Akhirnya, Gunung Batu Jonggol Tertaklukkan!

Pendakian Gunung Batu Jonggol

Pendakian tipis-tipis yang sudah lama abang impi-impikan akhirnya terlaksana. Yaps pendakian di Gunung Batu Jonggol, Kabupaten Bogor. Dengan tinggi yang tak seberapa bagi para pendaki kawakan, tapi buat abang yang bukan seorang pendaki, ini menjadi sebuah tantangan tersendiri. Yaps, abang akhirnya bisa menaklukkan Gunung Batu Jonggol!

Baca Juga: Pantai Muara Beting, Pantai Eksotik di Muaragembong Bekasi

Bukan kali pertama abang mengunjungi Gunung Batu Jonggol ini melainkan sudah berkali-kali, tapi hanya foto di bawahnya atau melewatinya saja. Memang Jonggol dan daerah sekitarnya sudah nggak asing buat abang, karena rumah abang nggak terlalu jauh dengan daerah Jonggol ini. Setiap abang jenuh pasti abang larinya ke Jonggol dan daerah sekitarnya~

Namanya Gunung Batu Jonggol Tapi Letaknya Bukan di Jonggol!

Spot foto di Gunung Batu Jonggol
Kece juga foto dengan latar belakang Gunung Batu Jonggol

Namanya memang Gunung Batu Jonggol tapi letaknya bukan di Jonggol nih sobat jalan-jalan. Btw buat sobat jalan-jalan yang belum tahu, Jonggol itu merupakan nama salah satu kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sedangkan Gunung Batu Jonggol beralamatkan di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

View Gunung Batu Jonggol yang epik
Foto dari sisi yang lain Gunung Batu Jonggol

Jadi Gunung Batu Jonggol ini terletak di Kecamatan Sukamakmur bukan di Kecamatan Jonggol karena pemekaran daerah. Tapi masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Gunung Batu Jonggol. Untuk aksesibilitas menuju Gunung Batu Jonggol sudah sangat bagus dan papan penunjuk arah menuju destinasi pun sudah ada di beberapa titik. Jadi kalian nggak perlu khawatir akan tersesat. Oh iya, belum ada transportasi umum menuju Gunung Batu Jonggol yah, jadi kalian bisa membawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Nah, jika kalian masih bingung, bisa klik google maps di bawah ini yah~  

Tidak Terlalu Tinggi, Tetapi Cukup Terjal

Puncak Gunung Batu Jonggol
Ini puncak Gunung Batu Jonggol

Memiliki ketinggian 875 meter di atas permukaan laut (mdpl), Gunung Batu Jonggol memang belum bisa dikatakan gunung yang tinggi tapi kalian nggak bisa menganggap remeh Gunung Batu Jonggol ini. Teruntuk kalian yang hobi mendaki mungkin sudah terbiasa dengan trek pendakian yang kadang landai kadang curam, tetapi untuk yang belum biasa pasti akan cukup memakan banyak tenaga dan waktu tentunya.

Tanjakan Kebo Jalur Pendakian Gunung Batu Jonggol
Abang juga nggak tahu sih kenapa dinamain Tanjakan Kebo hehe

Tanjakan curam di Gunung Batu Jonggol
Salah satu tanjakan curam di Gunung Batu Jonggol

Tali Tambang sebagai alat bantu mendaki di Gunung Batu Jonggol
Tali tambang ini sebagai alat bantu mendaki 

Semakin tinggi jalur pendakian akan semakin sempit jalannya, hanya ada seutas tali tambang yang akan membantu kita utuk dapat mendaki. Jalur yang kita lewati bernama Tanjakan Kebo. Harap berhati-hati dalam menggunakan tali tambangnya yah. Karena tali tambang ini cukup panjang dan sewaktu-waktu dapat tersangkut di kaki pendaki lainnya, jadi musti waspada. Perhatikan juga keseimbangan badan selama mendaki, karena di Gunung Batu Jonggol ini tidak ada pengaman sama sekali, kiri dan kanannya adalah jurang, maka dari itu harus hati-hati.

Trek Gunung Batu Jonggol
Ini posisi saat turun harus menggunakan tali tambang

Jalur pendakian Gunung Batu Jonggol
Jalannya setapak dan cukup terjal

Prasasti pendaki yang meninggal di Gunung Batu Jonggol
Prasasti untuk menghormati pendaki yang meninggal di Gunung Batu

Sesampainya di puncak pun lahannya tidak terlalu luas hanya setapak dan harus bergantian jika ingin berfoto dipuncak. Puncak ini ditandai dengan bendera merah putih dan ada semacam prasasti untuk menghormati pendaki yang meninggal saat mendaki Gunung Batu Jonggol dan sebagai pengingat kita agar selalu hati-hati selama pendakian.

Terdapat Dua Pos Pendakian dengan HTM yang Berdeda!

Pos 1 Gunung Batu Jonggol
Pos 1 pintu utama Gunung Batu Jonggol sekaligus tempat parkir kendaraan

Sobat jalan-jalan yang ingin mendaki ke Gunung Batu Jonggol, terdapat dua jalur pendakian yaitu Pos 1 dan Pos 2. Kemarin abang coba naik dari Pos 1 atau pintu utama yang persis ada di sisi jalan dan banyak warung-warung disisi jalannya. Awalnya abang nggak merasa aneh bayar parkir di pintu masuk sebesar Rp. 15.000,- untuk motor dan abang berdua sama temen abang. Eh pas abang jalan ternyata ada pintu masuk lagi di dalam dan harus bayar Rp. 30.000,-/orang. Sempet kaget dong karena cukup mahal menurut abang.

Pembelian tiket masuk Gunung Batu Jonggol
Tempat pembelian tiket Pos 1 Gunung Batu Jonggol

Memang sih kita dapet tiket masuk, tapi itu cuma berbetuk fotocopy-an dan tidak ada asuransi keselamatan bagi kita yang akan mendaki. Abang sempet bilang ke penjaga karcis kalau abang nggak menginap di atas, tapi kata penjaga karcis tetap harganya sama. Jadi kalau ditotal satu motor dua orang melalui Pos 1 itu Rp. 75.000,- sangat mahal menurut abang karena belum termasuk asuransi keselamatan.  

Karcis masuk Gunung Batu Jonggol
Ini dia tiket masuk Gunung Batu Jonggol Via Pos 1

Lain cerita ketika kalian masuk dari Pos 2, selama mendaki abang bertemu beberpa orang yang masuk dari Pos 2 dan mereka sempat bercerita kalau naik dari Pos 2 itu hanya akan dikenakan biaya Rp. 30.000 sudah termasuk parkir motor dan tiket untuk dua orang. Nah ada perbedaan yang sangat jauhkan antara Pos 1 dan Pos 2. Jadi pilihan di tangan kalian yah mau masuk dari Pos 1 atau Pos 2 hehe. 

Mau Kemping di Gunung Batu, Bisa Banget Kok!

Camping ground Gunung Batu Jonggol
Ini tempat kemping di Gunung Batu Jonggol

View alam di Kabupaten Bogor emang juara banget deh, apalagi buat kita yang tinggal disekitaran Jabodetabek, pasti akan memilih Bogor untuk sekedar piknik. Maka nggak heran kalau weekend tiba Bogor akan menjadi sasaran empuk orang-orang yang butuh piknik, termasuk abang hehe. Salah satu view juara Bogor yang bakalan sobat jalan-jalan dapatkan adalah ketika mendaki Gunung Batu Jonggol. 

Memang slogan “Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian” cocok ditempatkan saat kita mendaki Gunung Batu Jonggol ini. Rasa letih akan seketika luntur ketika melihat view epik dari ketinggian. Segarnya mata setelah melihat pemandangan yang menghijau di sekeliling dan udara yang sejuk membuat kalian betah berlama-lama berada di Gunung Batu Jonggol ini.

Tempat kemping di Gunung Batu Jonggol
Cukup luaskan tempat kemping di Gunung Batu Jonggol ini?

Tenang, jika sobat jalan-jalan ingin berlama-lama di Gunung Batu Jonggol, kalian tinggal membuat tenda di lahan yang cukup landai atau sekitar 15 menit menuju puncak utama Gunung Batu Jonggol. Tempatnya cukup luas dan banyak pepohonan. Biasanya di weekend akan banyak pendaki yang kemping disini. 

Rumahnya Monyet Ekor Panjang dan Lutung Jawa

Indahnya Gunung Batu Jonggol
Di tempat ini kalian akan melihat banyak kawanan monyet dan lutung 

Abang salah satu yang beruntung kemaren pas mendaki bertemu dengan kawanan Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) dan Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) saat pendakian. Sayangnya abang nggak sempat foto soalnya sudah mendung dan agak gerimis jadi buru-buru. Banyak yang bilang kawanan monyet ini sering rese ke pendaki apalagi yang menginap. Suka merebut makanan (katanya). Cuma kemaren abang aman aja sih nggak digangguin sama mereka, mungkin karena nggak bawa kantong plastik dan nggak menggagu mereka juga.

Baca Juga: Pantai Muara Bungin, Destinasi Baru di Ujung Bekasi

Oh iya sekedar saran nih buat temen-temen pendaki yang akan mendaki Gunung Batu Jonggol, jangan sekali-kali memberikan makanan kepada mereka yah, karena mereka akan terbiasa menerima makanan dan naluri berburu mereka akan rusak. Kawanan monyet ini akan beringas kepada orang lain karena terbiasa dikasih makan. Jadi tanpa kalian kasih makan pun mereka akan tetap hidup, karena mereka ada di alam bebas. Niat baik kalian memberi makan kepada monyet-monyet disini akan salah yaah hehe. Oke sobat jalan-jalan~

Fasilitasnya Cukup Memadai

Warung dan Musola di Gunung Batu Jonggol
Ada warung dan Musolah persis di Pos 1 

Lanjut yah, sekarang kita ngomongin amenitas di Wisata Alam Gunung Batu Jonggol. Amenitas disini cukup memadai, mulai dari warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman disisi jalan, dan ada pula cafe yang lokasinya persisi ada di bawah Gunung Batu Jonggol. Selanjutnya untuk tempat ibadah sudah disediakan di cafe atau pintu masuk Pos 1 disana terdapat warung dan juga tempat ibadah (musolah) yang cukup luas.

Cafe Gunung Batu Jonggol
Nah ini penampakan Cafe Gunung Batu Jonggol

Untuk penginapan ada beberapa disekitaran Gunung Batu Jonggol tapi abang lupa apa namanya hehe sejenis homestay gitu. Toilet pun sudah tersedia yah dibeberapa titik. Tempat sampah juga abang lihat ada dibeberpa titik. Jadi menurut abang ini cukup memadai. 

Siapkan Ini Sebelum Mendaki Gunung Batu Jonggol

Puncak Gunung Batu Jonggol Kab. Bogor
Nah ini bukti abang udah sampek puncak Gunung Batu yah hehe

Sobat jalan-jalan ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kalian ingin mendaki Gunung Batu Jonggol, diantaranya adalah:

1. Pastikan kondisi badan kalian dalam keadaan baik (sehat), bahkan jika belum terbiasa mendaki alangkah lebih baik sering olah raga (jogging) sebelumnya biar badan nggak kaget hehe

2. Pastikan kalian membawa uang cash yang cukup karena disini susah ditemukan ATM dan sistem pembayaranya pun masih menggunakan uang tunai.

3. Usahakan sebelum mendaki sudah sarapan atau makan biar ada energi untuk mendaki, inget jalurnya terjal jadi butuh banyak tenaga. Jangan lupa membawa makanan dan minuman secukupnya yah. Masukan aja kedalam tas untuk jaga-jaga jika lapar dan haus.

4. Jangan mendaki sendiri! Ini yang harus diperhatikan yah, kalau bisa minimal mendaki berdua biar kalau terjadi apa-apa bisa ada yang menolong, bahkan untuk sekedar temen ngobrol atau fotoin hehe.

5. Pakai-pakaian yang nyaman dan aman dipakai yah, jika ingin menginap gunakan jaket dan perlengkapan lainnya. Jika tidak menginap cukup memakai lengan panjang soanya panas banget cuacanya hehe. Gunakan sepatu atau sandal gunung yang cocok untuk pendakian yah, karena treknya cukup terjal. 

Tips Berwisata Aman saat Pandemi

Spot epik di Gunung Batu Jonggol
Yakin nggak mau foto kaya abang gini nih? ehehe

Sampai dengan hari ini, belum ada yang tahu sampai kapan pandemi ini akan berakhir. Maka dari itu, Indonesia akhirnya menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) salah satunya pada sektor pariwisata. Hal ini dilakukan agar semua pengunjung merasa aman selama berwisata. Selain dari pihak pengelola, kita pun sebagai wisatawan diwajibakan mematuhi protokol kesehatan selama berada di tempat wisata, seperti: 

Protokol kesehatan di tempat wisata bagi wisatawan

Sobat jalan-jalan, itu cerita abang saat mendaki di Gunung Batu Jonggol. Semoga sedikit banyak bisa memberikan informasi terutama buat kalian yang akan mencoba mendaki Gunung Batu Jonggol. Tetap inget pandemi ini masih belum berakhir jadi harus tetap patuhi peraturan yang ada yah~

Gunung Batu Jonggol

Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

HTM : 

Pos 1 : Parkir Motor : Rp. 15.000,- Tiket Masuk : Rp. 30.000,-/orang

Pos 2 : Rp. 30.000,- (Parkir Motor dan 2 Tiket Masuk)

2 Comments

  1. baru denger ada Gunung Jonggol, dan ternyata ada di Bogor sana
    medannya lumayan juga ya, apalagi yang hanya tatakan batu seperti itu plus kanan kiri jurang.
    tapi ini termasuk keceh juga ya tempatnya, ada cafe nya juga, rame banget juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah ini ada di Kabupaten Bogor kak, tempatnya emang masih asri banget sih jadi asik buat piknik yang nggak jauh jauh amat hehe. Iyaah harus hati hati banget kak :)

      Delete