? yaa namanyaa juga hidup, kalo semuanya tercapai nanti kita nggak bersyukur karena semua yang kita minta, dikabulkan Tuhan. Yekan-yekan?

Nah kali ini abang mau cerita tentang 2018 dan 2019 nih yaa. Ada suka dan duka tentunya, dan intinya kalo abang sih nggak mau terlalu membandingkan hidup abang dengan orang lain. Karena setiap orang punya jalan hidup masing-masing, punya rezekinya masing-masing, dan intinya apapun pilihannya itu pasti yang terbaik *ealah ngomong apa sih bang wkwk yaudah lanjut yuk ...

Resign dari Bank 


Ini salah satu keputusan yang “agak” berat waktu itu. Sebenernya sih resign-nya bukan di tahun 2019 tapi di 2018. Tahun 2019 itu ngerasain “jobless-nya”. Secara abang udah kerja sekitar 3 tahun di bank tersebut sebagai Customer Service (CS) yang setiap hari harus melayani nasabah dengan setulus hati hehe pasti yang sering berhubungan dengan bank tau tagline bank apa itu wkwk.


Alasan resign waktu itu karena emang mau lanjut S2 walapun waktu itu belum pengumuman jadi antara di terima kuliah atau nggak. Terus emang ngerasa udah bosen juga sih sama lingkungan kerjannya *ehh wkwk. Intinya abang cinta sama pekerjaanya tapi nggak cinta sama lingkunganyaa makanya abang memutuskan untuk resign! hehe

Jangan segan-segan resign yaa kalo lingkungan atau teman kerjamu itu udah mulai jadi “toxic” buat kalian. Menurut abang, inshaAllah ada jalan lain kok untuk ganti pekerjaan mumpung masih muda juga hehe

Tidak Diterima di UGM

Part selanjutnya setelah resign adalah menunggu pengumuman kuliah. Jaraknya satu bulan kalo nggak salah dari resign. Ini masih di tahun 2018 pertengahan yaa genks.  And you know what? Ternyata abang diterima dengan status “Diterima di kelas Matrikulasi” alias kalo tahun ini ada kelas matrikulasi bakalan diterima kalo nggak diadakan berarti nggak diterima. Dan tahun itu nggak ada kelas matrikulasi so jadi abang belum diterima tahun ini. Kecewa? Yaa pasti adalah yaah namanya juga manusia pasti berharap tapi yaudah abang pun harus melanjutkan mimpi-mimpi yang sempat tertunda.

Dan status abang adalah jobless atau pengangguran yang belum diterima kuliah. Musti mikir dong yah selain mempersiapkan pendaftaran tahun berikutnya abang juga harus cari pekerjaan agar tetap ada pemasukan walapun sebenernya abang punya tabungan untuk persiapan kuliah cuma kan emang tabungan buat kuliah bukan buat jajan wkkwk.

Motor dan Rumah Kemasukan Maling

Nah ini dia motor abang yang dulu hilang~

Salah satu kejadian yang membuat down abang lagi setelah tidak diterima di UGM saat itu adalah kehilangan motor yang abang beli dari hasil kerja di bank dulu. Motor hilang pas lagi dibawa bokap dan di parkir dipinggir jalan. Nyesek banget rasanya, susah-susah cari uang buat nyicil motor eh motornya ilang dibawa maling

Nggak cukup sampai disitu, beberapa bulan kemudian rumah abang kemasukan maling dan saat itu abang yang tau duluan pas bangun tengah malam, alhamdulillah abang dan keluarga aman tapi hp adek ilang, dan motor nggak sempat dibawa sama maling karena abang udah keburu bangun duluan.

Dua kejadian berturut-turut setelah abang memutuskan untuk resign dari bank. Percayalah, selalu ada hikmah disetiap kejadian. Mungkin, abang dan keluarga masih kurang bersyukur dan kurang beramal makanya ditegur sama Allah.  

Mulai Aktif Menulis (kembali)

Setelah mengalami kegabutan yang luar biasa, sebenernya sih ngak gabut-gabut amat cuma ngerasa nggak produktif aja, makanya abang mulai menulis kembali, menekuni hobi yang udah lama ditinggalkan karena saking sibuknya dengan dunia kerja. Mulai mendaftar sebagai kontributor beberapa platform digitial seperti Travel Blog Id, Hipwee, Detik Travel, dan juga nulis blog pribadi (walapun masih blogspot waktu itu hehe).
Karena basicly abang emang suka jalan-jalan, jadi punya banyak stok foto untuk diceritakan. Satu-satu abang tulis dan abang kirimlah kebeberapa platform tersebut dan ada lomba blog juga yang sempat abang ikuti. Itulah kesibukan yang abang lakukan untuk mengisi kekosongan hati eh hari maksudnya hehe. 

Penghargaan Pertama di 2019


Alhamdulillah dari hobi yang mulai di tekuni kembali membawakan hasil. Sebenernya sih bukan menjadi goals harus menang lomba, bagi abang cerita abang ada yang baca aja udah seneng apalagi mendapatkan apresiasi, alhamdulillah banget. Ohiya, sebenernya ini bukan pengharagaan pertama di dunia tulis menulis, cuma kemaren-kemaren lombanya nggak di posting di blog pribadi jadi karyanya dikirim langsung. Dan ini lomba blog, alhamdulillah hadiah di awal tahun 2019.

Waktu itu abang dapet Juara 1 Review Blog TravelBlog.Id dan mendapatkan 1 unit Smartphone Samsung A6+. Seneng dong yah, namanya juga baru mulai nulis kembali eh alhamdulillah dapat penghargaan (gaboleh sombong) emang rezekinya aja 😊

Nulis Blog dan Beli Domain

Nah setelah aktif lagi nulis, ada temen deket dari zaman kuliah lah yang ngasih tau dan ngajarin nge-blog dan nyaranin untuk beli domain. Yaps namanya Widi Darma. Abang sih manggilnya umik alias emak, karena emang udah kek emaknya abang hehe. Sebenernya doi juga sih yang udah ngajarin dan ngenalin dunia jurnalistik ke abang dari zaman kuliah, sampek akhirnya abang jadi Wartwan Arti Junior (dulu zaman muda) wkwk.

Dia nyarananin abang untuk beli domain biar lebih profesional dan banyak job nantinya. Sempet mikir sih, takutnya udah beli domain tapi abang malah males nulis kan sayang domainnya. Tapi kalo dipikir-pikir banyak manfaatnya juga kalo blog abang udah pake domain bakalan lebih profesional tentunya.       

Dapet Job Vlogger dan Blogger


Nah pertama kali dapet job setelah terjun ke dunia media kreatif itu di tahun 2019 yaitu undangan sebagai Youtubers. FYI nih yaa genks, sebenernya dari dulu abang punya channel youtube yaitu Syaiful BS. Isinya emang kebanyakan adalah voice over. Abang bacain puisi yang diambil dari novel-novel best seller. Dari sinilah ternyata abang banyak dapet subscribers sampek 4K loh dan alhamdulillah udah adsense



Dari iseng-iseng ternyata membawa berkah hehe. Nih buat kalian yang belum subscribe boleh yaah di subsribce dulu hehe. Ohiya sama satu lagi karena hobi voice over jadi abang punya akun sendiri namanya @siibaperr follow yaah ..







“Ada seseorang yang mampu menerimamu selapang diriku, sedalam kau mengecewakanku, dan sesering kau menyakitiku ...” . ✨Narasi : Di Kepalaku, Kau Adalah Tanda Tanya. ✨ Penulis : @jangandengerin . ✨ Pengisi Suara : @ipulsoedibjoe . ✨ Music: Someday - Site: https://icons8.com/music/ . cc : @mediakita , @grandmetropolitan, @puisiku, @buku_plus, @menubuku, @bukugpu, @bukukitacom, @kumpulan_puisi, @mt.puisi, @puisidisenja, @catatanmovie, @instagram, @omah_belajar @radiodakta @m2eradio88.2fm __________________________________________________ #jangandengerin #ditinggalpaslagisayangsayangnya #narasi #novelboycandra #novelbestseller #novelgalau #galau #baper #bikinbaper #narasi #musikalisasipuisi #puisiku #puisi #narator #VO #voiceover #videopuisi #videopoem #poem #tagmantan #tagsomeone #gagalmoveon #moveon #lfl #lffl #likeforlike #lik4like #following #follow4follow
A post shared by Si Baper (@siibaperr) on

Lanjut nih ceritanya, seiring waktu berjalan ternyata dapet banyaklah invitation untuk Blogger dan Vlogger yaa walapun belum sebanyak yang lain tapi alhamdulillah kan namanya juga belum setahun aktif nulis di blog hehe. Bertemu dengan banyak senior-senior yang sangat luar biasa, sharing tentang dunia perblog dan vlog-an, yaa pokonya networking lah yah yang harus diperluas.

Invitation Filedtrip ke Jember 







Museum Tembakau dan Perpustakaan . Temans, di Jember ada Museum Tembakau dan Perpustakaannya loh yang berada di dalam UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau Jember (UPT PSMB - LT Jember) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur. . Nah Museum Tembakau dan Perpustakaan ini merupakan bagian dari Tobacco Information Center yang memberikan informasi tentang diversifikasi tembakau seperti : Bio-oil, Minyak atsiri, Bahan pembuat solar cell, Bahan farmasi, Parfum, Kosmetik, Pupuk & Pestisida. . Selain itu, di Museum Tembakau ini ada juga loh Perpustakaannya yang sudah memiliki Digital Library yang merupakan hasil kerja sama dengan LIPI. Kalian bisa mencari tentang literatur tembakau dan komoditas lain dalam bentuk e-book yang bisa diakses di perpustakaan ini. Keren banget nggak temans? . Jangan lupa mampir ke Museum Tembakau dan Perpustakaannya yah kalau lagi ada di Jember πŸ˜„ . . @bloggerjember @naturallyjember_official @humas_jember #museumtembakau #museumtembakaujember #museumtembakaudanperpustakaan # #UPTPSMBLTJember #explorejember #explorejembercity #bloggerjember #travelblogger #suegerfamtrip19 #siipuljalanjalan #lflπŸ’›
A post shared by α”•Yα—©Iα–΄α‘Œα’ͺ α—·α”• (@ipulsoedibjoe) on
Ini salah satu pengalaman yang tidak terlupakan yaitu terpilihnya abang sebagai salah satu peserta Sueger Fam Trip Jember 2019 yang mengumpulkan teman-teman travel blogger dari seluruh penjuru untuk meng-explore keindahan alam Jember. 

Kenapa ngga terlupakan? Pertama, ini kali pertama ke Jember dan naik kereta terlama sejauh ini, selanjutnya adalah bisa bertemu dengan orang-orang hebat yang telah melalang buana di dunia per bloggeran dan traveling. Jadi bisa belajar banyak deh  dari mereka hehe. 

Diterima di UGM







Selamat Berlibur Sobat Kelas B Magister Kajian Pariwisata (MKP) UGM Angkatan 2019 ❤️ _______________________________________________________ Alhamdulillah, udah satu semester ternyata bareng-bareng sama orang-orang bar-bar! Orang-orang yang bacotnya nggak bisa diem, orang-orang yang hyperactive, orang-orang yang kalo ngerjain tugas nungguin deadline~ . Terima kasih untuk kekompakannya satu semester ini yah, untuk kerjasamanya, dan untuk ambisi-ambisi yang udah kita lalui bersama *alah pencitraan wkwk . Selamat berlibur yah, selamat kembali kehabitatnya masing-masing, selamat berkumpul dengan keluarga tercinta. Sampai bertemu di Februari dan semoga terus kompak sampek lulus yah. Aamiin. . Semangat mengejar gelar M.Sc. Orang-orang bar-bar! . . . #magisterkajianpariwisata #magisterkajianpariwisataugm #sekolahpascasarjanaugm #Msc #universitasgadjahmada #ugm #anakpariwisata
A post shared by α”•Yα—©Iα–΄α‘Œα’ͺ α—·α”• (@ipulsoedibjoe) on

Genks, salah satu mimpi abang yang ditulis di list paling pertama dalam Resolusi 2019 adalah Lulus Magister Kajian Pariwisat UGM dan Allah menjawabnya di pertengahan tahun ini. Pegumuman ini di rilis di akun pendaftaran masing-masing peserta di perjalanan menuju Jember dalam acara Sueger Famtrip Jember 2019. 

Sembari menekuni hobi, abang juga belajar untuk persiapan pendaftaran UGM dan alhamdulillah semua usaha itu terbayar tuntas. Saat ini abang terdafatar sebagai salah satu Mahasiswa Jurusan Magister Kajian Pariwisata (UGM) dan baru kelar banget UAS hehe. Doakan yah semoga lancar dan lulus tepat waktu. Aamiin

Mendapat Penghargaan Juara III Menulis Artikel Desa Wisata Sleman 2019






Alhamdulillah Juara 3 Menulis Artikel Desa Wisata Sleman 2019 πŸ† . Sejujurnya masih nggak percaya dapet penghargaan ini, karena masih baru banget tinggal di Yogyakarta dan baru tau juga tentang konsep desa wisata. . Berawal dari penelitian tugas kuliah terkait pengelolaan desa wisata di @desawisatapulewulung Kab. Sleman, terus berani buat menuangkan ide-ide untuk kemajuan desa wisata dalam bentu artikel. . Alhamdulillah, ini langkah kecil antara hobi menulis dan sekarang konsen di dunia pariwisata. Semoga ini tidak hanya ide melainkan kolaborasi nyata untuk pariwisata Indonesia yang lebih baik lagi. Semangat terus! . Terima kasih untuk Pak Aris dari Desa Wisata Pulewulung yang telah mengajak saya mengenal potensi daerhanya dan terima kasih juga untuk Dinas Pariwisata Sleman @wisatasleman. Semoga akan ada banyak kerjasama yang bisa kita lakukan. Aamiin . . . #festivaldesawisata #festivaldesawisatasleman2019 #lombamenulisartikel
A post shared by α”•Yα—©Iα–΄α‘Œα’ͺ α—·α”• (@ipulsoedibjoe) on

Ini salah satu achivement paling berkesan tahun ini. Selagi kuliah, abang juga nyambi ngisi konten karena sesuai dengan passion. Kuliah Jurusan Pariwisata dan sebagai seorang Travel Blogger jadi seiringan belajar sambil ngisi konten hehe.

Sebelumnya emang abang udah banyak kerjasama dengan Dispar di DIY terkait tugas dan diskusi terkait Pengembangan Pariwisata. Dan salah satunya juga dosen menugaskan  untuk kajian tentang Desa Wisata (Dewis). Eh ternyata Dispar Sleman mengadakan lomba menulis artikel tentang Desa Wisata di Kabupaten Sleman, yaudah abang ikutan aja deh. 

Di lomba ini nggak cuma review tentang desa wisata tapi kajian mendalam terkait pengembangan desa wisata. Jadi kaya ide-ide apa aja yang bisa diterapkan disana. Jurinya pun orang-orang yang expert di sektor pariwisata jadi semakin greget hehe. Alhamdulillah goal di Juara III dari sekain banyak karya yang keren-keren banget.

Di Undang ke Bali untuk jadi Duta Pancasila BPIP RI

Ciee abang jadi Duta Pancasila BPIP RI ciee ~

Salah satu kado terindah di akhir 2019 adalah mendapatkan invitation dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) sebagia seorang content creator (Blogger dan Vlogger) untuk mengikuti Pelatihan Ideologi Pancasila di Bali. Senengnya pake banget. Jujur abang belum pernah ke Bali dan sekalinya di undangan ke Bali abang di sematkan menjadi Duta Pancasila BPIP RI bersama dengan puluhan teman-teman dari Youtubers, Blogger, Influencer, Pendongen, dan Remaja BKKBN.



Nggak pernah nyangka sampai sejauh ini efek dari “Media Sosial” membuat abang dapat kesempatan-kesempatan yang nggak semua orang bisa dapatkan. Abang hanya berpikir membuat karya sebanyak-banyaknya dan bermanfaat untuk banyak orang, tapi Allah selalu memberikan bonus lebih dari apa yang telah kita perbuat. Alhamdulillah. Btw, cerita lengkapnya tentang Duta Pancasila BPIP RI abang buatin cerita khusus yaah nanti hehe...





Apa ambisi-ambisi saya di jurusan Pend. Geografi Unisma @fkipunismabekasi.official pas jadi Mahasiswa? . 1. Bisa lulus dengan Skripsi Pariwisata dan Alhamdulillah bisa lulus dengan Skripsi Pariwisata Bahari dari Muaragembong, Kab. Bekasi. . 2. Bisa lulus dibawah 4 tahun dan alhamdulillah lulus 3 tahun 10 bulan, walapun dulu sempat diprogram 3 tahun setengah πŸ˜… . 3. Harus dapet beasiswa dan alhamdulillah sempat dapat beasiswa PPA dari Jurusan Pend. Geografi. . 4. Bisa menjadi duta kampus dan alhamdulillah bisa ikut serta dalam beberapa event Nasional membawa almamater Unisma Bekasi. . 5. Saya pengen lulus dan meninggalkan sesuatu yang bermanfaat untuk jurusan dan alhamdulillah ini salah satu kerja keras saya dan teman saya untuk mencetuskan Study Club @gienews dibawah @himagiunisma Bekasi. . Public Speaking dan Jurnalistik kan biasanyan masuk ranahnya Jurusan Komunikasi kenapa anak Pend. Geografi dari @fkipunismabekasi.official yang ngambil alih? . Jawaban saya simpel, saya bisa kenapa nggak. Dan terbukti sudah hampir 7 Generasi @gienews bertengger dan berprestasi. . Terima kasih adek-adek penerus perjuangan ambisi dan mimpi-mimpi saya. Tak perlu banyak orang untuk mewujudkan semuanya, cukup butuh orang yang mau belajar lebih, mendengar lebih, dan berbuat lebih ♥️ . Muda itu banyakin Karya dan Prestasi bukan Nyinyir ! . @yoga_candra191 @himagiunisma @gienews @geoinaction @anakunisma @yurizkhaaditya @fkipunismabekasi.official @sony.nugratama
A post shared by α”•Yα—©Iα–΄α‘Œα’ͺ α—·α”• (@ipulsoedibjoe) on

Dari semuanya cerita di 2018 dan 2019, abang cuma bisa bilang Alhamdulillah atas apapun yang abang dapatkan di tahun ini. Karena hidup itu kan nggak melulu enak terus, pasti ada nggak enaknya yekan? Dan abang selalu yakin bahwa “Setiap orang akan istimewa dengan caranya masing-masing”. Jadi kalo misalnya ada si A sukses dengan hobinya atau jalannya, kalau kita nggak mampu mengikuti yaa jangan ikut-ikutan, karena setiap orang ada porsinya masing-masing. Mending fokus sama mimpi-mimpi yang udah ada dan jangan lupa lakukan aksi jangan cuma mimpi doang. Udeh kek orang bener aja abang kan ngomongnya heheh.

Welcome 2020, Thank You 2019. Semoga lebih baik lagi, lebih berprestasi lagi, lebih produktif lagi, dan yang lebih penting adalah bermanfaat untuk banyak orang. Aamiin

Abang siap untuk 2020 yang lebih baik lagi! 

45 Comments

  1. Kerennnn... terus berkarya Bang. Aku juga memutuskan resign dari kantor karena pengen fokus merawat orang tua dan menjadi penulis. Semangat, sama2 berjuang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat kak!
      Pasti ada alasan mengapa kita memutusakan untuk resign, apapun itu semoga yang terbaik yaah kak :)

      Delete
  2. Saluut..yang muda yang berkarya ini ceritanya...semangaat...

    ReplyDelete
  3. Sangat menginspirasi. Terus ngeblog dan berkarya! Kece euy YT udah 4K

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak Naqiyyah, terima kasih yaa kak. Semangat terus kak ^^,

      Delete
  4. Kece banget bang. Salutt. Semoga tetap down to earth dan menjadi berkah bagi semesta. Selamat menyongsong tahun 2020

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Kak Emiria, Terima kasih yaa kaka. InshaAllah tetap down to earth kok kak. Kaka juga semangat terus yaah kak ^^,

      Delete
  5. Pertengahan tahun ini aku jg plan resign dr bank. Udah berbeda prinsip dengan management, dan aku pikir, udah waktunya untuk mundur baik2. Kenapa nunggu pertengahan, Krn bonus 2019 baru cair April wkwkwkkw. Terima dulu dong, baru kemudian submit surat :D.

    Mungkin aku bakal fokus ke blog juga ato dunia tulis menulis lah kalo udh resmi resign nanti. Kayaknya cuma kerjaan ini yg bisa cocok dengan passion ku mas. Kerjaan skr, sbnrnya bukan passionku, tapi setidaknya gaji dan benefit tinggi dan itu cukup utk ikhlas ngerjainnya :D. Cuma seperti katamu, kalo udah berubah jd toxic, ya mending ditinggalin :). Pikiran jd nyaman juga kan :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Kak Fan, hehe iyaah terima bonus dulu baru resign kak biar masih punya tabungan yaah hehe.

      Wah iyaah kak, sama aku juga nulis aja ceritain apa yang bisa kita ceritain siapa tau bermanfaat untuk banyak orang kan hehe. Semangat kak Fan :)

      Delete
  6. mantap mas, semoga semakin banyak juga prestasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih abang Fer, Aamiin yaa Allah. Semangat terus abang!

      Delete
  7. Ya ampun keren bingits bang, beda banget kayak saya yang semangat ngeblog kayak taik-taik ayam alias hangat hangat kagak wkwkw πŸ˜… btw salam kenal bg semoga saya bisa ngikut jejak prestasinya kelak πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak Inia salam kenal yaah hehe. Duh aku juga sama kok kak, kalo lagi nggak ada ide suka mentok sendiri hihi

      Delete
  8. Wah, baru setahunan ngeblog aja udah diajak ke Bali ya, kalah saya yang udah 5 tahun ga ada yg ajak ke Bali. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
  9. Hai Bang, Salam kenal sesama Xbank.

    Ternyata abang suka traveling Dan lebih cocok keliling dibanding duduk di belakang meja CS. Selamat berkarya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak Helena, wah sama yaa kita mantan XBank hahahah.
      Iyaah kak ternyata lebih cocok jalan-jalan ketimbang ngurusin komplen nasabah hahah

      Delete
  10. Mantaaaaap
    Keputusan berani sih resign itu
    Dan aku juga melakukannya 7 tahun yang lalu. Tapi untuk alasan berbeda

    Sukses selalu ya Ipul
    Makin asyik lho dibaca tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah dengan pemikiran yang matang dan pelan-pelan ada penggantinya walaupun penghasilanya belum sebanyak dulu hehhe

      Wah sama sama ex bank yaa kak,
      Terima kasih banyak kaka senior hehe

      Delete
  11. Seneng bacanya.
    Terasa banget semangatnya.
    Selamat dan semoga sukses terus ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih yaa kak. Semangat dan sukses selalu buat kaka :)

      Delete
  12. salut buat abang resign kerja untuk menulis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak, doakan aku istikomah yaah hehe

      Delete
  13. Keren banget bang,berani keluar dari zona nyaman, dan malah menemukan passion.. semangat berkarya dan menginspirasi ya bang .. sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modal nekat nih kak dan bismillah aja, semoga ada rezeki yang lebih baik hihi. Semangat terus kaka :)

      Delete
  14. Si ABang berani resign demi sesuatu yang jadi passionnya. Huebaaat,... rezeki mah gak ke mana ya. Di mana ada kemauan dan ketekunan, banyak kesempatan terbuka. jadi tahun ini mau ke mana aja? Aku ikut yaah... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modal nekat aja dan percaya rezeki nggak akan tertukar dari pemiliknyaa heheh. Yuk tahun ini kita harus jalan-jalan lebih banyak lagi yaah haha

      Delete
  15. Wah mantappp kak! Kita emang tidak pernah tau perjalanan hidup kedepannya. Yang penting kita terus bersyukur karna hidup kedepannya hanyalah rahasia tuhanπŸ‘‹

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak modal nekat nih. Bismillah doakan aku istikomah yaa kak. Semangat jugaa kak!

      Delete
  16. Bang Ipul, aku beneran terharu sepanjang bacanya.. Perjuangan dan hikmah itu selalu beriringan ya. Kalo nggak salah ingay, awal tahun lalu juga, aku ikutan baca tulisan reportase Abang di Blog ini tentang event dari Youtube itu dan sekarang ... masya Allah, selamat menempuh kuliah magister di UGM ya Bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kakaku, terima kasih yaa kak. Aku harus banyak belajar dari kaka nih hehe. Doakan aku bisa kelar tepat waktu yaah haha

      Delete
  17. Saya sempat ikutan sedih pas baca kehilangan motor. Pernah ngerasain soalnya hehehe. Alhamdulillah, setelah itu terbayar dengan berbagai prestasi di dunia blog, ya. Selamat! Semoga semakin produktif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak Keke, kalo kita udah pernah kehilangan rasanya tuh nyess banget yah, susah susah dapetinyaa eh ilang :(

      Delete
  18. Aku nggah ngeh ternyata dirimu ya pemenang pertama Lomba Blog Travelblog.id. Selamat walaupun telat. Haha. Saya masuk juga meskipun dapat juara favorit doang tapi Alhamdulillah hadiahnya adalah barang yang selama ini saya pengen banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kak rezeki aja itu haha. Wah selamat tetep lebih kece kaka dong daripada aku hehe

      Delete
  19. Keren banget dirimu, perjuangannya mantep banget. Semoga makin sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi tetehkuu, belum se-keren teteh kok akutuh hehe. Semangat terus ya tetehkuu.

      Delete
  20. Keputusan yang tepat menurutmu? Aku malah pengen kerja, biar dapat penghasilan tetap, karena kebutuhan ekonomi makin mendesak. Ngeblog tetep jalan, buat selingan pendapatan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah menurut aku tepat kak, karena kan hidup itu kita yang menentukan sendiri yaah. Jadi sekarang aku enjoy jalalinnya dan semakin semangat untuk terus produktif hehe

      Delete