PT Johnson & Johnson dan Prestasi Junior Indonesia Adakan Pelatihan Untuk Generasi Muda Siap Masuki Dunia Kerja


Hallo sobat jalan-jalan, apa kabar? Semoga sehat selalu yah aamiin! Sobat jalan-jalan, abang mau tanya dong, dulu pas kalian baru lulus sekolah nih, entah SMA/SMK atau kuliah, kalian bingung nggak sih cari kerja? Secara kan kadang ada loh yang salah jurusan atau pas sekolahnya kurang dibekali pengetahuan seputar dunia pekerjaan. Iyakaan?

Maklum abang dulu juga salah jurusan hehe. Kuliah di jurusan pendidikan eh setelah lulus malah kerja di Bank hehe. Nggak ada yang salah sih sebenernya yah yang penting kita bisa bekerja dengan baik di tempat kerja. Tentunya hal ini nggak gampang untuk didapatkan, apalagi yang berniat keluar dari zona nyaman background pendidikannya dulu. Harus ada usaha lebih untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Apa pekerjaan yang kalian idam-idamkan?
Sumber: Pixabay/RolandCandonga

Abang jadi inget nih kemaren abang ikutan pelatihan via daring untuk generasi muda agar siap memasuki dunia kerja di era new normal yang diselenggarakan oleh PT Johnson & Johnson Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia. Program edukasi siap kerja eksklusif ini bertajuk “A First Jobbers’ Guide to Job Hunting”. Program ini memang diperuntukan bagi para pencari kerja pemula agar mendapatkan bekal beragam keterampilan penting yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja nih. Terdapat 48 siswa lulusan SMA/SMK dan mahasiswa dari Jakarta, Bogor, Depok, Bandung, Semarang, Surabaya, Bojonegoro, dan Denpasar yang mengikuti program edukasi ini.

Robert Gardiner selaku Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia memberikan sambutan 

Program edukasi kesiapan kerja bertajuk “A First Jobbers’ Guide to Job Hunting” yang disenggarakan oleh PT Johnson & Johnson Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia, merupakan pelatihan eksklusif yang dilakukan secara daring dengan menggunakan modul JA (Junior Achievement) Career Success reer Success yang dikembangkan oleh Prestasi Junior Indonesia. Selain itu, kemitraan ini juga dilakukan sebagai upaya untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam mengatasi pengagguran muda serta mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dalam mendorong kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan penuh dan produktif yang layak bagi anak-anak muda.

Nah sobat jalan-jalan, turut berpartisipasi juga sebagai narasumber pada sesi pembukaan yaitu Indriyati Sumarsono selaku Head of HR & Strategy/Business Development PT Johnson & Johnson Indonesia, selain itu juga ada Robert Gardiner selaku Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia. Dalam program edukasi yang diselnggarakan pada hari Kamis, 27 Agustus 2020 via daring ini, peserta akan berpartisipasi dalam tiga sesi pembelajaran, yaitu:

1.    Utilizing Your Soft Skills in the Workforce


Ini dia beberapa slide materinya~

Dalam sesi ini, peserta diajak untuk mengeksplorasi beragam keterampilan penting yang dibutuhkan perusahaan dari para pencari kerja dan mengevaluasi apa saja keterampilan yang sudah dimiliki. Tenang, bagi yang belum mengetahui soft skills apa yang dimiliki di dalam diri, pada sesi ini pun dijelaskan secara rinci mulai dari bagaimana cara mempersiapkan diri sampai dengan 10 soft skills paling dibutuhkan apapun organisasinya. Oh iya, serunya lagi adalah seluruh peserta diajak ikutan polling soft skills dan ada pembahasanya setiap soal. Jadi kita tau deh apa yang harus dilakukan ketika nanti mendapatkan persoalan di dunia kerja.

2.    A Beginner’s Guide to Writing Your First CV
Tips menulis CV yang menarik

Dalam sesi ini, peserta berlatih membuat curriculum vitae yang kuat dan mampu menarik atensi calon pemberi kerja. Tidak berbelit-belit dan tidak berlembar-lembar. Karena biasanya interviewer akan melihat CV kita hanya dalam beberapa detik saja, maka perlu banget CV yang menarik dan tidak berbelit-belit.

3.    Golden Rules of A Successful Interview
Sesi simulasi wawancara dengan kakak mentor deh~

Dalam sesi ini, peserta mengikuti simulasi wawancara kerja untuk memahami pentingnya mengkomunikasikan potensi diri mereka kepada pewawancara. Sebelum akhirnya peserta dibagi menjadi beberapa grup, panitia telah memberikan contoh atau roleplay wawancara saat kerja. Lebih ke Do’s and Don’ts saat interview kerja. Selanjutnya, peserta dibagi menjadi beberapa grup dengan didampingi oleh karyawan Johnson & Johnson. Mereka akan mengikuti simulasi wawancara kerja. Seru bangetkan!

Sobat jalan-jalan, dalam program edukasi siap kerja eksklusif bertajuk “A First Jobbers’ Guide to Job Hunting” yang diselenggarakan oleh PT Johnson & Johnson dan Prestasi Junior Indonesia ini melibatkan 24 Karyawan Johnson & Johnson yang terlibat aktif sebagai mentor untuk berbagi pengetahuan dan inspirasi kepada seluruh peserta. Mantap bangetkan? Iyaah dong. Setelah program ini pasti peserta akan lebih percaya diri dan punya banyak bekal untuk mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan~

21 Comments

  1. Bagus sekali pengalaman mengikuti Siap memasuki dunia kerja oleh Johnson Johnson Indonesia, penuh dengan trik dan tipsnya.

    ReplyDelete
  2. Pelatihan seperti ini saat pandemi bisa berguna banget. Apalagi pelatihan bikin CV tuh saya juga tertarik. Hehehe... Meski ga mungkin saya melamar kerja
    Kemana pula...

    ReplyDelete
  3. Informasi penting nih buat para first jobbers. Kadang bingung mesti ngapain. Padahal banyak keterampilan harus dimiliki untuk terpilih dan bertahan di dunia kerja

    ReplyDelete
  4. Keren banget ini ini programnya. Nah, beberapa skill, termasuk wawancara, memang sebaiknya juga bisa dikuasai dulu. Supaya bisa meyakinkan perusahaan yang mau menerima

    ReplyDelete
  5. MAntaab ini programnya, info begini yang dibuthkan banget oleh mereka muda mudi yang mau mulai bekerja, biar ga syok yaa.
    Sukses pelatihannya.

    ReplyDelete
  6. Wow keren, ini berguna banget bang apalagi lagi pandemi kayak gini

    ReplyDelete
  7. Johnson&Johnson kredibilitasnya sudah tak diragukan lagi dan saya banyak belajar dari sistem SDM nya selama ini walau hanya melihat dari kaca mata berita.
    Saya pernah loh Ipul office tour ke kantornya yang di pinggir Plaza Indonesia. Seneng banget lihat atmosfer kerjanya.

    ReplyDelete
  8. Waaah Informasi penting nih ya buat
    para pencari kerja. Banyak juga yg salah jurusan jd bingung deh ujungnya. Padahal selain faktor akademik dgn banyak keterampilan juga perlu dimiliki untuk terpilih dan bertahan di dunia kerja

    ReplyDelete
  9. enak ya ada webinar gini, jadi para remaja duh remaja bahasanya. merka jadi tahu apa aja yang harus dilakukan ketika menapaki dunia kerja

    ReplyDelete
  10. Ternyata pernah jadi banker juga yah, tis lah sesama Banker hehehe. Ini hanya terbatas untuk karyawan PT J&J kah?

    ReplyDelete
  11. Wah acara dr PT Johnson & Johnson dan Prestasi Junior Indonesia ini berguna banget. Bahkan ada role play juga lagi. Semoga ke depannya makin banyak ya perusahaan yg bikin kegiatan serupa

    ReplyDelete
  12. Setuju, latar belakang ilmu apapun selalu bagus
    Tapi akan lebih baik lagi kalo selaras
    Saya sempat menyesal, sekarang menekuni environment tapi latar belakang saya kok ekonomi. Kalo teknik lingkungan, pastinya akan lebih mudah

    ReplyDelete
  13. Seru banget. Kujadi teringat untuk benerin CV lagi deh. Tapi memang seringnya calon karyawan itu suka terkendala di sesi wawancara sih ya.

    Bagus banget nih kegiatan yang diselenggarakan sama Jhonson & Jhonson.

    ReplyDelete
  14. Kukira Prestasi Junior hanya untuk anak anak ternyata ada program untuk dewasa juga ya pelatihan ini. Tiga sesi kate inya daging semua nih kalo aku baca dari postingan ini dan emang hal hang dibutuhkan khususnya oleh first jobber.

    ReplyDelete
  15. Bagus banget programnya ya, pelatihan seperti ini bermanfaat buat para pencari kerja, mudah2an banyak instansi yg mengadakan program semacam ini

    ReplyDelete
  16. bang Ipul, pas banget sama kondisi aku sekarang yang perlahan mulai melirik bidang ilmu lain dan mau lebih professional dan menantikan pekerjaan pertama yg dari akunya udah banting stir dari background pendidikan sebagai anak teknik ini hihi

    ReplyDelete
  17. Pelatihan-pelatihan ini akan sangat bermanfaat terutama di era new normal seperti saat ini. Semakin banyak skill yang kita miliki, semakin banyak peluang. Dan itu akan menjadi jalan untuk untuk bertahan sekalipun dalam situasi yang sulit. Semangaaat!

    ReplyDelete
  18. Wah seru sekali nih programnya , beruntung banget yang bisa ikutan , kira-kira kapan ada lagi ya ?

    ReplyDelete
  19. Di masa new normal ini, pekerjaan jadi freelancer jadi juga ya. Mantep banget ini programnya.

    ReplyDelete
  20. Program J&J ini menarik dan bermanfaat banget ya. Jadi inget banyak anak tetangga di sini yang baru lulus sekolah lagi nyari kerja. Abang kalau ada acara ini lagi mau minta dikasih info ya :)
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  21. Programnya sangat menarik jadi buat yang ga kerja bisa mengikuti ini yah kak

    ReplyDelete