Pantai Muara Bungin, Destinasi Baru di Ujung Bekasi

Pantai Muara Bungin, Destinasi Baru di Ujung Bekasi

Sobat jalan-jalan siapa nih yang udah kangen sama pantai, angkat tangannya? Wah pasti semuanya udah kangen banget nih dengan suara ombak sama berjalan di pinggir pantai, iyakan? Tapi mau gimana lagi, pandemi masih belum mereda jadi jangan keluar rumah jauh-jauh ya. Nah kali ini abang mau cerita tentang destinasi baru yang ada di ujung Kabupaten Bekasi nih.

Ngomong-ngomong nih sobat jalan-jalan, kalau denger kata Bekasi apa yang ada di benak kalian? Panas, Macet, Planet? Duh pasti banyak deh yah haha. Tapi kalian tau nggak kalau Bekasi itu punya pantai? Pasti sebagian sobat jalan-jalan jawab nggak tau, yekan? Nggak apa-apa, ini bakalan abang kasih tau kok kalau Bekasi punya pantai.

Pantai Muara Bungin Muaragembong
Ini dia Pantai Muara Bungin di Kecamatan Muaragembong

Pantai ini belum lama di buka untuk umum sekitar akhir 2019 diresmikan, karena pendemi Covid-19 dan sempat ada bajir rob jadi beberapa fasilitas di pantai ini banyak yang rusak dan pengunjungnya sepi. Ada yang sudah tahu kah nama pantai di ujung Bekasi ini? Yaps, namanya adalah Pantai Muara Bungin di Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi. 

Bekasi Punya Pantai, Beneran?

Perahu nelayan di Pantai Muara Bungin
Salah satu perahu nelayan di Pantai Muara Bungin

Pasti masih banyak yang nggak percaya kalau Bekasi juga ternyata punya pantai, iyakan? Bahkan mungkin orang Bekasi sendiri pun masih banyak yang belum tahu hehe. Gini yaa sobat jalan-jalan, Bekasi itu ada dua wilayah administrasi yaitu Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi. Nah kebanyakan wisata alam itu ada di Kabupaten Bekasi, walapun di Kota Bekasi pun ada beberapa spot wisata alam.

Baca Juga: Syahdu! Menikmati Senja di Situ Rawa Gede Bojong Menteng

Kecamatan Muaragembong merupakan salah satu dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi. di Kecamatan Muaragembong ini terkenal dengan daerah pesisir pantai di Kabupaten Bekasi. Sejauh ini ada dua pantai yang sudah mulai ramai pengunjung di Muaragembong Kabupaten Bekasi ini, yaitu Pantai Muara Beting dan Pantai Muara Bungin yang akan kita bahas di tulisan kali ini~

Lokasinya Ada di Ujung Bekasi

Pantai Muara Bungin Kabupaten Bekasi
Pemandangan Pantai Muara Bungin

Pantai Muara Bungin merupakan salah satu pantai di Kecamatan Muaragembong yang saat ini menjadi destinasi wisata bahari di Kabupaten Bekasi. Alamat lengkapnya berada di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi. Jarak dari rumah abang yang berada di Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi ke Pantai Muara Bungin sekitar 65 km atau sekitar 2 jam 30 menit perjalanan. Nah kalau dari Stasiun Bekasi jaraknya adalah 59 km atau sekitar 2 jam perjalanan. Luamayan jauhkan? Hehe. Yaps, karena lokasinya memang ada di ujung Kabupaten Bekasi.

Aksesibilitas ke Pantai Muara Bungin Muaragembong
Salah satu jalan menuju ke Pantai Muara Bungin

Abang menyarankan kalian menggunakan kendaraan pribadi, baik itu motor atau pun mobil walapun ada beberapa bagian jalan yang tidak terlalu bagus dan agak sempit pas di Desa Pantai Bahagia atau sekitar 2 km menuju pantai tapi masih bisa dilalui mobil kok. Selain itu juga karena belum ada transportasi umum yang sampai ke Pantai Muara Bungin ini, makanya abang menyarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Kalau sobat jalan-jalan masih bingung, silahkan klik google maps di bawah ini yah.

Lingkunganya Masih Asri dan Warganya Ramah

Pesawahan di Bekasi
Pemandangan ini yang akan kalian liat genks~

Sobat jalan-jalan, jika kalian kesini saat musim tanam padi maka mata kalian akan terbelalak dengan pemandangan hamparan pesawahan yang menghijau sepanjang perjalanan menuju Pantai Muara Bungin ini. Beda halnya ketika kalian sampai di pantai, kalian akan melihat empang (tempat menernak ikan) yang lokasinya persis di belakang pantai. Di empang ini banyak ditanami oleh tanaman mangrove.

Hutan mangrove di Muaragembong
Ada hutan mangrove juga di Pantai Muara Bungin

Sepeti yang kita tahu yah, Kecamatan Muaragembong terkenal dengan hutan mangrovenya karena tingkat abrasi disini tinggi. Nggak cuma di empang, di sungai bahkan di sebagian peisisir pantainya pun banyak tanaman mangrove. Jadi kalian bisa deh sekalian foto-foto diantara pohon mangrove hehe

Perahu warga Muaragembong
Ini perahu warga pas abang berhenti beli minum hehe

Nggak cuma lingkunganya loh yang masih asri, warga sekitar pun ramah-ramah banget. Jadi kemaren emang sengaja abang banyak ngobrol sama warga sekitar mulai dari tanya lokasi sampai ngobrol bareng bapak dan ibu yang berjualan di pantai. Mereka dengan ramah menjawab dan menunjukan rute menuju Pantai Muara Bungin ini. Semoga tetap ramah yaa bapak ibu~

Pantai Berpasir Hitam dengan Hamparan Pohon Mangrove

Pantai Muara Bungin Muaragembong
Asikkan pantainya sobat jalan-jalan

Pantai Muara Bungin di Kecamatan Muaragembong ini berpasir warna hitam dengan hamparan pohon mangrove. Kalau untuk air, nggak bisa dipungkiri sih memang pantai di pesisir Bekasi ini berwarna agak kecoklatan dan berwarna agak kebiruan ketika ada di tengah.  Tapi menurut abang sih masih bisa untuk sekedar bermain air di pinggir pantai.

Biota laut di Pantai Muara Bungin
Abang menemukan mereka dong~

Kalau kalian berjalan mengeliling pesisir pantainya, pasti kalian akan menemukan banyak cangkang kerang dan juga lubang-lubang kepiting. Apalagi di Pantai Muara Bungin ini banyak ditumbuhi tanaman mangrove jadi asik buat berteduh di siang hari. Disebagian spot malah sudah disediakan kursi untuk beristirahat. Kalian bisa memesan makanan dan minuman sambil menikmati sepoy-sepoy angin dan deburan ombak. Asik deh~

Piknik di Pantai Muara Bungin Muaragembong
Piknik di Pantai Muara Bungin Muaragembong

View Pantai Muara Bungin Kabupaten Bekasi
Kalian mau main ayunan sama abang ngga? Ehh 

Oh iya, jangan aneh kalau kalian banyak menemukan sampah yang menggantung di pohon mangrove yah. Kadang sampah-sampah itu bukan asli hasil dari situ melainkan kiriman melalui ombak. Nah tugas kita jangan menambahnya dengan buang sampah sembarangan yah~ 

Masuknya Masih Gratis, Fasilitasnya Cukup Lengkap

Pantai Muara Bungin Kecamatan Muaragembong
Asik juga yah berteduh di bawah pohon mangrove hehe

Kemarin pas abang main kesini belum ada HTM alias masih gratis dan nggak ada yang mintain parkir juga. Mungkin karena nggak terlalu ramai dan masih agak pagi. Tapi denger cerita dari salah satu warganya pas ramai nanti ada petugas parkirnya yang jagain. Tapi tenang nggak bikin kantong jebol kok, paling Rp. 2000 - Rp. 5000-an hehe.

Fasilitas di Pantai Muara Bungin
Ini beberapa fasilitas yang ada di Pantai Muara Bungin

Untuk kategori pantai yang masih dalam pengembangan, fasilitas disini cukup lengkap. Abang sudah menemukan toilet yang berfungsi juga sebagai kamar bilas, deretan warung makanan dan minuman di sepanjang pantai, tempat sampah disetiap titik, tempat ibadah dekat dengan pemukiman warga, bahkan Pantai Muara Bungin ini sudah mencoba menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabunya dan himbauan menggunakan masker.

Warung makanan dan minuman di Pantai Muara Bungin
Jangan takut kelaperan dan kehausan yah disini banyak warung kok hehe

Tapi balik lagi, pas kemarin abang mau coba cuci tangan pengelola belum menyediakan air bersih dan abang sulit untuk cuci tangan, dan masih banyak banget pengunjung yang dateng nggak pakai masker termasuk penjual makanannya. Semoga kedepannya ini nggak hanya fasilitas dan himbauan semata, tetapi benar-benar dijalani.

Ayunan di Pantai Muara Bungin
Yuk main ayunan yuk sama abang~

Untuk atraksi abang belum menemukan adanya atraksi di Pantai Muara Bungin. Abang hanya melihat banyak ayunan yang bisa dijadikan tempat bermain dan spot foto juga bisa sih hehe. Selebihnya belum ada, mungkin karena masih pengembangan yah jadi masih perlu banyak kajian untuk membuat sebuah atraksi. 

Tips Berwisata Aman Masa Pandemi

Ipul Soedibjoe
Abang aja pakai masker loh~

Sampai dengan hari ini, belum ada yang tahu sampai kapan pandemi ini akan berakhir. Maka dari itu, Indonesia akhirnya menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) salah satunya pada sektor pariwisata. Hal ini dilakukan agar semua pengunjung merasa aman selama berwisata. Selain dari pihak pengelola, kita pun sebagai wisatawan diwajibakan mematuhi protokol kesehatan selama berada di tempat wisata, seperti:

Protokol kesehatan bagi wisatawan di tempat wisata

Baca Juga: Catat! Ini Dia 5 Tempat Gowes Hits di Bekasi

Nah sobat jalan-jalan, benerkan kalau di Bekasi ada pantai? Semoga Pantai Muara Bungin bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga yah. Tapi inget pandemi ini masih belum berakhir jadi harus tetap patuhi peraturan yang ada yah~

Pantai Muara Bungin

Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi.

Jam Buka       : 07.00 WIB – 19.00 WIB

HTM               : Gratis

11 Comments

  1. Wah keren banget tempatnya, sayang udah gak di Bekasi hehe. Semoga bisa terjaga dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak masih asri dan belum banyak pembangunan. Mungkin kalau sudah dikelola secara profesional pasti akan lebih baik yaah :)

      Delete
  2. Sebenarnya kalau kita senang eksplorasi, di dekat-dekat kita pasti ada destinasi yang layak dicerikatan, layak diketahui orang ramai. Layak dijadikan sebagai alternatif wisata. Seperti di Bekasi, saya pikir selama ini cuma kawasan industri. Tapi ternyata ada Pantai Muara Bungin juga. Foto-fotonya keren Mas, terutama Manggrovenya-itu, mirip Walakkiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget Mbakku, apalagi pas PSBB gini jadi kita tetap bisa jalan-jalan di explore dareha tempat tinggal kita heeh. Biar makin banyak tau, biar makin berkembang destinasi wisatanya :)

      Delete
  3. Sayang ya, itu pasukan yang lagi makan-makan di foto itu duduknya deket-deketan. Padahal Adaptasi Kebiasaan Baru mestinya kudu duduk berjauh-jauhan supaya nggak nularin virus melalui udara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha iyaa mbak, dan mungkin bukan hanya disini aja yang "katanya" sudah menerapkan protokol kesehatan tapi di lapanganya belum terlalu tegas hehe. Karena beberapa destinasi yang saya kunjungi pun kebanyakan hanya sebatas poster atau sepaduk aja penerapannya masih belum berjalan baik hehe

      Delete
  4. Asli baru tahu lho, Bang, ada pantai dan daerah asri di Bekasi, enak banget duduk-duduk di bawah pohon menikmati pantai dan lautnya..bagus inisiatif warga untuk mengatur pantai agar lebih nyaman ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah mbakku Bekasi juga punya potensi wisata yang bisa dikembangkan nih hehe. Lumayan bisa main ke pantai ada pohon mangrovenya juga lagi hehe

      Delete
  5. Aku nggak kangen pantai, bang. Wkwkwk.

    Iya, kami suka lupa kalo Bekasi ini kan juga daerah yang terletak area pesisir, jadi suka nggak kepikiran Bekasi ada pantai. Semoga pengunjungnya bertambah biar fasilitasnya bisa dibenahi yak.

    ReplyDelete
  6. Wah, berita menggemparkan ini Bekasi punya pantai. Ahahahah


    Itu air pantainya memang berwarna coklat atau kotor?

    Memang keliatan masih baru banget ya pantainya. Semoga pengembangannya berjalan dengan baik dan pengunjung selalu sadar untuk menjaga pantai ini.

    ReplyDelete
  7. Dan baru dari tulisan ini saya tahu ada pantai di Bekasi. Hahaha
    Sedih ya fasilitasnya rusak karena banjir rob.

    Btw,harusnya pemerintah setempat saat surut, banyak sampah menggantung di mangrove, saat itu juga bisa dibersihkan sik. ya meskipun nanti akan berulang sampah akan selalu ada di sana, tapi yang jelas sudah bisa mengurangi keberadaan sampah.

    Btw, itu yang di foto anak-anak rame2, kok ga pakai masker kak?

    ReplyDelete