Sasak Mare, Sasak Viral di Kabupaten Bekasi


Sobat jalan-jalan, banyak yang tanya sama abang, “Bang sekali-kali tulis dong tentang destinasi wisata yang ada di tempat tinggal abang (Bekasi), kan pengen tau juga yang ada di Bekasi” Oke baik! Sebenernya ini bukan kali pertama abang nulis tentang potensi wisata yang ada di Bekasi, melaikan sudah banyak tulisan abang tentang potensi wisata di Bekasi.

Nah kali ini abang pengen bahas tentang sasak atau jembatan yang lagi viral banget di deket rumah abang. Ini emang lokasinya nggak jauh dari rumah abang di Kecamatan Setu. Bagi yang belum tahu, Kecamatan Setu merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi. Di kecamatan ini, tepatnya di Desa Kertarahayu terdapat sasak atau jembatan yang menghubungkan dua kecamatan yaitu Kecamatan Setu dengan Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi.

Sasak Mare, Viral Karena Pesepeda

Ini dia Sasak Mare yang viral itu~

Yaps seperti yang abang bilang, Sasak Mare sedang viral saat ini. Jembatan gantung yang ada di atas Sungai Cikarang ini menghubungkan dua desa dan dua kecamatan yaitu Desa Kertarahayu Kecamatan Setu dengan Desa Jaya Sampurna Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi. Sebenarnya keberadaan Sasak Mare di Desa Kertarahayu ini sudah ada sejak lama, karena menjadi penghubung kedua desa, tetapi semenjak PSBB dan masa transisi New Nomal akhirnya banyak pesepeda yang melewati sasak ini dan membagikannya di media sosial hingga akhirnya viral sampai saat ini.

Sebelumnya Berwana Hijau, Sekarang Warna-Warni

Dulunya Sasak Mare berwana hijau

Yuhuuu~ sebelum akhirnya Sasak Mare di Desa Kertarahayu ini viral di media sosial dan mendatangkan banyak wisatwan lokal, Sasak Mare ini berwarna hijau seperti foto abang di atas. Foto ini diambil saat belum terlalu viral, warnanya masih hijau selaras dengan pesawahan yang ada di sekitar.

Taraaaa ... Sekarang udah warna warni jembatanya

Semenjak viral di media sosial dan banyaknya kunjungan, akhirnya Sasak Mare dicat ulang menjadi warna-warni. Hal ini agar lebih menarik dan tentunya lebih instagramable ketika di unggah di media sosial. Kalian suka yang mana, sebelum di cat ulang atau sesudah? Hayooo~

Menghubungkan Dua Desa dan Dua Kecamatan

Penghubung antara dua desa dan dua kecamatan di Kab. Bekasi

Seperti fungsi awalnya adalah sebagai jembatan penghubung, Sasak Mare yang beralamat di perbatasan antara dua desa yaitu Desa Kertarahayu Kecamatan Setu dan Desa Jaya Sampurna Kecamatan Serang Baru memang sebagai sarana penghubungan kedua desa di kedua kecamatan ini. Jika sobat jalan-jalan hendak ke Cibarusah atau Cikarang, kalian bisa menggunakan jalan alternatif ini. Dan sebaliknya, jika kalian hendak ke Setu atau Cileungsi kalian pun dapat menggunkan Sasak Mare ini.
Tenang, buat sobat jalan-jalan yang sampai saat ini belum kesampaian ke Sasak Mare ini, atau mungkin masih ada yang bingung dengan rutenya, kalian bisa klik link google maps di bawah ini yah. Dijamin sampek hihi~



Muara Cikahuripan, Potensi Wisata Alam Dekat Sasak Mare

Selamat datang di Wisata Alam Muara Cikahuripan

Semenjak digadang-gadang menjadi salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Bekasi, Desa Kertarahayu di Kecamatan Setu ini memang sudah mulai sibuk berbenah termasuk menggali potensi wisata yang ada di desa tersebut. Setelah viralnya Sasak Mare, selanjutnya potensi yang sedang dikembangkan adalah Muara Cikahuripan yang lokasinya tidak terlau jauh dari Sasak Mare.


Nah ini dia Muara Cikahuripan 

Muara Cikahuripan merupakan tempat bermuaranya aliran Sungai Cikarang yang juga melewati Sasak Mare. Muara ini sedang dikembangkan menjadi wisata alam semenjak viralnya Sasak Mare sebagai destinasi yang instagramable di Desa Kertarahayu. Tidak terlalu besar memang muaranya, tapi cukup untuk kita yang mau bermain air.

Ada spot foto ala-alanya juga loh hihi

Dengan susasananya yang masih asri dengan hamparan pesawahan dan rimbunnya pohon bambu, Muara Cikahuripan menawarkan atraksi mandi di aliran Sungai Cikarang. Pas abang kesini, banyak anak-anak yang asik mandi disini. karena memang pas abang kesini aliran airnya sedang surut dan tidak terlalu dalam. Jadi cukup aman untuk bermain air disini. Untuk rute menuju Muara Cikahuripan, kalian klik google maps di bawah ini yah~



Membuka Potensi Usaha Warga Sekitar

Sudah tersedia lahan parkir yang cukup luas di Sasak Mare

Viralnya Sasak Mare ini tidak hanya berdampak pada semakin terkenalnya Desa Kertarahayu, melainkan juga jumlah kunjungan yang meningkat. Adanya kunjungan pun berpengaruh pada penghasilan masyarakat sekitar. 


Baik di Sasak Mare maupun Muara Cikahuripan sudah banyak ditemui pedagang

Waktu kunjungan pertama, abang hanya melihat dua warung permanen yang memang sudah ada disana , tapi jangan heran jika kalian kesini sekarang, kalian akan banyak menemukan pedangan yang merupakan masyarakat dari kedua desa tersebut. Tak hanya pedagang, masyarakat pun membuka lahan parkir dan juga toilet umum agar pengunjung yang datang betah berlama-lama disekitaran Sasak Mare.

Potensi Wisata yang Wajib Dikembangkan

Indahnya pesawahan di sekitaran Sasak Mare

Bagi yang sudah tahu Bekasi dengan segala carut marut stigma negatif seperti banyak yang bilang suhu panasnya yang nggak manusiawi, macet dimana-mana, dan ada yang bilang “planet”, tentu dengan hadirnya tempat wisata alam bisa menjadi jawaban bahwa Bekasi tidak hanyak tentang kota industri melainkan masih banyak ditemukan lahan pesawahan yang menghijau dimusim tanam, danau-danau dan aliran sungai, serta rindangnya pohon bambu yang membuat siapapun yang datang akan terpikat dan betah berlama-lama.


Nggak heran sih ketika abang posting foto tentang Bekasi banyak yang masih belum percaya kalau ternyata di Bekasi masih bisa ditemukan lahan pesawahan yang hijau dan pohon rindang. Yaa abang juga nggak bisa prediksi sih lahan ini ada sampai kapan, karena banyaknya pembangunan perumahan, perusahaan, dll ~

Masih banyak hutan bambu loh~

Salah satu potensi wisata yang sedang dikembangkan seperti yang ada di Desa Kertarahayu ini. Baik Desa Kertarahyu dan Desa Jaya Sampurna memang memiliki lahan pesawahan yang cukup luas dan sangat menyegarkan mata. Sebuah nilai lebih yang dapat “Dijual” kepada pengunjung yang datang. Tinggal bagaimana kita sebagai pengelola menyuguhkan suasana baru yang sesuai dengan ciri khas daerah tersebut. 

Tetap Ikuti Aturan Yaa~

Selalu ikuti aturan yang ada yah sobat jalan-jalan

Semanjak Sasak Mare viral sebenarnya abang agak sedikit khawatir sih, walapun pas abang kemarin kesini sudah ada spanduk pemberitahuan untuk pengunjung yang akan berfoto ria di atas jembatan gantung ini. Pertama seperti yang kita tahu bahwa Sasak Mare ini adalah jembatan gantung yang menghubungkan dua desa dan dua kecamatan, fungsi dasaranya masih sama yaitu sebagai penghubung antar keduanya. Jadi kita harus paham betul bahwa ada orang yang menggunakan jembatan ini untuk menyebrang entah menggunakan sepeda atau motor. Kita sebagai pengunjung harus dituntut hati-hati karena jembatan ini memiliki batas maksimal, jadi sekiranya sudah terlihat banyak orang kita menunggunya atau bergantian dan tentunya mempersilahkan warga yang akan menyebrang terlebih dahulu.

Ini tempat sampah di Muara Cikahuripan, kalau di Sasak Mare abang nggak liat hehe

Selanjutnya, tidak melulu adanya banyak pengunjung berdampak baik pada sektor wisata, salah satu masalah yang sering kita temui adalah sampah yang dibawa oleh pengunjung yang mungkin tidak terpenuhi dengan adanya fasilitas tong sampah disetiap titik. Terkadang sampah ini pun berasal dari pedagang yang tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Ini beberapa poin yang abang khawatirkan terjadi apabila pengunjung dan pengelola tidak peduli dengan lingkungan sekitar.


Nah buat sobat jalan-jalan yang akan mengunjungi Sasak Mare, kalian harus tetap menjaga lingkungan sekitar dan patuhi peraturan yang ada, tentuntunya untuk para pengelola pun harus lebih peduli terhadap lingkungan dan keselamatan pengunjung selama ada disana. Kalau bisa datangnya jangan bergerombol yah dan harus tetap gunakan masker yaah~ Stay safe!

1 Comments

  1. wah seger banget mas
    saya senang kalau loat ijo ijo sawah
    sambil gowes pasti sehat
    jembatannya unik dan bikin mupeng buat foto foto
    dekat juga ya dari jakarta

    ReplyDelete