Nyegerin! Sambel Mentah di Spesial Sambel Mentah Bu Saring

Sambel Mentah

...
Pukul, 21.00 WIB di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta
(kriuuukk ... kriuukk ...)
8 jam perjalanan Jakarta – Yogyakarta tenyata bikin laper
Enaknya makan apa yah disekitaran Stasiun Lempuyangan?
...

Lagi-lagi, Yogyakarta memang selalu menjadi tempat yang wajib di kunjungi di Indonesia. Entah karena keindahan alamnya atau karena kulinernya yang bikin lidah selalu bergoyang. Nah kali ini abang mau cerita tentang salah satu kuliner di kota yang istimewa ini.

Ngomongin tentang kuliner di Yogyakarta kayaknya nggak akan ada habisnya ya travellovers. Mulai dari yang rasanya manis, masam, sampai dengan pedes ada semuanya disini. Eits, yang rasanya ngangenin juga ada kok, kaya abang ini *eaaa. Kali ini abang mau cerita tentang salah satu kuliner yang selalu ramai didatangi para pengunjung nih travellovers. Hayo tebak kira-kira abang makan apa malem ini? Yang jelas abang bukan makan perasaan apalagi temen yah *duh bang, jangan curahat pliss!


Karena abang adalah salah satu pencinta pedes berarti malam ini abang akan cari kuliner yang pedes-pedes nih travellovers. Udah tau dong yah kalau yang pedes-pedes itu hubunganya dengan cabe dan mulut netijen yang budiman *ealah moonmaap yah keceplosan wkwk. Tenang abang nggak akan bahas mulut netijen, tapi abang akan bahas kuliner pedes yang nggak jauh dari olahan sambel. Cocok nih, kali ini abang akan mencicipi segernya sambel mentah di Spesial Sambel Mentah Bu Saring.

Travellovers yang pernah ke Yogyakarta apa pernah denger tentang warung makan ini? Wah pasti udah dong yah. Karena lokasinya nggak jauh dari Stasiun Lempuyangan nih. Tepatnya di Jln. Hayam Wuruk No. 39 B, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta atau kalian bisa langsung jalan kaki dari Stasiun Lempuyangan. Nggak jauh kok serius!

Abang sengaja makan malam disini karena abang memilih turun di Stasiun Lempuyangan dari Jakarta dan ternyata tempat makan Spesial Sambal Mentah Bu Saring ini menjadi salah satu tempat makan yang ramai dikunjungi. Abang jadi makin penasaran deh dengan rasa sambelnya. Kira-kira sepedes mulut netijen atau nggak nih? *upss moonmaap keceplosan lagi nih hehe

Sambel mentah
Untung pas abang kesini nggak terlalu ramai jadi bebas mau duduk dimana aja *wkwk

Setelah jalan kaki kurang lebih 500 m dari Stasiun Lempuyangan, sampailah abang di tempat makan Spesial Sambel Mentah Bu Saring yang udah ramai dengan para pengunjung yang kebanyakan adalah mahasiswa. Berjejer meja dan kursi kayu yang sebagian sudah terisi. Tapi sebelum kita duduk, kita musti pilih menu di etalase yang sudah tersedia yah travellovers.

Spesial Sambel Mentah

Spesial Sambel Mentah
Ini beberapa menu makanan yang ada di etalase yaa travellovers

Disini ada berbagai macam menu ya travellovers. Jadi kalian nggak usah khawatir. Nih yaa abang kasih tau, mulai dari tempe, tahu, ati, lele, ayam, ikan bandeng, puyuh, ikan mas, sampai ke bebek pun ada. Gimana lengkap kan travellovers? Wih iyaa dong!

Semua menu tersebut sudah tersedia di etalase, kalian tinggal ambil piring dan pilih menu apa yang kalian akan makan. Seperti abang yang memilih menu nasi dengan ayam goreng berserta tahu dan tempe sama menu nasi dan bebek goreng. Jadi ada dua menu yang abang pesan malam ini. *moonmaap itu perut atau karung yaa bang?

sambal mentah
Ini dia pesanan abang. Ayam Goreng dan juga Bebek Goreng

Untuk ayam dan bebek berserta tahu dan tempe sama dengan tempat makan pada umumnya yah, hanya digoreng tanpa ada tambahan bumbu-bumbu lainnya. Cuma yang membuat beda adalah sambelnya. Nah sesuai dengan namanya yah travellovers, yang spesial disini adalah menu sambelnya. Inget sekali lagi, yang spesial disini adalah SAMBELNYA!

Terdapat tiga sambel disini yaitu Mentah, Matang, dan Bawang. Kalian tinggal pilih sesuai dengan selera kalian. Kalau abang pesen sambel mentah yang merupakan sambel yang paling sering dipesan disini. Nah ternyata nggak hanya sambel aja nih travellovers, tapi dalam penyajianya kalian juga akan dikasih sayuran seperti kacang panjang, mentimun, dan juga beberapa helai kol. Uh makin semangat nih menyantapnya!

sambel mentah
Tara ... Ini dia penampakan sambel mentahnya travellovers. Nyegerin banget kan?

Nyam nyam nyam! Bener ternyata travellovers, sambelnya ini emang nyegerin banget. Pas banget disajikan dengan nasi yang masih hangat dan juga ayam goreng beserta tahu dan tempe yang masih hangat juga.  Menurut abang nih, sambelnya nggak terlalu pedes atau mungkin emang abang penyuka pedes yaa *hehe. Tapi ini masih level aman kok pedesnya, karena sambelnya juga agak masam karena efek jeruk dan tomat kayaknya tapi asli ini nyegerin sambelnya. Yaa seger-seger pedes lah yah *hehe.

Dengan lahap abang menyantap hidangan yang ada di depan abang. Antara lapar dan doyan emang nggak jauh beda sih *wkwk. Nah untuk travellovers yang suka kuliner pedes atau suka mencoba aneka sambel, bisa banget nih mengunjungi Spesial Sambel Mentah Bu Saring ini. Karena sambelnya bikin nagih.


Nggak cukup sampai disitu travellovers, ternyata warung makan ini ramai bukan hanya karena sambelnya aja tapi juga harganya yang ramah dikantong. Nah gimana nggak ramah dikantong coba, nih rinciannya menu dan harganya :

Menu dan Harga di Spesial Sambel Mentah Bu Saring :

Nasi dan Ayam Goreng : Rp. 13.000/porsi
Nasi dan Bebek Goreng : Rp. 25.000/porsi
Nasi dan Telur : Rp. 8.000/porsi
Nasi dan Kepala : Rp. 10.000/porsi
Nasi dan Ati : Rp. 11.000/porsi
Nasi dan Lele : Rp. 11.000/porsi
Nasi dan Bandeng : Rp. 13.000/porsi
Nasi dan Puyuh : Rp. 16.000/porsi
Nasi dan Ikan : Rp. 18.000/porsi
Tahu Goreng : Rp. 1000/porsi
Tempe Goreng : Rp. 2000/porsi
Es Teh : Rp. 3000
Es Jeruk : Rp. 4000
            
Gimana travellovers? Masih ramah banget di kantog dong yah *hehe. Ohiya warung makan Spesial Sambel Mentah Bu Saring ini buka mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB setiap hari. Jadi untuk travellovers yang turun di Stasiun Lempuyangan, bisa banget nih nyicipin segernya sambel di warung makan Spesial Sambel Mentah Bu Saring ini. Selamat menikmati segernya sambel mentah di Spesial Sambel Mentah Bu Saring travellovers.

Alamat :
Spesial Sambel Mentah Bu Saring
Jln. Hayam Wuruk No. 39 B, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta atau 500m dari Stasiun Lempuyangan
Buka : 11.00 – 22.00 WIB
            

26 Comments

  1. dooh, itu ayam gorengnya kok enak untuk dicocol pake sambel dan nasi panas, yaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kak emang enak banget itu dicocol sama sambelnyaa wkwk

      Delete
  2. jadi laper pas baca artikelnya >.<‘
    apa lagi ayam goreng x sambel pedes, harganya juga worth it banget loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk kak di cobain yah kalo mampir ke Yogyakarta hehe

      Delete
  3. wah boleh di coba ini kalau pas cari makanan pas malam hari, kadang bingung cari tempat makan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iyaa kaka jangan lupa di coba yaah :D

      Delete
  4. Waaa, sambelnya kok bikin ngilerrr. Harganya murah banget pulak ya. Kudu dicatet nih lokasinyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu di catet dan jangan lupa di kunjungi juga yaa kaka ehehe

      Delete
  5. Tos! Gue juga suka pedes. Gue nggak bisa makan tanpa sambel ada sensasi rasa pedes.

    Sambel dadak atau sambel mentah itu memang juara. Mana tempatnya nggak terlalu jauh dari rumah pulak. Btw Pul, jokes-mu di paragraf 2, 3, dan 5 itu menurutku akan terdengar lebih lucu kalo nggak usah ditambahin kata-kata di dalam tanda bintang. Coba baca-baca blog-nya mas Ariv, Adis, atau gue, nyahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .. woke bang, terima kasih banyak yah sarannya hihi

      Delete
  6. Sambal mentah di sini maksudnya bagaimana ya? Benar mentah atau ada artinya?


    Setuju sama Matius. When tou tell a joke, let the people recognize it and know it by themself. Not by telling them, "hei, I'm doing a joke in this part. Please laugh at it."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah bang itu sambelnyaa mentah sama kayak namanyaa hehe.

      Wah terima kasih abang masukannya. Niatnyaa sih itu sebagai ciri khas penulis aja. Menyelipkan “jokes-nya” dengan tambahan tanda kutip atau bintang.

      But, thanks a lot abang 😇

      Delete
  7. 21 Juni besok Insyaallah kami ke Yogya lewat Lempuyangan juga. Tapi sayang ga bisa ke warung nasi ini. Itu bukan mulai jam 11 sinag ya? Kami sampai Yogya subuh. Dan jam 8 lagi hari itu juga lanjut lagi naik kereta menuju Jember.

    Paling bisa pulangnya kali ya. Soalnya kalau pulangnya emang nginap dulu dan ada waktu sehari lebih buat jalan di Yogya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iyaa kak, mereka baru buka jam 11 siang hehe.
      nah bener banget tuh pas pulang aja nyobainya hehe

      Delete
  8. sambelnya bikin ngiler apalagi pas baca kepalaku rada puyeng, haha. murah murah emang kalo di jogjes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyobain dong kak biar nggak puyeng lagi kepalanyaa heheh

      Delete
  9. Kayaknya sambel mentah lebih pedes ya daripada sambel matang n bawang. Aku bukan penggemar pedes tapi Kalo liat makanannya juga jadi pengen nyambel sih.. haha.. Harganya pun terjangkau yaa, udah sama nasi.. Jadi kangen Jogjaaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pedes-pedes seger gitu deh kak pokoknyaa. Bikin nagih hehehe

      Delete
  10. Muraaaah2 amat harga makanannya :D 13 ribu dst dst udah pake nasi huaaaaahhhh pake sambel mantah yang buanyak sampe bbir dower wkwkwkwkw. Aku penggemar menu ayam, diapain aja doyan kecuali kulit, hati, ampela ga bisa nelennya alias ga suka hihihii. Kapan2 booleh disambangi nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaah bener banget teh. Apapun makananya kalo udah ada sambel endes banget dah wkwk.

      Delete
  11. Wah harganya masih harga Jogja ya makanannya, aku suka banget menu sambal gini tapi kadang perutnya yang ngga kuat hehe besoknya mules..ayo makan dengan siapa bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah teh masih murah banget makananyaa yah hehe. Waduh jangan banyak banyak teh tapi gpp nyobain dikit aja hehe.

      Hayoo tebak hayo sama siapa makanyaa haha

      Delete
  12. Wuaaah asli ngiler banget kalau disediakan tiga macam bahkan lebih sambal begini. Bisa makan nambah berkali-kali apalagi ditemani lalapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa setuju banget teh, makan nggak lengkap yah tanpa sambel dan lalapan hehe kayak ada yang kurang hehe

      Delete
  13. sambel pedas makan pakai tempe goreng plus nasi hangat ngebul... uuuh bisa sampai keringatan, pasti puas banget ya Pul makannya..
    aku sih nambahin kecap dikit supaya nggak dower bibirnya he.. he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa banget kak, perpaduan yang kawin banget yah kaak. Bikin nambah terus ini mah kak hahah

      Delete