Warung Bakmi Jowo Mbah Gito : Dulunya Bekas Kandang Sapi Loh!


Sobat kuliner siipuljalanjalan, kalian kalau main ke Jogja bakalan nyobain kuliner apa aja nih? haha. Biasanya food hunter pasti udah bikin banyak wishlist kuliner apa yang bakalan dimakan selama melancong di kota budaya ini.
Udah nggak aneh dong yah sama Yogyakarta, bukan hanya destinasi wisatanya yang selalu diburu oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, tapi juga kulinernya yang bikin ngiler dan dijamin bikin gagal diet deh kalo kalian yang lagi diet wkwk~

Yogyakarta
Selamat Datang di Warung Bakmi Jowo Mbah Gito Yogyakarta

Nah kali ini abang mau ajak kalian untuk menikmati Bakmi Jowo yang udah legendaris banget di Yogyakarta, hayoo mana nih suaranya para penikmat Bakmi Jowo? Prokprokprok~ Ini untuk para bakmi mania pasti udah hafal banget nih sama tempat ini, hehe hayoo ada yang tau kah? Baiklah, namanya adalah Warung Bakim Jowo Mbah Gito. Udah tau pastinyaakan?

Warung Bakmie Jowo Mbah Gito itu Bekas Kandang Sapi yah Bang?

Yogyakarta
Silahkan masuk, ada yang bisa saya bantu?

Sobat kuliner, untuk para food hunter pasti udah nggak aneh nih dengan tempat bakmi jowo yang legendaris di Yogyakarta. Yaps, Yogyakarta emang nggak cuma tentang Gudeg-nya yang legendaris, tapi juga ada Bakmi Jowo Mbah Gito bagi yang nggak terlalu suka makanan manis, hehe maklum abang orang Sunda Betawi, jadi nggak terlalu suka makanan manis heuu~

Yogyakarta
Mas atau Mbak mau duduk di kursi atau lesehan?

Bakmi Jowo Mbah Gito ini sudah ada sejak 2008 walapun sempat tutup dan akhirnya buka lagi. Udah nggak aneh lah kalo Bakmi Jowo Mbah Gito ini udah jadi menu wajib kalo kalian main ke Jogja. Nggak cuma rasa bakminya yang nagih, kebanyak orang yang datang kesini pun untuk menikmati suasana yang beda dengan warung bakmi pada umumnya.

Yogyakarta
Pahatan para Presiden RI dari masa ke masa 

Warung Bakmi Jowo Mbak Gito dulunya kan bekas kandang sapi! Hush!!! Bukan gitu infonya, melainkan kayu-kayu yang digunkan untuk membangun warung ini ada sebagian yang diambil dari bekas kandang sapi. Jadi bukan kandang sapinya yang dijadiin warung yaah genks~ eh tapi tenang, tempatnya enak banget buat makan, kumpul sama teman atau keluarga, atau kalaupun datang sendirian nggak apa-apa dong~ sabar yaa Mblo :p 

Baca Juga : Spot Instagramable di Yogyakarta ? Yuk Ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi dan Jam Buka

Yogyakarta
Mau sendiri atau rame-rame juga cocok banget kok~

Mau menuju ke Warung Bakmi Jowo Mbah Gito? Aih gampang banget sobat kuliner! Warung Bakmi Jowo Mbah Gito berlokasi di Jalan Nyi Ageng Nis No. 9, Rejowinangun, Kotagede, DIY. Butuh waktu sekitar 20 menit jika sobat kuliner berada di Stasiun Tugu Yogyakarta, dan 15 menit dari Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta. Nggak jauh kan? nah kalau masih bingung, bisa klik maps di bawah ini yaa sobat kuliner~




Sobat kuliner, Warung Bakmi Jowo Mbah Gito ini buka setiap hari yah, mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB. Warung bakmi ini akan ramai saat makan siang, makan malam sampai menjelang tutup. Apalagi di weekend, jadi harus sabar yaah. Karena yang datang biasanya rombongan gaes~


Yogyakarta
Ornamennya lucuk yah~

Ohiya sobat kuliner, kemarin pas abang tanya sama salah satu pelayan, kalau kalian datengnya malam minggu, di Warung Bakmi Jowo Mbah Gito ini ada hiburanya loh. Ada Sinden yang akan menyanyi dengan diiringi dengan alat musik tradisional. Wah serukan sambil makan bakmi sambil dengerin tembang-tembang Jawa~

Menu yang Abang Pesen

Yogyakarta

Sobat kuliner, pasti kalian penasarankan kira-kira menu apa yang paling banyak di pesan di Warung Bakmi Jowo Mbah Gito kan? Yaps sesuai dengan namanya yaah, menu utama yang paling banyak di pesan adalah Bakmi Godok. Selanjutnya, menu yang paling banyak di pesan adalah Nasi Goreng. Hayooo kalian mau nyobain yang mana nih? hihi
Yogyakarta
Ini menu dan harganya yah Mas dan Mbak~

Beruntung waktu itu abang nyobain dua-duanya, bakmi godok dan nasi goreng. Eits bukan karena abang maruk, tapi karena abang datengnya sama temen abang jadi deh bisa pesen dengan menu yang beda dan saling nyobain hehe. Kalian pun bisa coba trik ini nih, kalo dateng sama temen-temen, bisa pesan menu yang beda-beda deh biar bisa saling nyobain hehe~

Yogyakarta
Ini dia menu andalanya adalah Bakmi Godok

Lanjut yah, menu pertama yang abang pesan adalah Bakmi Godok. Karena pada dasarnya abang emang penyuka mie jadi udah pasti abang akan pilih menu bakmi godok. Btw, sobat kuliner udah tau dong yah apa itu godok? Tenang bagi yang belum tau abang kasih tau yah, godok ini memiliki arti rebus. Jadi bakmi godok itu sama dengan bakmi yang proses pengolahanya di rebus atau gampangnya bakmi kuah hehe.

Yogyakarta
Yakin nih nggak tergoda?

Nyam ... nggak perlu waktu lama nunggu bakmi godoknya, akhirnya dateng deh pesenan abang. Hampir sama dengan bakmi-bakmi pada umumnya, satu porsi bakmi godok terdiri dari mie kuning yang nggak terlalu besar, rebusan kobis, campuran telur, dan yang nggak boleh ketinggalan adalah suiran daging ayam kampung yang cukup besar.

Yogyakarta
 Yah udah mau abis nih hehe

Over all rasanya enak dan gurih banget. Mie kuningnya dimasak pas tidak terlalu mateng, begitupun kobisnya, dan suiran daging ayam kampunya pun cukup besar-besar sehingga bersatu padu dengan kegurihan kuahnya. Uhhh~ Sayangnya kemarin abang pesen pedes, nggak bisa langsung request dimasak pedes, melainkan kita nanti yang menambahkan cabe yang sudah disediakan di atas meja. Jadi kita harus menekan cabenya menggunakan sendok atau garpu agar cabenya hancur dan menambah rasa pedes pada bakmi godoknya. Yaa maklum kan orang Sunda Betawi jadi pasti doyanya pedes hehe.

Yogyakarta
Jika dirasa kurang pedes atau asin, bisa tambahkan sendiri yah bumbunya~

Ohiya, harga satu porsi bakmi godok dibandrol dengan harga Rp. 32.000,-. Agak cukup mahal sih yah untuk anak kostan hehe. Mungkin karena targetnya wisatawan jadi sah-sah aja harga segitu hehe. Btw, ini satu porsinya udah banyak yah, cocok untuk makan siang atau makan malam. Tapi tergantung muatan perut juga sih yaaah hehe~

Yogyakarta
Menu selanjutnya adalah Nasi Goreng

Menu selanjutnya, adalah Nasi Goreng. Sebenernya ini pesenan teman abang yah, abang cuma nyobain aja hehe. Untuk nasi goreng sih lumayan enak, karena bumbunya lumayan kerasa. Dan kalo sobat kuliner liat foto diatas hampir nggak ada bedanya dengan nasi goreng pada umumnya yaah.

Yap memang, satu porsi nasi goreng terdiri dari nasi goreng dengan telur dan juga suiran daging ayam. Tak lupa ada mentimun, kerupuk dan bawang goreng. Menurut abang untuk porsinya nggak terlalu besar, jadi untuk yang biasanya makan dengan porsi banyak kayak abang, akan kurang hehe.

Sobat jalan-jalan, satu porsi nasi goreng dibandrol dengan harga Rp. 27.000,-/porsi, harganya agak lumayan yaaah hehe. Inget, balik lagi masalah harga kembali ke kantong masing-masing yaah hehe~ ini kan menurut abang :p

Yogyakarta
Teh Pocinya monggo~

Satu lagi menu yang abang pesen adalah Teh Poci. Entah mengapa semenjak lama tinggal di Joga abang suka banget sama teh. Yaa mungkin karena disini kebiasaan kalo kunjungan minumnya teh heehe. Btw, sobat kuliner teh poci ini disajikan menggunakan poci yah, lengkap dengan cangkir dan gula batu. Kalian pun bisa minta batu es kalau mau disajikan dingin. Ohiya teh poci ini dibandrol dengan harga Rp. 10.000,- cukup buat dua orang kok sobat kuliner~

Fasilitas

Yogyakarta
 Inget, cukup kenangan aja yang ditinggalkan, barang-barang jangan~

Menu rekomendasi dan harga udah abang kasih tau, lokasi dan jam bukanya pun udah abang kasih tau, nah sekarang giliran abang kasih tau yah amenitas atau fasilitas pendukung yang ada di Warung Bakmi Jowo Mbah Gito.

Yogyakarta
 Yang punya pasangan, boleh banget kok ajak pasanganya makan disini~

Dari awal masuk, sobat kuliner pasti akan terpukau dengan bangunan yang serba kayu dan ornamen Jawanya. Karena hampir semua bagian dari warung ini terbuat dari kayu. Selanjutnya tinggal kalian mau duduk di lesehan atau di kursi. Saran abang kalau kalian rame-rame mending di lesehan biar lebih bebas, tapi dibalikin keselera yah haha.

Yogyakarta

Yogyakarta
Musolah ada di lantai 2 yah Mas dan Mbak ~


Selanjutnya, warung bakmi ini juga sudah dilengkapi dengan toliet dan wastafel. Untuk toilet ada di lantai bawah, dan untuk wastafel ada dibeberapa titik. Ohiya bagi yang muslim, ada musolah di lantai 2 lengkap dengan mukena dan sarungnya. 

Yogyakarta
Cari colokan? Ada kok tenang ~

Buat yang kemana-mana nyari colokan, tenang, di Warung Bakmi Jowo Mbah Gito sudah disediakan banyak colokan buat kalian yang mau charge hp atau laptop. Tapi gunakan yang bijak yang gaes, inget ini tempat makan bukan tempat ngerjain tugas haha ups~

Yogyakarta
Nggak bawa banyak uang cash? Nggak masalah kok~

Selanjutnya yang nggak kalah penting adalah kalian nggak usah khawatir kalo nggak bawa banyak uang cash. Karena disini udah disediakan Mesin EDC dengan minimal payment Rp. 50.000,- yah sobat kuliner. Tapi untuk saat ini Warung Bakmi Jowo Mbah Gito belum bisa melayani pembayaran menggunakan OVO/GOPAY yah~

Yogyakarta
Terima kasih atas kunjunganya, silahkan datang kembali ~


Nah itu dia review abang tentang Warung Bakmi Jowo Mbah Gito di Yogyakarta. Semoga bisa menjadi rekomendasi wisata kuliner jika berkunjung ke Yogyakarta. Inget semua dikembalikan keselera dan isi kantong masing-masing hihi. Selamat menikmati sobat kuliner ~


23 Comments

  1. Wah wah wahh. Keliatannya menarik! Aku loh udah lama nda makan bakmi jowo :(((. Ngilerrr banggg.

    ReplyDelete
  2. Saya tahun 2014 terakhir ke sini. Setelah itu belum pernah ke sini lagi karena ruame banget hahhahaha. Jadi inget kalau dulu di sini bapaknya ikut ngobrol

    ReplyDelete
  3. Duh aku bolak balik ke Jogja tapi belum pernah nyobain ini 😭😭😭, next mampir kesini ah klo ke Jogja, sumpah bakmie nya bikin ngiler. Oh ya tips nya juga sering aku pakai klo makan bareng teman2 pesennya pasti beda2 biar bisa saling nyicipin dan untuk kebutuhan konten juga... Haaaa.. Haaa

    ReplyDelete
  4. Bener banget Mas ini legendaris soalnya waktu aku ke Jogja beberapa temen rekomendasiin harus banget ke Bakmi Jawa Mbah Gito. Aku ke sini sih dan rame banget. Tempatnya juga unik kayu-kayu gitu cuma karena aku gak makan mi jadi aku Rica-Rica hahaha.

    ReplyDelete
  5. Sejujurnya Bang Ipul, Saya ke Mbah Gito buat nyari pengalaman & sensasi makan di tempat makan yg unik & keren. Bagus konsep & eksekusinya. Mbah Gitonya juga ramah ngobrol sama pengunjung. Tapi kalau soal rasa & harganya,bukan favorite Saya. Hehhe

    ReplyDelete
  6. Sayang banget ya kenapa bakmi jowo ini bukanya kok jam 11? Hihihihi...padahal kan enak misal jam 9 gitu, siapa tau pelancong butuh makanan yang anget2 dan enak :) Ga nyangka ya dulunya kandang sapi, sekarang jadi tempat makan yang cukup ronamtis :D

    ReplyDelete
  7. Pagi-pagi buka ini langsung laper apalagi aku suka banget bakmi godog khas Jawa kalo ke Jogja, jadi kangen deh semoga bisa wisata kuliner lagi deh aamiin tfs kak, salam kenal

    ReplyDelete
  8. beruntung pas ke Jogja 2018 lalu udah mampir ke sini, kalo malem ramenya udah kayak pasar. kadang bahkan sampe antri juga lho. Aku suka sama Bakmi Gorengnya, walaupun emang agak pricey sih menurutku. Trus Wedang Uwuhnya juga enakk, Teh Pocinya juga. Jadi kangen Jogja kan...

    ReplyDelete
  9. Terakhir ke Jogja aku juga mampir Warung Bakmi Jowo Mbah Gito. Sekalipun bekas kandang sapi, sekarang sudah tak kelihatan jejak-jejaknya. Yang jelas mi jowonya emang enak. Aku tu suka yang nyemek-nyemek kalau makan di sini :)

    ReplyDelete
  10. Kandang sapi bisa disulap jadi tepat secozy ini dan ada hidangan lezatnya pula! Paling suka saya sama bakmi Jowo yg agak berkuah tapi kering
    Kalo ke sana kudu mampir nih

    ReplyDelete
  11. Sejak dua tahun terakhir setelah saya bisa bawa anak jalan-jalan, saya selalu ke Jogja tiap tahun dan makan di Bakmi Pak Gito ini. Saya selalu pesen menu yang sama, bakmi godok. Padahal menurut saya cuman mie telur dikasih kuah gitu ya, tapi kok enak gitu. Servisnya juga ramah, stafnya semua selalu senyum dan guyonan.

    ReplyDelete
  12. Asli aku jadi rindu Jogja huhu. Sabar yah Jogja insya Allah segera kita bertemu setelah si Coro pergi ;) btw suasana interior Jogjanya dapat banget. Beberapa resto d Jogja yg kudapati juga demikian interior nya. Tapi ini beda di nilai sejarahnya yah

    ReplyDelete
  13. Hebat euy yang dulunya kandang sapi sekarang jadi tempat yang oke punya. Semoga aku annti kesampean buat makan bakmie di sana.

    ReplyDelete
  14. Ya Allah kenapa aku BW tengah malam di sini sih, asli aku mendadak lapar loh Bang lihat Bakmie Mbah Gito ini. Mupeeeeng banget!

    Baiklah, klo ntar aku jadi ke Jogja, aku mau ke sini juga akh, penasaran banget sama menu dan tempat ini, kok kayanya unik tempatnya ya Bang.

    ReplyDelete
  15. Bakmi godok dong pengen saya coba. Penasaran dengan rasanya. Tapi pastinya kalau saya bakal minta rasa pedas lebih. Ga enak rasanya kalau ga pedas. Hehee

    ReplyDelete
  16. Waaah..keren banget yah. Dari kandang sapi bisa jadi warung yg instagramable begitu. Next kalau ke Jogya nyobain mampir ah...ya tentu saja setelah Corona berlalu.

    ReplyDelete
  17. Asik tempatnya suka sm nuansa kayunya. Klo k yogya mampir akhb

    ReplyDelete
  18. Wuih...tempatnya asyik dan mi godoknya sangat menggoda. Psst..teman makannya cantik, Bang..hehe..

    ReplyDelete
  19. Makan bakmi.Jowo tuh enaknya pas sarapan ya hahahah enak panas2 pakai sambalnya sing pedezzz 😍 Ga nyangka banget resto ini awalnya adalaah kandang sapi. Eh, sekarang meni romantis serba kayu2 gitu interiornya. Buat berduaan atuh ini mah cocok, Pul wakakakak 😘😘

    ReplyDelete
  20. Tempatnya khas Jogya banget ya, klasik. Rekomen nih klo ke Jogja.

    ReplyDelete
  21. Suamiku udah ke sini, kalau aku belum. Kalau ke Jogja masih suka ke Bakmi Kadin atau bakmi Jombor. Sebenernya mending di sini, gak terlalu antri dibanding Bakmi Kadin. Kapan-kapan tak coba deh, kalau pandemi dah lewat, hehe.

    ReplyDelete
  22. duh mas Ipuuul, aku tuh suka banget sama bakmi mbah Gito ini karena pernah kesini sekeluarga sama mamahpapahku dan adik. Karena saking ramainya, adikku sampe tantrum, tapi emang rasanya enak. Ga lama, aku balik lagi ke bakmi mbah Gito ini sama temen-temenku, tapi mereka menyesali karena ga suka plus rasa anyir dari telur bebeknya yg berasa gitu. Selera sih ya.

    ReplyDelete
  23. Langsung di notes nih bang jadiin tempat kuliner wajib pas ke Jogja hhe, baca kata Bakmi aja udh ngiler, ditambah lihat photo Bakmi Godog nya tadi pasti seger semeruput deh hmmhh hehe. Thanks for sharring yah Bang :)

    ReplyDelete