Mudah, Perpanjangan SIM di Mall Pelayanan Publik (MPP) BTC 2 Kota Bekasi


Fiuh, akhirnya kelar juga perpanjangan SIM A dan C nya. Biasalah, sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik, kita harus taat peraturan yaah, termasuk mengurus SIM. Udah diinget-inget banget siklus 5 tahunan ini, berakhir di bulan Juni 2020. Cuma kemaren sempet hopeless sih karen COVID-19. Jadi pelayanan perpanjangan SIM sempat dihentikan sementara waktu.

Perpanjangan SIM sebenernya bisa dilakukan minimal 14 sebelum masa kadaluarsa, dan inget nggak boleh kelewat yah, soalnya kalo kalian kelewat walapun satu hari, bakal bikin SIM dari awal alias tes lagi (Psikotes dan Praktik Mengemudi). Maleskan ngulang dari awal? Nah makanya harus diinget-inget banget kapan SIM kita kadaluarsa.

Ini informasi resminya yaah sobat jalan-jalan

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga, yaps informasi pembukaan kembali pelayanan perpanjangan SIM. Per tanggal 30 Mei 2020 Polres Metro Bekasi Kota dan Polres Kabupaten Bekasi udah buka pelayanan perpanjangan SIM. Alhamdulillah, langsung deh abang cari informasi untuk pendaftaran via online.  

Perpanjangan SIM Bisa Dimana Saja!
Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall
Berkas yang harus diisi saat Perpanjangan SIM

Buat sobat jalan-jalan yang belum tahu, sudah sejak lama, untuk mengurus perpanjangan SIM kita nggak harus pulang kampung yah, alias sudah bisa dilakukan dimana saja. Syaratnya adalah kalian memiliki kartu identitas atau e-KTP. Terus daftar secara online deh. Mudahkan nggak perlu pulang kampung hehe

Mall Pelayanan Publik (MPP) BTC 2 Mall
Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallTampak depan BTC 2 Mall

Sebenernya abang tinggal di Kabupaten Bekasi, tapi kali ini abang mau nyobain perpanjangan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Bekasi Trade Center (BTC). Sebelumnya Mall Pelayanan Publik (MPP) dulunya di Pasar Proyek Bekasi Junction tapi per September 2019 dipindah ke BTC 2 Mall ini. Emang lebih refresentatif sih secara lokasi, apalagi BTC 2 Mall ini masih baru yah, jadi semua fasilitas yang ada di mall ini masih terawaat dan terjaga.   
Bekasi memang berangsur-angsur membaik dari COVID-19, setelah beberapa hari tidak ditemukan kenaikan jumlah positif. Makanya Bekasi termasuk daerah yang akan menerapkan fase baru yaitu “New Normal”. Yaa salah satunya dengan dibuka kembali mall untuk pelayanan publik. 

Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallMall Pelayanan Publik ini ada di Lantai 2

Total ada 17 instansi yang akan memberikan pelayanan publik di BTC 2 Mall ini. dari ke-17 instansi akan memberikan 96 jenis pelayanan antara lain Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Akta Kelahiran dan Kematian, Mutasi PBB, Pembayaran PDAM, sampai kepengurusan paspor.

Nah teruntuk kalian yang mau melakukan Perpanjangan SIM di MPP BTC 2 Mall, kalian harus mengunjungi web-nya di mpp.bekasikota.go.id dan langsung buat akun yah. Karena kalau kalian nggak buat akun, kalian nggak akan bisa melakukan booking antrian. Jadi musti registrasi sampai mendapatkan email aktivasi akun.

Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallTampilan web MPP Kota Bekasi 

Setelah kalian aktivasi akun, kalian tinggal klik Booking Antrian, setelah itu pilih instansi mana yang akan dituju. Kalau ingin perpanjangan SIM maka kalian pilih Polres Kota Bekasi dan pilih pelayanan Perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Setelah itu pilih tanggal dan waktu kedatangan yah. Perhatikan tanggal kadaluarsa pada SIM yaah.

Ohiya, nanti jika kita pilih tanggal dan waktu nggak bisa, itu berarti antrian sudah penuh yah, kalian bisa memilih tanggal dan waktu di hari berikutnya. Dan emang musti sabar sih kalo ngakses web ini, karena abang aja 5 kali coba baru bisa timbul menu Booking Antrian. Jadi musti sabar banget.
Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall


Nah ini dia email booking antriannya

Tadi juga banyak yang komplen kok, karena nggak bisa diakses web-nya. Yaa kita doakan semoga lancar lagi web-nya. Mungkin karena banyak yang akses jadi untung-untungan hehe. Satu lagi, kalo misalnya kalian mau perpanjang SIM C dan SIM A, booking nomer antrianya satu aja yah. Itu bisa untuk dua kok. Okey~

Untuk alamat BTC Mall 2 ada di Jl. HM. Joyo Martono No.42 DE, RT.003/RW.021, Margahayu, Kec. Bekasi Timur., Kota Bekasi, Jawa Barat.

Nyaman, Mudah dan Cepat!
Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallIni dia konter Pelayanan Polres Metro Bekasi Kota

Rasa nyaman tentunya akan kita dapatkan disini. Secara pelayananya di mall kan, otomatis kebersihan, keamanan, dan kenyamananya sangat terjaga. Ini yang seharusnya diterapkan di semua pelayanan publik agar kita yang datang nyaman. Nah sebelum akhirnya abang masuk pun, harus di cek suhu tubuh, dikasih hand sanitizer, dan diberlakukan antrian berjarak. Jadi sangat teratur. Petugasnya pun sangat ramah dan cekatan memberikan informasi kepada masyarakat yang bertanya. Salut, semoga bisa tetap dipertahankan!

Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallSempat chaos karena banyak pemohon yang belum daftar online

Mall Pelayana  Publik BTC 2 Mall
Cek suhunya dulu sebelum masuk yah sobat jalan-jalan

Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall
Jangan lupa pakai hand sanitizer yang udah disiapkan petugas

Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall
Inget physical distancing yaah

Mudah dan cepat, ini sih yang abang rasain pas urus perpanjangan SIM pagi tadi. Kita cuma bawa nomer antrian atau barcode di email yang dikirim dari pendaftaran di MPP BTC 2 Mall. Nggak usah di print sayang kertas, tunjukin aja email yang ada di hp, nanti juga bakal di scan-in sama pertugasnya dan diganti dengan nomer antrian baru.

Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall
Barcode dari email akan ditukar dengan nomer antrian baru

KALIAN NGGAK BISA MASUK KALAU BELUM DAFTAR ONLINE! Ini yang abang temui tadi pagi, kerumunan orang kebingungan karena “katanya” dilempar sana sini sama petugas. Dari Polres Kota Bekasi disuruh ke MPP BTC 2 Mall. Padahal realitanya, di MPP BTC 2 Mall tidak akan menerima pemohon yang belum melakukan pendaftaran online. Camkan itu! Jadi usahakan kalian datang sesuai dengan tanggal dan waktu yang sudah di tentukan sebelumnya lewat pendaftaran online. Okay~

Selanjutnya, kalian hanya cukup membawa KTP Asli dan Fotocopy 2 lembar, SIM Aslinya, dan Surat Keterangan Sehat. Tapi untuk surat keterangan sehat bisa diurus di lokasi kok. Jangan lupa juga bawa pulpen sendiri biar nggak antri dan memakan waktu, pakai sepatu dan pakai pakaian yang rapih yah dari pada nanti ditolak karena pakaiannya nggak rapih. Satu lagi, jangan lupa pakai masker. 

Rules dan Biaya
Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallKonter kesehatan - BRI - Asuransi

Sobat jalan-jalan, setelah kalian mendapatkan nomer antrian, cukup duduk di tempat yang sudah disediakan. Inget physical distancing yah. Jadi duduknya berjarak. Nanti, konter yang pertama kalian kunjungi adalah Konter Kesehatan jika kalian belum memiliki Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas, Klinik, atau Rumah Sakit. Ingetin Golongan Darah, Tinggi dan Berat Badan. Ohiya nanti juga kalian akan di tes buta warna disini. 

Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall
Duduk yang rapih yah sampai dipanggil sama petugasnya

Selanjutnya, ke Konter BRI untuk membeli voucher perpanjangan SIM dan selanjutnya Asuransi. Abang ingetin yah, asuransi itu nggak terlalu wajib alias sunah, jadi kalau kalian nggak pake pun nggak apa-apa. Karena petugas tidak akan menanyakan hal tersebut saat registrasi. Mereka hanya akan menanyakan Surat Keterangan Sehat dan Voucher dari BRI. Cukup! Jadi kalaupun nggak pake asuransi nggak apa-apa yah~
Untuk biaya yang akan dikeluarkan yaitu :
Surat Keterangan Sehat : Rp. 25.000/SIM
Voucher BRI Perpanjangan SIM A : Rp. 80.000,- dan SIM C : Rp. 75.000,- Sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall
Yeay, kurang lebih 1 jam udah kelar deh. Mohon maaf abaikan foto abang yah hihi

Jadi biaya total hanya Rp. 100.000,- untuk perpanjangan SIM C, Rp. 105.000,- untuk perpanjangan SIM A, dan Rp. 205.000,- untuk perpanjangan SIM A dan SIM C dengan Surat Keterangan Sehat (untuk 2 SIM).

Catatan!
Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallNah ini konter-konter untuk proses Perpanjangan SIM

Jika semua syarat dan ketentuan yang abang share diikuti, kurang lebih 1 jam udah jadi deh SIM barunya. Mudah dan cepat banget! Nah poin-poin yang harus diperhatikan:
  • Wajib daftar melalui online yah sebelum melakukan perpanjangan. Usahakan 15 menit sebelumnya sudah datang yah di MPP BTC Mall.
  • Saran abang sudah foto copy KTP dari rumah dan bawa pulpen juga biar nggak ribet urus disana. Yaa menghemat waktu lah. Siapkan juga uang pas biar nggak lama di konternya.
  • Jangan lupa pakai-pakaian rapih yang berkerah dan celana panjang, sepatu juga. Dan masker yah wajib banget dipakai. 
  •  Selain MPP BTC 2 Mall, kalian bisa perpanjangan di Polres Kota Bekasi dengan mendaftar terlebih dahulu via online di polrestrobekasikota.com . Bisa mengurus di malam hari loh kalo di Polres. Ada juga aplikasinya, kalian tinggal download di play store atau app store namanya Mall Pelayanan Publik Kota Bekasi. 
Selamat mengurus perpanjangan SIM yaah sobat jalan-jalan, tetap jaga jarak, jaga kebersihan, dan jauhi pungli yaah. Semangat! 

62 Comments

  1. Nah jadi tahu kalau ternyata harus daftar online dulu. Kemarin udah cari info soal MPP Palembang tapi minim. Biar ntar aku aja yang nulis pengalaman serupa hehe. Bulam Juni adalah saatnya bayar pajak kendaraan. Dan, semoga aja nggak ribet ini MPP Palembang. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa iyaah musti daftar online dulu bang. Siyaap ditunggu ulasannya yaah bang biar makin banyak orang yang tahu hehe

      Delete
  2. Bang. Kok ane gadapet emailnya ya? 2 kali daftar gak dpt2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa webnya kayaknya error mas. Soalnya kemaren pun banyak yang udah registrasi tapi nggak dapet email aktivasi. Dan ketika mau daftar ulang nggak bisa karena tulisannya sudah terdaftar.

      Delete
  3. Klw mau bikin sim berapa kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau membuat SIM Baru untuk A Rp. 120.000,- dan C Rp. 100.000,- ditambah Kesehatan dan Asuransi (jika merasa perlu) :)

      Delete
  4. Bang proses pembuatan surat keterangan sehat disana gimana aja? Ribet gak? Sama kalo kita gak tau golongan darah kita gimana tuh?

    ReplyDelete
  5. Bang kalo buat surat keterangan sehat disana gimana aja cek nya disana / apa aja yg di cek?
    Sama kalo kita gak tau golongan darah kita gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok disana, nggak ada pemeriksaan cuma tes buta warna aja dan ditanya, golongan darah, tinggi sama berat badan. Ohiya, untuk Golongan Darah bisa tanya bapak, kaka, atau adik kandung yah :)

      Delete
  6. Klo sudah daftar antrean online... Tp tidak dapat email. Gmn????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba refresh dulu emailnya kak, atau cek spam di email, takutnya web-nya sedang error. Atau bisa download di play store atau app store Mall Pelayanan Publik Kota Bekasi kak :)

      Delete
  7. Itu klo gadapet email-nya gimana gan, tapi udah diss booking antrean dimpp-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di refresh kak emailnya termasuk cek di spam? Kalo misalnya nggak ada tapi udah bisa booking antrian dan dapet barcode kayaknya bisa deh. Kalo nggak make sure aja dateng satu hari sebelumnya kak :)

      Delete
  8. Baru ngerti prosedur perpanjang SIM kaya gini, makasih infonya, ya, Bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak ini prosedur perpanjangan SIM hehe. Sama-sama yah kak :)

      Delete
  9. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Daftar online sebagian mungkin ada yg belum mengerti / minimnya informasi yah bang terutama bagi mereka yang jarang akses informasi dan gaptek, bisa jd gk tuh bang?. Makannya sempet chaos. Ya semoga kedepannya semua masyarakat jd lebih tau informasi yg update dan harus mengerti gimana daftar online. Anw terimakasih bang atas info nya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Bian, kemaren sempet chaos karena emang banyak masyarakat belum "engeh" dengan sistem online jadi adanya penumpukan pemohon deh. Betul semoga banyak masyarakat yang engeh yah dengan sistem online, jadi memudahkan semuanya deh :)

      Delete
  11. Asik yan sekarang mudah kalau mau perpanjang SIM. Dulu, saya harus jauh banget kalau mau perpanjang. Udah gitu antrenya bisa seharian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak udah semakin canggih yah jadi semakin mudah deh kitanya juga hehe

      Delete
  12. tapi kmrn temenku sempet daftar online prosesnya rada susah juga ya apa karna limit pesertanya terbatas ya ka? tapi kalo udh dpt nomor antrian dan jadwal datangnya sih aman banget mudah dan membantu bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa emang bang, aku juga berkali kali baru bisa daftar online, mungkin karena yang daftar juga banyak kali yaah jadinya sistemnya agak error. Iyaah kalo udah dapet email dan nomer antrian mah enak banget hehe. Lancar jaya hehe

      Delete
  13. Nah kalau sudah dipermudah gini tidak ada alasan lagi ya untuk tidak perpanjangan SIM, karena kelengkapan surat berkendara itu sangat penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kak Ren, inshaAllah aman kalo udah punya sim mau kemana juga hehe

      Delete
  14. Emang lebih enak daftar onlen dhlu. Pas dateng tinggal datang, periksa dokumen dan bayar. Kemarin suamiku urus STNK, biasanya d Mall Pelayanan publik di Blok M tapi belum buka jadinya terpaksa ke polda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget kak, memudahkan banget yaah, tinggal urus via online, datang sesuai waktu yang udah ditentukan, terus bawa dokumen deh. Lancar hihi

      Delete
  15. Wah bener-bener semakin mudah, cepat dan nyaman ya kak... Semoga kita semua sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak alhamdulillah semakin kesini pelayanan semakin bagsu yah, jadi kita nggak perlu repot-repot buat antri hehe. Aamiin yaa Allah kak, kaka juga yaah stay safe kak :)

      Delete
  16. Wah itu desain SIM yang terbaru ya kak? Kelihatan lebih moderen dan minimalis. Kalau daftar online gitu cepat nggak sih kak dapat email responnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak ini yang baru, fotonya ada dua di tempat tanda tangan juga hehe. Ada yang cepet ada yang lama kak, untung-untungan gituu hehe

      Delete
  17. Jika belum ada email nya berarti blm masuk antrian ya kak? Soalnya sdh masuk booking list tapi blm ada email nya ni sampai skrg ... 🤔🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gitu deh kak, tapi di booking listnya ada barcodenya nggak? Takutnya sistemnya lagi error kak

      Delete
  18. Kalau di sini, mengurus perpanjangan SIM di MPP ini enaknya nggak terlalu ngantri, mungkin karena banyak yang belum tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah mbak nggak terlalu mengantri, karena yang datang memang sudah daftar online hehe. Iyaah bener, seperti belum banyak yang tau dan masih banyak belum paham juga hehe

      Delete
  19. Aku baru tahu loh Ipul perpanjangan di ada di mall. Kalau bikin sim baru bisa juga enggak? Soalnya simku mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah teh sekarang udah banyak daerah yang membuat Mall Pelayanan Publik (MPP) dan nggak hanya mengurus sim saja tetapi banyak lainnya. Nah untuk pembuatan sim baru, setau saya belum bisa dilakukan di MPP ini. Karena pembuatan baru itu memerlukan tes (Psikotes dan Praktek) jadi perlu ke Polres teh hehe biasanya :)

      Delete
  20. Saya SIM Bekasi. Sekarang tinggal di Kab. Sukabumi. Bisa nggak perpanjang SIM di Sukabumi ? Syarat & caranya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sekarang sistemnya sudah online kak, jadi bisa dilakukan dimana saja. Tinggal bawa Kartu Identitas (KTP) yang masih berlaku dan melalukan pendaftaran online, karena Satlantas Polres Kota Sukabumi sudah memberlakukan antrian online :)

      Delete
  21. Gan kalo perpanjang 2 skm foto copi ktp bawa berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa 5 aja bang. Kemaren sih saya dimintain dua-dua copy ktpnya sama bawa ktp aslinya juga yah :)

      Delete
  22. Baik gan... terimakasih informasinya ya. Sukses selalu

    ReplyDelete
  23. Kl misal booking antrean kita dipake orang lain bisa ga yha gan?

    ReplyDelete
  24. Booking antrean kita bisa dipake orang lain ga gan?

    ReplyDelete
  25. Booking antrean kita bisa dipake orang lain ga gan?

    ReplyDelete
  26. Booking antrean kita bisa dipake orang lain ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tau kalo yang itu mas. Soalnya saat pendaftaran memakai akun pribadi :)

      Delete
  27. Mantap mas brooo sesuai banget yang ditulis disini sm actualnya, ga sampe 25 menit jadi,
    biaya perpanjang sim a & c :
    surat keterangan sehat 25K/sim,
    voucher bri sim a 80K & Sim c 75K, asuransi 30K/sim...
    total 265K (pake asuransi).

    Bang syaiful sukses selalu, ditunggu pengalaman berikutnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo berhasil abang. Selamat yaah.
      Senang bisa membantu :)

      Delete
  28. tidak boleh dr 14 hari sblm masa laku sim habis, maksudnya klo masa laku masih lebih dr 14 hari, berarti belum bisa daftar online, begitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak, jadi kalo masa aktif SIMnya masih lebih dari dua minggu jangan diperpanjang dulu yah, karena nanti bakal ditolak. Kalau misalnya pas pendaftaran online bisa, saat pemeriksaan bisa aja di tolak.

      Jadi kalau mau perpanjang pastikan masa kadaluarsanya minimal sudah 2 minggu terakhir menjelang kadaluarsa :)

      Delete
  29. Thanks...so helpfull infonya..dapet antrian buat lusa..mudah2an bisa lancar..dan gak pake lama...

    ReplyDelete
  30. Coba daftar online kok susah banget ya..masak udah penuh sampe september

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mungkin sedang banyak yang akses juga kak. Iyaah karena setiap hari ada kuotanya. Semangat mengurus kak :)

      Delete
  31. SIM saya mati bulan ini, tapi dapet antrian september, gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah coba liat update terbaru mas Ihsan, takutnya tidak ada perpanjangan masa waktu untuk sim yang habis bulan ini. Karena banyak antrian yang bulan-bulan kemarin pastinya :)

      Delete
  32. Kenapa ngga bisa daftar yaa? keterangannya NIK sudah terdaftar, padahal baru mau daftar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya udah coba registrasi akun belum kak? Soalnya takutnya kayak kejadian sebelumnya ada yang pernah daftar tapi gagal terus pas mau daftar lagi tulisanya sudah terdaftar.

      Delete
  33. Untuk pembayaran langsung di tempat dengan pembayaran kesh apa secara onlen ,mf minta infonya bang��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai cash kak. Siapkan uang pas aja yah biar prosesnya cepat :)

      Delete