Pesona Pantai Papuma yang Bikin Gagal Move On!

Pesona Pantai Papuma yang Bikin Gagal Move On

Travellovers masih dalam agenda Sueger Fam Trip 2019 nih, kali ini abang diajak ke salah satu pantai terbaik yang ada di Kabupaten Jember nih. Pasti buat temen-temen yang udah baca artikel abang sebelumnya udah tau dong, pantai mana yang abang kunjungi. Iyaakan?

Eits tenang, buat travellovers yang belum baca artikel abang bisa langsung klik link dibawah ini yah :

Sueger Fam Trip 2019 : Menyusuri Jember Bersama Blogger Nusantara

Buruan dibaca jangan sampai kehabisan. Duh udah kek undian berhadiah bang wkwk






A post shared by ᔕYᗩIᖴᑌᒪ ᗷᔕ (@ipulsoedibjoe) on

Nah back to topic yaa genks, pantai yang abang akan ceritain ini masih masuk kedalam destinasi yang dikunjungi di Sueger Fam Trip 2019 dan pasti untuk temen-temen yang “doyan bejalan” udah tau pantai apa yang abang maksud. Eng ing eng, yaps bener banget, namanya adalah Pantai Pasir Putih Malikan (Pantai Papuma). 

Lokasi
Cantiknya Pantai Papuma yang Bikin Gagal Move On
Pantai Pasir Putih Malikan atau sering disebut Pantai Papuma ini beralamatkan di Jl. Tanjung Papuma, Area Kebun, Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember atau sekitar 40 km dari Stasiun Jember. Sekitar 1 jam 15 menit jika kalian menggunaka kendaraan seperti mobil atau motor, itu pun jika tidak macet yah travellovers.

Terus gimana bang kalo dari Jakarta?
Waduh dari Jakarta? Baik abang jelasin yah. Kemaren abang dari Jakarta ke Jember menggunakan kereta api, dan sama-sama kita tau yah dari Jakarta ke Jember itu nggak ada kereta langsung jadi abang harus transit dulu di Surabaya.

Nah ada yang menarik nih di perjalanan kemarin, abangkan berangkat bareng dengan temen-temen blogger dari Stasiun Pasar Senen. Kita naik KA Kertajaya Premium Jakarta Pasar Senen – Stasiun Pasar Turi Surabaya kurang lebih 12 jam perjalanan, dilanjut naik grab menuju ke Stasiun Gubeng Lama Surabaya, karena naik KA Ekonomi Probowanginya dari Stasiun Gubeng Lama menuju ke Stasiun Jember, kurang lebih 5 jam perjalanan.

Kurang lebih 18 jam kita ada di kereta, udah bisa dibayangkan dong gimana lepeknya, pegelnya, kita di gerebong besi. Hahah. Jadi itu salah satu alternatif yang bisa kalian gunakan ketika mau ke Jember dari Jakarta.
Pesona Pantai Papuma yang Bikin Gagal Move On
Nah, untuk travellovers yang udah di Jember, abang saranin kalau mau ke Pantai Papuma menggunakan kendaraan pribadi yah. Bisa menggunakan motor atau mobil. Untuk angkutan umum dari Stasiun Jember ke Pantai Papuma sepengamatan abang dan sempet tanya juga nggak ada. Tenang di Jember udah banyak kok penyewaan motor atau mobil khususnya di pusat kota. 

Harga Tiket Masuk (HTM)
Travellovers yang mau ke Pantai Papuma ini abang kasih tau yah Harga Tiket Masuk (HTM) Pantai Papuma berdasarkan Perum Perhutani Kesatuan Bisnis Mandiri Ecoturism, Divisi Regional Jawa Timur :

Harga Tiket Masuk (HTM) Pantai Papuma
Hari Biasa (Weekday) : Rp. 15.000,-
Hari Libur, Sabtu & Minggu (Weekend) : Rp. 20.000,-
Wisman : Rp. 30.000,-
Parkir & Kemping
Roda 2 : Rp. 2000,-
Roda 4 : Rp. 5000,-
Roda 6 : Rp. 10.000,-
Kemping : Rp. 5.000,-

Nah itu dia Harga Tiket Masuk (HTM) Pantai Papuma ya travellovers, kalau kalian mau menikmati sunset yang cantik dan pemandangan Pantai Papuma dari ketinggian, kalian bisa membeli tiket terusan seharga Rp. 10.000/orang di loket yang telah di sediakan. Karena lokasi tersebut berada di Bukit Siti Inggil.  

Menikmati Sunset Hingga Melihat Aktivitas Nelayan
Pesona Pantai Papuma yang Bikin Gagal Move On
Selain pantainya yang cantik dengan hamparan pasir putih yang mengkilat terkena cahaya mentari, Pantai Papuma juga  tempat yang cocok untuk menikmati sunset. Menikmati indahnya langit-langit yang mulai menguning terkena pantulan mentari yang mulai malu-malu mendekati peraduannya.

Sayang, iyah sayang! Kali ini abang belum seberuntung yang lain, dapat menikmati dan menenangkan diri bersama kuningnya sunset di Pantai Papuma. Entah apa yang dirasa, langit sore ini sepertinya sedang murung tapi dia tak menangis. Sudah lah, sepertinya abang memang harus balik lagi untuk melihat sunset disini! Fiuh ...

Keesokan harinya ...
Suasana subuh di Pantai Papuma, tidak setenang yang abang pikirkan. Iyalah bang namanya juga di pantai bukan di gunung wkwk, dimana saat subuh datang orang-orang mulai sibuk mondar-mandir membawa hasil tangkapanya. Yaps para nelayan mulai sibuk membongkar hasil tangkapanya.

Sengaja abang bangun subuh, selain awalnya ingin melihat sunrise, abang pun ini melihat langsung aktivitas nelayan di pagi hari. Sayang juga kan kalo main ke pantai nggak bangun pagi-pagi hehe. Untuk rencana abang yang pertama yaitu melihat sunrise, abang gagal lagi. Ternyata nggak cuma hubungan aja yang gagal dipertahankan, melihat surise pun bisa gagal. Kadang hidup semiris itu yah

Kenapa gagal? Karena Pantai Papuma memang bukan tempat yang cocok untuk melihat sunrise. Hal itu disebabkan karena Pantai Papuma berada diantara perbukitan dan salah satu perbukitanya ada di sebelah timur. Jadi jangan berharap kalian bisa melihat sunrise yah. Mending liat abang deh wkwk
Makan Ikan Bakar di Pantai Papuma
Tapi, jangan khawatir ketika kalian terlanjur bangun pagi. Segeralah berjalan menuju bibir pantai dan lihatlah pemandangan yang tidak kalian temukan diperkotaan yaitu aktivitas nelayan yang baru pulang berlayar dan membongkar hasil tangkapan.  

Betapa sibuknya mereka mondar mandir menurunkan hasil tangkapan, mengumpulkanya untuk dijual kepasar atau ada yang membelinya langsung di pantai.

Ohiya pas banget juga, pas kesini merupakan bulan-bulanya panen ikan. Jadi hasil tangkapannya juga banyak. Kata para nelayan, bulan Juni sampai ke September merupakan bulannya panen ikan. Serukan!

Jenis ikannya pun bervariasi loh travllover, mulai dari Ikan Pindang, Ikan Benggol Perka, Ikan Layang Perka, Cumi-cumi, Tonggkol dan masih banyak yang lainnya. Nah biasanya nih para nelayan akan berangkat melayar pukul 18.00 WIB atau selepas Magrib dan mereka akan pulang pukul 02.00 WIB dini hari. Yaa sampai-sampai Subuh lah yaa.

Selain itu, beruntungnya abang bisa nyobain langsung ikan yang baru ditangkap dan dibakar oleh para nelayannya. Rezeki mana lagi yang engkau dustakan anak muda. Haha, gpp deh nggak liat sunrise tapi bisa liat dan ngicipin langsung ikan bakarnya hehe. Nyam!

Penginapan di Pantai Papuma
Pesona Pantai Papuma yang Bikin Gagal Move On
Ada banyak cara untuk bermalam di Pantai Papuma, mulai dari membuat tenda sampai dengan memilih resort yang berada di sekitaran Pantai Papuma. Nah, kalau abang kemaren memilih bermalam di Foresta Resort Tanjung Papuma.

Foresta Resort Tanjung Papuma ini merupakan resort yang paling dekat lokasinya dengan Pantai Papuma. Tinggal melangkah aja kita sudah sampai di bibir pantai. Jadi nggak perlu jalan jauh-jauh. Pilihan kamarnya pun banyak, ada yang kecil sampai yang besar dan tentunya dengan tawaran harga yang menarik yah travellovers.

Selain itu, suasananya pun masih sangat asri. Karena resort ini tepat berada di lebatnya pepohonan. Dan jangan kaget yah, karena disini kalian masih bisa melihat kawanan monyet yang bergantungan dari satu pohon ke pohon lainnya. Benerkan masih asri haaha 
Forest Resort Pantai Pappuma
Wih nggak cukup sampai disitu aja dong travellovers, abang juga berkesempatan makan malam dan sarapan di Foresta Resort Tanjung Papuma. Nyam ... menu-menunya itu loh sea food yang bikin nambah terus wkwk. Btw, abang laper apa doyan ini? 

Yuhuuu ... itu sedikit cerita abang tentang pantai cantik yang sampek saat ini abang belum bisa move on, Pantai Papuma. Jangan lupa masukan Pantai Papuma kedalam list traveling kalian yah kalau mampir ke Kabupaten Jember yah travellovers. See you next trip guys ...


63 Comments

  1. Haha iya bener.. udah dua kali kesana masih blm puas juga..apalagi spot yg sampingnya bukit itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Alan ... Mas Alan ... Hayuk hunting foto lagi ke Papuma. Belum banyak nih foto-fotonyaa heheh

      Delete
  2. Oke oke. Baca ini jadi makin ga bisa move on

    ReplyDelete
  3. Pantai di sekitar Jember Banyuwangi dan sekitarnya memang terkenal bagus-bagus Ya selain Ombaknya besar pasirnya juga putih dan bersih tuh

    lihat ikan bakar perut langsung terasa lapar enak banget bisa menikmati pantai sambil makan ikan bakar yang nikmat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget kak! Pantai disini asik asik banget pemandanganya hehe

      wih iyaa dong kak, ikannya langsung dari laut hehe

      Delete
  4. Pantainya bagus yaaa, by the way ikannya menggiurkan sekali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah pantainya bagus banget kak hehe. Sini kak sini kita nyobain ikan bakar langsung dari pantainyaa hehe

      Delete
  5. Aku pengen main ke pantai Papuma ini dari tahun lalu tapi belum aja kesampean. Sekarang pantai ini ngehits ya di kalangan pegiat sosmed. Kece banget soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iyaa kak. Semoga tahun ini bisa terealisiasi yaa kak main ke Pantai Papumanya. aamiin

      Delete
  6. Bang Ipul, itu foto tebingnya (yang kembar belakang foto ada kelapa mudanya) seperti yang di kalender, kece aja ambil angle gambarnya. Pakai watermark nggak fotonya? Soale kece itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah masa sih teh kayak di kalender? nggak teh watermark-nya disitu aja nggak ditambahin wkwk

      Delete
    2. Daku sih mikirnya bisa keren gitu fotonya karena kameranya yang keren ya kan.. Kan.. Bukan yang ngambil fotonya haha

      Delete
  7. Waduh Baang, ngiler lihat ikannya tuh, haha. Btw, Jember Pantainnya cantik2 yaaa, suka lihat foto2nya. Suatu saat ada rezeki ke Jember, semoga bisa mampir ke Pantau Papuma juga, setidaknya udah ada bayangan nanti mau nginep dimana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iyaak kak Hani, semoga ada rezeki dan kesehatan yaa kak biar bisa explore Jember :)

      Delete
  8. wahh seru juga nih bermalam di pantai. Apalagi paginya kita bisa ngeliat dan berinteraksi dengan nelayan yang baru pulang membawa tangkapan. Paten kali!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah seru banget bang, suasana yang jarang (saya) temui di Ibu Kota wkwk

      Delete
    2. Iyaaah seru banget bang, suasana yang jarang (saya) temui di Ibu Kota wkwk

      Delete
  9. Ini tuh pantai di Jember, aku baru tau loh ada pantai disana yang bagus gini mas. Sempat baca beberapa blog teman yang ikutan acara ini juga tapi baru mas Ipul nih yang ngasih cerita tentang pantai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Kak Suci,
      iyaah kak aku juga takjub banget pas sampek di Pantai Papuma ini.
      Ternyat ada pantai secantik ini di Jember hehe.

      Sama-sama yaa Kak Suci :)

      Delete
  10. Wah, cakep ya pantai Papuma ini. Murah pula HTM-nya. Huhu, liat pantai gini jadi kumat deh penyakit kurang vitamin sea di aku. :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, kak Nia kayaknya musti banget nih segera ke pantai biar nggak kekurangan viatmin sea wkwk

      Delete
  11. Sssiiippp, aku mau main ke Papuma lagiiii
    Pantainya emang indaaahh bgt
    udah 6 tahun lalu kayaknya trakhir main k jember
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk kak Nurul main lagi sini ke Papuma hehe

      Delete
  12. Gils, tua di jalan nih ya kalau naik kereta ke Jember. Mana nggak ada kereta langsung pula.

    Btw, murah juga ya untuk masuk Pantai Papuma. kalau harga menginap di Foresta Resort berapa per malamnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bang Darius,
      Beda-beda sih bang tergantung jenis kamar. Tapi kalo nggak salah mulai dari Rp. 150ribuan/permalam

      Delete
  13. Gak apa-apa, gak lihat sunrise. Asalkan bisa menikmati kulinernya. Biasanya rasanya enak kalau masih segar sudah dimasak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak kegundahan itu terbayarkan dengan memakan ikan bakar yang langsung diambil dari lautnya. Dimasak tanpa tambahan bumbu apapun. Nikmat!

      Delete
    2. Iya setujuuu. Apalagi dinikmati saat sunset, ya.Malah jadi saya yang mengkhayal berada di Papuma sambil menikmati ikan :D

      Delete
  14. Ooo... Papuma itu singkatan. Baru tahu. Itu pemandangannya cantik juga. Tapi, baca artikel ini, jadi pengin makan ikan bakar. Laper.

    ReplyDelete
  15. Wah belum pernah nih ke jawa timur, nambah lagi deh list nya hahaha.

    Nice share kak

    ReplyDelete
  16. Wah ini mah beneran bikin susah move on pantainya
    Semuanya cakep. Pantai bersih, langit biru, jadi paket lengkap buat wisata
    Tambah lagi makanan enak. Duuh... boleh gak tinggal di sana aja kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah yuk kak Putu kita pindah aja deh tinggal disana wkwk

      Delete
  17. Kereenn foto fotonya. Btw bang, cara masukin map ke blog itu gimana yaksss, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terima kasih banyak yaa kak.
      Gampang kok kak Alia, sama kayak kita embed link youtube kak :)

      Delete
  18. Noted banget, kalau ada rezeki ke Jember mau ah jalan ke Papuma. Selama ini cuma liat kotanya aja dan ke kampusnya yang pasti haha :D
    Bagus ya pantainya, tapi ombaknya katanya kenceng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah hayuk kak April main ke Jember, menikmati sunet dan juga ikan bakarnya langsung. hehe

      Iyaak kak ini pantainya emang nggak cocok untuk berenang dan aktivtas air lainnya :)

      Delete
  19. Papuma memang jadi promadona baru di daerah Jember. Dulunya kan Watu Ulo itu, tapi sekarang kalah jauhhhh sama Papuma. Pantainya bersih dan ombanya cantik. Karangnya juga kece buat pepotoan. Pengin banget ngajak anak-anak jalan ke sana. One daylah, semoga kesampaian. Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak Damar, sebenernya deket situ juga ada Pantai Watu Ulo tapi memang lebih terkenal Pantai Papumanyaa hehe..

      Aamiin kak Damar. Semangat!

      Delete
  20. Waduh, di Pantai Papuma ga bisa lihat sunrise :( Ya udah lihat Bang Ipul aja dah hahahaha :D Murce bingits ya HTM nya 15K, 20K gitu weekeends. Hasil tangkapannya seru bener. Ikan2 segede gitu gempal2 bentuknya. Langsung dieksekusi dah jadi ikan bakar yummy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iyaa kak Nurul, karena sunrisenya nggak ada mending liat aku aja kok wkwk
      mantap kan kak bisa langsung makan dari asalanya wkwk

      Delete
  21. Aaaaah wish list sekali buat ngunjungin pantai Papuma ini, dari jaman kuliah d Malang kok yo belom kesampaian buat k Papuma. Trus mursida yaa masuknya 15K bisa puas nikmain vitamin sea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah emang kak Grandys Murrsida banget lah yaah. Bisa jeliling seharian kalo belum puas bisa nginep jugak wkwk

      Delete
  22. View nya cakep banget yaa, cocok buat honeymoon media nih, hehe. Ngga Sia Sia perjalanan darat 18 jam Dr Jakarta terbayar dengan view Papuma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa kak bisa kok buat honeymoon ekeeke
      Bener kak nggak sia-siang banget heheh

      Delete
  23. Astaga, ternyata dari Surabaya ke Jember juga masih lama juga ya, bro. Semoga kelak ada pesawat terbang ke Jember, atau minimal kereta langsung dari Jakarta.

    Pantainya cakeeeppp! Makanannya nampak lejaaattt! Aku suka banget view dari atas yang menampilkan batu-batu karang dan kapal-kapal itu. EPIK!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Bang, Iyaa belum ada pesawat yang kesana jadi masih harus menggunakan jalur darat dan berjam-jam wkwk.

      Iyaa bang, apalagi kalau liat langsung bikin betah banget dah wkwk

      Delete
  24. Aduh abang Ipul bikin mupeng aja jalan-jalan ke pantainya. Jadi pengen bakar ikan di pantai bareng bang Ipul nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuuk kak Nurul sini kita bakar ikan bareng-bareng sama para nelayan hehe. Enak loh ikannya hihi

      Delete
  25. wih mantap banget mas pantainya. jalan-jalan ke pantai sambil makan ikan bakar, muantap pokoknya

    ReplyDelete
  26. Terniaat, 18 jam naik KA. Ngalahin Bdg-Malang, 16 jam...wkwkwk. Keren banget kombinasi ombak berdebur, batu karang, dan pasir putih. Kulinernya juga nyam² gitu. Engga heran kalo gagal move on...

    ReplyDelete
  27. Nikmat nian makan ikan hasil baru ditangkap di laut, pasti enak dn seger. Aku blom prnh ke sini mas, lihat viewnya sumpah mupeng berat. Harus banget ke sini nih.

    ReplyDelete
  28. Subhanallah pantainya baguuus bangeet. Langsung jatuh cinta.

    Btw kereta ke Jember dari Jakarta gak ada ya. Jadi harus ke Suraabaya dulu baru nyambung ke Jember ya.

    ReplyDelete
  29. Pengen ke Papuma lagi ...
    Keknya tahun depan ga bakal dikasih kesempatan. Biar blogger lain gantian. Hikz...
    Padahal acaranyabseeu dan kita juga blm eksplor seluruh lokasi wisata Jember ya...

    ReplyDelete
  30. Kangen makan ikan bakar di pantainya deh. Daaan, kita belum sempat eksplor karang-karangnya ya.

    ReplyDelete
  31. Aku kangen makan ikan bakar yang dibakar langsung segar-segar baru naik naik laut kayak gitu
    Cakep ya ternyata pantainya
    Indonesia memang juara kalau urusan pantai, dari sabang sampai merauke semuanya indah

    ReplyDelete
  32. Wah Papuma emang keren...areanya luas.. pantainya juga bervariasi ya gak cuma yang berpasir.. kangen pantai ini juga ih...

    ReplyDelete
  33. Berkali-kali baca tulisan teman-teman tentang Tanjung Papuma ini dan lihat foto-fotonya. Emang kece banget ya. Paling suka sama pemandangan tebing dan batu karangnya di sebrang sana.

    ReplyDelete
  34. Kalau aku ke pantai Paouma pasti susah move on juga nih. Soalnya lihat pantainya kece bangeet

    ReplyDelete
  35. Cantiknyaaaaa..Papuma ini! Fix dicatat tebel2 utk jadi sslah satu destinasi wajibkukunjungi di Jember! TFS ya..

    ReplyDelete
  36. Mantap banget itu ikan baru turun langsung dipanggang. Enak bgt pastinayaa

    ReplyDelete
  37. Loved loved loved it !!! Pasir putih. Pemandang indah. Matahari terik dengan angin bertiup kencang dan ditemani suara ombak itu sangat indah. You guys who haven't been in here need to freaking go here !!!
    --
    Travel Jember Surabaya

    ReplyDelete