Mengenal Parigi, Curug Kece Ala Niagara di Bekasi


Hi sobat jalan-jalan, sudah kemana aja nih memasuki era new normal? Masih tetap di rumah aja kah? Wah bagus kalo masih tetap di rumah aja. Nah kalo abang pas masuk ke era new normal ini, abang kembali menekuni hobi yang sudah lama nggak dijalani, yaitu sepedaan alias gowes. Hehe. Nggak bisa dibilang hobi banget sih sebenernya gowes ini, cuma emang seneng aja sepedaan sambil sedikit refreshing keliling tempat-tempat yang nggak jauh dari rumah.

Salah satu tempat yang baru-baru ini abang kunjungi adalah curug atau air terjun yang lokasinya nggak jauh dari rumah, yaitu di Bantargebang. Sebentar ... sebentar ... abang pasti yakin ketika abang bilang Bantargebang kalian bakalan kaget. “Masa sih bang di Bantargebang ada curug, bukanya Bantargebang mah tempat pembuangan sampah itu yah?” Benerkan celetukan kalian? hehe

Nggak salah kok, karena pas abang posting foto gowes ternyata banyak yang belum tahu kalau Bantargebang punya curug yang kece namanya adalah Curug Parigi. Yaa mirip Sungai Niagara yang ada di garis perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat yaitu New York dengan Provinsi Kanada yaitu Ontario. Yaa bisa dibilang versi kecilnya lah yah hehe.

Curug Parigi, Niagaranya Bekasi

Benerankan mirip Sungai Niagarakan? 

Bagi yang belum tahu, Bekasi tepatnya di Bantargebang ternyata memiliki curug kece yang banyak dikunjungi warga sekitar. Curug Parigi namanya, curug ini merupakan aliran Kali Bekasi yang membentuk air terjun. Bahkan bagi pengunjung yang telah datang kesini banyak yang bilang bahwa Curug Parigi ini adalah Niagaranya Bekasi karena bentuknya air terjunnya yang mirip Sungai Niagara.
Berbeda dengan curug pada umumnya, biasanya curug identik dengan airnya yang jernih dan dingin, serta biasanya ada diperbukitan, nah Curug Parigi di Bantargebang ini berbeda karena pada dasarnya ini merupakan aliran Kali Bekasi. Jadi jangan heran kalau curug ini airnya tidak sejernih dan sedingin pada umumnya. Bahkan jangan aneh yah kalau airnya kadang keruh dan ada banyak sampah. Maklum tempat ini juga belum dikelola dengan serius yah, alias ala kadarnya.

Tapi untuk warga sekitaran Bekasi ini bisa menjadi salah satu tempat yang asik buat bersantai. Jalan menuju Curug Parigi Bantargebang ini masih asri dengan pohon bambu yang sangat teduh, cocok untuk santai bareng teman atau keluarga, bahkan komunitas sepeda misalnya. 

Akses Utama Curug Parigi Ditutup!

Akses utama menuju Curug Parigi yang ditutup. 

“Bang kok bisa ke Curug Parigi, bukannya jalurnya sudah ditutup yah?”
Ada banyak banget pertanyaan yang datang ketika abang posting foto dan video di laman instagram dan facebook. Yap Bener, akses utama Curug Parigi ditutup. Kemaren pas abang gowes dan masuk ke jalur utama, banyak warga yang bilang kalau jalur ini udah ditutup dan nggak bisa lagi dilewati. Alhasil abang dikasih tahu warga sekitar jalur barunya.

Abang masih inget banget, sekitar tahun 2016-an saat Curug Parigi ini viral di media sosial dan banyak banget pengunjung yang datang kesini. Bahkan pihak Pemkot Kota Bekasi sempat ingin menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi baru di Kota Bekasi. Akses menuju Curug Parigi ini mudah karena jalur utama masih dibuka.  

Tapi ternyata, hal ini terbentur dengan perizinan lahan. Karena sebagain besar lahan yang ada di sekitaran Curug Parigi adalah milik Swasta. Jadi sampai saat ini, jika kalian datang kesini menggunakan jalur utama maka tidak akan bisa, alias jalurnya sudah ditutup.   

Akses Menuju Curug Parigi

Ini akses baru menuju Curug Parigi di Bantargebang-nya yah~

Ternyata masih banyak masyarakat yang belum tahu kalau Bekasi memiliki curug yang kece. Bahkan masyarakat Bekasi pun ternyata masih banyak yang belum tahu pasti tentang keberadaan Curug Parigi ini. Berada di Kelurahan Cikiwul, RT. 001/006 Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat 17152, Curug Parigi alias Niagara kecil ini berada. Curug Parigi ini juga dikenal dengan sebutan Curug Parigi Pangkalan 5 Bantargebang, karena lokasinya berada di Pangkalan 5. Kalian bisa klik google maps yang ada di bawah ini yah jika kalian masih bingung.



Nah jika sobat jalan-jalan menggunakan maps, pasti akan diarakan ke jalur utama menuju Curug Parigi yang sudah ditutup. Solusinya, kalian hanya perlu lurus menuju perempatan yang ada papan penunjuk arah bertuliskan TPST & PLSTa Bantargebang, tapi kita ambil jalur kanan yah jangan mengikuti papan penunjuk arahnya.

Tenang, ada banyak papan penunjuk arah sampai ke Curug Parigi kok

Sobat jalan-jalan hanya perlu mengikuti jalan lurus tersebut. Jalannya hanya lurus sampai nanti menemukan pemukiman warga. Jalan menuju sini juga sudah bagus karena sebenarnya ini memang jalan akses ke rumah warga yah, bukan jalan akses menuju Curug Parigi. Hanya karena Curug Parigi ini banyak peminatnya lagi, jadi masyarakat sekitar gotong royong untuk membuka akses baru menuju Curug Pagiri di Bantargebang ini. Tenang, warga juga sudah membuat papan penunjuk arah sampai ke lokasi kok hihi

Nah ini gang pintu masuk ke Curug Pariginya

Abang tidak menyarankan sobat jalan-jalan membawa mobil kesini yah, karena akses jalan baru menuju Curug Parigi Bantargebang ini tidak bisa dilewati mobil. Abang hanya menyarankan kalian menggunakan sepeda motor atau menggunkan sepeda sekalian gowes. Menuju Curug Parigi Bantargebang ini hanya jalan setapak yang baru dibuka warga sekitar. Kalian bisa memarkirkan kendaraan di rumah warga, atau jika menggunakan sepeda kalian bisa membawanya turun. Lagi-lagi kalian perlu hati-hati yah, tangga buatan ini agak licin karena memang tanah merah.

HTM dan Fasilitas di Curug Parigi

Kemarin abang diajakin selfie sama ibuk-ibuk yang berkunjung ke Curug Parigi juga hihi

Semenjak viral dipertengahan tahun 2016, Curug Parigi di Bantargerbang ini sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitaran Bekasi. Karena menang belum dikelola dengan baik, sampai saat ini belum ada HTM yang berlaku. Hanya saja ketika abang kemarin kesini, ada masyarakat yang menyediakan kardus di pintu masuk untuk para pengunjung. Ini bersifat seikhlasnya yah sobat jalan-jalan. Uangnya pun digunakan untuk membuka akses (jalan) agar pengunjung lebih nyaman lagi.


Kalau laper dan haus langsung mampir ke warung aja yah~

Nah seperti yang abang bilang, Curug Parigi di Bantargebang ini memang belum dikelola dengan baik maka belum ada fasilitas yang memadai. Kalian hanya akan menemukan warung-warung makan yang baru sekitar dua minggu mulai berjualan disini. Jika kebelet, kalian bisa menumpang di rumah warga sekitar yah. Untuk yang membawa kendaraan seperti motor, sudah disediakan parkiran di rumah warga kok. Tenang aja.   

Best Time Mengunjungi Curug Parigi

Yakin nggak mau foto dengan background kayak gini?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Parigi ini adalah saat pagi hari dan juga sore hari. Biasanya pagi hari saat weekend, Curug Parigi ini akan dipenuhi oleh para penggowes. Karena masih pagi dan masih sepi, asik buat foto-foto tanpa gangguan. Abang banget sih ini mah hehe.   Sore hari pun nggak kalah ramenya, yaa bisa dibilang paling rame sih. Karena tempatnya cukup bagus untuk menikmati sunset ala Curug Parigi hihi. Tapi kalau untuk foto pasti harus pinter-pinter biar nggak bocor kalo sore hari.

Atau foto kayak gini? hehe

Sebenernya menurut abang waktu yang paling bagus untuk ke Curug Parigi atau destinasi wisata alam lainnya adalah hari kerja (weekday), tentunya saat pagi hari. Yaa udah tahu dong yah alasannya, karena tidak banyak orang yang datang pas hari kerja apalagi pagi hari. Jadi untuk para pemburu konten ini waktu yang paling tepat untuk memuaskan nafsu berburu konten hehe.

Ohiya di Curug Parigi ini tidak disarankan untuk mandi atau berenang yah. Karena kontur curugnya agak cukup curam, dan banyak batu-batu besar. Selain itu juga, ini air kali jadi nggak terlalu bagus untuk mandi. Tapi jika kalian hanya ingin main air dipinggir nggak apa-apa kok. Tetap harus hati-hati yah.


Nah untuk sobat jalan-jalan yang penasaran dengan keindahan Curug Parigi di Bantargebang ini, kalian bisa datang yah kapan pun kalian mau. Ingat karena ini belum menjadi tempat wisata (dikelola secara profesional) maka jangan berekspektasi terlalu tinggi yah. Tetep asik dan kece kok buat santai dan foto-foto dengan background air terjun alias curug hehe.

Ingat, yang terpenting adalah kita harus menjaga lingkungan saat kita berkunjung ke Curug Parigi ini, contohnya jangan buang sampah sembarang yaah dan jangan lupa beli makanan yang ada di Curug Parigi untuk membantu masyarakat sekitar. Ohiya tetap patuhi peraturan di era new normal ini yah. Stay safe sobat jalan-jalan!

6 Comments

  1. Lumayan pemanasan sebelum nanti ke Niagara beneran ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaa bang, mayankan liat yang kecilnya dulu di Bekasi hihi

      Delete
  2. Thanks buat penulis telah mengenalkan lebih detail tentang Curug Parigi ini.. saya sebagai warga sekitar lokasi ini sangat berterimakasih .
    Mudah2an Curug Parigi bisa terus ada dan bermanfaat untuk orang banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yaa Allah abang.
      Semoga Curug Parigi semakin dikenal banyak orang yah bang dan tentunya semoga berdampak pada pemasukan warga sekitar. aamiin

      Delete
  3. Wah kece ini curug, ke sana pas akses utama ditutup, tp warga sekitar ga ksh tau jalur barunya hehe
    Alhamdulillah dpt pencerahan dr blog abang, next mau sepedahan ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kaka, semoga bermanfaat yaah kak :)

      Delete