Murah Banget! Bekasi – Bandung Hanya Rp. 12.000,-

DISCLAIMER!

Hallo sobat jalan-jalan, sebelum kalian baca artikel ini sampai selesai, abang cuma mau ngingetin nih yaa. Perjalanan ini dikhususkan bagi kalian yang memiliki waktu cukup banyak alias nyatai. Kenapa? Karena perjalanan ini menghabiskan banyak waktu dan cukup menguras energi. Jadi bagi kalian yang memiliki sedikit waktu dan ingin yang lebih mudah bisa menggunakan moda transportasi umum lainnya ya. Seperti KA Ekonomi/Eksekutif, Bus,  Travel, bahkan menggunakan kendaraan pribadi. hehe

Okai kita mulai yah ceritanya! Sebenernya perjalanan ini abang lakukan karena alasan penasaran dan juga emang udah lama banget nggak ke Bandung sih, ya terakhir kayaknya sekitar tahun 2018-an lah. Lama bangetkan? Selain itu, dulu abang juga pernah melakukan perjalanan menggunakan KA Lokal hanya sampai di Stasiun Purwakarta dan pernah abang tulisakan artikelnya disini:

Murah Banget! Bekasi ke Purwakarta Cuma Rp. 6000,-

Nah dari sinilah rasa penasaran abang makin meninggi dan harus terjawab. Banyak yang bilang bisa ke Bandung menggunakan KA Lokal dari Stasiun Purwakarta. Makanya abang iseng untuk membuktikannya sendiri nih ke Bandung dari Bekasi hanya Rp. 12.000,- menggunakan KA Lokal Walahar dan KA Lokal Cibatuan atau Cibatu.

Syarat Naik KA Lokal, Komuter dan Aglomerasi

Sepertinya, sebelum kita cerita lebih jauh lagi, hal yang perlu diperhatian adalah persyaratan menggunakan KA Lokal, Komuter, dan Aglomerasi. Nah mengutip dari akun instagram KAI (@kai121_) dan pengalaman abang kemarin menaiki KA Lokal yang perlu diperhatikan adalah pelaku perjalanan nggak diwajibkan menunjukan keterangan negatif RT-PCR/Rapid Antigen dan STRP/Surat Tugas, hanya saja pelaku perjalanan harus sudah divaksin minimal dosis pertama yang dibuktikan dengan sertifikat vaksin yang ada di Aplikasi PeduliLindungi.

Selanjutnya nih sobat jalan-jalan, untuk pelaku perjalanan di bawah 12 tahun, tetap diperbolehkan naik KA Lokal/Komuter/Aglomerasi yang wajib didampingi oleh orang tua atau keluarga, yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga. Nah untuk lebih lengkapnya sobat jalan-jalan boleh baca flayer dari KAI di bawah ini. tolong diperhatikan dengan seksama yaah~


Berangkat dari Stasiun Cikarang

Sobat jalan-jalan bagi yang tinggal di Bekasi bahkan Jabodetabek mungkin sudah nggak asing yah dengan Stasiun Cikarang ini. Nah pemberangkatan kita ini dimulai dari Stasiun Cikarang yah. Stasiun Cikarang merupakan salah satu stasiun yang ada di Bekasi khususnya di ibu kota Kabupaten Bekasi. Sobat jalan-jalan bisa menggunakan Commuterline (KRL) untuk sampai di Stasiun ini. Menurut abang akan lebih irit juga sih kalau menggunakan KRL, ketimbang moda transportasi lainnya. Selain itu juga bisa langsung turun tepat di dalam stasiunnya.

Silahkan scan tiket KA Lokal Walahar kalian disini

Teruntuk sobat jalan-jalan yang menggunakan KRL, kalian wajib tap out dulu Kartu Multi Trip (KMT), karena kita akan lanjut menggunakan KA Lokal dan itu beda tiket. Saran abang untuk tiket KA Lokal, kalian beli di Aplikasi KAI Access biar lebih mudah dan menghindari antrian dan kerumunan, walapun sebenernya di Stasiun Cikarang menyediakan loket KA Lokal go show (atau beli di tempat). 

KA Lokal Walahar Rute Purwakarta – Cikarang PP

Ini dia KA Lokal Walahar-nya Sobat Jalan-jalan

KA Lokal pertama yang kita harus naiki adalah KA Lokal Walahar dengan Rute Purwakarta – Cikarang PP. KA Lokal Walahar ini melewati dan melayani naik-turun penumpang disetiap stasiun yang dilewati, seperti Stasiun Lemah Abang,  Stasiun Kedunggedeh, Stasiun Karawang, Stasiun Klari, Stasiun Kosambi, Stasiun Dawuan, Stasiun Cikampek, Stasiun Cibungur, dan berakhir di Stasiun Purwakarta.

Ini penampakan dalam dari KA Lokal Walahar 

Nah untuk tarif dari KA Lokal Walahar rute Purwakarta – Cikarang PP ini adalah Rp. 4000,-. Jika sobat jalan-jalan memesan tiket menggunakan Aplikasi KAI Access, kalian dapat memilih kursi sesuai keinginan dan ketersediaan tentunya. Eh tapi kenyataan di lapangan kemarin, kursi yang udah abang pilih ada yang nempatin. Hmm ... kebanyakan dari penumpang nggak melihat lagi nomor kursi dan nomor kereta yang tertera pada tiket. Tapi memang sudah kebiasaan deh, penumpang bebas duduk dimana aja asalkan tempatnya masih kosong dan mematuhi prokes yang berlalku (duduknya physical distancing dan udah ada tandanya juga di kursi). FYI, perjalanan ini memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit bahkan bisa lebih. Tapi pemandangan selama perjalanannya asik banget sih. Banyak pesawahan dan pemukiman warga. Nggak akan bosen sih menurut abang.

Nama KA Lokal          : KA Lokal Walahar Purwakarta – Cikarang PP

Tarif                            : Rp. 4000,-

Transit di Stasiun Purwakarta

Tampak depan Stasiun Purwakarta

Yuhuu ... Pemberhentian pertama kita adalah Stasiun Purwakarta. Seperti yang abang bilang di awal yah kalau perjalanan ini akan memakan banyak waktu dan cukup menguras energi. Transit di Stasiun Purwakarta ini cukup lama loh waktunya sobat jalan-jalan. Abang aja sampek sekitar 3 jam lho untuk nunggu kereta KA Lokal Cibatuan rute Cibatu – Purwakarta PP. Makanya abang sengaja bawa laptop biar bisa sekalian kerja hehe.

Bagian dalam dari Stasiun Purwakarta

Jangan lupa jalan-jalan biar bisa kerja *eh kebalik deh hehe

Eh tenang sobat jalan-jalan, disekitaran Stasiun Purwakarta banyak tempat makan kok termasuk pedagang kaki lima persis di depan Stasiun Purwakartanya. Kalau kalian mau cari cafe untuk menunggu atau kerja, kalian bisa jalan kaki ke depan stasiun lalu kearah kanan. Kalian akan menemukan Stasiun Kopi. Tenang isinya nggak cuma kopi aja kok, lengkap makananya dan enak sih untuk kerja menurut abang. Ohiya kalau mau sekalian jalan-jalan, abang pernah nulis tentang tempat yang wajib dikunjungi disekitaran Stasiun Purwakarta. Baca disini yah~

Lagi di Stasiun Purwakarta? Ini Tempat yang Wajib Kalian Kunjungi!

Lanjut Naik KA Lokal Cibatuan/Cibatu Rute Cibatu – Purwakarta PP

Yuhu ... Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga, KA Lokal Cibatuan Rute Cibatu – Purwakarta PP. Mohonmaap sebelumnya, kalau kalian beli tiket di KAI Access nama KA-nya adalah KA Cibatuan tapi pas di papan nama keretanya adalah KA Lokal Cibatu tapi sama aja kok kereta dan tujuannya. KA Lokal Cibatuan ini memiliki rute Stasiun Cibatu, Stasiun Leuwigoong, Stasiun Karangsari, Stasiun Leles, Stasiun Nagreg, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Cikudapateuh, Stasiun Bandung, Stasiun Bandung, Stasiun Cimindi, Stasiun Cimahi, Stasiun Padalarang, Stasiun Cilame, Stasiun Sasaksaat, Stasiun Rendeh, Stasiun Cikadongdong, Stasiun Gedobangkong, Stasiun Plered, Stasiun Sukatani, Stasiun Cigamea, dan terakhir Stasiun Purwakarta.

Hayo ... Kalian mau turun dimanan nih?

Sama yang penampakan kursi dengan KA Ekonomi pada umumnya

Ini harga tiket KA Lokal Cibatuan, cuma Rp. 8000,-

Sobat jalan-jalan, KA Lokal Cibatuan ini menghubungkan Daerah Purwakarta,  Bandung, dan Garut (Cibatu) dengan tarif Rp. 8.000,-. Nanti sobat tinggal pilih aja turun di Stasiun Bandung. Ohiya kalau kalian beli di Aplikasi KAI Access jangan kaget jika diketeranganya “Tanpa Kursi” yah, itu bukan berarti kalian akan lesehan tapi bebas duduk dimana aja yang kosong dan tetap inget prokesnya yah. Nah untuk waktu tempuhnya kurang lebih 2 Jam 40 menit-an bahkan bisa lebih yah sobat jalan-jalan untuk sampai di Stasiun Bandung.

Ini pintu utama dari Stasiun Bandung ya. FYI, penumpang KA Lokal tidak masuk dan keluar dari pintu ini, tapi dari pintu selatan.

FYI nih sobat jalan-jalan, hampir semua KA Lokal itu berangkat dan berhenti di Stasiun Bandung Pintu Selatan yah, bukan pintu utama yang ada tulisan Stasiun Bandung. Karena Stasiun Bandung Pintu Utama (yang ada tulisan Stasiun Bandung) itu hanya melayani KA Ekonomi – Premium – Eksekutif dll. Jadi kalian musti teliti yah dari pada salah masuk pintu, karena jarak antara pintu utama dengan pintu selatan itu jauh banget. Kemaren aja harus pake ojol karena waktunya mepet dan lari-larian deh hehe. 

Nama KA Lokal          : KA Cibatuan Cibatu – Purwakarta PP

Tarif                            : Rp. 8000,-

Perlu Diperhatikan!!!

Penampakan Kuburan Kereta di Stasiun Purwakarta

Nah ada beberapa catatan dari abang yang perlu diperhatikan nih sobat jalan-jalan, apalagi untuk yang baru pertama menggunakan KA Lokal.

ü Sangat disarankan untuk menggunakan Aplikasi KAI Access untuk memesan tiket dan melihat jadwal keberangkatan KA Lokal setiap harinya. Hal ini juga untuk menghindari antrian yang mengular serta kerumunan. Sobat jalan-jalan bisa men-download Aplikasi KAI Access di Playstore atau Appstore.

ü Selama berada di area stasiun dan di dalam rangkaian kereta, penumpang wajib menggunakan Masker dan usahakan menggunakan pakaian lengan panjang yah. Hal ini diharapkan dapat melindungi kita dari Virus Covid-19.

ü Duduklah di kursi yang masih kosong dengan tetap memperhatikan stiker pembatas yang sudah di tempel di kursi. Usahakan melihat nomor kursi dan nomer kereta yah. Jika sudah ada yang mengisi (kursinya) cari yang lain aja. Perhatikan juga kursi prioritas disetiap rangkaian yah sobat jalan-jalan.

ü Selama perjalanan itu musti teliti yah sobat jalan-jalan. Kenapa? Karena nggak semua kondektur menyebutkan nama stasiun ketika akan berhenti, paling stasiun besar aja. Jadi nggak sama dengan Commuterline yang selalu memberikan update dan ada layar berjalannya, takutnya kalian kelewat karen Stasiun Bandung itu bukan stasiun pemberhentian terakhir.

üOhiya untuk penumpang dari Bekasi yang niatnya akan melakukan perjalanan PP  (hari itu juga) kemungkinan besar nggak bisa. Kenapa? Karena jadwal antar kereta itu cukup jauh dan terbatasnya jadwal kereta yang beroperasi  dalam satu hari, makanya abang saranin untuk menginap satu hari. Kecuali nih kalian berangkat menggunakan KA Lokal dan nanti di Bandung menggunakan transportasi lainnya, itu kemungkinan bisa PP satu hari. 


Kulineran di Bandung: Yuk Cobain Sate dan Gule Kambing H.M. Harris!

Nah segitu dulu cerita dari abang yah. Akirnya abang bisa membuktikan dari Bekasi ke Bandung menggunakan KA Lokal hanya Rp. 12.000,- dengan rincian KA Lokal Walahar rute Purwakarta – Cikarang PP (Rp. 4000,-) dan KA Lokal Cibatuan rute Cibatu – Purwakarta PP (Rp. 8.000,-) jadi totalnya Rp. 12.000,-. Cocok untuk sobat jalan-jalan yang pengen ke Bandung dengan harga yang murah, terus punya pengalaman baru dan tentunya harus memiliki waktu yang cukup santai yah hehe. Semoga bermanfaat ya sobat jalan-jalan.

11 Comments

  1. Thanks Bang Ipul penjelasannya, udah dari lama banget pengen coba KA Lokal dari Bekasi ke Bandung. Eh pas ketemu cerita bang Ipul, jadi makin mantap aja nih buat cobain naik kereta ke Bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Kak Niken, semoga membantu yaa. Jangan lupa dicobain yaa kak hihi

      Delete
  2. Wah, muraaaah amat naik kereta api Bekasi - Bandung cuma 12K :D Udah 2 tahun lebih sejak pandemi aku belum naik kereta lagi, maybe next time :)

    ReplyDelete
  3. Wah bang, review pas balikmya dong. Baliknya naik KA lokal lagi nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baliknya aku naik KA Lokal yang sama kak, tinggal dibalik aja rutenyaa hehe

      Delete
  4. Ka ini stasiun hall bandung kan ya ka?

    ReplyDelete
  5. Ka ini stasiun bandung yg dimaksud stasiun hall bandung kan ya ka yg ada di kota bandung

    ReplyDelete
  6. Bang...rencana mau kyak sampean,,tpi klo liat jadwal balik tuh ad ad KA yg jedanya cuma 20 menit,kira2 KA walahar mau nunggu g y??

    ReplyDelete
  7. Bang Ko saya cari di KAI buat ke Bandung dari pwk harga nya mahal ya sama kaya dari Cikarang ke pwk juga mahal 45rb sama 63rb an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba carinya di KA Lokal kak jangan di KA Antar Kota :)

      Delete