Candi Ijo, Alternatif Menikmati Senja Terbaik di Yogyakarta

candi ijo yogyakarta


Pencinta senja mana nih suaranyaa?
Menikmati indahnya senja ditemani secangkir kopi dan kamu ...
Duh nikmat Tuhanmu mana lagi yang engkau dustakan wahai pencinta senja ...

Btw, kalau dibilang pencinta senja, abang juga sebenernya pencinta senja tapi nggak bucin yak alias budak cinta eh wkwk. Nah karena sekarang abang tinggal di Yogyakarta, jadi abang cari tempat untuk menikmati senja deket-deket sini deh.

Temans, kota yang dijuluki dengan kota pelajar ini selalu menarik perhatian dan juga menyimpan banyak rindu yang tidak bisa dibayar dengan satu atau dua kali kunjungan saja. Benerkan temans? Siapapun yang pernah kesini pasti akan “ketagihan” untuk berkunjung kembali. Seperti memiliki magnet yang sangat kuat yang membuat kita ingin kembali dan kembali lagi ~
Kalian juga udah sering banget kan main ke kota yang Istimewa ini. Entah rindu dengan suasananya, rindu dengan keramah tamahan penduduknya, kulinernya, dan juga tempat wisata tentunya atau mungkin rindu sama abang yang udah satu bulan tinggal di Jogja. Duh keknya nggak deh yah kalo yang itu ~. Hmm ... Makanya ke Jogja itu nggak cukup satu atau dua kali, Asli!

Ngomongin tempat wisata, ada banyak banget tempat wisata di Yogyakarta dan sekitarnya yang wajib banget di kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, sampai ke wisata belanja pun ada disini. Seperti tempat wisata yang satu ini nih yang udah nggak asing buat temen-temen yang “doyan” bejalan.

candi ijo
Maha karya yang luar biasa, Candi Ijo 

Namanya adalah Candi Ijo. Yaps, pasti udah nggak asing lagi kan ditelinga kalian tentang Candi Ijo ini. Dan ini pun kali kedua abang mengunjungi salah satu situs sejarah di Sleman Yogyakarta ini. Bukan tanpa alasan yah abang mengujungi Candi Ijo ini, selain untuk berkeliling melihat situs yang sarat akan sejarah, Candi Ijo ini pun menjadi tempat yang paling cocok untuk menikmati senja di sore hari, Serius!

Lokasi
candi ijo yogyakarta
Indah bukan? 

Terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Ijo ini memang lokasinya berada diatas perbukitan. Sekitar 40 menit kurang lebih waktu yang ditempuh dari pusat kota menuju Candi Ijo. Sebelum sampai ke candi Ijo ini, kita pun akan melewati banyak tempat wisata seperi Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Tebing Breksi, dan sampailah kita di Candi Ijo. Lengkapan kan temans?

Harga Tiket Masuk (HTM)

candi ijo yogyakarta
Kalau pemandanganya kayak gini, yakin nggak mau kesini?

Kalian cukup memarkirkan kendaraan kalian di sisi sebelah kiri dan kanan candi dan jalan kaki sedikit. Tenang, ada banyak tempat parkirannya kok jadi jangan khawatir yah. hehe. Ohiya, cukup merogoh kocek Rp. 3000,- untuk parkir motor dan Rp. 5000,- untuk parkir mobil ditambah Harga Tiket Masuk (HTM) Candi Ijo sebesar Rp. 5000,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 10.000,- untuk wisatawan asing yang akan berkunjung ke Candi Ijo ini. Sangat murah kan temans?

Senja yang Cantik

sunset di candi ijo yogyakarta
Mohon maaf yang jomblo jangan iri yah ~

Temans, kalian sudah bisa mengunjungi Candi Ijo ini mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Tapi saran abang, kalau bisa berkunjung ke Candi Ijonya pagi atau nggak sore aja, soalnya kalau siang panas banget, wajib memakai topi atau payung hehe. Ohiya, biasanya loket akan dibuka hingga menjelang senja datang yaitu pukul 17.30 WIB. Makanya usahakan kalian datang sebelum pukul segitu atau selepas solat ashar.
Karena bentuknya menanjak dan berundak, makanya selepas solat ashar adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Candi Ijo ini. Langit yang mulai berdamai, bangunan-bagunan candi yang meninggalkan banyak cerita sejarah, hingga penampakan Bandara Adi Sucipto yang selalu sibuk bisa dilihat dari sini.

Dan pemandangan epic yang sebentar lagi akan kalian rasakan yaitu pamitnya matahari menju peraduannya. Candi Ijo ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati senja yang menguning di angkasa. Makanya tidak jarang, pengunjung akan ramai datang menjelang senja. Mereka sudah duduk rapih di pelataran Candi Ijo, menikmati pemandangan yang luar biasa cantiknya.
sunset di candi ijo yogyakarta
Kalau nggak punya pacar, foto sama temen-temen juga asik kok ...

Langit yang mulai menguning, semilir angin, pemandangan perkotaan yang seakan tak pernah sepi, hingga background Gunung Merapi yang dengan jelas terlihat oleh mata dari sini, membuat siapapun yang melihatnya akan terkagum-kagum. Benar kata orang-orang, Candi Ijo merupakan salah satu tempat terbaik menikmati senja di Yogyakarta.
Semakin sore semakin gelap dan semakin syahdu suasananya, Matahari yang sudah kembali keperaduanya digantikan dengan kerlap-kerlip lampu-lampu diperkotaan bak melihat bintang-bintang di langit. Pemandangan yang sangat cantik dan jarang terlihat diperkotaan. Sungguh cantik dan tak terlupakan menikmati senja di Candi Ijo ini.

Ohiya temans, biasanya selepas azan magrib petugas mulai menyuruh pengunjung untuk turun karena jam operasional Candi Ijo sudah tutup. Jadi waktu kita sudah abis untuk menikmati senja. Kalian bisa mencoba untuk menikmati senjanya besok lagi yah. hehe

Nah, untuk para penikmat senja, Candi Ijo bisa menjadi salah satu referensi untuk kalian kunjungi yah untuk menikmati senja terbaik di Yogyakarta. Okei, segitu dulu yah cerita abang di Candi Ijo. Selamat berlibur yah temans ...

Candi Ijo
Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 06.00 – 17.30 WIB
HTM          : Lokal : Rp. 5000,-/orang
                      Wisman : Rp. 10.ooo,-/orang


 

47 Comments

  1. wahhh, cantik sekali pemandangannya. Aku baru tau nih ada Candi Ijo di Jogja. Next time kalau trip ke sana mau coba mampir ahh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa kak apalagi pas cerah bisa liat sunset yang cantik banget disini :D

      Delete
  2. Wah di Jogja sekarang Kak? Btw aku baru dengar candi Ijo euy padahal seeing ke Jogja tapi urusan bussiness paling XD ngomongin senja, belum pernah big nikmati senja padahal ada sensasinya sendiribyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak sekarang aku stay di Jogja hehe.
      Wah kalo mampir ke Jogja jangan lupa mampir sini yaa kak eheehe

      Delete
  3. cuma sayang uya di sini kadang kalau sudah jam enam di usir sama satpamnya, apakah masih gitu gak sih??/ padahal kalau malam juga bisa menikmati gemerlapnya lampu kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah bang masih hehe.
      Jadi selepas azan magrib pasti disuruh turun hehe

      Delete
  4. bagus banget mas serius, aku belum pernah ke candi ijo

    ReplyDelete
  5. wahhh asik anak sendja nihh... Bagus banget pemandangan dari candinya mas, apalagi kalau sambil menyeruput secangkir kenangan... wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yekaan sambil nostalgila yaa mas eh nostalgia deng wkwk
      *syahdunyaa~

      Delete
  6. huah harga tiket masuknya murah bener ya Kang Ipul, udah lama ga ke Yogya nih makin banyak aja destinasi yang bisa dikunjungi noted ah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah pake banget kak!
      Bisa ajak keluarga juga kesini hehe

      Delete
  7. Udah lama ga ke yogya nih jd mupeng banget liat foto sunsetnya hihi

    ReplyDelete
  8. Aku dulu sering ke yogya termasuk ke spot wisata candi, tapi baru kali ini aku tahu candi ijo. Musti dicatet neh, kapan2 harus ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak ada ini di lokasinya di ujung hehe
      Wajib banget kak mampir kesini hehe

      Delete
    2. Banget mas udah diagendakan neh

      Delete
  9. Saya penyuka senja tapi hanya sebatas pada puisi. Klu saya pengennya sih ke kebun bunga matahari ke poto profil kamu itu loh. Soalnya kurang minat sama percandian.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah boleh kak, kebun bunga mataharinya juga ada di Jogja kok hehe

      Delete
  10. Senjanya cantik banget mas, saya pernah ke candi Ijo tapi belum sempat melihat senjanya. Aduh, tergoda saya dengan senja yang indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain kali mainnya sore kak biar sekalian liat senja hehe

      Delete
  11. Aku ke sini beberapa tahun lalu juga dapet senja yang cakep! Sampe diteriak-teriakin penjaga karena udah saatnya tutup wkwk. Btw lu sama siapa aja ke sana bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iyaa saking menikmatinya yaa sampek males turun wkek
      Sama temen-temen kelas brrok!

      Delete
  12. Senjanyaa cakep bangettt, aku malah blom pernah denger candi ijo qiqiqi. Asik banget nikmatin senja kalo lagi ngga jomblo hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah sekarang udah tau kan kak, salah satu tempat yang cocok untuk menikmati senja di Yogyakarta hihi. Jangan galau-galau yaa kak :p

      Delete
  13. Saya senang sekali di Candi Ijo ini. Apalagi pas sunset. Lihat pemandangan matahari terbenam sambil ditemani angin semilir. Tapi belum selesai sama petugasnya diteriakin pakai TOA disuruh pulang. Hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah bener banget kang. Lagi syahdu-syahdunya eh diteriaki suruh turun dong wkwk

      Delete
  14. Keren sekali ya, Mas.
    Jadi pas baru keluar dari candi Prambanan, ada seseorang naik motor bertanya pada petugas kebersihan, kalau mau lihat sunset di mana?
    Petugas kebersihan menunjukkan candi Ijo, karena letaknya lebih di atas, Mas.

    Sayangnya, waktu itu saya mau ke ARTJOG, jadi belum sempat ke candi Ijo.

    Keren ceritanya, Mas Ipul. Saya sudah ada gambaran kalau ingin ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah sama-sama abang. Nanti kalo ke Jogja lagi jangan lupa mampir ke Candi Ijo yah hehe

      Delete
  15. Namanya Candi Ijo, apakah warnanya hijau? Siluetnya cakep banget Bang, apalagi ada semburat langit oren. Keren...
    Sun set selalu istimewa di manapun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak terlalu paham sih kak kenapa namanya Candi Ijo, apa mungkin karenan pemandangan disekitaranya hijau jadinya Candi Ijo wkwkk

      Delete
  16. tunjuk tangan sesama penyuka senja...
    nah waktu itu kami memilih senjanya di Ratu Boko aja, karena lkasinya paling luas ya tapi sebelumnya ke Candi Ijo dulu dan Tebing Breksi..
    yah gitu deh musti pilih salah satu aja, karena di 3 tempat ini senjanya cakep banget

    ReplyDelete
  17. Gilak, cakep banget pemandangan senjanya. Mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iyaa kak, apalagi kalo bisa liat langsung. Ntaps pisan ~

      Delete
  18. Murce benaget masuk ke Candi Ijo tiketnya buat lokal 5 ribu, parkir mobil juga 5 ribu. Asik nih kalao jam 6 pagi udah nongkrong di sana. Iyalah kalau siang bolong ga ku ku panasnya nampwoool hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak udara paginya teh tapi kalo mau liat sunrise kayaknya ndak cocok deh soalnya ketutupan sama Gunung Merapi heuu~

      Delete
  19. Ini abis maghrib langsung disuruh turun. Berasa nanggung menikmati sunsetnya, ya hahaha. Tapi, ya sayang juga kalau dilewatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah nanggung kak tapi emang mending turun sih dari ppada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan wkwk

      Delete
  20. Aq baru tau banget ada candi ijo ini. Jadi malu kalo mainku kurang jauhh

    ReplyDelete
  21. Murah banget itu tiket masuknya, hehe ... Baru tahu tentang Candi Ijo, ternyata masih di daerah Prambanan, ya. Memang view saat senja Indah banget di sana, ya, enggak kalau Indah pas mandangin sunrise.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh yaa kak nggak jauh lokasinya dari Candi Prambanan. Asik dan syahdu banget kak sunrisenya disini :p

      Delete
  22. Tambah destinasi baru lagi nih kalo ke jogja

    ReplyDelete
  23. Foto siluetnya cakep cakep euy. Baru denger juga tentang candi ijo ni. Biasanya kalo buat sunsetan di candi ratu boko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhe terima kasih banyak kak Sovi. Yuk main ke Jogja hihi

      Delete
  24. Holly molly, im a sunset loverrrr... Cakep banget menyaksikan sunset di Candi Ijo ini. Ini satu kawasan dengan Candi Prambanan ya? Btw, kenapa dikatakan Candi ijo kak?

    ReplyDelete