Epik! Pemandangan Senja di Danau Gedang Bengkulu

Epik! Pemandangan Senja di Danau Gedang Bengkulu

Sobat jalan-jalan, mana nih suaranya para pemburu senja? Wah rame pasti kalau udah bahas senja yekan? Hehe. Kali ini abang mau kasih tahu salah satu spot asik untuk menikmati senja di Bengkulu nih, tepatnya ada di Danau Gedang di Kabupaten Bengkulu Tengah. Ada yang udah pernah kesini?

Baca Juga: Akhirnya, Gunung Batu Jonggol Tertaklukan!

Perjalanan ke Bengkulu ini abang lakukan di bulan Agustus kemaren saat pandemi hehe. Destinasi yang abang kunjungi selama di Bengkulu salah satunya adalah Danau Gedang di Kabupaten Bengkulu Tengah. Maklum yaa, abangkan anak senja jadi kemanapun abang pergi pasti salah satu list destinasinya harus ada sunset atau sunrise hehe. 

Danau dan Pantai di Satu Tempat!

Selamat datang di Danau Gedang
Selamat datang di Danau Gedang Bengkulu

Pasti sobat jalan-jalan yang sudah liat postingan abang di instagram agak sedikit kebingungan yah, kenapa abang foto dengan view pantai tapi namanya danau, iyakan? Hehe. Tenang nggak usah bingung, di Danau Gedang ini emang ada dua wisata alam yaitu Danau Gedang dan Pantai Padang Betuah.

Perbatasan antara Danau Gedang dengan Pantai Padang Betuah
Nah itu dia perbatasan antara Danau Gedang dan Pantai Padang Betuah

Kalian bisa menikmati keduanya dalam satu frame alam yang indah tiada duanya. Danau Gedang dan Pantai Padang Betuah (nama yang diberikan sesuai dengan lokasi pantai) dipisahkan dengan hamparan pasir dengan luar sekitara 30 meter. Indah bangetkan sobat jalan-jalan, kalian bisa menikmati Danau Gedang dan Pantai Padang Betuah dalam satu frame tanpa harus berpindah lokasi.

Menikmati Keindahan Danau Gedang dari Ketinggian

Spot instagramable di Danau Gedang Bengkulu
Salah satu spot epik menikmati keindahan alam Danau Gedang

Sobat jalan-jalan, satu yang menarik selain danau dan pantai yang satu lokasi, keindahan keduanya pun dapat dinikmati dari ketinggian. Iya ketinggian. Meski bukan dari puncak bukit tapi view dari atas sangat indah. Jadi karena lokasi danau dan pantainya ada di bawah, maka kita bisa menikmati viewnya dari atas. Tenang buat kalian yang mau main pasir dan ombak bisa kok turun, tapi musti hati-hati yah harus tau kapan waktu pasang dan surutnya, karena nggak semua bagian pantai bisa dikunjungi. 

Epiknya Pemandangan Senja di Danau Gedang

Salah satu daya tarik yang ada di Danau Gedang ini adalah pemandanan senjanya yang luar biasa cantik. Makanya nggak heran kalau menjelang sore tiba Danau Gedang ini akan banyak didatangi wisatawan yang ingin menikmati senja bersama yang terkasih *eaaa haha. Bagi penyuka senja kaya abang pasti akan mencari destinasi untuk menikmati senja, nah salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menikmati senja di Bengkulu adalah Danau Gedang ini.

Cantiknya senja di Danau  Gedang Bengkulu
Mohon maaf foto ini diambil pukul 16.00 WIB jadi senjanya belum ada hehe

Menjelang senja datang biasanya warga sudah duduk di rerumputan sambil membawa makanan, atau kalau yang datang lebih awal bisa duduk di saung-saung yang telah disediakan oleh pengelola. Sama-sama syahdu kok, menikmati langit yang mulai menguning dan terbenam di pantai. Epik banget nggak tuh hehe. 

Masuknya Gratis, Cukup Bayar Parkir Aja!

Sobat jalan-jalan, jika kalian ingin berkunjung ke Danau Gedang, nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam nih. Loh kenapa bang? Karena masuk ke Danau Gedang ini gratis kita cukup membayar parkir kendaraan saja. Tarif untuk Motor yaitu Rp. 5000,- dan untuk Mobil Rp. 10.000,- sangat terjangkaukan sobat jalan-jalan? 

Tenang, Fasilitasnya Cukup Memadai Kok

Lahan parkir di Danau Gedang Bengkulu
Lahan parkir di Danau Gedang 

Deretan warung-warung di Danau Gedang Bengkulu
Jika kalian lapar dan haus, kalian bisa makan dan minum disini

Toilet di Danau Gedang Bengkulu
Ini toilet semipermanennya 

Musolah di Danau Gedang Bengkulu
Musolah yang sedang dibangun

Papan informasi di Danau Gedang Bengkulu
Selalu hati-hati ya sobat jalan-jalan

Ngomongin fasilitas di Danau Gedang ini cukup memadai kok. Mulai dari toilet, saung-saung untuk beristirahat, lahan parkir yang luas, tempat sampah dibeberapa titik, warung makanan dan minuman, dan sedang dibangun juga tempat ibadah (musolah) disekitaran kawasan Danau Gedang. Untuk penginapan disekitaran kawasan sih abang belum melihat hehe. Tapi menurut abang ini cukup memadai kok. 

Lokasinya Mudah Diakses!

Indahnya Danau Gedang di Bengkulu Tengah
Yakin nih nggak mau kesini?Uhuk~

Sobat jalan-jalan, Danau Gedang ini berada di Desa Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah atau sekitar 25 km dari pusat Kota Bengkulu. Akses menuju destinasi sudah beraspal dan dapat dilalui kendaraan baik motor maupun mobil. Hanya saja untuk transportasi umum belum ada.   

Danau Gedang Bengkulu
Indah yah view dari atas

Jika kalian sudah sampai di Desa Padang Betuah (perbatasaan antara Bengkulu Tengah dan Kabupaten Bengkulu Utara) maka kalian hanya tinggal melewati jalan kurang lebih 3 km. Mudahkan? Tenang, kalau sobat jalan-jalan masih bingung bisa klik google maps di bawah ini yah~

Tips Berwisata Aman saat Pandemi

Sampai dengan hari ini, belum ada yang tahu sampai kapan pandemi ini akan berakhir. Maka dari itu, Indonesia akhirnya menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) salah satunya pada sektor pariwisata. Hal ini dilakukan agar semua pengunjung merasa aman selama berwisata. Selain dari pihak pengelola, kita pun sebagai wisatawan diwajibakan mematuhi protokol kesehatan selama berada di tempat wisata, seperti:

Tips aman berwisata di saat pandemi

Nah sobat jalan-jalan, itu dia cerita abang menikmati senja di Danau Gedang Bengkulu yah. Semoga ini bermanfaat untuk kalian para pencinta senja ketika berada di Bengkulu. Selalu inget ya sobat jalan-jalan pandemi ini masih belum berakhir jadi harus tetap patuhi peraturan yang ada yah~

Baca Juga: Syahdu! Menikmati Senja di Situ Rawa Gede Bojong Menteng

Danau Gedang Bengkulu

Desa Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Parkir : Motor Rp. 5000,- dan Mobil Rp. 10.000,-

9 Comments

  1. Menarik banget Danau sebelahan sama Pantai. Jarang ada kayaknya. Combo banget bisa dapat Danau ama Pantai sekali jalan

    ReplyDelete
  2. Pemandangan yang ada batasan antara laut dan danau ini menarik mas. Jarang-jarang ada yang seperti ini, lansekapnya juga bagus

    ReplyDelete
  3. Beneran indah pemandangan daratan dan lautannya di sini. Tapi nih, kita mesti super hati2 ketika berjaan di tepi danau ya, ngeri tanah2nya berlarian gitu... tanah terbis itu maksudnya kali ya, Pul? Jadi ke Danau Gedang ini sama siapa? Trus yang motoin siapa hahahha kepo.

    ReplyDelete
  4. Ya ampunnn cantik banget Danau Gedang ini. Danau tetanggaan dengan laut. Sebenarnya lagu kalik ya mas..Tapi apapun lah, emang pasti indah menghabiskan senja di sini. Asal balik ke hotel gak sulit ya, nanti kalau ke Bengkulu aku juga pengen ke sini :)

    ReplyDelete
  5. Foto pantainya cakep-cakep amat bang. Btw, ini jenis pantai yang dinikmati view-nya dari ketinggian ya? Aku tuh kangen main air di pantai dong, leyeh-leyeh seharian sambi berjemur. Malah curhat :P

    ReplyDelete
  6. Danau dan laut hanya dipisahkan oleh tanah selebar 30 meter. Lalu air di danaunya itu asin atau tawar?
    Kalau tawar, keren banget sih :)

    ReplyDelete
  7. Selalu cinta kalau melihat pantai, gemas dan pengen main pasir
    Ombak yang syahdu dan teman jalan yang asik jadi sempurna ya main ke danau ini
    Gedang, kalau jawa pisang artinya eehehe.

    ReplyDelete
  8. Itu foto utama cakep banget. Rupanya Bengkulu indah juga ya kang Ipul. Btw, aku penikmat senja. sunset and skyline lover. mana itu senjanyaaaaa ah hahaha

    ReplyDelete
  9. ishhh keren kali. 1 tmpt wisata ada 2 pemandangan kece. btw itu sudut abang foto mirip kelingking beach ya di labuan bajo ya? hihi

    ReplyDelete