Ternyata, Patung Yesus Tertinggi di Dunia Itu Ada di Indonesia!

Ternyata Patung Yesus Tertinggi di dunia itu ada di indonesia


“Tidak penting apapun agama atau sukumu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu ...”
KH. Abdurrahman Wahid

       Travellovers, udah baca kan cerita abang sebelumnya di Tana Toraja? Serius nih yah udah baca, karena kalo belum baca cerita abang sebelumnya nanti bingung loh. *bacain cerita aja bingung, gimana nyari jodoh *eh apa dah bang wkwk. Skip!

            Travellovers pasti udah banyak yang tau yah tentang Patung Yesus yang dikalim tertinggi di dunia itu ternyata ada di Indonesia. Udah pernah dengerakan travellovers? Nah, yang banyak kita taukan kalo salah satu Patung Yesus tertinggi dan terkenal di dunia itu ada di Brasil yaitu Patung Kristus Penebus (Cristo Redentor) yang terdapat di Rio de Janeiro, Brasil.


patung tuhan yesus tertinggi di dunia
Nah itu Patung Tuhan Yesus Memberkati tepat dibelakang abang

        Tapi ternyata travellovers, akhir-akhir ini kita mendengar bahwa di Indonesia terdapat Patung Yesus tertinggi yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja. Dan dari letaknya akhirnya nama Patung Yesus ini dinamai Patung Tuhan Yesus Memberkati Buntu Burake.
      Patung Yesus ini merupakan salah satu destinasi yang abang kunjungi di Tana Toraja. Seperti yang sebelumnya abang tulis yah, bahwa Tana Toraja merupakan salah satu destinasi impian abang dan alhamdulillah akhirnya terlaksana di awal tahun 2018.

Menuju Lokasi

patung yesus tertinggi di dunia
Sudah terlihat dari kejauhan Patung Tuhan Yesus Memberkati di Buntu Burake ini 

Selama di Toraja abang stay dengan keluarga baru abang yang merupakan keluarga dari temen abang semasa kuliah. Dan Alhamdulillahnya mereka stay di Rantepao. Nah FYI yaa travellovers, Rantepao merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Toraja Utara dan merupakan salah satu basis pariwisata di Tana Toraja. Mungkin buat yang udah pernah ke Toraja, pasti kalian nggak asing dengan Pasar Rantepao yang terkenal dengan oleh-oleh dari Tana Toraja.

Membutuhkan waktu kurang lebih 30 – 40 menit untuk sampai ke Patung Tuhan Yesus Memberkati dari Rantepao menggunakan motor. Maklum pas di Toraja abang keliling-keliling sama adeknya temen abang menggunakan motor. *terima kasih sulfi (adeknya temen abang di Toraja). Waktu abang kunjungan kesini, abang belum menemukan transportasi umum menuju kesini. Kebanyakan yang berkunjung kesini membawa motor atau mobil. Paling alternatifnya kalian bisa menyewa kendaraan untuk kesini travellovers.

Travellovers, selama perjalan menuju ke Patung Tuhan Yesus Memberkati, kalian akan terperangah dengan keindahan perbukitan yang berjejer rapih di Buntu Burake. Jalurnya yang berkelok-kelok, deretan perbukitan yang menghijau menambah epic pemandangan sekitar.

Patung Tuhan Yesus Memberkati

patung yesus tertinggi di dunia
tampak dari bawah Patung Tuhan Yesus Memberkati

Seperti yang abang bilang tadi, Patung Tuhan Yesus Memberkati ini diklaim tertinggi di dunia. Walapun belum ada pengakuan khusus terkait kalim tersebut. Tapi bisa kita lihat dari tinggi patung tersebut  yaitu 45 meter yang berada di puncak Bukit Buntu Burake dengan ketinggian 1.700 mdpl. Sedangkan Patung Kristus Penebus (Cristo Redentor) yang terdapat di Rio de Janeiro, Brasil memiliki tinggi 38 meter di puncak Gunung Corcovado dengan ketinggian 710 mdpl di Taman Nasional Hutan Tijuca. Nah lumayan jauhkan bedanya. *hehe

patung yesus tertinggi di dunia
Ini sebagian tangga yang akan kalian lewati untuk menuju puncak bukit Buntu Burake

Dari ketinggial 45 meter tentunya kita harus melewati anak tangga untuk sampai kepuncak. Kalian tau berapa jumlah anak tangga yang musti dilewati untuk sampai di puncak? Yaps, jumlahnya adalah 7.777 anak tangga. Bisa dibayangkan tingginya dan lelahnya yah *wkwk. Abang saranin untuk isi perut dulu yah.

Tapi, lelah itu akan terbayar lunas ketika kalian sudah sampai di puncak atau di pelataran Patung Tuhan Yesus Memberkati. Kalian akan melihat betapa indahnya Kota Makale dari ketinggian. Sungguh pemandangan yang sangat luar biasa indahnya.

Fasilitas di Tempat Wisata Patung Tuhan Yesus Memberkati

patung yesus tertinggi di dunia
Ini beberapa gazebo yang disediakan untuk kita beristirahat

Dari pertama memasuki kawasan kita sudah melihat dan melewati kios-kios yang menjual beraneka ragam makanan dan minuman, disini juga banyak ditemui kios-kios yang menjual oleh oleh khas tempat wisata Patung Tuhan Yesus Memberkati.

Ada juga toilet dan juga beberapa gazebo yang disediakan untuk para pengunjung yang mau beristirahat sambil menyantap makanan dan minuman. Lokasi gazebonya juga tersebar dibeberapa titik yang sangat strategis. Yaa sambil beristirahat sambil menikmati angin sepoi-sepoi *hehe

Nah, selain kita bisa melihat megahnya Patung Tuhan Yesus Memberkati, tepat dipuncak atau dipelataranya kita dapat mencoba salah satu spot hits disini. Namanya adalah Jembatan Kaca. Jembatan kaca ini tepat berada didepan Patung Tuhan Yesus Memberkati yang panjangnya kurang lebih 100 meter diatas tebing yang sangat terjal dan curam tentunya.

Sayangnya pas abang kesini jembatan kacanya ditutup. Denger-denger kata temen abang, sebelumnya jembatan ini sudah dibuka untuk umum dan tentunya dengan pengawasan yang ketat. Sehingga pengunjung yang mau mencoba musti lepas alas kaki. Nah selang beberapa hari setelah dibuka untuk umum, ternyata banyak pengunjung yang mencoba tanpa melepas alas kaki sehingga kaca-kacanya tergores oleh alas kaki. So, ditutup deh. *sabar yaa abangkuh pukpuk 

patung tuhan yesus tertinggi di dunia
Salah satu spot foto instagramable di Bukit Buntu Burake

Selain jembatan kaca, dibeberapa bukit disekitaran patung juga disediakan beberapa spot foto yang tentunya kekinian dan instagramable banget. Nih kaya beberapa foto abang, dengan background indahnya pemandangan Kota Makale. 


patung tuhan yesus tertinggi di dunia
Ini salah satu spot foto yang agak berbahaya yah, karena haru merangkak dulu *hehe

Ohiya, dibeberapa foto abang juga ada yang di bukit yang belum dibuka untuk spot foto sepeti yang lainnya. Jadi musti merangkak untuk dapet foto. Lagi-lagi tebing ini cukup terjal dan tajam. So, jangan coba-coba yah kalo nggak punya skill khusus memanjat *wkwk

Ohiya travellovers, jika kalian mau kesini abang saranin dateng pas pagi atau nggak sore hari yah. Jangan siang hari. Soalnya panas banget *hehe. Jadi benerkan kata abang kalo ternyata Indonesia punya Patung Yesus tertinggi di dunia yaitu Patung Tuhan Yesus Memberkati Buntu Burake.

Lokasi dan HTM
Patung Tuhan Yesus Memberkati
Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan
HTM : Rp. 10.000/orang



36 Comments

  1. Waktu saya berkunjung ke Tana Toraja, patung ini belum dibangun. Kapan lagi ya, ke Tana Toraja ... harus atur jadwal dan dompet dulu nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti kaka udah lama banget yah ke Tana Torajanya. hehe. Musti nabung banget yah sekarang mah soalnya tiket pesawatnya mahal banget heee

      Delete
  2. wihh gokil parah! Suasana dan viewnya cocok banget nih buat bikin feed instagram jadi makin kece. wahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih iyaa dong bang. Tetep yeekan kita butuh foto yang kece buat upload di instagram wkwk

      Delete
  3. serem banget yang duduk di batu. Kok berani sih kak. Hati-hati ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nekat sih ini kak. Aslinya jangan di coba-coba. Soalnya ini terjal banget kak

      Delete
  4. Salut sama lu, bro! Walaupun muslim tapi nggak anti berkunjung ke tempat landmark agama lain. Bangga ya, ternyata patung Yesus tertinggi ada di Indonesia. Angka 7.777 itu kemungkinan diambil dari satu ayat di Alkitab. Saat Petrus (apa Yohanes ya?) bertanya kepada Yesus berapa kali ia harus mengampuni saudaranya, jawaban Yesus adalah, "Tujuh puluh kali tujuh puluh" yang maksudnya adalah mengampuni hingga tak terbatas.

    Hadeuh dasar rakyat negara berflower, susah amat sik taat sama peraturan -_____-

    ReplyDelete
  5. Waaa seneng ketemu sam traveller yang pernah mampir ke Toraja, kota yang bikin gw jatuh cinta dan bolak balik. Udah kemana aja kak di Toraja??

    Mampir ke blog gw yaaa kak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak Putri salam kenal yaah.
      Iyah kak, Akhamdulillah pernah kesana. Tapi masih cuma beberapa tempat ajaa hehe.

      Okei kak meluncur πŸ˜„

      Delete
  6. Wuaaaa lagi-lagi aku dibuat mupeng menjelajah Tana Toraja
    Makin nyesel rasanya setahun lebih di Makassar dan gak sempat jalan ke Toraja huhuhu
    Btw itu patung Yesusnya tampak megah banget di ketinggian gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak Putu,
      Wah iyaa sayang banget yaah kak stay di Makassar tapi belum sempet ke Toraja hehe.

      Iyaah kak emang megah banget patungnyaa πŸ˜„

      Delete
  7. kemaren saya juga ke sini... tapi gak banyak fotonya.. keburu capek... hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha keburu engab yaa bang naik tangganyaa wkwk

      Delete
  8. Relaaa deh menuju ketinggian 45 itu judu naikin 7.777 anak tangga hahaha... capek yg terbayarkan melihat patung dan keindahan alamnya ya bang 😘 Kalo jalan2 ga boleh nanggung. Siap fisik dan mental kayak gini hebat banget 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musti banget kak. Soalnya sayang kan udah jauh masa nggak nyampek keatas, sayang banget hehe. Dan yang paling penting, kita musti jaga stamina dan kesehatan kita biar travelignya tetap vit ... hehe

      Delete
  9. Pemandangan Tana Toraja memang indah ya, masih dingin ngga ya Rantepao, dulu dingin sekali kalau malam,semoga bisa berkunjung lagi dan melihat pemandangan indah dari atas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah nggak terlalu dingin kak. Mungkin karena udah banyak transporasti dan pengujnung kali yah hehe.

      Delete
  10. Wow 7000 lebih anak tangga? Sama aja dengan naik Gunung Gede Pangrango, kali ya? Hehehe...
    Walau cuma sampai Kandang Badak.
    Bisa diajukan ke muri atuh atau ke World Record. Siapa tahu bisa klaim beneran tertinggi di dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa teh bisa jadi yaah hehe. Semoga yaah kak, biar klaimnya bener-bener diakui oleh dunia yaah

      Delete
  11. Kalau saya diajak ke sini kayaknya bakal galau. Saya takut lihat patung apalagi gede begitu. Tapi, juga pengen ke sana untuk menikmati view yang indah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku juga jadi ikut galau kak kalo gini ceritanyaa hehe.

      Mau ke atas tapi takut patung hihi.
      Baik kita musti cari ide nih πŸ˜€

      Delete
  12. kebetulan aku juga udh pernah ke sini mas, tapi sayap itu saya malah ngak liat. Mungkin baru dibangunnya kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kaka Turis Cantik πŸ˜€
      Udah pernah kesini yaa kak?
      Iyah kayaknya baru deh kak. Lokasinya ada di bukit sebelahnyaa kak πŸ˜€

      Delete
  13. waaa.. envy, ke Sulawesi Selatan aja belum pernah, apalagi ke Toraja ...
    aku salah fokus lihatjaketnya , itu keren banget, tenun Toraja kah?
    pernah lihat pameran kain tenun Toraja di museum Tekstil, cantik2 kainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kakak suka merendah nih.
      Pasti udah melalang buana kemana-mana nih si kaka hehe.

      Bukan sih kak, itu emang outer etnik sih kak tapi bukan beli di Toraja hehe

      Delete
  14. Menarik sekali tempat ini buat dikunjungi. Saya Kira patung Yesus tertinggi di negara Kita itu yang di Menado. Ternyata yang disini. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah bang menarik banget dan indah alam sekitarnyaa πŸ˜„

      Iyaah bang sekarang yang tertinggi di Indonesianyaa yang ini ada di Toraja πŸ˜„

      Delete
  15. Wah, jembatan kacanya sudah jadi ya. Waktu saya datang ke sana, pembangunan belum selesai sepenuhnya.


    Mampir ke Goa Maria-nya juga kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah abang, sudah sempat di operasikan juga jembatan kacanya.

      Wah nggak sempat waktu itu bang hehe

      Delete
  16. Berarti aku kudu ke Tana Toraja trus ke Rio de Janeiro, buat buktiin kalo patung Tuhan Yesus yg di Tana Toraja yg paling tinggi.
    *padal alesan kalo pengen main ke sana :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih ini bener banget kak. Ke Toraja abis itu ke Brasil yaa kak. Jangan lupa bawa meteran yaah kak wkwk

      Delete
  17. Toraja memang gak ada habisnya potensi pariwisata adat,budaya maupun alam nya.semoga tahun ini bisa menginjakkan kaki di Toraja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah bener banget abang. Semangat yaa abang semoga segera kesini. Aamiin πŸ˜‡

      Delete
  18. Keren banget pemandangannyaaaa... Kalau dilihat dari tinggi patung dan tinggi bukitnya, patung Yesus Memberkati ini lebih tinggi dari Christ the Redeemer di Rio. Tapi sayang kalah tenar ya, padahal bisa dijadikan atraksi wisata.

    Pas baca harus melewati 7.777 anak tangga, saya langsung ngos2an. Hahaha

    Btw, itu sepertinya 7.777 anak tangga itu representasi dari pernyataan Tuhan Yesus untuk mengasihi tanpa batas. Ada dalam Kitab Matius di Alkitab.

    Terimakasih telah berbagi pengalamannya di Toraja kak. Semoga kelak saya bisa ke sana. Salam kenal dan salam toleransi. I salutte you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Chaycya salam kenal yaah kak. Iyaah kak aamiin yaah, semoga bisa segera kesini πŸ˜‡

      Delete