Syahdu! Menikmati Senja di Situ Rawa Gede Bojong Menteng


Sobat jalan-jalan, siapa disini yang suka menikmati senja? Uh pasti banyak nih yang suka sama senja. Iyakan? Yaa entah mengapa bagi abang senja itu menenangkan, apalagi kalau kita menikmatinya di alam terbuka. Nah ngomongin tentang senja nih, beberapa hari lalu abang berkesempatan mengunjungi salah satu destinasi yang lagi hype banget di Kota Bekasi nih, tepatnya di Bojong Menteng.
Sobat jalan-jalan yang tinggal disekitaran Bekasi pasti udah nggak aneh dengan destinasi ini, yaps betul banget namanya adalah Situ Rawa Gede Bojong Menteng, Kota Bekasi. Seperti yang kita tahu dari namanya, maka destinasi ini merupakan situ atau danau yang sekarang sedang dibenahi oleh pemuda dan masyarakat KPPL Situ Rawa Gede menjadi destinasi alam yang cantik di Kota Bekasi.

Sekilas Tentang Situ Rawa Gede Bojong Menteng

Bojong Menteng Kota Bekasi
Selamat datang di Taman Wisata Alam Situ Rawa Gede Bojong Menteng

Sobat jalan-jalan, dari dulu Situ Rawa Gede Bojong Menteng ini emang udah terkenal tapi terkenalnya agak negatif nih hehe. Situ Rawa Gede Bojong Menteng yang memiliki luas kurang lebih 7,3 Ha dulunya merupakan tempat pembuangan limbah dan sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat yang tidak bertanggungjawab, sehingga warna air yang menghitam dan aroma yang  tidak enak keluar dari danau atau situ ini.

Nah ini fasilitas yang ada di Situ Rawa Gede Bojong Menteng yaa~

Semenjak adanya pembenahan secara besar-besaran oleh KPPL Situ Rawa Gede, kondisi danau ini pun berangsur-angsur membaik dan sangat jauh lebih baik dari yang dulu. Sehingga nggak heran kalau saat ini Situ Rawa Gede Bojong Menteng banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar Bekasi bahkan dari luar Bekasi pun banyak yang berkunjung kesini. 

Lokasinya Dekat dengan Pusat Kota Bekasi

Asik yah viewnya sobat jalan-jalan

Beralamatkan di Jalan Kampung Bojong Menteng, RT. 005/002, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi atau persis di samping Gedung Kesenian Kota Bekasi, Situ Rawa Gede dekat dengan pusat Kota Bekasi. Jika kalian dari Stasiun Bekasi waktu yang ditempuh sekitar 25 – 30 menit. Kalian bisa menggunakan ojek online atau jika kalian dari Terminal Bekasi kalian bisa menaiki angkot K 11 jurusan Terminal Bekasi – Bantargebang dan turun di flyover Simpang Cipendawa dan lanjut ojek pangkalan atau ojek online. Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa klik google maps di bawah ini yah sobat jalan-jalan



Dari Spot Instagramable Hingga Wahana Air, Ada Disini!

Mau naik perahu keliling danau? Bisa banget!

Nggak cuma pemandangan danau, di Situ Rawa Gede Bojong Menteng ini terdapat banyak banget spot instagramable yang pasti bikin kalian foto sana sini. Tenang fotonya masih gratis kok, tapi kalau kalian mau berbagi ada kotak yang disediakan disetiap spot foto untuk pengelolaan yaah. 

Nah ini nih spot foto nan instagramablenya. Yakin nggak mau foto disini?

Selain itu ada juga loh kebun mini untuk bercocok tanam, warung-warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman lengkap dengan tempat makan yang persis ada di pinggir danau atau pilih makan di saung-saung juga bisa banget, pokoknya syahdu banget deh kalo sore~

Ini warung-warungnya nih, persis di samping danau~

 Ini musolahnya yah~

Kebun mininya juga lucu loh~ 

Nah toiletnya bersihkan?
Ada parkir sepedanya juga loh~

Tenang, sudah disediakan musolah untuk sobat jalan-jalan yang mau beribadah, toilet yang bersih, dan ada wahana air untuk sobat jalan-jalan yang mau berkeliling Situ Rawa Gede Bojong Menteng. Untuk wahana air seperti perahu dan bebek-bebekan, kalian cukup merogoh kocek Rp. 5000,- – Rp. 10.000,- per wahana yah. Sangat terjangkaukan?

Masuknya Gratis Cukup Bayar Parkir Aja

Cukup bayar parkir aja sobat jalan-jalan

Situ Rawa Gede Bojong Menteng emang tempat wisata keluarga banget nih! Kenapa abang bilang gini? Karena masuknya itu gratis tis tis. Kalian cukup membayar parkir kendaraan aja. Untuk Motor dan Sepeda dikenakan biaya parkir Rp. 5000,- dan untuk Mobil dikenakan biaya parkir Rp. 10.000,-. Murahkan?

Sudah Menerapkan Protokol Kesehatan

Di cek suhu badanya dulu yah sebelum masuk

Sesuai arahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), destinasi yang akan buka harus menerapkan protokol kesehatan salah satunya menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabunnya dan wajib menggunakan masker. Sama halnya dengan Situ Rawa Gede Bojong Menteng yang sudah mulai menerapkan protokol kesehatan.

Udah disediakan banyak tempat cuci tangan, jangan males cuci tangan!

Sebelum masuk, kita diwajibkan mencuci tangan di area parkir yang sudah disediakan. Selanjutnya petugas akan mengecek suhu tubuh dengan termal gun. Inget kalau suhu di atas 37.3 dilarang masuk yah. Oh iya diwajibkan juga menggunakan masker selama berada di Kawasan Situ Rawa Gede Bojong Menteng.

Nih abang aja pakai masker loh~

Ehmm ... tapi emang kenyataanya di dalam kawasan abang masih banyak menemukan pengunjung yang abai dengan protokol kesehatan seperti melepas masker dan berkerumun. Ya mbok yaa kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan mau ada yang negur atau nggak. Karena ini jadi tanggungjawab kita bersama yaah sobat jalan-jalan.

Menikmati Senja yang Syahdu di Situ Rawa Gede Bojong Menteng

Jangan lupa jaga kebersihan yah sobat jalan-jalan

Salah satu best time kalian menggunjungi Situ Rawa Gede Bojong Menteng adalah pagi dan sore hari. Kalian bisa kesini pagi hari mulai pukul 08.00 WIB atau sore hari selepas ashar atau sekitar pukul 16.00 WIB. Untuk Situ Rawa Gede Bojong Menteng ini bisanya tutup pukul 19.00 WIB.

Se-syahdu ini dong senja di Situ Rawa Gede Bojong Menteng

Kemarin pas kesini abang memilih sore karena suasanya udah nggak panas. Secara yah Bekasi kan emang panas kalo siang hari, makanya abang nggak merekomendasikan kalian kesini pas “tengari bolong” kalo kata orang Bekasi mah haha. Kalian mending dateng pas sore hari aja, pas cuacanya udah nggak panas sambil nungguin senja dateng eaa~

Nih ada lagi nih, bagus bangetkan viewnya?

Anak senja mah udah hafal banget nih sama momen-momen gini haha. Tapi emang nggak bisa bohong sih, Situ Rawa Gede Bojong Menteng bagus banget viewnya pas senja, syahdu banget gitu. Kalian juga bisa foto senja ala-ala disini hehe.


Tips Berwisata Aman saat Pandemi

Sampai dengan hari ini, belum ada yang tahu sampai kapan pandemi ini akan berakhir. Maka dari itu, Indonesia akhirnya menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) salah satunya pada sektor pariwisata. Hal ini dilakukan agar semua pengunjung merasa aman selama berwisata. Selain dari pihak pengelola, kita pun sebagai wisatawan diwajibakan mematuhi protokol kesehatan selama berada di tempat wisata, seperti:

Patuhi protokol kesehatan di temapt wisata yah sobat jalan-jalan

Gimana sobat jalan-jalan, tertarik mengunjungi Situ Rawa Gede Bojong Menteng? Silahkan mengunjunginya yah. Tapi inget, tetap patuhi protokol kesehatan di tempat wisata yah okay~

Situ Rawa Gede Bojong Menteng
Jalan Kampung Bojong Menteng, RT. 005/002, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi
Jam Buka       : 08.00  – 19.00 WIB
HTM               : Gratis 

1 Comments

  1. Td pas baca judul, aku blm ngeh, lgs mikir aja, bagian mana dari Menteng yang ada danau beginiiii, hahahahha. Ternyata di Bekasi toh.

    Cakeep banget jadinyaaaa. Ga kliatan kalo dulu pernah kumuh ya mas. Semoga bener2 bisa dijaga ttp seperti ini. Aku mau ih kapan2 ksana kalo udh aman.

    ReplyDelete