Pantai Muara Beting, Pantai Eksotik di Muaragembong Bekasi

Pantai Muara Beting

Hallo sobat jalan-jalan, kali ini abang masih mau membahas tentang pantai di Bekasi nih. Kalau kemarin abang cerita tentang Pantai Muara Bungin, kali ini abang pun masih mau cerita tentang pantai di Muaragembong nih, namanya adalah Pantai Muara Beting. Ada yang tahu tentang pantai ini atau malah udah pernah kesini? Udah santai aja kalau baru tahu, ini bakalan abang kupas tuntas kok haha.

Tahun 2013 Pernah Penelitian Skripsi Disini

Pantai Muara Beting Muaragembong
Pernah penelitian dan liputan bareng Bekasi Urban City (BUC)

Sebenernya kunjungan kemarin bukan pertama kalinya buat abang ke Pantai Muara Beting di Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi ini, melainkan udah kesekian kalinya. Tahun 2013 abang penelitian untuk skripsi di pantai ini dengan tema studi potensi wisata bahari di Kabupatan Bekasi. Alhamdulillah lulus juga deh dengan tema tersebut hehe.

Baca Juga: Pantai Muara Bungin, Destinasi Baru di Ujung Bekasi

Nah kemarin setelah 7 tahun dari 2013 ke 2020 nggak pernah mengunjunginya lagi ternyata sedikit banyak sudah banyak perubahan dari pertama kali kunjungan. Sudah ada penambahan fasilitas yang paling mencolok terlihat. Dan akhirnya Pantai Muara Beting ini sudah banyak yang tahu dan mengunjunginya. Walapun memang tak sebagus pantai-pantai lain, tapi ini bisa menjadi alternatif  wisata di Bekasi.

Perjalanan yang Berliku dari Darat ke Air

Pantai Muara Beting yang Indah
Narsis diantara pohon mangrove di Pantai Muara Beting Muaragembong

Pantai Muara Beting ini terletak di Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi. Yaps lokasinya memang ada di ujung Bekasi. Jarak dari rumah abang di Setu, Kabupaten Bekasi adalah 57 km atau sekitar 2 jam 30 menit menggunakan motor, atau jika kalian dari Stasiun Bekasi jaraknya adalah 2 jam 10 menit. Jauh? Iya karena aksesibilitas menujun lokasi belum begitu bagus dan belum ada transporasti umum menuju kesini. Sobat jalan-jalan bisa klik google maps ini yah:

Rute menuju Pantai Muara Beting memang agak berkelok, kalian akan melewati Kecamatan Babelan sebagai salah satu alternatif menuju Kecamatan Muaragembong. Saat menuju Kecamatan Muaragembog akses kalian masih aman tetapi dari Kecamatan Muaragembong ke Kampun Beting tidak terlalu bagus. Saran abang kalian isi penuh bensin kalian selama di Babelan, karena di Muaragembong hampir tidak ada pom bensin, tapi masih ada kok bensin eceran hehe. Oh iya,  akses Kecamatan Muaragembong menuju ke Kampung Beting jalannya berbatu dan belum di aspal. Untuk mobil masih bisa masuk, tapi saran abang jika kalian ingin kesini lebih baik menggunakan motor karena akan lebih cepat dengan rute yang belum begitu bagus.

Akses menuju Pantai Muara Beting
Nah ini kurang lebih akses di Kampung Beting Muaragembong

Sesampainya di Kampung Beting kalian bisa menyewa perahu kepada warga. Sebenernya bisa jalan kaki tapi jaraknya cukup jauh dan jalannya tidak begitu bagus. Jadi saran abang menggunakan perahu klotok-klotok untuk sampai ke pantai ini. Tenang, disini sudah banyak warga yang menyewakan perahunya untuk mengantar kita menuju Pantai Muara Beting. Seperti abang kemarin. Harga yang akan dipatok adalah Rp. 25.000/orang untuk pulang dan pergi sobat jalan-jalan. Nanti kalain akan diantar dan ditinggal sama nelayannya dan janjian kapan mau dijemput. Jadi waktunya flexible.

Penyewaan perahu di Kampung Beting Muaragembong
Ini tempat kemarin abang sewa perahu menuju Pantai Muara Beting

Perahu klotok-klotok di Muaragembong
Dan taraaa ... ini perahu klotok-klotoknya hehe

Oh iya yang perlu diperhatikan adalah jam pulang dari Pantai Muara Beting menuju ke Bekasi. Usahakan selepas ba’da ashar kalian harus sudah jalan pulang karena rute yang akan kalian lewati cukup gelap dan sepi. Apalagi untuk kalian hanya semotor (berdua). Sebenernya cukup aman tetapi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Akan lebih baik jika kesini ramai-ramai dengan beberapa motor jadi kalian bisa konvoi selama perjalanan. 

Menaiki Perahu Membelah Hutan Mangrove Muaragembong

Menikmati indahnya hutan mangrove Muaragembong
View-nya emang juara banget sih, asli!

Mungkin sobat jalan-jalan masih ada yang belum tahu kalau Bekasi memiliki kawasan hutan mangrove, yaps salah satunya di Kecamatan Muaragembong ini. Maka jangan heran jika kalian main ke Muaragembong akan melihat banyak tanaman mangrove. Btw nih sobat jalan-jalan, biasanyakan kita kalau mau ke pantai bisa langsung sampai di pantainnya yah atau sedikit tracking turun bukit nah lain cerita kalau ke Pantai Muara Beting nih.

View hutan mangrove di Muaragembong
View ini yang akan kalian lihat dari atas perahu klotok menuju Pantai Muara Beting

Untuk sampai ke Pantai Muara Beting kalian musti naik perahu klotok milik nelayan dari Kampung Beting. Sebenernya abang nggak tau nama perahunya, karena suaranya klotok-klotok jadi abang sebut aja “perahu klotok” haha. Ini bisa menjadi pengalaman yang menarik bagi kita yang jarang naik perahu nih, apalagi kalian akan membelah hutan mangrove. Seru banget, asli!

View Kampung Beting Muaragembong
Nah ini view ciamik Kampung Beting dari perahu klotok

Sepanjang perjalanan kalian akan menikmati hijaunya tanaman mangrove yang rimbun di sisi kanan dan kiri. Kalian pun bisa melihat aktifitas warga yang tinggal dipesisir pantai nih dari perahu yang kita tunggangi. Bahkan kalau kalian beruntung kalian bisa melihat kawanan burung loh diantara pohon mangrove. Abang sampai terkagum-kagum dan nggak percaya kalau ini masih di Bekasi hehe.

Pantai Muara Beting Ini Eksotik!

Keindahan Pantau Muara Beting Muaragembong
Seeksotik ini pemandangan di Pantai Muara Beting

Berpasir hitam dengan hutan mangrove disekitarnya membuat Pantai Muara Beting ini beda dengan pantai pada umumnya. Berbagai macam jenis mangrove tumbuh di pantai ini yang dapat menahan abrasi dan juga sebagai tempat tinggal ratusan biota air payau. Bahkan pada musim tertentu kalian bisa melihat ratusan burung yang berigrasi dari Laut China Selatan dan Laut Pasifik. Eksotik buka sobat jalan-jalan?

Kalian pun bisa berfoto diantara akar dan pohon mangrove yang menjulang tinggi loh karena pohon-pohon mangrove disini bagus untuk jadi spot foto nan instagramable hehe. Jika dalam keadaan surut kalian bisa mengelilingi pantai ini, tapi menjelang siang ke sore hari biasanya sudah pasang dan sebagian daratanya akan tenggelam. Makanya saran abang pagi-pagi aja kesininya biar nggak terlalu panas dan belum pasang. 

Masih dalam Pengembangan, Fasilitas Disini Cukup Memadai

Pantai Muara Betingi di Muaragembong
Indahkan viewnya Pantai Muara Beting ini sobat jalan-jalan?

Sobat jalan-jalan, Pantai Muara Beting di Kecamatan Muaragembong ini masih dalam tahap pengembangan dan butuh perhatian lebih dari pemerintah. Sejauh ini fasilitas yang sudah tersedia adalah warung-warung, toilet dan tempat bilas, akses melalui jalur air, jembatan bambu sebagai akses selama di Pantai Muara  Beting.

Fasilitas di Pantai Muara Beting Muaragembong
Ini beberapa fasilitas yang ada di Pantai Muara Beting

Jembatan bambu di Pantai Muara Beting
Ini jembatan bambu yang abang maksud nih sobat jalan-jalan

Nah untuk tempat ibadah abang belum menemukan, mungkin bisa menumpang di rumah warga karena di Pantai Muara Beting ini ada pemukiman warga juga. Memang masih banyak fasilitas yang kurang, tapi semoga kedepannya semakin berkembang Pantai Muara Beting ini. 

Mau Kemping Juga Bisa Loh

Kemping di Pantai Muara Beting
Mau kemping di Pantai Muara Beting bisa banget kok~

Selain menikmati angin sepoy-sepoy diantara rimbunnya pohon mangrove, kalian pun bisa mengajak teman-teman untuk menginap di pinggir pantai dengan berkemping ria di Pantai Muara Beting. Info yang abang dapatkan dari warga sekitar nggak ada tarif untuk kemping disini, hanya saja kalian perlu izin ke warga sekitar untuk keamanan kalian dan juga harus menjaga kebersihan lingkuan tentunya. Oh iya jika kalian tertarik keping disini kalian jangan lupa membawa lotion anti nyamuk yah, soalnya banyak yang bilang banyak nyamuk hehe

Mencoba Sensasi Memancing Di Atas Laut

Biota laut di Pantai Muara Beting
Abang menemukan ini pas lagi jalan di Pantai Muara Beting

Ada yang menarik nih disekitaran Pantai Muara Beting, kalian nggak cuma menikmati indahnya pantai saja tetapi kalian juga bisa mencoba memancing di tengah laut. Belum pernahkan kalian mancing di tengah laut? Nah di Pantai Muara Beting bisa banget loh.

Sisi lain Pantai Muara Beting Muaragembong
Nah ini sisi lain Pantai Muara Beting

Masyarakat Muaragembong telah membuat Bagang di sekitaran perairan Pantai Muaragembong. Kalian tahu bagang? Nah pada umumnya bagang merupakan rumah tangkap ikan yang berdiri di tengah laut dan biasanya berbentuk pondok-pondok kayu dengan bentang jaring  di bawahnya. Tetapi di Muaragembong bagangnya hanya kecil dan memang difungsikan sebagai tempat orang memancing.

Bagang di Pantai Muara Beting Muaragembong
Nah ini bagang-bagang di sekitaran Pantai Beting, ada banyak loh~

Jadi biasanya setiap weekend akan ramai orang-orang ke bagang ini bahkan sampai menginap. Nah untuk akses menuju bagang sama nih dengan akses ke Pantai Muara Beting harus menggunakan perahu klotok-klotok yang dapat disewakan untuk mengantar kita sampai ke bagang dan dijemput sesuai kesepakatan. Serukan bisa mencoba sensasi memancing di tengah laut hehe. Teruntuk yang hobi memancing, yakin nggak mau nyobain sensasi memancing di tengah laut-nya Bekasi nih? hehe

Baca Juga: Ingat! Ini Syarat Naik Pesawat di Era Normal Baru

Tips Berwisata Aman saat Pandemi

Pakai masker di Pantai Muara Beting
Jangan lupa pakai masker yah sobat jalan-jalan kalau mau keluar rumah

Sampai dengan hari ini, belum ada yang tahu sampai kapan pandemi ini akan berakhir. Maka dari itu, Indonesia akhirnya menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) salah satunya pada sektor pariwisata. Hal ini dilakukan agar semua pengunjung merasa aman selama berwisata. Selain dari pihak pengelola, kita pun sebagai wisatawan diwajibakan mematuhi protokol kesehatan selama berada di tempat wisata, seperti:

Protokol kesehatan bagi wisatawan di temapt wisata

Nah sobat jalan-jalan, benerkan kalau di Bekasi ada pantai? Semoga Pantai Muara Beting di Kecamatan Muaragemong Kabupaten Bekasi ini bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga yah. Tapi inget pandemi ini masih belum berakhir jadi harus tetap patuhi peraturan yang ada yah~

Pantai Muara Beting

Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamamatan Muaragembong, Kab. Bekasi

HTM : Gratis

40 Comments

  1. keren tulisannya.keep post yg keren keren.semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Bang Fauzan. Semoga membantu yaa informasinya :)

      Delete
  2. Joossss 👍👍 ditunggu cerita petualangan lainnya bang 🙏

    ReplyDelete
  3. Mantap....
    Maaf kalau bawa mobil bisa enggak bang ke muara beting..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya bisa kak, tapi jalananya nggak bagus dan sempit paling nanti nitip di rumah warga kak. Lebih baik motoran kak :)

      Delete
  4. fotonya mas ipul selalu bagus bagus

    aku baru tau juga di bekasi ada pantai indah gini
    maklum sering kemakan berita kurang baik tentang bekasi huhu

    tapi jauh juga ya 2 jaman berati ini bener-benr di ujung utara banget
    jadi penasaran pengen banget ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Abang Ikrom, terima kasih banyak yaa abangku hehe.

      Iyaa bang di Bekasi ada pantai loh tapi emang belum dikelola secara profesional dan belum banyak yang tau juga hehe. Lokasinya emang di ujung banget bang haha

      Delete
  5. Bekasi ini luas banget berarti yaaaa :D. Aku sampe baru tau ad pantai di sana. Dan itu ngebayangin naik motor udh 2 jam-an sendiri lgs panas rasanya mas hahahahahha.

    Tapi memang bagus sih, apalagi msh blm rame kan yaaa. Aku suka pantai yg masih sepi begini. Nyaman aja untuk bikin pikiran relaks dan manjain mata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luas banget mbak Bekasi itu haha. Ini lokasinya ada di paling ujung Bekasi haha. Masih asri dan tenang banget karena belum jadi Mass Toursim hehe. Kapan-kapan kalau main ke Bekasi mampir kesini yaa mbak ehhe

      Delete
  6. kaget juga kalau di Bekasi ada pantai, kirain nggak ada.
    perjalanan menuju ke muaranya seru juga ya, sensasi naik perahu klotok nya itu lho
    apalagi bisa ngeliat view hutan mangrove

    ini langsung ke laut jawa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah bener banget mbak Bekasi masih punya hutan mangrove dan bisa kita nikmati dari atas perahu klotok, syahdu abnget deh rasanyaa hahaha

      Delete
  7. Saya saya saya tinggal di Bekasi. Tapi belum pernah ke Pantai Muara Beting. Paling jauh cuma sampe Babelan. Itu juga pinggang udah rentek. Maklum faktor U. Kepingin banget ke sana. Secara anak pernah bilang kalau di sana viewnya memang bagus. Penduduknya juga ramah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah emang perlu perjalanan yang extra sih kalau mau kesini kak, tapi inshaAllah kita dapet pemandangan yang jarang kita liat di daerah Bekasi lainnya hehe. Kapan-kapan kesini yah mbak biar tau kalo Bekasi punya pantai hihi

      Delete
  8. Saya orang Bekasi, nih. Tapi belum pernah ke sana. Cuma sampe Babelan aja udah sakit pinggang naik motor. Anak yang udah ke sana. Dia bilang emang viewnya bagus. Tinggal poles dikit, pasti banyak didatengin pelancong.

    ReplyDelete
  9. Wahhh saya baru tahu lho kalo di Bekasi ada Pantai nya juga. Duhh jadi mau ke sana deh. Soalnya lumayan banget nih lagi Psbb gini jadi bisa menikmati keindahan Pantai dengan lebih tenang hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iyaa mbak di Bekasi ada loh pantai, lumayan pas PSBB gini nggak bisa main jauh-jauh jadi bisa #DiBekasiAja hehe.

      Delete
  10. Selalu ada pojok harta karun yang Ipul temukan di Bekasi, ini gak nyangka Bekasi punya pantai seindah ini. Jangan sampe deh banyak pendatang yang ninggalin sampah di sana.
    Kalau sebelum PSBB pasti banyak yang ke sini ya Ipul?
    Makasih udah berbagi keindahan, pas banget saya lagi butuh piknik :D

    ReplyDelete
  11. Blog jalan-jalan bacanya emang asik :) seakan-akan pembaca diajak berwisata bersama

    ReplyDelete
  12. Kalau kemping disini mesti bawa bekal makanan Kali ya? Beli ikan di Bagang buat dibakar bisa gak sih? Seru juga

    ReplyDelete
  13. Pantai Muara Beting ini banyak spot Instagrammable-nya ya. Saya koq ngebayanginnya ke sini sama suami berdua saja, motoran kayaknya romantis hihi. Sayangnya jauh banhet euy. Ah, semoga bisa deh ke sana suagu hari nanti.

    ReplyDelete
  14. Hai Ipul :) Kirain di mana ini ternyata di Bekasi yaks hahaha :) Lebih kaget lagi pas tau eh HTM nya gretong. Makin bahagia deh. Hati2 itu kalau kecebur, airnya cokelat gitu ngeri ada buaya dan ular ya hiiiiii.... Zaman pandemi gini naik perahu muter2 aja udah bahagia hahaha AKu mau juga kapan2 ke sana ah :D TFS.

    ReplyDelete
  15. Aku sampai nanya temenku yang orang Bekasi, apa di atau ini juga atau nggak. Ternyata nggak.
    hehe.
    Lain kali kalau k tempat dia, saya mau ajakin kesini ah.
    Btw ngelewatin hutan mangrove, banyak kelelawar kah?

    ReplyDelete
  16. Bagus ya pemandangannya. Cuma buat sampai butuh perjuangan banget, tapi kayaknya asyik kalau bawa anak.

    ReplyDelete
  17. Halo bang Ipul. Ini beneran di bekasi ya? ya ampun aku kira bekasi cuma ada industri-industri aja. kenapa itu pantainya masih bagus, bersih, dan fresh gitu yaaa? apa masyarakt sekitar ada gerakan untuk menjala lingkungan pantai juga mas?

    ReplyDelete
  18. gambarnya keren-keren, reportasenya bagus,
    bikin pingin kesana :D
    Walau udah tau airnya ngga bening dan mungkin bau sampah :D

    ReplyDelete
  19. Cukup seru cerita perjalanan di Muaragembong ini ya. Dan saya senang lihat kondisi hutan mangrove yg terjaga di sini,yg keberadaannya punya peran vital menjaga pantai dari abrasi air laut.

    ReplyDelete
  20. Kenapa siiih ada foto pertama, bikin hati emosyenel jadi kangen bangetttt.... Ya ampuun... Tapi umik bangga banget liat ipul bisa meraih mimpi sekarang. Jadi inget mimpi2 muda kita dulu untuk mengangkat nama Bekasi. Semangaatttt... Semoga aku bisa aktif lagi setelah kelar ngurus bobocil hahaha

    ReplyDelete
  21. Dengan adanya tempat kayak gini, mestinya Bekasi udah gak dibully lagi ya hwhwhw. Apik tempatnya walaupun kayaknya nggak ceburable. Mana gratis pula.

    ReplyDelete
  22. Akses ke Muara Gembong lumayan susah ya.. wisata mangrove ya Bang.

    ReplyDelete
  23. Wah pantainya keren ya Kak. Cuman jalannnya rada syerem yes hihihi... Buat petualang sejati ini menantang sekalii..

    ReplyDelete
  24. seru bacanya bang, baru tau saya di Bekasi juga ada pantai. Kapan2 bisa jadi alternatif nih buat ngebolang haha

    ReplyDelete
  25. mantul bgt bang... bahkan aku baru tau kalo dibekasi ada pantai
    :( jd pengen kesini ckckc

    ReplyDelete
  26. Lanjutan dari pantai kemarin ugak ini ternyata ya kak.
    Bener sik, karena aksesnya masih tanah dan berbatu, ada baiknya pake motor saja daripada naik mobil.

    Makin salut ama Bekasi, ternyata dua pantai kece. Ada mangrovenya lagi... kerennnnn hahaha *Aku nggak ngejek lo ya kak Ipul... ini beneran keren pantai Muara Betingnya.hahah

    ReplyDelete
  27. Setelah 7 tahun dan akhirnya kembali pasti banyak perubahan di pantai muara beting ini ya Mas. Enggak nyangka lo di Bekasi ternyata banyak pantai.. kemarin aku juga baca di blog ini pantai Muara Bungin, juga di bekasi. semoga fasilitas untuk wisatawan di tingkatkan lagi dan akhirnya tak hanya warga Bekasi tapi juga warga di luat kota Bekasi akan punya alternatif destinasi rekreasi di tempat ini

    ReplyDelete
  28. Ini beneran di Bekasi ya? Astaga, ga nyangka loh kalau di kabupaten Bekasi itu ada pantai. Tahunya saya cuma macet dan mall saja. Kalau ga baca ini ga nge loh. Semoga pas ke Jakarta nanti bisa sekalian mampir ke Pantai Beting ini.

    ReplyDelete
  29. Aku baru tahu ada pantai ini Ipul. Padahal 12 tahun di Jakarta loh, tetanggaan dan sering ke Bekasi. Semoga next ah main kesini.

    ReplyDelete
  30. Dulu pernah denger emang di Bekasi ada pantai tapi antara percaya ngga percaya sialnya dalam pikiranku agake ngga mungkin ada pantai d Jabodetabek wkwk pikiran sotoy ternyata emang beneran ada yaa d Kabupaten Bekasi.

    Lumayan cantik dan bersih ini

    ReplyDelete
  31. Aku ngga pernah terpikir bahwa dekat-deket Jakarta ada pantai lain selain Ancol dan PIK loh.

    Ini pantainya cukup sepi dan seru buat didatangin ya bang. Kalo naik sepeda brp jam ya? Naik motor aja 2 jam hahaha

    ReplyDelete
  32. Keras memang kehidupan Bekasi ini. Jalur menuju pantainya aja ekstrim banget. Kalau hujan pasti repot banget ini.

    Denger nama Babelan aja udah jauh banget, lah ini masih terus ��

    Semiga bisa dapat perhatian dari pemerintah Bekasi ya. Karena kalau dilihat jangka waktu 7 tahun dan fasilitasnya masih seperti ini, lambat sekali pergerakannya. Padahal ini bisa banget lho jadi potensi wisata di Bekasi :)

    ReplyDelete