Ingin Liburan Ke Pulau Merak Kecil? Begini Caranya!

Hallo sobat jalan-jalan, apakah diantara kalian ada yang ingin berlibur ke Pulau Merak Kecil? Jika jawabannya iya, tepat banget nih, di artikel ini abang akan cerita banyak tentang bagaimana cara menuju Pulau Merak Kecil terutama buat kalian para pengguna transportasi umum. Udah siap? Okay baca artikel ini sampai habis yaah hihi

Ohiya sampek lupa kasih tau nih, di artikel ini abang nggak akan jelasin lagi bagimana cara sobat jalan-jalan menuju Stasiun Merak yah, karena abang udah jelasin lengkap pake banget di artikel sebelumnya. Hem ... kalau belum baca juga nih abang kasih link-nya yah. Langung baca aja! hihi 

Murah! Ke Merak Hanya Rp. 3000,- Naik Kereta Lokal

Perjalanan Dimulai dari Stasiun Merak

Foto ganteng dulu di depan Stasiun Merak hihi

Seperti yang abang jelasin di awal yaa sobat jalan-jalan, perjalanan abang menuju Pulau Merak Kecil ini menggunakan transportasi umum, jadi abang akan jelaskan sesuai runut yang kemaren abang gunakan. Perjalanan ini abang mulai dari Stasiun Merak dari Stasiun Karangantu ---kalian bisa kok naik KA Lokal dari Stasiun Rangkasbitung dan turun langsung di Stasiun Merak---, karena bareng temen jadi abang sempat janjian di Stasiun Karangantu deh.

Kalian bisa turun di Polsek Pulomerak ini yaah~

Nah sobat jalan-jalan, dari Stasiun Merak kalian cukup jalan kaki ke arah flyover dan naik angkot berwarna merah menuju dermaga penyeberangan. Biasanya supir angkot sudah familiar dengan orang-orang yang akan menyeberang. Untuk tarif mulai dengan Rp. 3000-Rp. 5000/orang (tergantung logat kalian sih hehe). Perjalannya juga cepet kok sobat jalan-jalan, sekitar lima menit doang.  Ohiya kalau masih bingung, kalian bisa turun di Polsek Pulomerak yah sobat jalan-jalan, karena persis di samping polsek ada gang menuju dermaga penyeberangan. Sebenernya sih jaraknya nggak jauh-jauh amat, kalau kalian mau jalan kaki juga nggak apa-apa sih hihi

Dermaga Penyeberangan Pulau Merak

Suasana disekitar dermaga penyeberangan Pulau Merak

Di dermaga penyeberangan ini kalian akan menyewa kapal nelayan yang akan mengantarkan kalian ke Pulau Merak Kecil. FYI, sebenernya ada dua pulau yang bisa dikunjungi disini, yaitu Pulau Merak Kecil dan Pulau Merak Besar. Tapi yang paling banyak dikunjungi adalah Pulau Merak Kecil, karena katanya di Pulau Merak Besar nggak ada apa-apa. Nah untuk tarif penyeberangan ke Pulau Merak Kecil Rp. 15.000/orang sudah pulang dan pergi yah dan sekitar Rp. 25.000/orang untuk ke Pulau Merak Besar pulang dan pergi juga. 

Nah ini dia spot menurunkan penumpang di Pulau Merak Kecil

Tips dari abang nih, kalian minta nomer orang yang ada di dermaga penyeberangan yah untuk minta dijemput. Ya walaupun sebenernya kalian bisa naik perahu mana aja sih pas mau pulang, tapi buat kalian yang terpaku dengan jadwal kereta api, wajib banget simpen nomer hp penjaga yang ada di dermaga yah. 

Baca juga: Murah Banget! Bekasi-Bandung Hanya Rp. 12.000,-

Berpasir Putih Nan Lembut, Inilah Pulau Merak Kecil

Sebentar, abang mau pose-pose ala-ala selebgram dulu yaak hihi

Seperti namanya, pulau ini memang nggak terlalu besar tapi memiliki pasir putih nan lembut. Pulau yang beralamat di Mekarsari, Pulomerak, Cilegon, Banten  ini sudah memiliki warung-warung yang menyajikan banyak makanan dan minuman. Jika kalian nggak membawa bekal, kalian tetap bisa makan dan minum disini yah. Nggak cuma itu, penyewaan tiker juga udah ada kok. Harganya Rp. 20.000 sampai kita pulang. Hem... Nyatanya enak juga yaa tiduran di pinggir pantai hehe. Vegetasi di pulau ini pun masih cukup baik, jadi kalian bisa berteduh menikmati angin semilir dan suara deburan ombak yang masih sopan didengar telinga.

Kenalin ini Ekoy penunggu Pulau Merak Kecil 

Ohiya kalian juga akan berkenalan dengan “Ekoy” disini. Ekoy merupakan monyet berjenis kelamin perempuan penghuni Pulau Merak Kecil ini. Dia nggak mengganggu kok kalau kitanya nggak resek. Selain itu, sobat jalan-jalan pun akan berkenalan dengan Bang Beni disini, salah satu penjaga Pulau Merak Kecil. Orangnya ramah dan penuh dengan humor hehe, makanya kalau kalian butuh info terkait Pulau Merak Kecil ini, bisa langsung tanya sama beliau.

Sayang kalo udah kesini nggak main air lho~

Sobat jalan-jalan yang ingin berenang disekitaran Pulau Merak Kecil, bisa banget kok! Lokasi yang paling disaranin untuk berenang ada di bagian depan atau pas kalian sampai, karena relatif lebih aman dan ombaknya pun tenang. Makanya kalau kesini jangan lupa bawa salinan yaa hihi. Ohiya usahakan pakai sandal yang aman dan nyaman yah, karena dipinggir pantai banyak terdapat sisa-sisa terumbu karang dan rumah-rumah keong yang cukup menyulitkan jika berjalan dengan bertelanjang kaki.

Permisi, Kapal Ferry mau lewat dulu~

Hem... Pemandangan yang tak kalah menarik adalah kalian bisa melihat jejeran kapal-kapal besar yang sepertinya sedang berlabuh dan sesekali berlayar melewati Pulau Merak Kecil. Bener-bener terpukau sih abang bisa melihat banyak Kapal Ferry disini.

Bisa Kemping Disini!

View-nya asik yaa, perbukitan gitu~

Teruntuk sobat jalan-jalan yang ingin menikmati suasana Pulau Merak Kecil lebih intim lagi, kalian bisa mencoba kemping disini. Iyap, Pulau Merak Kecil ini memang sering dijadikan tempat kemping tapi pas bukan di musim hujan yaa sobat jalan-jalan. Untuk kalian yang akan kemping akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 15.000/orang. Perlengkapan kemping kalian bisa bawa sendiri atau menyewanya disini yah. Ohiya sobat jalan-jalan, kemaren abang dikasih tau sama Bang Beni kalau yang boleh kemping disini itu kelompok laki-laki atau kelompok perempuan aja alias nggak boleh satu kelompok ada laki-laki dan perempuannya. Meskipun berbeda tenda tidak akan diizinkan. Hal ini menghindari hal-hal yang nggak diingkan yah sobat jalan-jalan. Kecuali untuk pasangan halal yah sobat jalan-jalan, itu nggak apa-apa hehe –buktikan dengan bukti valid tentunya—hihi.

Banyak warung-warung dan asik juga kalo kemping disini!

Bagaimanapun manusia memiliki peranan dominan terhadap alam ini, kita rawat maka alam akan memberi lebih, kita rusak maka alam pun akan murka. Jadi ikuti aturan yang berlaku yaa sobat jalan-jalan. Ohiya satu lagi, tolong jangan tinggalkan apapun selain kenangan yaa sobat jalan-jalan, kalian bawa sampah buanglah pada tempatnya atau masukkan ke dalam tas dan buang setelah sampai di daratan. Mari sama-sama saling menjaga biar anak cucuk nanti masih bisa main di Pulau Merak Kecil ini, nggak hanya liat di tulisan dan foto-foto abang di internet hehe. Selamat berlibur sobat jalan-jalan, stay save stay health~ 


 

5 Comments

  1. buat refreshing di akhir pekan boleh juga nih
    sayangnya jauhh banget dari tempat tinggal aku sekarang di jatim
    jadi keinget sama Karimunjawa, cuman kalau karimun nyebrang lautnya berjam-jam

    ReplyDelete
  2. Kepengen kenalan ah sama Ekoy hahahaha :D Kalau ditomprokin bau ga ya dia wkwkwkwk :D Kepengen deh main ke Pulau Merak Kecil, murah amat ya, asal mau susah sedikit capek dikit gituuuu, buat emak2 kan butuh jajan pasti :) Kemping cuma bayar 15K per orang muraaah bener. Ikut dooong, Pul!

    ReplyDelete
  3. Wahhhh boleh juga nih healing tipis -tipis kesini dengan budget seadanya. Asik!
    Haha

    ReplyDelete
  4. Buat komunitas donk....biar ada kebersamaan kalo mau healing n refreshing

    ReplyDelete
  5. Gas sekarang

    ReplyDelete