Nyam! Nikmatnya Toge Goreng, Kuliner Andalan di Situ Cibereum

Toge Goreng di Situ Cibereum

      Sabtu pagi emang waktu yang pas banget buat memanjakan diri nih travellovers. Yaps memanjakan diri! Kita bisa melakukan apapun untuk memanjakan diri seharian ini. *Kalau waktunya masih kurang bisa sih tambah dihari minggu hehe.

        Yaa kalian bisa melakukan hobi kalian untuk memberikan apresiasi terhadap diri kalian setelah bekerja keras. Ada yang mengisinya untuk berkumpul dengan keluarga, ada yang mengisinya dengan traveling, atau mungkin mencoba kuliner yang belum pernah dicoba. Yakan travellovers?

      Kaya abang nih travellovers, Sabtu ini merupakan sabtu terakhir karena hari Seninya kita sebagai muslim harus menunaikan ibadah puasa. Nah mumpung banget kan, jadi abang mau gowes nih ke Situ Cibereum. Pasti kalian udah taukan travellovers dengan salah satu situ yang ada di Kabupaten Bekasi ini.

    Kalau kalian belum tau, kalian bisa baca artikel abang yang sebelumnya yah. Situ Cibereum ini merupakan salah satu situ yang masuk dalam Katalog Pariwisata di Kabupaten Bekasi. Biasanya di weekend dan sore hari ini akan ramai didatangi oleh para pengunjung. Entah hanya untuk sepedaan di pagi hari atau kulineran sambil menikmati cantiknya Situ Cibereum di sore hari.


         Nah ternyata selain asik buat gowes di pagi hari, Situ Cibereum ini juga punya kuliner yang legendaris banget kalau kalian mampir kesini nih. Kenapa abang bilang legendaris? Karena hampir sebagian besar orang yang pernah main kesini, sudah mencicipi kuliner ini. Penasaran nggak travellovers apa nama kuliner yang wajib banget di cobain kalau main ke Situ Cibereum ini? Baiklah, ini abang kasih tau yah wkwk!

toge goreng danau cibereum
Toge Goreng di Situ Cibereum yang bikin laper

      Taraaa ... Namanya adalah Toge Goreng. Yaelah cuma toge di goreng doang bang? disini juga banyak gituan mah hmm. Eits jangan asal nebak dong netijen yang budiman, toge goreng di Situ Cibereum ini beda loh. Sebenernya ini cuma namanya doang yah toge goreng. Aslinya togenya nggak di goreng alias direbus.

        Bener banget travellovers, namanya emang toge goreng tapi dalam penyajianya togenya nggak di goreng alias di rebus. Tapi tenang ini tetap enak kok. Eh btw, sebelum ngomongin lebih jauh tentang toge goreng, fyi yaa di Situ Cibereum ini banyak yah di temukan warung makan dengan menu toge goreng, jadi buat kalian yang mau kesini jangan khawatir kehabisan yaa *hehe.

ada parkiran sepeda di danau cibereum
Tenang, ada kok parkiran khusus untuk sepeda di sini

           Nah, kalo pagi ini abang nyobain toge goreng di Warung Pak Nanang yang merupakan salah satu warung yang menyajikan menu toge goreng. Setelah abang memarkirkan “Si Ijo”. Si Ijo ini sebutan untuk sepeda abang yang warnanya hitam dan hijau *wkwk. Setelah Si Ijo diparkirkan, abang langsung deh pesen toge goreng, karena emang udah lama banget nggak nyobain kuliner andalan di Situ Cibereum ini. Jadi kangen rasanya toge goreng yang nikmat itu.

        Karena hari ini weekend jadi setiap pagi akan ramai dengan para “peng-gowes” yang sedang istirahat dan mengisi perut termasuk abang yah *wkwk. Tanpa panjang lebar abang langsung memesan satu porsi toge goreng dengan lontong. Yaa maklum yaa abis gowes jadi laper, udah deh pesennya pake lontong wkwk.

Ini penampakan toge gorengnya. Ingat bukan di goreng tapi di rebus hehe

            Seperti yang udah abang bilang diatas, bahwa togenya direbus yah bukan di goreng. Jadi masih terlihat segar togenya karena masih di dalam wajan besar. Nah salah satu yang membuat toge ini semakin nikmat adalah kuah tauconya yang manis-manis masam nan gurih. Aih bisa dibayangkan dong gimana rasanya ... *awas ngiler wkwk

toge goreng danau cibereum
Udah keliatan kan kuah tauconya? Asli sedap banget!

         Kuah tauco ini akan disiramkan di atas toge-nya. Nggak lupa ditambah dengan bawang goreng dan juga sambal bagi kalian yang suka pedas. Gimana travellovers udah bisa ngebayangin dong nikmat dan lezatnya kuliner toge goreng ini. Uhuhmmm ...

Sambal toge goreng danau cibereum
Nah ini dia sambalnya yah. Untuk pencinta pedes bisa banget nih ditambah sambalnya.

         Ohiya travellovers, kalian bisa mengganti lontong dengan nasi ketan kok sebagai teman untuk menyantap toge goreng. Atau jika kalian merasa cukup kenyang, kalian bisa memesan toge gorengnya aja. Nah untuk menambah nikmatnya toge goreng, kalian bisa menambahkan gorengan sebagai hidangan pelengkapnya. Gorengannya bervariasi yah travellovers. Ada tempe goreng, tahu goreng, sampai ke bakwan goreng. Dan semua hidangan pelengkap kawin banget sama toge gorengnya.

toge goreng dengan gorengan dan es degan di danau cibereum
Toge goreng dengan gorengan dan juga es degan mantap!

          Btw makanannya kan udah, sekarang minumannya nih. Kemaren abang lebih memilih Es Degan atau Es Kelapa Muda sebagai minumannya. Abang pesen es degan yang disajikan langsung dengan buahnya dan tidak ditambah dengan gula melainkan hanya ditambah es batu biar makin seger dan tentunya masih murni. *fresh from the oven yaa travellovers wkwk

            Eits, semua makanan dan minuman semakin syahdu dan nikmat dengan cantiknya pemandangan Situ Cibereum yang bisa langsung kita nikmati. Karena semua “gubuk” atau “saung-nya” ditempatkan persis dipinggir Situ Cibereum. Dan kita bebas memilih saung yang mana yang mau kita tempati tanpa harus merogok kocek tambahan. Serukan travellovers?

            Ohiya saking asiknya cerita, abang sampek lupa kasih tau ke kalian berapa harganya yah hehe ... Nih daftar harganya travellovers :

Toge Goreng + Lontong : Rp. 10.000,-/Porsi
Aneka Gorengan : Rp. 1000/Gorengan
Es Degan : Rp. 10.000,-/Buah

        Gimana travellovers nggak sampek bikin kantong kalian jebol kan? nggak dong pastinya. Ohiya jam buka biasanya dari jam 06.00 – 18.00 WIB setiap hari. Nah karena sebentar lagi masuk Bulan Ramdhan jadi bukanya mulai pukul 10.00 WIB – Buka Puasa. Bisa jadi alternatif untuk buka puasa bareng keluarga atau temen-temen kan travellovers. Yuk mampir ke Situ Cibereum dan cobain nikmatnya kuliner Toge Gorengnya. 

Alamat dan Jam Buka :
Toge Goreng Pak Nanang, Situ Cibereum
Desa Lambangjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.
Jam Buka : 06.00 – 18.00 (Setiap Hari)
                  10.00 – Buka Puasa (Ramadhan)
Harga       : Rp. 10.000/Porsi

            
           

30 Comments

  1. wahh enak keknya nih mas broo
    murah lagi

    ReplyDelete
  2. Menu sederhana, di kemas dengan review yang tepat, hasilnya penasaran dan wajib di coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jangan lupaa nyobaiin yaah bang kalo lagi main ke Bekasi :D

      Delete
  3. Terakhir makan toge goreng mgkn sekitar 9 tahun yang lalu saat masih merantau di Bogor. Penasaran itu gimana digorengnya, ternyata direbus juga masaknya. Duh, jd kangen Bogor dengan segala kenangannya.

    (Anita Makarame)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah kak udah lama banget yah 9 tahun hehe. Ke Bogor lagi dong kak nanti mampir ke Bekasi juga hehe

      Delete
  4. Itu toge goreng cabenya banyak bener! Wah, saya sih nggak tahan pedes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah kak soalnya akunya doyan pedes jadi sambelnya banyak wkwk

      Delete
  5. mirip yaa sama toge goreng bogor. sama2 direbus juga bukan digoreng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyaah mirip kak sama yang di Bogor. Cuma namanya aja Toge Goreng. Aslinya di rebus bukan di goreng hehe

      Delete
  6. Gils, menggoda sekali gambar toge dibatas wajannya. Jadi pengen makan semua.

    Toge yang nggak diapa-apain aja saya suka, apalagi yang digoreng tapi direbus ini, pasti enak banget.

    Tapi jauh banget ah harus ke Bekasi. *Peace*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ... Penyuka toge yaa bang?
      Wah nggak apa-apa dong sekalian abang main ke Bekasi :D

      Delete
  7. Huaa...bikin ngeces bang,puasa-puasa baca ini haha..kalau mudik Bogor aku juga suka jajan ini soalnya sehat ya sayur rebus...di Semarang ngga ada yang jual huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha harusnya teteh bacanya pas setelah buka puasa yaah biar bisa masak hahaha. Hayuk teh mampir Bogor lagi 😄😄😄

      Delete
  8. Mendadak lapar abis baca tulisanmu mas. Toge goreng susah banget dicari kalau di Jakarta, harus agak kepinggiran ibu kota dulu. Kadang saya suka beli kl ada pesta atau festival kuliner, lumayan mengobati rasa rindu makan toge goreng hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah musti di cari tuh kak biar rindunyaa terobati. Boleh kok mampir ke Bekasi kak 😄

      Delete
  9. Du du du...sambelnya sepanci. Endez pasti yah. Murah meriah pula. Tapi, kapan aku ke Bekasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena tempat sambelnya di panci jadi sepanci yaa teh wkwk coba di mangkok jadi semangkok wkwk. Hayuuk teh main ke Bekasi 😄

      Delete
  10. kok aku mikirnya situ ini sekitar Bandung, eh malahan di bekasi
    sebelah mana sih.?
    cuma toge gorang, tapi digoreng jadi artikel kuliner yang cakep.. jempol deh bang Ipul

    cuma saran aja nih, kalau bisa profil komentarnya pakai Name/URL bang, blogger banyak yg malas komentar kalau opsinya harus pakai akun google, krn nggak ngefek ke blognya langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak Monda, iyaah ini di Bekasi namanya Situ Cibereum. Situ : Danau jadi Danau Cibereum. Hehe

      Iyaah kak terima kasih yaah sarannya, maap masih newbie. Ini udah aku setting kak hehe 😄

      Delete
  11. Waduh ngacay bacanya. Kebayang toge krenyes2 pakai kuah taucoo.. makasih tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu atuh kang sini main ke Bekasi, biar bisa nyobain nikmatnya toge goreng hihi

      Delete
  12. Berkat baca artikel ini langsung pengen coba masak toge goreng �� krn ga doyan jd ga pernah beli toge goreng.. maknyus banget liat fotonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh teh jangan lupa sama kuah tauconyaa yaah teh. Biar lebih maknyuuus 😂

      Delete
  13. Kok siang yah daku bw ke sini, laper dong lihat makanannya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gpp bun, bisa buat menu buka puasa nanti dong bun 😄

      Delete
  14. Sebagai penyuka toge saya langsung nelen air ludah. Apapun itu olahan toge saya siap menyantapnya apalagi dengan bumbu-bumbu istimewa. 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama dong bun suka sama olahan toge apapun bentuknyaa haha. Cus bun ke pasar beli toge sama tauco masak deh toge goreng buat buak puasa nanti bersama keluarga hehe

      Delete
  15. aku belum pernah kesana Kak ke Situ Cibereum , pengen bgt kesana nyoba langsung Toge Gorengnya, bumbunya bikin ngiler, harganya terjangkau lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Uci hayuk atuh mampir ke Bekasi terus main deh ke Situ Cibereum. Baru deh bisa nyobain Toge Goreng yang lengendaris dengan bumbun tauconyaa. Hehehe

      Delete