Segernya Sambal di Sego Tempong Mbok Wah Banyuwangi

Banyuwangi

Sobat jalan-jalan, apa kabarnya? Eiyaa, abang mau mengucapkan mohon maaf lahir dan batin dulu yah dan selamat menjalankan ibadah puasa.  Semoga puasanya belum ada yang batal yaah aamiin.

Btw, kali ini abang mau bahas kuliner yang wajib kalian coba ketika ke Banyuwangi nih, semoga pas baca artikel ini kalian udah buka puasa atau setidaknya bisa tahan godaan hehe.
Diartikel sebelumnya abang udah cerita yah suka dukannya 17 jam ada di bus dari Bekasi ke Banyuwangi. Sobat jalan-jalan udah baca semuanyakan? Duh kok masih ada yang belum baca sih? Yaudah nih buat yang belum baca, abang saranin buat baca cerita abang yang ini dulu yah :


Abang yakin udah banyak banget yang udah main ke Banyuwangi dan setiap yang ke Banyuwangi pasti nyempein untuk mampir ke tempat makan ini. Iyakan sobat jalan-jalan? Apalagi buat pencinta kuliner pedes, duh tempat ini wajib banget pokoknya dikunjungi.

Banyuwangi
Selamat datang di Sego Tempong Mbok Wah Banyuwangi 

Ada yang udah bisa nebak? Yaps namanya adalah Sego Tempong Mbok Wah. Ini merupakan salah satu tempat makan yang paling diincar oleh wisatawan yang datang ke Banyuwangi. Makanya sesampainya abang di Banyuwangi, langsung kesini deh buat isi perut. Maklum perjalanan 17 jam jadi kelaperan hehe.

Lokasi

Banyuwangi
Suasana di Sego Tempong Mbok Wah Banyuwangi, masih sepi hihi

Teruntuk sobat jalan-jalan yang mau ke Sego Tempong Mbok Wah lokasinya ada di Jl. Gembrung No. 220, Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Atau lokasinya nggak jauh dari Stasiun Karangasem cuma 5 menit menggunakan motor. Tetap masih bingung? Nih abang kasih link google maps-nya yah. Tinggal klik aja~   




Harga dan Jam Buka

Banyuwangi
Semakin pagi semkain sepi hihi

Sobat jalan-jalan, untuk harga disini sama sekali nggak bikin kantong kalian kosong yah, serius. Menurut abang harganyaa masih cocok banget buat anak kostan kayak abang hehe. Sebenernya disini nggak ada daftar menu dan harga sih, karena untuk pemesanan dan pembayaran langsung dilakukan di kasir. Nah untuk jam buka, biasaya Sego Tempong Mbok Wah ini udah buka dari pukul 08.00 – 23.00 WIB. Hati-hati jam makan siang dan weekend yaah, soalnya pasti bakalan rame banget, serius. Untung waktu itu abang bukan di weekend dan masih sekitar jam 10-an, jadi masih aman dan tentram untuk makan ehehe 

Fasilitas

Banyuwangi
Toilet ada dibagian depan warung yaah

Salah satu yang selalu abang perhatikan saat makan di warung makan adalah kelengkapan fasilitas yang ada. Ya walapun rasa juga selalu abang perhatikan. Kenapa sih bang harus diperhatikan fasilitas yang ada di tempat makan? Menurut abang, selain cita rasa, amenitas pun harus diperhatikan lebih, hal ini untuk menunjang dan memberikan kenyamanan lebih selama kita berada disana. Gituloh sobat jalan-jalan~

Ada beberapa fasilitas yang lihat disini, mulai dari lahan parkir yang cukup luas untuk motor, tapi mungkin kalau mobil cukup beberapa sih. Selanjutnya untuk tempat makannya, sobat jalan-jalan bisa memilih untuk lesehan atau kursi yaah. Saran abang sih kalo datengnya rame-rame mending lesehan bisa lebih bebas. 

Banyuwangi
Ini yang lesehan

Banyuwangi
Dan ini yang di kursi ~

Di Sego Tempong Mbok Wah juga tersedia toilet dan juga musolah. Jadi buat sobat jalan-jalan yang muslim bisa beribadah disini yaah. Cukup luas kok musolahnya, ada di bagain depan pas kalian mau masuk warung makannya. 

Banyuwangi
Musolahnya ada di bagian depan warung yah sobat jalan-jalan

Dan satu lagi nih yang wajib kalian tau, di Sego Tempong Mbok Wah sudah tersedia Mesin EDC beberapa bank, itu berarti kalian dapat melakukan pembayaran secara cashless. Jadi jangan khawatir yah kalau tidak membawa banyak uang cash. Ohiya, minimal payment Rp. 50.000,- yaah sobat jalan-jalan.

Mesin EDC
Tenang, di Sego Tempong Mbok Wah sudah dapat melayani Cashless kok~

Rasa Makanan di Sego Tempong Mbok Wah

Banyuwangi
Silahkan dipilih-dipilih mau makan yang mana duluan ~

Sobat jalan-jalan, sebelum abang review makanan di Sego Tempong Mbok Wah, abang ingetin lagi yah, kalo Warung Makan Sego Tempong Mbok Wah ini merupakan warung makan rumahan dengan menu yang hampir sama yang biasa kita makan di rumah, tapi yang membuat beda adalah sambelnya yang seger pake banget!

Buat sobat jalan-jalan yang suka banget kuliner dengan olahan pedes, tempat ini cocok banget nih di Banyuwangi. Nggak aneh kalo Warung Makan Sego Tempong Mbok Wah ini banyak banget dikunjungi oleh wisatawan dan banyak direkomendasikan juga kalau kalian main ke Banyuwangi. 

Banyuwangi
Yummy ... Ini menu yang abang pesen

Seperti menu yang abang pesen ini nih, menunya rumahan banget kan? Sekilas sih nggak ada yang beda dan keliatanya nggak menarik sih, tapi pas sekali suap nasi dengan sambelnya, uh kalian baru tau rasa enaknyaaa~ Ngeunah pisan kalo kata orang Sunda mah hihi

Banyuwangi

Banyuwangi




Banyuwangi

Banyuwangi

Banyuwangi

Banyuwangi
Nah itu menu-menunya, kalian bingung nggak mau makan yang mana?

Yuhuu, menu yang abang pesen adalah Telur Dadar, Tempe dan Tahu Goreng. Simpel banget kan menu yang abang pesen di Sego Tempong Mbok Wah. Hmm... Sebenernya ada banyak banget pilihan makanan disini, kaya ayam goreng, ikan goreng, sate udang, sampai ke semur cumi-cumi uww jadi ngiler abang bayangin makananyaa hehe. Kalian tinggal tunjuk dan si Mbok akan mengambilkannya. Cuma emang abang lagi pengen banget makan telur dadar sih, karena keliatanya “ngembang” banget telur dadarnya jadi udah deh pilih itu hehe.

Banyuwangi
Ini si Mboknya. Kalian kalau mau pesen dan bayar di depan yah~

Tenang si Mboknya ramah banget kok, asli! Abang aja sebelum akhirnya pilih telur dadar sempet tanya-tanya kok, dan dijelaskan menu-menu yang abang tanyakan sambil tersenyum. Duh bagi abang, good service itu salah satu bobot yang paling tinggi buat abang dalam menilai tempat makan.

Nah setelah kalian pilih menunya, pasti deh si Mbok akan menambahkan sayur mayurnya, seperti daun kol dan daun pepaya yang sudah direbus dan nggak pahit sama sekali, apalagi daun pepayanya. Ohiya ada juga beberapa keping mentimun dan nggak lupa yah, yang buat enak adalah sambelnya. Uhh~

Menurut abang sih, sambelnya nggak terlalu pedes yah jadi masih aman buat kalian yang suka “makanan semi pedes” hehe. Tapi balik lagi, tingkat kepedesan orang beda-beda yah, untuk kalian yang nggak bisa sama sekali makan pedes kalian bisa pesan menunya tanpa sambel yaah. Cuma pasti rasanya akan beda dengan yang pakai sambel hihi

Banyuwangi
Nasi Telur Dadar + Es Teh Manis

Nggak lupa dong abang pesen es teh manis buat nemenin makan hehe. udah pedes-pedes emang temenya es teh lah. Btw, tau nggak berapa harga makanan abang? Cuma Rp. 15.000,- loh dengan es teh. Lumayan murah kan sobat jalan-jalan? 


Over all, apapun menu yang kalian pilih, salah satu yang buat enak adalah sambelnya yah. Jadi kalau kalian penyuka makanan pedes, Warung Mbok Wah di Banyuwangi ini wajib banget kalian kunjungi.

Jadi buat sobat jalan-jalan yang akan berkunjung ke Pulau Jawa paling Timur ini alias Banyuwangi, jangan lupa untuk mencicipi makanan di Warung Makan Mbok Wah yah. Abang yakin kalian suka~. Inget setelah pandemi ini berlalu yaah sobat jalan-jalan ~  

15 Comments

  1. Duh bang jadi ngiler nih, hehe. Aseli deh ini bakalan ak masukin ke dalem list kulineran pas nanti ke Banyuwangi. Semoga pandemi ini segera berakhir ;)

    ReplyDelete
  2. Aduh Bang Ipul, untung aku udah buka puasa hahahha mantul harganya murah banget ya emang tuh telur dadar cakep bener dah tempe tahu juga keliatan enak. Semoga nanti bisa mampir ke Banyuwangi, nyebrang ke Bali-Lombok sampe Sumba hahhaa aamiin dulu deh

    ReplyDelete
  3. Belum pernah loh aku ke Banyuwangi. Itu kenapa foto-foto ikan ya bikin ngiler ya bang. Jadi penasaran nih list tempat kalau ke Banyuwangi. Mudah-mudahan bisa segera jalan-jalan lagi.

    ReplyDelete
  4. Waahh..jadi kangen kulineran di banyuwangi. Harganya memang murah dan rasanya super enak.

    ReplyDelete
  5. Aku pernah ke Banyuwangi, tapi belom kesitu kulinerannyaa. Coz mepet waktu ntuu, ngejar keretaaaa..
    Next wajib balik lagii

    ReplyDelete
  6. Waduh puasa2 ada foto makanan bikin ngiler hahaha... Jadi kangen juga jalan2, kadang2 lebaran kami mudik sambil kulineran, tapi blm pernah kesini, wajib kesini nanti klo dah bs mudik haha..

    ReplyDelete
  7. Betapa nikmatnya makanan di Banyuwangi, dijamin nambah aku nih. Kalau ke sana harus kudu menyicipi nih, lezatnyaaaaa

    ReplyDelete
  8. di Bengkulu, ada rumah makan kayak gini, kayaknya yang jual juga dari pulau Jawa, yang dihitung lauknya aja yang dibayar, btw itu telor bacem bukan

    ReplyDelete
  9. Wahh kangen ke Banyuwangi lagi hehehe. Tempat ini emang jadi magnet kuliner di Banyuwangi

    ReplyDelete
  10. Makanan begini nih yang bisa bikin saya nambah melulu. Apalagi lihat yang menu cumi itemnya itu

    ReplyDelete
  11. Kalau lihat begini lupain dulu beban timbangan deh. Semua bikn lapar dan pengen makan hehehe. Lezat

    ReplyDelete
  12. Suasananya enak banget lesehan begitu dan menggugah selera walau dilihat dari foto doang. Duuh kangen kulineran ��

    ReplyDelete
  13. Gile lu Pul, itu porsi gede amat walau lauk cuma telur dadar haha. Sego tempong ini mirip nasi Jamblang Cirebon ya kayaknya dari segi penyajian, cuma lauknya emang beragam banget yg Tempong. Mupeng beneran pul gw, mo ke Banyuwangi ga jadi Mulu hehe. Mupeng ngopi juga

    ReplyDelete
  14. Bulan Desember tahun lalu sempat ke Banyuwangi 2 hari. Nggak sempat kulineran. Jadi nyesel abis baca ini huhu

    ReplyDelete
  15. Konsep tempat makannya asyik semacem prasmanan gitu ya..dan untuk tempat duduknya pun ada yg kursi ada yg lesehan.waktu ke Banyuwangi belum sempet cobain Sego tempong

    ReplyDelete