Serunya Mengikuti Java Summer Camp 2019 (Part 1)

JSC 2019

Temans, punten pisannya baru sempet abang tulis pengalaman abang mengikuti acara Java Summer Camp (JSC) 2019 di Kabupaten Sleman, DIY. Harap dimaklum yaa teman-teman soalnya lagi banyak deadline tugas yang harus kelapangan. Bukan main bola, btw wkwk

Mugkin banyak dari temen-temen yang bingung, “Bang apaan sih Java Summer Camp?” Nah ini abang mau kasih tau dulu yah, Java Summer Camp (JSC) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman untuk mengundang para pemuda dari seluruh penjuru dunia untuk mengenal tempat wisata dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Sleman ini. JSC 2019 ini merupakan agenda ke-8 kalinya yang diselenggarakan oleh Dispar Kab. Sleman.



View this post on Instagram

A post shared by แ”•Yแ—ฉIแ–ดแ‘Œแ’ช แ—ทแ”• (@ipulsoedibjoe) on

Kenapa abang bilang pesertanya dari seleuruh dunia? Karena memang pesertanya banyak dari luar negeri, serius! Total peserta yang tahun ini ikut adalah 250 orang dan 99 orang peserta didalamnya berasal dari 41 negara di dunia. Diantaranya adalah  Austria, Belanda, Hungaria, Inggris, Jerman, Belarusia, Belgia, Yunani, Polandia, Portugal, Rusia, Slovakia, Tajikistan, Afghanistan, Azerbaijan, Turki, Kamerun, Kongo, Nigeria, Madagaskar, Mali, Gambia, Ghana, Sierra Leone, Tanzania, Zimbabwe, Bangladesh, Pakistan, Palestina, Meksiko, Jepang, Thailand, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Tiongkok, dan Vietnam. Mantap bagetkan temans?

Ohiya sebelum abang cerita panjang lebar nih tentang Java Summer Camp 2019, abang sengaja membaginya menjadi 2 part yah, soalnya ceritanya akan panjang karena 3 hari 2 malam dengan berbagai kegiatan dan tentunya biar kalian nggak ngantuk dan bosen bacanyaa wkwk

Gini loh, abang mau kasih tau dulu nih alasan abang mengikuti acara ini. Sebenernya iseng-iseng aja daftar eh alhamdulillah jadi salah satu peserta yang lolos. Pas nama abang lolos pun masih 50:50 ikut apa nggaknya, soalnya pas itu lagi UTS (Ujian Tidak Serius) eh haha jadi liat jadwalnya kosong apa nggak dulu.

JSC 2019
 Nah ini temen-temen abang ada Arif dan Octy. Kita sama-sama satu kelas di Magister Kajian Pariwisata UGM 2019 (masih maba yaak wkwk)

Eh ternyata hari jumatnya nggak ada jadwal UTS jadi bisa ikutan deh. FYI yah temans, JSC ini diselenggarakan 3 hari 2 malam yah dari tanggal 11 – 13 Oktober 2019. Dan alasan berikutnya adalah, selain dapet trip keliling Kab. Sleman gratiss dan teman baru, para peserta akan mendapatkan free ticket untuk menonton penampilan Ramayana Ballet di Candi Prambanan wkwk. Duh moonmaap nih, harga tiket Ramayan Ballet itu agak mahal mulai dari Rp. 125.000  - 400.000 per orang (walapun ada tiket pelajar Rp. 50.000/orang per grup). Tetep aja kalo ada yang free mending ikut yang free aja. Maap abangmah nggak munafik wkwk  

Drama Mau Berangkat : Di Cegat Ojek Panggalan!

Setelah beberapa minggu dari pengumuman peserta dan banyak brefing di grup, tiba lah saatnya mengikuti acara JSC 2019. Abang janjian sama temen abang namanya Octy dan Arif yang menang temen kelas dan satu lagi temenya Arif namanya Ardi yang merupakan seorang Guru Sejarah di salah satau sekolah di DIY.

Abang ber-3 (sama Octy dan  Arif) janjian di Halte Trans Jogja RSUP Dr. Sarjito untuk naik Trans Jogja menuju ke Candi Prambanan dan janjian ketemu sama Ardi juga disana. Meeting point hari pertama itu adalah Candi Banyunibo dan merupakan tempat camp hari pertama seluruh peserta. Sebenernya sih disuruh ngumpul jam 7 sama panitia disana cuma kita bilang akan telat karena lokasinya cukup jauh dari kita.  Btw, jangan ditiru yah untuk telat hehe.

Lanjut yaa, sampailah kita di Halte Candi Prambanan dan ketemu sama Ardi. Dari sini emang kita udah berencana untuk naik Ojek Online (Mobil) untuk sampek ke Candi Banyunibo. FYI yaa temans, menuju Candi Banyunibo dari Cadi Prambanan itu emang belum ada angkutan umum yang kesana jadi mau nggak mau naik ojol atau ojeng pangkalan (opang).
Sebelumnya emang ada beberapa bapak-bapak yang menawarkan kami ojek untuk kesana tapi emang kita memilih untuk naik ojol. Nah drama pun dimulai disini, dimana saat kita memesan ojol ternyata bapak-bapak opang ini mengikuti kita tanpa sepengetahuan kita.

Setelah kita mau masuk ke mobil yang jaraknya cukup jauh dari Halte Trans Jogja, ternyata bapak-bapak tadi memberhentikan dan kita disuruh turun (aslik kayak di sinteron-sinetron). Si bapak-bapak tadi bilang ke supir bahwa tempat ini merupakan zona merah dimana penumpang tidak boleh menggunakan ojol di kawasan ini. Tapi salutnya abang, mereka memberi tahunya dengan cara baik-baik dan sopan nggak “bar-bar” kayak dikota besar walapun agak nge-gas si sopirnya tapi nggak ada pukul-pukulan kok. Pokoknya disini ngasih taunya masih pake sopan santun! Nah dari situ, mau nggak mau yaa kita harus turun dan sempat meminta maaf kedua belah pihak, karena emang kita nggak tau kalau disitu masuk ke zona merah. Lanjut deh kita jalana ke belakang Pasar Prambanan dan pesen ojol diistu.

Nah buat temen-temen yang dari luar kota dan mungkin mampir di Candi Prambanan, kalian bisa naik Trans Jogja atau kalau mau ojol yaa musti jalan agak jauh ke belakang Pasar Prambanan atau menuju pom bensin disekitar situ yaah. Atau jika jarak yang kalian tuju nggak terlalu jauh, kalian bisa menggunakan opang yang ada disekitaran situ. 

Hari Pertama

Setelah drama pencegatan itu selesai, akhirnya kita ber-4 sampai di Candi Banyunibo yang beralamat di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Cepit, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Jogjakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572. Kalian bisa klik maps dibawah ini yah :



Sekitar pukul 09.30 lah kita baru sampai dan ternyata emang acaranya belum dimulai, beruntunglah kita, fiuuuhh ... Kita langsung registrasi ulang dan dapet beberapa perlengkapan seperti rundown, ID Card Peserta, sama Kaos dan nggak lupa kita dikasih tau kelompok mana. Kalo abang ternyata satu kelompok sama Octy yaitu Indrajit, kalo Arif dan Ardi lupa deh nama kelompoknya haha. 

Candi Banyunibo
Ini tenda kita di Candi Banyunibo 

Tapi abang masih satu tenda dengan Ardi dan satu temen dari luar negeri. Eh ternyata, temen yang dari luar negeri nggak dateng atau pindah jadi abang cuma berdua deh ditenda sama Ardi hehe

Lanjut yah, setelah rapih-rapih diperbolehkan sarapan dulu karena kita baru sampai dan lanjut untuk agenda pertama deh~

Keliling Candi Banyunibo

Java Summer Camp 2019
Ini dia Candi Banyunibo, lokasi camp pertama di JSC 2019

Karena camp hari pertama di Kawasan Candi Banyunibo (untuk lokasi bisa liat maps diatas yah) jadi kegiatan pertama adalah keliling Candi Banyunibo.  Temans, Candi Banyunibo ini merupakan Candi Buddha dengan ciri ada stupanya yang merupakan ciri Agama Buddha. Nah kata Banyunibo dalam Bahasa Jawa adalah Air yang jatuh menetes, ya walapun pas abang kesana nggak ada air yang jatuh menetes, mungkin pas dulu kalau ada hujan air-nya bisa menetes dari atas bangunan candi (mungkin loh yaah wkwk)

Candi Banyunibo
Ini pemaparan tentang sejarah Candi Banyunibo

Abang juga banyak belajar disini, karena Candi Banyunibo ini lokasinya nggak terlalu jauh dari Candi Ratu Boko, Candi Ijo, dan juga Candi Barong. Di Candi Banyunibo ini sudah  pemugaran (pembaharuan kembali atau pemulihan kembali) yah, jadi ketika kalian keliling disini kalian bisa melihat banyak batu-batu baru dengan ciri ada kayak semacam paku atau lingkatan di batunya. Jadi bisa di praktekan juga jika kalian main ke candi, coba lihat batu-batuanya ada yang sudah di pugar apa belum.

Jemparingan Mataraman

Jemparingan Mataraman
Hayuk nyobain Jemparingan Mataraman

Workshop yang kedua adalah belajar Jemparingan Mataraman. Ada yang udah tau apa itu Jemparingan Mataraman? Yaps Jemparingan merupakan olah raga panahan khas Kerajaan Mataram. Jadi berbeda yaa temans, kalo memanah kan kita harus berdiri yah, nah kalo jemparingan dilakukan dengan cara duduk bersila. Kita diwajibkan fokus dan jangan terburu-buru. 

Jemparingan Mataraman
Nah giliran abang deh nyoba Jemparingan Mataraman

Sebenernya abang seneng banget sama olah raga memanah walapun cuma beberapa kali coba. Dan kemaren dikasih langung nyobain 3 kali kesempatan. Kesempatan pertama abang nggak fokus jadinya melambung tinggi, kesempatan kedua mulai bisa stabil, dan yang ketiga sesuai ekspektasi, gandewa (busur) menempel ditengah warna kuning walapun aslinya targetnya bukan itu melainkan wong-wongan atau bandulan, tapi kata instrukturnya bagus bisa disitu hehe senangnyaa abang~ Btw, sebenernya kalo jemparingan itu musti pake pakaian adat Jawa tapi kemaren kita disuruh pakai kain batik dikepala sebagai pengganti Belangkon. Aslik, ini seru banget dan pengen coba lagi hehhe

Ramayana Ballet

Java Summer Camp 2019
Selamat datang di Ramayana Ballet Prambanan

Huraaay setelah rapih-rapih dan makan malem, seluruh peserta disuruh naik ke bus untuk menuju ke Candi Prambanan tepatnya untuk menyaksikan Ramayan Ballet. Duh, abang udah bilang diawal yah kalo ini salah satau agenda yang abang tunggu-tunggu banget. Yaa sekarang kan abang statsunya mahasiswa jadi uang jajanya terbatas, kalo denger yang gratis maunya ikut terus wkwk moonmaap yaah 

Abang kutip dari borobudurpark.com, Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana Prambanan merupakan sebuah pertunjukan yang menggabungkan tari dan drama tanpa dialog, diangkat dari cerita Ramayana dan dipertunjukkan di dekat Candi Prambanan di Pulau Jawa, Indonesia. Sendratari Ramayana Prambanan merupakan sendratari yang paling rutin mementaskan Sendratari Ramayana sejak 1961.

Java Summer Camp 2019
Ini nih salah satu adegan di Ramyana Ballet Prambanan

Nah pas abang nonton itu judulnya adalah “Hilangnya Dewi Sinta” di panggung terbuka. FYI yaa temans, pertunjukan Ramayana Ballet Prambanan ini ada yang di panggung terbuka dan ada juga yang Timurti Stage tergantung judul apa yang dimainkan.
Aslik abang terpukau banget sama penampilan mereka, menari-nari dengan membawa cerita yang sarat akan makna. Ohiya, untuk para turis asing tetap bisa menikmati kok, karena ada teks dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang ditampilkan disetiap pertunjukanya.

Nah pada kepo kan berapa Harga Tiket Masuk (HTM) Ramayanan Ballet Prambanan sekarang. Nih abang kasih tau yah, ini dikuti langsung dari boroobudurpark.com dan nggak lupa abang kasih mapsnya biar kalian gampang kalau mau kesini. 

Java Summer Camp 2019
Ini dia yaa HTM Ramayana Ballet Prambanan
Sumber : borobudurpark.com  



Setelah pertunjukan selesai akhirnya kita pulang ke Candi Banyunibo untuk istirahat dan melanjutkan agenda berikutnya. Temans, cerita tentang Java Summer Camp (JSC) 2019 Part 1 nya sampai sini yah, nanti abang lanjut keseruan hari ke-2 dan ke-3 okeeee. See you next part friends ...

56 Comments

  1. Asik banget nginepnya di tenda.

    Dipikir-pikir makin banyak acara seru di daerah ya jd pengen cuti terus nih hawanya ๐Ÿ˜ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa lebih menyatu dengan alam kak haha.
      Iyaah disini produktif banget Disparnya jadi banyak acara hehe

      Delete
  2. Beruntungnya dirimu bisa mengikuti acara internasional seperti ini. Semoga dapat menjadi opsi sebagai upaya menjaga warisan budaya bangsa. Selamat yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa alhamdulillah banget bisa dapet kesempatan ini jadi bisa banyak belajar dan punya banyak temen juga hehe.

      Delete
  3. asyik juga ya, pemerintahnya juga peduli. Banyak macam event yang bisa dilihat dan dinikmati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah bang, disini Disparnya produktif banget untuk promosi tempat wisatanya, jadi banyak event baik nasional maupun internasional yang diselenggarakan :)

      Delete
  4. wah senangnya nginep barengan di tenda. ikut acara seru dan nonton pertunjukan juga.
    ngebayangin suasana malam yg eksotis nan romantis di candi prambanan... pasti syahdu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuuy iyaa kak, syahdu banget menyatu dengan alam tidur di tenda hehe

      Delete
  5. wagilasih beruntung bgt bisa ikut, pasti bisa kenal banyak teman baru dari berbagai negara ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah iyaa kak alhamdulillah banget dapet kesempatan ini jadi bisa banyak belajar dan bertemu teman baru juga :D

      Delete
  6. Senengnya bisa ikutan acara ini. Nambah teman dan pengalaman tentunya
    Foto malam hari dengan latar belakang Prambanan itu selalu bikin hangat hati deh. Suka lihatnya
    Btw aku baru tau ada Candi Banyunibo lho
    Itu klo camping di sana, boleh bawa tenda sendirikah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah salah satu spot yang bagus banget itu kalo malem di Candi Prambanan hehe.
      Ada kak, candinya deket Candi Ratu Boko dan Candi Ijo. Boleh kak setau aku bawa tenda sendiri, tapi harus izin dulu hehe

      Delete
  7. Seru acaranya
    Enak ya jadi orang Yogyakarta bisa dekat dengan berbagai lokasi wisata dan event.

    Kalau sudah selesai masa stay di Yogyakarta pasti bakal ngangenin deh masa-masa ngetrip dan ngevent kaya gini.

    Ditunggu reportase lanjutannya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah teh seru banget acaranya dan bikin gagal move on teh hehe.
      Iyaah makanya selama stay di Jogja aku mau banyak ikut kegiatan teh biar bisa belajar banyak dan kenal banyak orang jugaa hehe. Siyaap teteh tunggu cerita Part 2-nya yah hehe

      Delete
  8. Impian banget nih suatu hari bisa nonton pertunjukan Ramayana Ballet di Prambanan
    Selalu suka sama pertunjukan seni wayang orang kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget kak, salah satu kegiatan yang aku tunggu banget biar bisa nonton Ramayan Ballet hehe

      Delete
  9. Wahh mantap!
    Seru banget nih acaranya mas. Penampilan budaya dan pelestarian memang harus kita perhatikan di zaman sekarang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SERU BANGET BANG! hehe
      Aku jadi banyak tau tentang destinasi wisata di Kab. Sleman hehe

      Delete
  10. Duh asyik banget ini mah..jadi pengen ikutan di acara tahun depan deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASIK BANGET KAK!
      Harus banget daftar, setiap tahun diadain kok kak. Tunggu tahun 2020 ya kak hehe :D

      Delete
  11. Gileee acaranya padat bermutu banget neh mas. Sampe bisa nyoba memanah, tangan pegel ngak tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak padet pake banget tapi asik banget jugaak jadi nggak kerasa capeknyaa hehe. Aku udah penah memanah sih kak jadi udah tau kalo emang itu agak berat hehe

      Delete
  12. Kakaaaa aku kangen ketawa ketiwi sama kamuuuu, udah menetap di Jogja? rencananya desember besok mau ke Jogja, kita ngupi2 yuuuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kaka akuuuu. Aku juga kangen kaka aku yang hits banget ini hehe
      Iyaa aku udah tinggal di Jogja kak. Hayuuk sini main ke Jogja. Desember awal sampek pertengahan aku masih di Jogja kak, kalo akhir kayaknya udh pulang ke Bekasi deh hehe

      Delete
  13. Pengen iih nonton pertunjukkan Ramayana di Prambanan. Konon katanya bagus pas bulan purnama yah.
    Summer Campnya seru abis. Beneran camping toh...Dingin ga Bang, malem²...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak kalo pas purnama viewnya makin syahdu gituu hehe tapi kemaren bukan pas purnama hehe

      Acaranya seru pake banget kak. hehe
      Nggak dingin banget kok tapi sejuk enak banget buat tidur di tenda hehe

      Delete
  14. Ya ampun, Abang, keren sekali! Kalau saya ingin ikutan Java Summer Camp tahun depan, daftarnya di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah kaka mah berlebihan ah, tetep kecean kakaku ini dong :D
      Nanti ada linknyaa kak, tenang nanti inshaAllah aku share yaah :)

      Delete
  15. Mungkin bukan ojol ya disebutnya tapi gocar atau grabcar. Sayang banget masih ada kawasan merah yang melarang transportasi online di Yogya. Jadi menghalangi kenyamanan wisatawan.


    Btw, pengen juga ikutan Summer Camp begini ih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iyaah kaka bukan Ojol cuma kalo sebut brand musti di endorse wkwk
      Hayuk kak tahun depan ikutan yaah :D

      Delete
  16. Bang, meuni seru pisan Bang acaranya. Pertunjukkan Ramayana-nya menggoda banget tuh, apalagi kalau bisa kesana bareng Pasangan Halalku, halahh, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi seru pake banget kak!
      Tahun depan ikutan yah sama pasangan halal kaka hehe biar makin syahdu hehe

      Delete
  17. Ini keren banget karena pesertanya dari mancanegara. Jadi semakin menambah banyak teman dari banyak negara, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu banget kak aslik!
      Iyaah jadi punya banyak temen bukan dari Indonesia aja tapi dari mancanegara hehe

      Delete
    2. Saya jadi pengen tau bagaimana caranya bisa ikut camp begini. Siapa tau bis aikutan. Atau kelak anak saya gitu yang ikutan

      Delete
    3. Cuma isi form doang kok kak, terus tunggu pengumuman deh hehe. Iyaah terbuka untuk umum kok kak, banyak kemaren bapak2 dan ibuk2 juga yang ikutan hehe

      Delete
  18. Asiknya selain jalan2, belajar sejarah bisa ngumpul bareng orang dari berbagai negara ya. Nambah teman Puul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah bang nggak cuma jalan-ajaln aja, tapi belajar juga sejarah dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Sleman. Iyaa bang jadi punyaa banyak temen hehe

      Delete
  19. Baru tahu ada acara keren di Yogyakarta.
    Asyik banget acaranya selain menambah pengalaman tentunya menambah kawan dari berbagai negara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iyaah kak, ini udahh kali ke-8 loh yang diselanggarakan Dispar Sleman. Tahun depan ikutan yuuk ^^,

      Delete
  20. Seru banget ya. Mumpung masih kuliah, puas-puasin deh ikut event seperti ini. Perbanyak teman, perbanyak jaringan, dan yang penting kuliahnya jangan sampai terabaikan.

    Lucu juga ya memanah sambil duduk. Nyanyi duduk itu lebih susah dari nyanyi berdiri lho. Saya rasa memanah pun pasti seperti itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah siyaap abangku. Makannya aku doyan banget ikutan kegiatan-kegiatan biar banyak teman dan pengalaman. SIyaap abang, kuliah tetep nomer satu kok :)

      Bener banget bang, lebih susah duduk ketimbang berdiri memanahnyaa hehe

      Delete
  21. Ini harusnya ceritanya bisa banyak an lagi Bang Ipul, secara kan bertemu dengan para peserta yang buanyak yak, mungkin aja ada momen unik hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah pasti teteh nggak baca semua artikelnyaa yaah, soalnya diartikelnya udah aku singgung aku bagi 2 part dan ini baru part pertama hehe. Tunggu part berikutnyaa yaa teh hehe

      Delete
  22. Ajarin aku melakukan Jemparingan Mataraman dong, Pul! Seru kali yak, panahannya duduk gitu hehehe. Gimana cara fokusnya? Kalau berdiri kan bisa gerak2 cari posisi....hihii Asik ya. Btw summer camp seperti ini mengasyikan ya, moment yg ga bakaln terlupakan, apalagi kalau dapat teman baru yg lama2 jadi pacar hahaha :D Hush!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku juga perlu belajar lama teh kalo buat Jemparingan Mataraman ini, karena butuh hati yang ikhlas dan fokus banget. Posisi badan pun sangat berpengaruh banget loh teh~

      Duh asyik ya teh kalo endingnya bakal kek gitu, kenalan - tukeran nomer hp - pacaran - nikah - hidup bahagia wkwk! *cerita sinetron wkwk

      Delete
  23. baru baca part 1, aku bayangin yg opang vs ojol tuh emang bikin kesel ya kl kita pas lagi butuh cepet2, pfuuh. Ternyata nginepnya ala ala camping ya, unik juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iyaa mbak masih ada ternyata ojol vs opang hehe. Iyaah seru banget mbak nge-camp hehe

      Delete
  24. pengen dari dulu nonton sendratari Ramayana di Prambanan...
    tapi teman perjalanan belu pernah ada yang mau hiiik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar yaa kak, semoga nanti ada temennya yang mau diajak kesini hahaha

      Delete
  25. Loh, bang Ipul! Aku juga peserta di sana. Yaaaaa nggak ketemu kita, belum kenalan ๐Ÿ˜† ditunggu cerita lengkapnya yaa. Jangan lupa rekomendasiin event ini buat teman2 lain biar tahun depan Makin rame

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAha serius kak? Yaampun kita belum kenal yaa kak, padahal kalo kenal kita bisa cari konten bareng yah hahaha ... Siaap kak, nanti kalo ada lagi inshaAllah di share biar banyak yang ikut hehe

      Delete
  26. Bang, itu seru amat acaranya sampe panah memanah. Ini seru banget sih eventnya, bisa kenalan sama temen2 dari negara lain. Ditunggulah part berikutnya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iyaa abang ogiek, seru pake banget ini acaranyaa hihi. Hayuk tahun depan ikutan hehe

      Delete