Lava Tour Merapi : Jelajah Kaki Gunung Merapi Naik Jeep!

lava tour merapi

Hallo travellovers, kali ini abang mau cerita nih pengalaman abang menjelajah kaki Gunung Merapi menggunakan Jeep. Pasti abang yakin kalian pun udah nggak asing lagi yah dengan Lava Tour Merapi atau keliling kaki Gunung Merapi menaiki Jeep, atau mungkin sebagain besar dari kalian pun udah ada yang pernah coba naik Jeep ini. Iyaakan?


Nah pertama kali abang naik Jeep keliling kaki Gunung Merapi itu kalo nggak salah 2013-an pas praktek ke Yogyakarta dari kampus. Duh bang moonmaap itu udah lama banget yaak wkwk. Eh btw, kemaren abang diajak liputan 1000 Jeep Wisata Lereng Gunung Merapi deh, jadi bisa naik Jeep untuk kedua kalinya hehe. Alhamdulillah ...

lava tour merapi
1000-an Jeep memenuhi Lapangan Boyong Kaliurang

Ada sekitar 1000-an Jeep lebih loh yang memenuhi Lapangan Boyong Kaliurang, Wow! 1000 Jeep ini berasal dari Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) yang sedang menggelar acara “Keduri Raya Sewu Jeep Merayap Merapi”. Acara ini sebagai peringatan ulang tahun AJWLM yang ke-4. Dan yang tak kalah seru adalah, sekitar 1000 lebih Jeep dengan berbagai warna serta jenis yang tergabung disini, siapapun boleh loh naik Jeep untuk ikut keliling merapi secara Gratisss!!! Seru banget kan travellovers? Uiih iyaa dong!

lava tour merapi
Hayoo mau naik Jeep yang mana hayoo? wkwk

Mengambil start di Lapangan Boyong Kaliurang, satu persatu Jeep naik menuju Bunker Kaliadem untuk mengikuti kegiatan pertama yaitu keduri dan berdoa bersama. Udah pada tau dong yah dengan Bunker Kaliadem? Yaps bener banget, Bunker Kaliadem adalah ikon dari Wisata Lava Tour. Jadi kalo nanti kalian keliling kaki Gunug Merapi pasti akan berhenti disini dan bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Merapi dari dekat. 


Lava Tour Merapi
Kenduri di Bunker Kaliadem 

Sudah menjadi tradisi memang, setelah kenduri dan berdoa bersama, panitia akan membagikan makanan untuk masyarakat yang hadir. Seperti nasi dan lauk pauk, buah, sampek ke es cendol. Tergantung makanan yang disajikan saat itu. Dan nggak heran juga kalo banyak warga yang akhirnya berebut untuk medapatkan makanan itu. Abang pernah tanya warga yang ada disitu, sebenernya mereka  berebut makanan bukan karena semata-mata lapar, melainkan ada banyak keberkahan dari makanan dan minuman yang telah di doakan saat acara keduri. Makanya banyak masyakarat yang berbondong-bondong berebut makanan deh, termasuk saat itu abang ada diantara kerumunan masyarakat. Dan akhirnya dapet pisang deh, emang sengaja abang mintanya pisang hehe.

Lava Tour Merapi
 Ibu-ibu yang sibuk membagikan makanan untuk masyarakat yang datang

Selain acara keduri di Bunker Kaliadem, ada juga loh penampilan kesenian Jathilan yang kemudian dilanjutkan dengan aksi simbolis pelepasan burung ke habitat asli. Nah selanjutnya rombongan Jeep yang membawa abang dan masyarakat yang lain untuk mencoba salah satu wahana uji adrenalin yang paling favorit di Wisata Lava Tour, yaps Kali Kuning namanya.

 Kali Kuning nih, spot yang paling diincar para pengunjung Lava Tour Merapi

Kali Kuning ini merupakan spot yang paling ditunggu-tunggu nih, karena disini kita bisa main air sepuasnya. Mau basah-basahan pun bisa banget. Tinggal bilang ke driver Jeep-nya aja pasti kalian akan basah haha. Pokonya kalian bisa teriak-teriakan deh disini wkwk

lava tour merapi
Yakin nggak mau nyobain naik Jeep nih?

Nah itu serunya cerita abang mengikuti acara Keduri Raya Sewu Jip Merayap Merapi bareng Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM). Ohiya kali ini abang mau kasih info juga nih buat kalian yang ingin menikmati keindahan alam kaki Gunung Merapi dengan menggunakan Jeep.

Lava Tour Merapi
Jangan lupa foto dengan background Gunung Merapi di Kaliadem yah travellovers!

Teruntuk travellovers yang mau menggunakan Jeep untuk keliling Kaki Gunung Merapi, tenang abang punya infonya nih. Abang yakin pasti kalian udah pada tau dong yang dengan Lava Tour Merapi? Yaps betul banget,  Lava Tour Merapi atau mengeliling tempat-tempat di kaki Gunung Merapi menggunakan Mobil Jeep ini merupakan salah satu atraksi unggulan yang ada di Kawan Gunung Merapi dan bisa menjadi pengalaman yang sangat luar biasa takan terlupakan setelah kalian mencobanya. Serius!


Seperti beberapa tempat yang udah abang ceritain diatas yah travellovers, kalian pun bisa menggunjunginya dengan Lava Tour Merapi ini.  Nah ada beberapa paket yang bisa kalian pilih nih travellovers,  seperti :

Short
Start Terminal Tlogo Putri, Kali Kuning, Mini Museum, Bukit Petung, Kaliadem, Bunker, Desa Jambu, Batu Wajah (Alien), Desa Bendo, Tempuran. Durasi kurang lebih 2 Jam.
*Rp. 350.000,-

Medium
Start Terminal Tlogo Putri, Kali Kuning, Desa Ngrangkah (Mbah Maridjan), Mini Museum, Bukit Petung, Kaliadem, Bunker, Desa Jambu, Batu Wajah (Alien), Desa Bendo, Tempuran. Durasi kurang lebih 3 Jam.
*Rp. 450.000,-

Long
Start Terminal Tlogo Putri, Kali Kuning, Desa Ngrangkah (Mbah Maridjan), Mini Museum, Bukit Petung, Kaliadem, Bunker, Desa Jambu, Batu Wajah (Alien), Makam Mbah Maridjan, Desa Bendo, Tempuran. Durasi kurang lebih 4 Jam.
*Rp. 550.000,-

Sunrise (04.00 WIB)
Start Terminal Tlogo Putri, Kali Kuning, Mini Museum, Bukit Petung, Kaliadem, Bunker, Desa Jambu, Batu Wajah (Alien), Desa Bendo, Tempuran. Durasi kurang lebih 3 Jam.
*Rp. 450.000,-

Lava Tour Merapi

Paket diatas untuk maksimal 4 penumpang dan sudah termasuk asuransi yah travellovers. Untuk info lebih lanjut bisa hubungi nomer yang terdapat pada poster dibawah ini. Selamat berlibur travellovers!

16 Comments

  1. Di merapi sana, banyak jeep jeep berbaris ya ._. duh, saya yang di jogja aja belom pernah lava tour :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah banyak banget malah mas hehe. Buruan nyobain mas hehe

      Delete
  2. Ibu-ibu yang ngasih makanan..cantik2..dandan gitu..

    Seru banget .naik Jeep rame2 ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah mbak ibuk-ibuknya cantik-cantik banget hehe. Serunya pake banget mbak hehe

      Delete
  3. Belum pernah ikut Merapi Tour. Pernah 2010 lalu jadi volunteers di lereng Merapi setelah bencana alam gunung meletus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap sekali kak pengalamanya. Boleh nanti dicoba aja kak biar nggak penasaran hehe

      Delete
  4. Ini sih pengalaman yang kudu dan wajib dicoba nih bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu dan wajib banget yaa kak buat dicoba hehe

      Delete
  5. Asyikkk tinggal di Yogyakarta bisa eksplor lebih banyak destinasi wisata di sana ya. Manfaatkan waktu selagi di sana. Kalau sudah selesai dan pulang pasti tinggal kangennya...

    Btw jadi nyari istri orang Yogyakarta nih Pul? Cie ciee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah teh mumpung di Jogja jadi banyakin main eh banyakin belajar gitu heheh

      Wah kalo itu belum tau teh sedapetnya aja orang manapun wkwk

      Delete
  6. Baca tulisan Abang, jadi teringat Lava Tour yang saya ikuti sekitar 2013 lalu. Semakin seru ya. Dulu waktu jeep saya manuver di Kali Kuning, airnya masih sedikit. Sekarang makin seru ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iyaa kak sekarang Lava Tournya makin banyak rute dan makin seru loh hehe

      Delete
  7. Mantab bro... off-road Pake Jeep sambil nikmatin pemandangan n kuliner merapi...bikin pengen traveling kesono...😊😊😊

    ReplyDelete
  8. Makasih info Paketnyaaa.. lihat foto-fotonya aja auto bayangin keseruan disana, jeep-nya banyak bangeeet, pengen rasanya jajal ke Merapi naik Jeep, tapi kalau bawa Anak under 10 tahun aman gak ya?

    ReplyDelete
  9. Seru sekali Naik Jeep di Merapi. Agak deg2an juga soalnya medannya ga semua mulus Kan. Kalau Saya suka sedih lihat bunkernya. Keinget adegan di TV orang2 meninggal disana. Innalilahi wa inna ilaihi rojiun

    ReplyDelete
  10. Berarti itu harga per mobil dengan max 4 orang, ya? Gak mahal juga jatuhnya.

    ReplyDelete