Mudah, Perpanjangan SIM di Mall Pelayanan Publik (MPP) BTC 2 Kota Bekasi


Fiuh, akhirnya kelar juga perpanjangan SIM A dan C nya. Biasalah, sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik, kita harus taat peraturan yaah, termasuk mengurus SIM. Udah diinget-inget banget siklus 5 tahunan ini, berakhir di bulan Juni 2020. Cuma kemaren sempet hopeless sih karen COVID-19. Jadi pelayanan perpanjangan SIM sempat dihentikan sementara waktu.

Perpanjangan SIM sebenernya bisa dilakukan minimal 14 sebelum masa kadaluarsa, dan inget nggak boleh kelewat yah, soalnya kalo kalian kelewat walapun satu hari, bakal bikin SIM dari awal alias tes lagi (Psikotes dan Praktik Mengemudi). Maleskan ngulang dari awal? Nah makanya harus diinget-inget banget kapan SIM kita kadaluarsa.

Ini informasi resminya yaah sobat jalan-jalan

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga, yaps informasi pembukaan kembali pelayanan perpanjangan SIM. Per tanggal 30 Mei 2020 Polres Metro Bekasi Kota dan Polres Kabupaten Bekasi udah buka pelayanan perpanjangan SIM. Alhamdulillah, langsung deh abang cari informasi untuk pendaftaran via online.  

Perpanjangan SIM Bisa Dimana Saja!
Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall
Berkas yang harus diisi saat Perpanjangan SIM

Buat sobat jalan-jalan yang belum tahu, sudah sejak lama, untuk mengurus perpanjangan SIM kita nggak harus pulang kampung yah, alias sudah bisa dilakukan dimana saja. Syaratnya adalah kalian memiliki kartu identitas atau e-KTP. Terus daftar secara online deh. Mudahkan nggak perlu pulang kampung hehe

Mall Pelayanan Publik (MPP) BTC 2 Mall
Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallTampak depan BTC 2 Mall

Sebenernya abang tinggal di Kabupaten Bekasi, tapi kali ini abang mau nyobain perpanjangan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Bekasi Trade Center (BTC). Sebelumnya Mall Pelayanan Publik (MPP) dulunya di Pasar Proyek Bekasi Junction tapi per September 2019 dipindah ke BTC 2 Mall ini. Emang lebih refresentatif sih secara lokasi, apalagi BTC 2 Mall ini masih baru yah, jadi semua fasilitas yang ada di mall ini masih terawaat dan terjaga.   
Bekasi memang berangsur-angsur membaik dari COVID-19, setelah beberapa hari tidak ditemukan kenaikan jumlah positif. Makanya Bekasi termasuk daerah yang akan menerapkan fase baru yaitu “New Normal”. Yaa salah satunya dengan dibuka kembali mall untuk pelayanan publik. 

Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallMall Pelayanan Publik ini ada di Lantai 2

Total ada 17 instansi yang akan memberikan pelayanan publik di BTC 2 Mall ini. dari ke-17 instansi akan memberikan 96 jenis pelayanan antara lain Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Akta Kelahiran dan Kematian, Mutasi PBB, Pembayaran PDAM, sampai kepengurusan paspor.

Nah teruntuk kalian yang mau melakukan Perpanjangan SIM di MPP BTC 2 Mall, kalian harus mengunjungi web-nya di mpp.bekasikota.go.id dan langsung buat akun yah. Karena kalau kalian nggak buat akun, kalian nggak akan bisa melakukan booking antrian. Jadi musti registrasi sampai mendapatkan email aktivasi akun.

Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallTampilan web MPP Kota Bekasi 

Setelah kalian aktivasi akun, kalian tinggal klik Booking Antrian, setelah itu pilih instansi mana yang akan dituju. Kalau ingin perpanjangan SIM maka kalian pilih Polres Kota Bekasi dan pilih pelayanan Perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Setelah itu pilih tanggal dan waktu kedatangan yah. Perhatikan tanggal kadaluarsa pada SIM yaah.

Ohiya, nanti jika kita pilih tanggal dan waktu nggak bisa, itu berarti antrian sudah penuh yah, kalian bisa memilih tanggal dan waktu di hari berikutnya. Dan emang musti sabar sih kalo ngakses web ini, karena abang aja 5 kali coba baru bisa timbul menu Booking Antrian. Jadi musti sabar banget.
Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall


Nah ini dia email booking antriannya

Tadi juga banyak yang komplen kok, karena nggak bisa diakses web-nya. Yaa kita doakan semoga lancar lagi web-nya. Mungkin karena banyak yang akses jadi untung-untungan hehe. Satu lagi, kalo misalnya kalian mau perpanjang SIM C dan SIM A, booking nomer antrianya satu aja yah. Itu bisa untuk dua kok. Okey~

Untuk alamat BTC Mall 2 ada di Jl. HM. Joyo Martono No.42 DE, RT.003/RW.021, Margahayu, Kec. Bekasi Timur., Kota Bekasi, Jawa Barat.

Nyaman, Mudah dan Cepat!
Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallIni dia konter Pelayanan Polres Metro Bekasi Kota

Rasa nyaman tentunya akan kita dapatkan disini. Secara pelayananya di mall kan, otomatis kebersihan, keamanan, dan kenyamananya sangat terjaga. Ini yang seharusnya diterapkan di semua pelayanan publik agar kita yang datang nyaman. Nah sebelum akhirnya abang masuk pun, harus di cek suhu tubuh, dikasih hand sanitizer, dan diberlakukan antrian berjarak. Jadi sangat teratur. Petugasnya pun sangat ramah dan cekatan memberikan informasi kepada masyarakat yang bertanya. Salut, semoga bisa tetap dipertahankan!

Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallSempat chaos karena banyak pemohon yang belum daftar online

Mall Pelayana  Publik BTC 2 Mall
Cek suhunya dulu sebelum masuk yah sobat jalan-jalan

Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall
Jangan lupa pakai hand sanitizer yang udah disiapkan petugas

Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall
Inget physical distancing yaah

Mudah dan cepat, ini sih yang abang rasain pas urus perpanjangan SIM pagi tadi. Kita cuma bawa nomer antrian atau barcode di email yang dikirim dari pendaftaran di MPP BTC 2 Mall. Nggak usah di print sayang kertas, tunjukin aja email yang ada di hp, nanti juga bakal di scan-in sama pertugasnya dan diganti dengan nomer antrian baru.

Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall
Barcode dari email akan ditukar dengan nomer antrian baru

KALIAN NGGAK BISA MASUK KALAU BELUM DAFTAR ONLINE! Ini yang abang temui tadi pagi, kerumunan orang kebingungan karena “katanya” dilempar sana sini sama petugas. Dari Polres Kota Bekasi disuruh ke MPP BTC 2 Mall. Padahal realitanya, di MPP BTC 2 Mall tidak akan menerima pemohon yang belum melakukan pendaftaran online. Camkan itu! Jadi usahakan kalian datang sesuai dengan tanggal dan waktu yang sudah di tentukan sebelumnya lewat pendaftaran online. Okay~

Selanjutnya, kalian hanya cukup membawa KTP Asli dan Fotocopy 2 lembar, SIM Aslinya, dan Surat Keterangan Sehat. Tapi untuk surat keterangan sehat bisa diurus di lokasi kok. Jangan lupa juga bawa pulpen sendiri biar nggak antri dan memakan waktu, pakai sepatu dan pakai pakaian yang rapih yah dari pada nanti ditolak karena pakaiannya nggak rapih. Satu lagi, jangan lupa pakai masker. 

Rules dan Biaya
Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallKonter kesehatan - BRI - Asuransi

Sobat jalan-jalan, setelah kalian mendapatkan nomer antrian, cukup duduk di tempat yang sudah disediakan. Inget physical distancing yah. Jadi duduknya berjarak. Nanti, konter yang pertama kalian kunjungi adalah Konter Kesehatan jika kalian belum memiliki Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas, Klinik, atau Rumah Sakit. Ingetin Golongan Darah, Tinggi dan Berat Badan. Ohiya nanti juga kalian akan di tes buta warna disini. 

Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall
Duduk yang rapih yah sampai dipanggil sama petugasnya

Selanjutnya, ke Konter BRI untuk membeli voucher perpanjangan SIM dan selanjutnya Asuransi. Abang ingetin yah, asuransi itu nggak terlalu wajib alias sunah, jadi kalau kalian nggak pake pun nggak apa-apa. Karena petugas tidak akan menanyakan hal tersebut saat registrasi. Mereka hanya akan menanyakan Surat Keterangan Sehat dan Voucher dari BRI. Cukup! Jadi kalaupun nggak pake asuransi nggak apa-apa yah~
Untuk biaya yang akan dikeluarkan yaitu :
Surat Keterangan Sehat : Rp. 25.000/SIM
Voucher BRI Perpanjangan SIM A : Rp. 80.000,- dan SIM C : Rp. 75.000,- Sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Mall Pelayanan Publik BTC 2 Mall
Yeay, kurang lebih 1 jam udah kelar deh. Mohon maaf abaikan foto abang yah hihi

Jadi biaya total hanya Rp. 100.000,- untuk perpanjangan SIM C, Rp. 105.000,- untuk perpanjangan SIM A, dan Rp. 205.000,- untuk perpanjangan SIM A dan SIM C dengan Surat Keterangan Sehat (untuk 2 SIM).

Catatan!
Mall Pelayanan Publik BTC 2 MallNah ini konter-konter untuk proses Perpanjangan SIM

Jika semua syarat dan ketentuan yang abang share diikuti, kurang lebih 1 jam udah jadi deh SIM barunya. Mudah dan cepat banget! Nah poin-poin yang harus diperhatikan:
  • Wajib daftar melalui online yah sebelum melakukan perpanjangan. Usahakan 15 menit sebelumnya sudah datang yah di MPP BTC Mall.
  • Saran abang sudah foto copy KTP dari rumah dan bawa pulpen juga biar nggak ribet urus disana. Yaa menghemat waktu lah. Siapkan juga uang pas biar nggak lama di konternya.
  • Jangan lupa pakai-pakaian rapih yang berkerah dan celana panjang, sepatu juga. Dan masker yah wajib banget dipakai. 
  •  Selain MPP BTC 2 Mall, kalian bisa perpanjangan di Polres Kota Bekasi dengan mendaftar terlebih dahulu via online di polrestrobekasikota.com . Bisa mengurus di malam hari loh kalo di Polres. Ada juga aplikasinya, kalian tinggal download di play store atau app store namanya Mall Pelayanan Publik Kota Bekasi. 
Selamat mengurus perpanjangan SIM yaah sobat jalan-jalan, tetap jaga jarak, jaga kebersihan, dan jauhi pungli yaah. Semangat! 

176 Comments

  1. Nah jadi tahu kalau ternyata harus daftar online dulu. Kemarin udah cari info soal MPP Palembang tapi minim. Biar ntar aku aja yang nulis pengalaman serupa hehe. Bulam Juni adalah saatnya bayar pajak kendaraan. Dan, semoga aja nggak ribet ini MPP Palembang. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa iyaah musti daftar online dulu bang. Siyaap ditunggu ulasannya yaah bang biar makin banyak orang yang tahu hehe

      Delete
  2. Bang. Kok ane gadapet emailnya ya? 2 kali daftar gak dpt2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa webnya kayaknya error mas. Soalnya kemaren pun banyak yang udah registrasi tapi nggak dapet email aktivasi. Dan ketika mau daftar ulang nggak bisa karena tulisannya sudah terdaftar.

      Delete
  3. Klw mau bikin sim berapa kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau membuat SIM Baru untuk A Rp. 120.000,- dan C Rp. 100.000,- ditambah Kesehatan dan Asuransi (jika merasa perlu) :)

      Delete
  4. Bang proses pembuatan surat keterangan sehat disana gimana aja? Ribet gak? Sama kalo kita gak tau golongan darah kita gimana tuh?

    ReplyDelete
  5. Bang kalo buat surat keterangan sehat disana gimana aja cek nya disana / apa aja yg di cek?
    Sama kalo kita gak tau golongan darah kita gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok disana, nggak ada pemeriksaan cuma tes buta warna aja dan ditanya, golongan darah, tinggi sama berat badan. Ohiya, untuk Golongan Darah bisa tanya bapak, kaka, atau adik kandung yah :)

      Delete
  6. Klo sudah daftar antrean online... Tp tidak dapat email. Gmn????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba refresh dulu emailnya kak, atau cek spam di email, takutnya web-nya sedang error. Atau bisa download di play store atau app store Mall Pelayanan Publik Kota Bekasi kak :)

      Delete
  7. Itu klo gadapet email-nya gimana gan, tapi udah diss booking antrean dimpp-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di refresh kak emailnya termasuk cek di spam? Kalo misalnya nggak ada tapi udah bisa booking antrian dan dapet barcode kayaknya bisa deh. Kalo nggak make sure aja dateng satu hari sebelumnya kak :)

      Delete
  8. Baru ngerti prosedur perpanjang SIM kaya gini, makasih infonya, ya, Bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak ini prosedur perpanjangan SIM hehe. Sama-sama yah kak :)

      Delete
  9. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Daftar online sebagian mungkin ada yg belum mengerti / minimnya informasi yah bang terutama bagi mereka yang jarang akses informasi dan gaptek, bisa jd gk tuh bang?. Makannya sempet chaos. Ya semoga kedepannya semua masyarakat jd lebih tau informasi yg update dan harus mengerti gimana daftar online. Anw terimakasih bang atas info nya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Bian, kemaren sempet chaos karena emang banyak masyarakat belum "engeh" dengan sistem online jadi adanya penumpukan pemohon deh. Betul semoga banyak masyarakat yang engeh yah dengan sistem online, jadi memudahkan semuanya deh :)

      Delete
  11. Asik yan sekarang mudah kalau mau perpanjang SIM. Dulu, saya harus jauh banget kalau mau perpanjang. Udah gitu antrenya bisa seharian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak udah semakin canggih yah jadi semakin mudah deh kitanya juga hehe

      Delete
  12. tapi kmrn temenku sempet daftar online prosesnya rada susah juga ya apa karna limit pesertanya terbatas ya ka? tapi kalo udh dpt nomor antrian dan jadwal datangnya sih aman banget mudah dan membantu bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa emang bang, aku juga berkali kali baru bisa daftar online, mungkin karena yang daftar juga banyak kali yaah jadinya sistemnya agak error. Iyaah kalo udah dapet email dan nomer antrian mah enak banget hehe. Lancar jaya hehe

      Delete
  13. Nah kalau sudah dipermudah gini tidak ada alasan lagi ya untuk tidak perpanjangan SIM, karena kelengkapan surat berkendara itu sangat penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kak Ren, inshaAllah aman kalo udah punya sim mau kemana juga hehe

      Delete
  14. Emang lebih enak daftar onlen dhlu. Pas dateng tinggal datang, periksa dokumen dan bayar. Kemarin suamiku urus STNK, biasanya d Mall Pelayanan publik di Blok M tapi belum buka jadinya terpaksa ke polda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget kak, memudahkan banget yaah, tinggal urus via online, datang sesuai waktu yang udah ditentukan, terus bawa dokumen deh. Lancar hihi

      Delete
  15. Wah bener-bener semakin mudah, cepat dan nyaman ya kak... Semoga kita semua sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak alhamdulillah semakin kesini pelayanan semakin bagsu yah, jadi kita nggak perlu repot-repot buat antri hehe. Aamiin yaa Allah kak, kaka juga yaah stay safe kak :)

      Delete
  16. Wah itu desain SIM yang terbaru ya kak? Kelihatan lebih moderen dan minimalis. Kalau daftar online gitu cepat nggak sih kak dapat email responnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak ini yang baru, fotonya ada dua di tempat tanda tangan juga hehe. Ada yang cepet ada yang lama kak, untung-untungan gituu hehe

      Delete
  17. Jika belum ada email nya berarti blm masuk antrian ya kak? Soalnya sdh masuk booking list tapi blm ada email nya ni sampai skrg ... 🤔🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gitu deh kak, tapi di booking listnya ada barcodenya nggak? Takutnya sistemnya lagi error kak

      Delete
  18. Kalau di sini, mengurus perpanjangan SIM di MPP ini enaknya nggak terlalu ngantri, mungkin karena banyak yang belum tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah mbak nggak terlalu mengantri, karena yang datang memang sudah daftar online hehe. Iyaah bener, seperti belum banyak yang tau dan masih banyak belum paham juga hehe

      Delete
  19. Aku baru tahu loh Ipul perpanjangan di ada di mall. Kalau bikin sim baru bisa juga enggak? Soalnya simku mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah teh sekarang udah banyak daerah yang membuat Mall Pelayanan Publik (MPP) dan nggak hanya mengurus sim saja tetapi banyak lainnya. Nah untuk pembuatan sim baru, setau saya belum bisa dilakukan di MPP ini. Karena pembuatan baru itu memerlukan tes (Psikotes dan Praktek) jadi perlu ke Polres teh hehe biasanya :)

      Delete
  20. Saya SIM Bekasi. Sekarang tinggal di Kab. Sukabumi. Bisa nggak perpanjang SIM di Sukabumi ? Syarat & caranya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sekarang sistemnya sudah online kak, jadi bisa dilakukan dimana saja. Tinggal bawa Kartu Identitas (KTP) yang masih berlaku dan melalukan pendaftaran online, karena Satlantas Polres Kota Sukabumi sudah memberlakukan antrian online :)

      Delete
  21. Gan kalo perpanjang 2 skm foto copi ktp bawa berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa 5 aja bang. Kemaren sih saya dimintain dua-dua copy ktpnya sama bawa ktp aslinya juga yah :)

      Delete
    2. Login eh email gak terdaftar

      Delete
  22. Baik gan... terimakasih informasinya ya. Sukses selalu

    ReplyDelete
  23. Kl misal booking antrean kita dipake orang lain bisa ga yha gan?

    ReplyDelete
  24. Booking antrean kita bisa dipake orang lain ga gan?

    ReplyDelete
  25. Booking antrean kita bisa dipake orang lain ga gan?

    ReplyDelete
  26. Booking antrean kita bisa dipake orang lain ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tau kalo yang itu mas. Soalnya saat pendaftaran memakai akun pribadi :)

      Delete
  27. Mantap mas brooo sesuai banget yang ditulis disini sm actualnya, ga sampe 25 menit jadi,
    biaya perpanjang sim a & c :
    surat keterangan sehat 25K/sim,
    voucher bri sim a 80K & Sim c 75K, asuransi 30K/sim...
    total 265K (pake asuransi).

    Bang syaiful sukses selalu, ditunggu pengalaman berikutnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo berhasil abang. Selamat yaah.
      Senang bisa membantu :)

      Delete
  28. tidak boleh dr 14 hari sblm masa laku sim habis, maksudnya klo masa laku masih lebih dr 14 hari, berarti belum bisa daftar online, begitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak, jadi kalo masa aktif SIMnya masih lebih dari dua minggu jangan diperpanjang dulu yah, karena nanti bakal ditolak. Kalau misalnya pas pendaftaran online bisa, saat pemeriksaan bisa aja di tolak.

      Jadi kalau mau perpanjang pastikan masa kadaluarsanya minimal sudah 2 minggu terakhir menjelang kadaluarsa :)

      Delete
  29. Thanks...so helpfull infonya..dapet antrian buat lusa..mudah2an bisa lancar..dan gak pake lama...

    ReplyDelete
  30. Coba daftar online kok susah banget ya..masak udah penuh sampe september

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mungkin sedang banyak yang akses juga kak. Iyaah karena setiap hari ada kuotanya. Semangat mengurus kak :)

      Delete
  31. SIM saya mati bulan ini, tapi dapet antrian september, gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah coba liat update terbaru mas Ihsan, takutnya tidak ada perpanjangan masa waktu untuk sim yang habis bulan ini. Karena banyak antrian yang bulan-bulan kemarin pastinya :)

      Delete
  32. Kenapa ngga bisa daftar yaa? keterangannya NIK sudah terdaftar, padahal baru mau daftar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya udah coba registrasi akun belum kak? Soalnya takutnya kayak kejadian sebelumnya ada yang pernah daftar tapi gagal terus pas mau daftar lagi tulisanya sudah terdaftar.

      Delete
  33. Untuk pembayaran langsung di tempat dengan pembayaran kesh apa secara onlen ,mf minta infonya bang��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai cash kak. Siapkan uang pas aja yah biar prosesnya cepat :)

      Delete
  34. yuhuu, the same with Bengkulu city. Service at mall more smart and fast. I do love it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps maju terus Mall Pelayanan Publik (MPP) hihi

      Delete
  35. Sim saya mati 10 juni tapi dpt booking 10 juli .. karena full booking ditanggal2 sebwlumnya.. gimana itu mas .. apakah ada masalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nggak ada masalah yaah kak. Soalnya di info sebelumnya perpanjangan SIM sampai 31 Juni untuk yang kemarin belum perpanjangan saat masa pandemi (PSBB) :)

      Delete
  36. Kalo sim jakarta bisa perpanjang dibekasi ga bang

    ReplyDelete
  37. bang kalo boleh sharing tes butawarnanya bang, kira kira sulit ga yah, soalnya ane buta warna parsial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes Buta Warnanya sama aja seperti biasanya bang, nanti petugasnya akan buka satu-satu gambarnya kita sebut aja hehe. Aku juga sempet salah jawab tapi dikasih tau kalo salah hehe

      Delete
    2. banyak ga yang di tanyakan?

      Delete
  38. Bang gmana caranya but akun nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka aja linknya di atas kak yang mpp itu. Nanti ikutin step by stepnya yah. Gampang kok kak :)

      Delete
  39. Bang, saya sudah dapat nomor antrian online, tapi tidak ada barcode dan gak dapet email juga,. itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba buka di situs mpp-nya kak di daftar booking, biasanya sih ada. Kalau nggak ada mending make sure dulu kak ke petugasnya, takutnya situsnya lagi error :)

      Delete
  40. Mau nanya min. Itu kok bisa daftar dua ya? Sim A dan SIM C . Soalnya saya ngga bisa daftar dua SIM, yang satunya harus daftar h+8 setelah daftarin sim yg pertama. Udah coba bikin email baru tp tetep ngga bisa karna nik nya udah kedata sama email sebelumnya. Ada saran kah? Soalnya takut ngga kedapetan kalo nunggu 8 hari lagi

    ReplyDelete
  41. Mau nanya gimana caranya bisa daftar sim a dan SIM C? Soalnya saya cuma bisa daftar satu SIM saja dan jika ingin daftar sim satunya harus menunggu h+8 untuk daftar di web mpp nya lagi. Ada saran kah? Soalnya takut ngga kebagian kalo harus nunggu 8 hari lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai satu nomer antrian aja. Saya juga antrianya satu kok tapi bisa untuk dua (Perpanjang SIM A dan SIM C) :)

      Delete
  42. Mas.. sy daftar di web Polrestro metro Bekasi dan dapat antria pagi jam 10. Itu berarti nanti kita perpanjangnya di polres ya??
    Terus baiknya datang brp jam sebelum nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mas kalo daftarnya di Polres nanti mas perpanjanganya di Polres. Kalau bisa satu jam sebelumnya aja atau paling telat 30 menit sebelumnya, itu pun dengan catatan persyaratan mas sudah lengkap yah biar nggak ribet urus-urus lagi :)

      Delete
    2. Jd perpanjang pagi sudah bisa yah di polres.
      Syaratnya kan copy KTP 2 lbr, KTP asli dan SIM asli ya....

      Delete
  43. Bang ane daftar di web nya porles bekasi, tapi dapet nya yg di mpp tempat nya, kira2 perlu daftar lagi kaga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa gitu yah, kaka maunya dimana? Kalo gpp di mpp yaa ke mpp aja kak. Soalnya taku pas ke Polres nanti di tolak karena antrianya ada di mpp

      Delete
  44. Nanya dongg, minimal 14 hari sblm habis itu maksudny gmn ya, kalo habis tggl 16 , daftar tggl 12 gitu ga bisa ya harus tggl 2 gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gini Mas Andy, jadi jika Mas Andy mau melakukan perpanjangan SIM itu bisa dilakukan minimal 2 minggu sebelum waktu kadaluarsa. Jadi 14 hari (2 minggu) sebelum waktunya abis Mas Andy sudah bisa melakukan perpanjangan nggak harus nunggu waktunya habis atau mendekati. Tapi kalau mas mau perpanjangan H-2 atau bahkan H-1 pun nggak masalah selagi masih dapet nomer antrian online.

      Yang bahaya adalah ketika kita mengunggu deadline (Pas Hari H) dan nomer antrian habis (untuk antrian manual), maka mau nggak mau harus besok dan waktunya sudah habis. Jadi bikin baru dan tes ulang lagi ehehe. Jadi mending jaga-jaga beberapa hari sebelumnya mas :)

      Delete
  45. Bang, sy udh dpt email blsan dr mpp bekasi kota.. tapi balik lagi ke menu booking no antrian terus yaa..
    Coba daftar lagi tp di bilang NIK anda sdh terdaftar..
    Gmn itu bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo bang, coba ulang lagi bang daftar antriannya. Takutnya sistemnya error. Kalau untuk daftar lagi kemungkinan besar nggak bisa karena email sudah terdaftar. Coba-coba terus yaah bang :)

      Delete
  46. Ka mau tanya..
    kenapa mw booking prpanjang sim ada keterangan tanggal penuh. Pdhl sim nya aktif smpe tgl 26 agustus ini.
    mohon solusinya ka????
    Udh coba dftar di aplikasi online polres dan mpp itu tp g dpt tgl nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo keteranganya sudah penuh, berarti pemohon pada tanggal tersebut sudah memenuhi kuota. Coba kaka ganti tanggalnyaa kak dan jamnya juga. Mana tau masih ada yang kosong kak :)

      Delete
  47. Saya udah coba masuk buat dapet no antrian padahal masih ada waktu 14 hari dari hari H.. knp waktunya gk muncul.. apa sudah penuh kuotanya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba refresh terus kak. Soalnya kadang jaringan (Web-nya) error :)

      Delete
  48. Saya dari kemarin daftar via online kok gx bsa" knpa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah bisa kak? Kalau belum bisa coba lagi atau ganti tanggal dan jamnya :)

      Delete
  49. bang mau tanya
    sim c saya mati pd bulan mei kemaren apa masih bisa dilakukan perpanjangan sim?atau bikin baru lg soal nya pas mau perpanjang masih tahap psbb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya untuk yang bulan Mei dan Juni sampai akhir Agustus ini. Tapi saya belum tau update terbarunyaa kak. Maaf yaah :)

      Delete
  50. bang mau tanya
    sim c saya mati bulan mei kemaren apa masih bisa dilakukan perpanjangan atau harus bikin baru lg?soal nya pas mau perpanjang masih tahap psbb

    ReplyDelete
  51. untuk KTP Kabupaten bisa engga ya perpanjang SIM di MPP Kota Bekasi? mohon informasinya kak

    ReplyDelete
  52. Mau tanya bang, masa berlaku SIM saya sampai akhir bulan depan tgl 26 september. Tadi saya iseng daftar online di mpp untuk tgl 11 september (bisa & tersedia antriannya). Kira-kira diterima ga ya sama petugas nya?? karena saya urus perpanjangan di H-15 sebelum jatuh tempo.

    Untuk tes ksehatan apakah benar bisa dilakukan di klinik/puskesmas??

    Saya menunggu feedback dari bang ipul. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas Bagas,
      Saran saya mas cob daftar lagi yah yang pas 14 hari sebelum masa kadaluarsa SIM-nya. Karena nanti sebelum ambil nomer antrian ada pengecekan tanggal kadaluarsa, jika masa kadaluarsa lebih dari 14 hari makan akan ditolak. Lebih baik jaga-jaga yaah :)

      Ohiya, sebenernya kalau Mas Bagas udah terlanjur buat di Klinik atau Puskesmas gpp di bawa aja, tapi jika belum, saran saya urus disana aja. Lebih mudah :)
      Semoga lancar yaa mas :)

      Delete
  53. Saya juga ni dapet antrian tgl 14 masa berlaku sim tgl 17 masih bisa g mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak ini dalam bulan yang sama yah? Misal masa berlaku SIM sampai tanggal 17 September 2020 dan dapat nomer antrian tanggal 14 September 2020, kalau seperti itu bisa mas gpp :)

      Delete
  54. Kalau saya mau perpanjang SIM A & C. Dengan satu no antrian daftar lewat onlain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah nomer antriannya satu aja kak. Bisa untuk A dan C kok. Daftarnya tetap online :)

      Delete
  55. Itu tepatnya dimananya ya mas?
    Sala besok selasa mau kesana juga.

    ReplyDelete
  56. Itu tepatnya dimananya ya mas?
    Sala besok selasa mau kesana juga.

    ReplyDelete
  57. Tepatnya sebelah mana ya mas?
    Saya selasa besok mau kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di atas sudah saya kasih alamat lengkapnya kak silahkan di baca kembali yaah :)

      Delete
  58. Akun saya ga busa dibuka. Padahal udh dapet kode booking. Tapi karna gabisa dibuka ga bisa liat barcode nya. Kira kira bisa ga ya cuma pake kode booking?

    ReplyDelete
  59. Kalo akun MPP nya gabisa dibuka. Terus gabisa liat barcode. Kira kira bisa ga ya. Tapi Punya screenshoot kode booking nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalau punya SS kode booking bisa deh. Nanti bilang aja sama petugasnya kode bookingnya biar dapet nomer antrian kak :)

      Delete
  60. Kira2 masih bisa gak yah bang sekarang? Aku udah booking tapi ada yang bilang katanya nanti bakal diarahin ke sim keliling? Hmm

    ReplyDelete
  61. Kira2 sekarang masih bisa gak yah bang? Aku udah booking sih cuma katanya ada yang bilang bakalan diarahin ke sim keliling hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah aku denger-denger pun diarahkan ke simling (Sim Keliling) cuma aku nggak tau prosedur berikutnya kak.Mohon maaf yaah :)

      Delete
  62. Mau tanya kak aku udh booking perpanjangan sim tgl 15 oktober tapi sim ku habis tgl 20 oktober apakah masih bisa?

    ReplyDelete
  63. Mau tanya kak sim ku habis tgl 20 oktober tapi aku udh booking di tgl 15 oktober apakah masih bisa melakukan perpanjangan sim?

    ReplyDelete
  64. Mau tanya kak sim ku habis tgl 20 oktober tapi aku udh booking perpanjangan sim di tgl 15, kira kira apakah masih bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong, kan minimal perpanjangan 14 hari sebelum masa SIM habis. Kalapun kak perpanjangan tanggal 20-nya pun bisa :)

      Delete
  65. Bang kalo ga pake asuransi boleh ya....ga dipaksa harus asuransi kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asuransi itu sunah kak, kalau kakak mau pake silahkan nggak juga gpp. Kemaren aku nggak pake, dan biasa petugasnya agak jutek karena aku nggak pake heheh

      Delete
  66. Ini waktunya min 14 hari sebelum kadarluarsa dan bisanya apakah bisa hari Sabtu / Minggu jam 8-12?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah 14 hari sebelum kadaluarsa kak, biasanya sabtu tetap buka dan minggu tidak buka. Untuk ketersediaan jadwal bisa liat langsung lewat online yaa kak :)

      Delete
  67. Gan, untuk instansi dan jenis pelayanannyabapa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nggak salah ada Polres Metro Kota Bekasi, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kesahatan, Bank BJB, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pos, BAnk BNI, PDAM Tirta Patriot, Kantor Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Telkom, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bekasi Selatan, KPP Pratama Bekasi Utara.

      Delete
  68. Sim saya habis ditanggal 13 november ini, pas daftar antrian kebagian ditanggal 13 november ini, apakah bisa mas?

    Kalau utk surat keterangan sehat bisa disana kah bikinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong mas! Usahakan harus kelar hari itu yah, soalnya kalo besoknya mas akan dikenakan buat baru bukan perpanjangan lagi. Dan wajib mengikuti tes dari awal.

      Surat keterangan sehat bisa disana kok mas, tenang aja :)

      Delete
  69. Woohhh mantap tertsusun rApi bang artikelnya, matur kesuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak yaa kak :)
      Semoga bermanfaat yaah :)

      Delete
  70. bang, kalo misalnya dapat jadwal jam 10 mesti datang pagi jg gak bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 jam sebelumnya aja bang sudah ada disana. Pastikan juga semua persyaratanya udah lengkap yah biar nggak riber urus-urus lagi :)

      Delete
  71. Bang keren dan lengkap... jelas terbaca dengn baik dan mudah..
    Kalau saya mau tanya.. untuk surat kesehatan kan bisa langsung di BTCnya.. menurut abang bagusnya ceknya pas waktu terjadwal atau sebelumnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih Kak Ubay sebelumnya. hehe
      Kalo kemarin pas saya urus, untuk surat keterangan sehatnya saya buat disana saat perpanjangan SIM. Menurut saya juga lebih baik buat disana, sudah disediakan kok jangan khawatir :)

      Delete
  72. jadi setelah masuk dan dapat no antrian baru nnti dipanggil sesuai no antrian dan langsung diarahin ke surat kesehatan dulu? selalu begitu ya alurnya?

    mau tanya juga, fungsi asuransi utk apa ya?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa pas aku begitu kak, nggak tau sekarang tapi pasi alurnya nggak jauh dari itu.

      Nah untuk fungsi asuransi aku nggak paham kak, makanya aku nggak pake hehe.

      Delete
  73. Sangat bermanfaat sekali. terima kasih ya gan

    ReplyDelete
  74. Tks atas share informasi yg detail dan jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ya kak Frans, semoga dapat membantu :)

      Delete
  75. Harus yah pake surat ket sehat?itu formalitas aja atau gimana ya?soalnya saya pake kacamata?saya kurang paham nih kalo daftar online,karena kemarin mo ganti e-KTP pake online udah sampe sekarang blm bisa2 juga masuk ke beranda,bisa tapi kosong ga ada pilihan.
    Mau ke simling taapi harus daftar doang jam 4pagi itu pun belum tentu dapet antrian,nanti balik lagi jam8 ,tolong dong gimana kalo yg di mall publik daftar online?Januari ini abis😔😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak, silahkan dibaca pelan-pelan tulisan saya di atas yaa. Pahami secara perlahan step by step pendaftaran oline-nya. Sudah saya jelaskan di atas. Di baca lagi yaa kak pelan-pelan :')

      Untuk Surat Keterangan Sehat itu wajib sifatnya yaah kak. Karena sebelum kita membuat SIM baik itu baru maupun perpanjangan musti di cek dulu kesehatannya. Terkait menggunakan kaca mata ndak apa-apa nanti bisa didiskusikan dengan petugas kesehatanya.

      Semangat kak :)

      Delete
  76. Saya masih kurang paham gimana dong?

    ReplyDelete
  77. Halo kak
    Mau tanya buat mastiin aja
    Td saya booking antriam abis baca tulisan kk ini, tp emailnya g dapet kak.
    Verif email jg g dapet

    Saya udah refresh page + login ulang email yg saya daftarin pun ttp g ada emailnya kak.

    Trus saya liat dr web mpp btcnya, di bagian "nomor booking" kan bntuknya angka kak, kalo di tap kelar pop up barcode kak.

    Apa pake barcode itu udah cukup ya?
    Mohon infonya kak

    Anyway thank you buat tulisannya ya kak, mudah di pahami(^^)

    ReplyDelete
  78. Hallo kak,
    memang kadang suka kejadian kayak gini. Setau saya, kalau sudah timbul barcode, itu sudah bisa. Nanti di screenshot aja dan ditunjukan ke petugas untuk mendapatkan nomer antrian baru :)

    Terima kasih kak sudah membaca :)

    ReplyDelete
  79. 2 bulan sebelum habis masa berlaku SIM udh boking antrian buat nnti tgl sblm 14 SIM habis bisa kan bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah tersedia diantrain tanggalnya, silahkan pilih saja kak :)

      Delete
  80. Min mau tanya, kalo bawa surat kesehatan dari klinik sendiri boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya boleh kak, dibawa aja dan nanti buktikan :)

      Delete
  81. Terimakasih Bang Syaiful....ulasan nya sangat bermanfaat sekali...saya baru mau praktekkan di tgl 19 Maret nanti untuk perpanjang sim A...semoga lancar seperti yg di ceritakan Abang yaaa...Aamiin

    Boleh izin make sure lagi...
    1. Cek kesehatan disana bisa yaaa
    2. Formulir permohonan aplikasi nya nanti ada disana atau perlu ada yg di download dan diisi di rumah dulu
    3. BTC nya kalau dari bulak kapal sebelah kiri...mall yg pertama atau yg kedua ya Bang?

    Sekali lagi terimakasih 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak, aku jawab yah:
      1. Cek kesehatan bisa disana kak, nanti ada loket khusus untuk cek kesehatan.
      2. Nggak ada kak, formulirnya nanti disediakan disana.
      3. Iyah BTC yang gedung baru bukan yang lama kak.
      Semoga lancar yah aamiin

      Delete
  82. hallo kak mau tanya klo saya kesananya lewat dari jam booking bisa ga yaaa ? soalnya ada meeting jdi telat .dan mau daftar ulang harus 5 april itu setelah masa berlaku sim saya habis ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak maaf baru sempat dibalas, iyaa kak untuk jadwal harus sesuai pada saat booking antrian, jika lewat makan nomer antrian akan hangus :)

      Delete
  83. Ulasannya Sangat membantu. Terima kasih om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak semoga dapat membantu yaah :)

      Delete
  84. Kak, mau tanya~
    untuk voucher BRI nya nanti beli ditempat kan? apa harus ke Bank BRI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus di tempat perpanjangan SIM kak. Tenang sudah ada counter BRI khusus kok :)

      Delete
  85. Bang mau tanya kalau surat keterangan sehat dari luar tetap bisa ya. Jadi harus 2 surat keterangan sehat ya kalau untuk 2 sim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kak, tapi usahakan jadwal tes kesehatannya tidak terlalu jauh dengan jadwal perpanjangan SIM-nya yah. Satu lembar aja kak, kemarin aku untuk 2 sim satu surat kesehatan aja :)

      Delete
  86. Halo kak mau tanya, saya kok belum dapet email ya sampe sekarang? Valid ga ya kira2 kalo langsung Dateng ketempat pake bukti yg dari web aja? Trs KTP ga musti bawa yg asli kan? Thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belum dapet yaa kak? Kalo dari web udah ada bukti pendaftaran gpp coba dibawa dan ditunjukan ke petugas kak. Untuk KTP bawa juga yang aslinya kak. FYI KTP Asli itu wajib dibawa kemana-mana sebagai identitas kita kak hehe

      Delete
  87. Baru liat artikel ini. Karena udh mau abis masa SIM nya hari minggu besok.

    Saya gak dapet email nya Kak, sama di booking list nya gak ada barcode nya.
    Masalah gak yaa nanti ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus kaka dapar bukti konfirmasi bookingnya seperti apa kak? Soalnya itu yang harus ditunjukan waktu aku sih

      Delete
    2. saya daftar online pake HP via mpp dan ga dapet konfirmasi apa apa di Email, cari di inbox/spam pun ga ada. awalnya aneh, tapi pas saya balik lagi ke Web MPP dan klik No Booking nya lagsung kluar Barcode nya kok. semoga membantu.

      Delete
  88. hallo bang, mau share pengalaman dikit. saya dan istri sudah janjian pas sabtu 12 Jun 2021 ke polres Bekasi kota krna istri mau ujian praktek motor yang diulang. nah sekalian juga saya mau perpanjang SIM saya yg abis 19 Jun 2021. pas sampe kita pisah ruangan krna istri lgsung menjuu bagian ujian praktek. dan saya menuju lokett registrasi mau nanya untuk proses perpanjangan SIM gimana pas saya mau ke loket eeeh depan saya udah ada yang nanya hal yang sama dengan saya yaitu "mau daftar untuk perpanjan SIM bagaimana" sang petugas pun bilang "ga bisa disini lgsung aja ke Bulan bulan (Depan RSUD) SIM Keliling sana disini ga nerima".
    yaa saya ga jadi nanya hehe kemudian saya jalan menuju parkiran depan polres sembari mau ambil motor saya ngbrol sama tukang parkir
    saya :"mau perpanjang nih pak yang depan RSUD"
    tukang parkir: "lah jam segini ? udah ga bisa, udah penuh Kuotanya, jam 6 pagi aja udh bnyak yang antri, mobil belum dateng udah banyak bgt yg antri"
    saya: "oh gitu pak jadi bisa ya lgsung dateng ? tanpa online"
    tukang parkir: "iya bisa pelayannya jam 8 - 12 aja kalau di polres malem jam 4an udah rame'
    saya: "oke makasih pak infonya" (alhasil ga jadi pergi ke sana) dalem hati mikir lah lebih informatif tukang parkir dari pada petugas Polres hehe.
    sembari balik lagi masuk polres sambil googling eh ketemu blog abang dan saya baca ternyata hrus online dulu di MPP regist dll.
    masalah yang kayak gini yang terjadi dilapangan seperti kata abang di atas bnyak yang dilempar ke sana sini mungkin orang ini awalnya kepolres terus di lempar ke depan RSUD, dan ga bisa juga akhir nya dia ke BTC 2 tanpa online. jadi buat bingung orang, petugas polres pun ga ngasih info dengan jelas harus gimananya.
    oh ya saya dateng ke polres jm 9.30 an. dan setelah liat blog ini lgsung daftar di MPP tanggal 17 Jun 2021 ini ke BTC 2
    semoga ga aa kendala kedepannya pellayannnya bisa lebih baik lagi dan informatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo abang salam kenal sebelumnya yah. Terima kasih abang sebelumnya sudah berbagi cerita kondisi di lapangan. Ini salah satu cerita yang banyak aku denger juga yaitu "kekurangan informasi". Kasihan untuk para pemohon yang dilepar sana-sini. Semoga tulisan aku bisa sedikit banyak membantu yang lain dalam urusan perpanjangan SIM yaa bang. Semangat!

      Delete
  89. bantu dikit saya juga ga dapet pemberitahuan apa apa di email udah cek Inbox/spam juga ga da. tapi pas balik lagi ke web mpp pas saya klik no booking nya keluar barcode gitu. kyknya barcode ini nanti buat registrasi saat dateng.

    oh ya bang syaiful mau nanya. saya kasih islustrasi deh misal jadwal saya tanggal 18 Jun 2021 jam 8 di BTC2 nah ada 3 orang yang dateng sebelum jam 8 (jadwal 3org ini juga sama yang jam 8) dan saya dateng tepat jam 8 apakah antrian saya menjadi no 4? padahal registrasi online adalah antrian online biar ga nungu2 dan numpuk ya. kalau ujung2 nya dulu2an saiapa yg dateng ga ada bedanya ya hheeeehe. maap cuma nanya itu aja, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengalaman aku kemarin, no antrian yang dari web itu akan diganti dengan no antrian baru di Mall yang sama jam-nya. Nanti dibuatkan barisan dan akan dikasih nomer antrian baru. Semangat yaa kak!

      Delete
  90. terima kasih informasinyaa! sangat membantu👏🏼

    ReplyDelete
  91. bang mau nanya,jadi kalau perpanjang 2 sim langsung (sim a dan c) bisa ya bookingnya dihari dan jam yang sama?soalnya kakak saya mau langsung perpanjang 2 sim.di web pas mau booking baru lagi disuruh tunggu 10 hari dari booking pertama. saya mau make sure aja sama abang kalau dihari yang sama itu bisa langsung perpanjang 2 sim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kak sekalian kalau tanggal jatuh temponya sama. Aku juga dua-duanya langsung kok hehe

      Delete
  92. Kalau sekarang total biaya untuk perpanjang SIM C 220 rb, dgn rincian: By adm 60 rb, by sim c 75 rb, biaya asuransi 50 rb, biaya kesehatan 35 rb

    ReplyDelete
  93. Maaf klo mau perpanjang itu harus di lakukan 14 hari sbelum masa habis ap, kalo misal kita masih kurang semingguan masih bisa kan?

    ReplyDelete