Adaptasi Pembelajaran Kebiasaan Baru, Belajar Asik Bersama Seri Kegiatan Webinar Berkarakter


Sahabat Karakter, Adaptasi pembelajaran kebiasaan baru mulai diterapakan diseluruh lapisan pendidikan. Mulai dari pendidikan dasar, menengah, hingga universitas. Sebelum pandemi, kita dapat dengan leluasa belajar di ruang kelas, sekarang disaat pandemi, kita semua harus belajar dari rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Di masa pandemi ini, bukan menjadi alasan tidak belajar dan tidak produktif. Belajar dari Rumah (BDR) adalah salah satu cara yang dilakukan agar proses belajar mengajar tetap bisa dilaksanakan. Peranan guru yang bekerjasama dengan orang tua di rumah tentunya akan menciptakan keselarasan adaptasi pembelajaran kebiasaan baru di masa pandemi ini.

Sekolah di Zona Kuning Boleh Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka

Seperti yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, dengan beberapa pertimbangan akhirnya sekolah-sekolah yang berada di zona kuning “diperbolehkan” memberlakukan pembelajaran tatap muka dengan pertimbangan risiko kesehatan seperti di zona hijau. Selanjutnya untuk daerah yang berada di zona oranye dan merah, tetap dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan. Sekolah pada zona-zona tersebut tetap harus melanjutkan Belajar dari Rumah (BDR).

Sekilas Tentang Puspeka Kemendikbud RI
Sobat Karakter, Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) merupakan unit organisasi baru di Kemendikbud yang dibentuk berdasarkan Permendikbud Nomor 45 Tahun 2019. Puspeka dibentuk untuk menunjang pelaksanaan program Penguatan Pendidikan Karakter sebagai program prioritas Kemendikbud.

Seri Kegiatan Webinar Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19
Kemendikbud melalui Puspeka kembali menyelenggarakan Seri Kegiatan Webinar Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Webinar ini dibagi beberapa seri dari mulai tanggal 8 Agustus sampai 29 Agustus 2020 dengan tema yang berbeda dan menarik untuk diikuti.



Di seri pertama, Ibu Titik Nur Istiqomah selaku Guru Penggerak Komunitas Guru Belajar Kabupaten Magelang berbagi cerita terkait metode mengajarnya di masa pandemi. Sebelum memulai PJJ, Beliau membuat pemetaan profil murid meliputi Sarana prasarana, Kepemilikan HP, Paket internet per bulan, lalu musyawarah bersama orang tua.



Selanjutnya di webinar seri ke-2, Ibu Yayuk Hartini yang merupakan Guru SDN Indrasari 1 Martapura memberikan materi Implementasi Praktik Baik dan Pembelajaran Motivatif. Salah satunya tentang pendidikan karakter seperti kecakapan hidup, kemandirian, dan juga implementasi pembiasaan baik di rumah.



Di webinar seri ke-3, ada Mas Fandy Dawenan yang merupakan Guru Pendidikan Khusus Berprestasi dan PJ Unit Produksi Braille di Sorong, Papua Barat. Beliau berbagi cerita tentang PJJ bersama siswa-siswinya yang merupakan murid berkebutuhan khusus. Ceritanya sangat menarik untuk diikuti.



Selanjutnya seri ke-4 ada Firhan Ashari yang merupakan Alumnus SMK dan merupakan Finalis Masterchef Indonesia Season 6. Firhan yang merupakan lulusan SMK bercerita tentang jurusan Tata Boga yang sekarang mengantarkannya menjadi seorang Chef dan akhirnya memiliki usaha bernama “Spice Wings”.


Empat sosok di atas hanyalah beberapa narasumber yang luar biasa menginspirasi dalam Seri Kegiatan Webinar Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 oleh Puspeka Kemendikbud RI, masih ada banyak lagi narasumber yang luar biasa di webinar ini. Kalian dapat menyaksikannya di channel youtube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI atau instagram @cerdasberkarakter.kemdikbudri.

Sahabat Karakter, jangan lupa untuk selalu menerapkan 3M yaitu Menggunakan masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan Menjaga jarak. Tetap sehat dan tetap semangat, Sahabat Karakter!

28 Comments

  1. Metode PJJ saat ini tetap harus semangat dijalankan, apalagi untuk penguatan pendidikan karakter. Bisa ditonton ulang nih, karena banyak pencerahan dan inspirasi ya. Eh ada chef Firhan pula, #galfok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget teh!
      PJJ ini tentunya dapat terlaksana dengan baik ketika ada haromisasi antara guru dan orang tua di rumah. Teteh wajib banget nonton seri webinarnya di youtube soalnya banyak banget ilmu yang di dapet.

      Eaaah tau aja kalo ada yang bening teh hehe

      Delete
  2. Wah, wajib nonton ulang nih webinarnya. Apalagi saya tengah getolnya belajar tentang pendidikan karakter. Apalagi narasumbernya memang benar-benar pakar di bidangnya. Sukses selalu Mas Ipul. Semangat terus jalan-jalannya, ya... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah Mbak Keisya wajib banget nih nonton seri webinarnya. Bener-bener nambah insight kita loh hehe. Biar kita sama-sama belajar yah mbak :)

      Delete
  3. Webinar dengan topic dan narasumbernya beneran beneran membuka wawasan . PJJ ini soalnya banyak tantangannya. Semoga dengan menonton webinarnya jadi lebih paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener kang, karena kita ada di fase "kebiasaan baru" makanya sama-sama belajar, termasuk PJJ ini. Iyaah aku pas abis nonton webinar jadi banyak dapet insight baru kang. Termasuk semangat baru belajar di tengah pandemi ini :)

      Delete
  4. Karena setiap orang akan istimewa dengan caranya masing2, sepakat banget. Rasanya adem banget, dan indah yaa kalo saling memahami keistimewaan.

    Semoga adaptasi pembelajaran kebiasaan baru ini menjadi momen yang lebih so sweet bagi anak belajar dan orang tua serta gurunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak, kita bisa jadi apa yang kita mau. Karena setiap orang diciptakan istimewa :)

      Dulu mungkin sebelum pandemi orang tua menyerahkan sepenuhnya tanggungjawab kepada guru di sekolah, sekarang orang tua merasakan apa yang di rasakan guru selama ini. Tapi semoga ini tidak menjadi beban yaa kak. Biar PJJ ini dapat berjalan dengan lancar tentunya aamiin

      Delete
  5. Pandemi dan psbb tidak seharusnya menghentikan kita dari belajar dan berkreasi yam keren juga webinarnya. Sayang sekali saya ketinggalam info nih. Padahal sedang butuh metode pembelajaran selama pjj, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener mbak, bukan alasan kita menyarah pada keadaan yah. Tenang mbak, webinarnya masih bisa ditonton di channel youtubenya Kemendikbud. Ada link channelnya di artikel yaah mbak :)

      Delete
  6. Keren-keren acaranya, walaupun lagi ada pandemi gni, kalo ada acara mantap kayak di atas. Bikin semangat belajar terus, bisa kapanpun dan dimanapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah mbak, mencari ilmu bisa darimana aja yah, termasuk menyaksikan seri webinar dari Puspeka Kemendikbud ini. Selamat menyaksikan mbak semoga bermafaat :)

      Delete
  7. Memang di saat pandemi ini banyak webinar yang sangat bermanfaat untuk meluaskan wawasan. Sangat mudah dan bermanfaat jika kita bisa akses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kak, kita bisa belajar darimana saja dan kapan saja yaah. Bisa banget diakses kak di channel youtubenya Kemendikbud, di artikel sudah saya cantumkan channel youtubenya yaa kak. Selamat menyaksikan :)

      Delete
  8. Seri Kegiatan Webinar Pembelajaran ini lumayan banget untuk manambah ilmu dan mengisi waktu luang selamat di Rumah aja, materinya juga mantap banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbak buat nambah insight kita terkait pembelajaran di masa pandemi ini :)

      Delete
  9. di masa pandemi seperti ini memang kita harus berinovasi dan kratif ya mas. jangan sampai berhenti, karena belajar bisa di mana saja dan kapan saja. jangan malah menyalahkan keadaan. syukurlah kita semua berpegangan tangan termasuk kementrian yang tanggap membuat program2 speerti ini, harapannya proses KBM ttp bisa berjalan meski tak sempurna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah bener banget mbak, di masa pandemi ini kita sama-sama banyak belajar tentang "tatanan kebiasaan baru". Semoga pandemi ini tidak melemahkan kita yah, kita harus tetap sehat dan produktif. Proses belajar mengajar pun berjalan dengan lancar :)

      Delete
  10. Semenjak pandemi jadi sering ikut seminar atau webminar online juga. Suka banget dengan kata katanya mas Syaiful "Karena setiap orang akan istimewa dengan caranya masing-masing"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah mbak sama aku juga semenjak pandemi ini aku sering cari ilmu di webinar hehe. Soalnya banyak banget webinar gratis dan ilmunya daging banget hehe

      Delete
  11. Wah ada Mbak Roslina Verauli, suka liat kalau beliau sedang membahas anak. Setiap kali menyuruh anak untuk melakukan sesuatu dengan cepat, saya lansgung teringat nasehat beliau. Keren ya Mas kelas webinarnya. Sayang saya tidak bisa nonton langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah Mbak ada Mbak Roslina idola aku juga hehe. Soalnya asik banget beliau kalau bahas tentang anak dari segi psikologinya. Tenang mbak, webinarnya masih bisa di tonton kok. Di artikel aku ada link ke channelnya kak. Tinggal klik aja semua webinarnya bisa ditonton ulang :)

      Delete
  12. Pandemi membuat kita berpikir lebih kreatif, memutar setiap agenda yang rutin dilakukan dengan agenda adaptasi semasa covid-19. Saya paling suka dengan kalimatnya Ki Hajar Dewantara yang "Setiap orang adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah." Jadi kita bisa belajar dari siapapun ya kak 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sarua pisan teh hehe. Karena pandemi ini bener-bener baru kita alami jadi kita sama-sama baru belajar Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) termasuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

      Iyaah teh aku suka banget kutipanya Ki Hajar Dewantara yang itu teh karena dimanapun kita dan siapapun kita, bisa terus tetap belajar yaa teh. Stay safe teteh :)

      Delete
  13. Pul, kalau ada informasi webinar seputar dunia pendidikan, atau penyelenggara nya Kemendikbud, yang boleh diikuti oleh umum, saya minta informasi nya ya, please. Nuhun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap teteh inshaAllah nanti dikabarin yah. Kalo nggak teteh bisa follow akun instagram @cerdasberkarakter.kemdikbudri update banget seputar dunia pendidikan dan banyak banget webinar bermanfaatnya :)

      Delete
  14. Masha Allah profile pembicaranya keren Keren. Ada dari KGB juga, aku tahu komunitas ini. Eh ada Anya Dwinov juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa keynote speaker-nya kece-kece banget teh hehe. Iyaa ada sebagai pembawa acara teh hihi

      Delete