Liburan Lebaran? Yuk Naik MRT Jakarta!

MRT Jakarta

”Kali ini Abang akan membahas tentang Tarif Normal MRT Jakarta, Pola Operasi MRT di Weekday dan Weekend, Gapeka Weekend, Persiapan Pengamanan Menjelang Idul Fitri 1440 H, Jelajah Jakarta Edisi Lebaran, Customer Rewards MRT Jakarta, Naming Rights & Telekomunikasi, dan Integrasi Transportasi”

Travellovers, sebentar lagi lebaran nih, kalian udah punya rencana kemana nih buat menghabiskan libur lebaran? Terutama buat temen-temen yang nggak mudik? Wah pasti udah banyak jadwal menanti yah *hihi. Tapi utamakan silaturahmi dengan keluarga dan juga tetangga yah travellovers sebelum kalian liburan. *okesip bang!

Ngomongin lebaran pasti selain identik dengan maaf-maafan dan ketupat, juga identik dengan liburan panjangnya yah. Apalagi buat yang bekerja, pasti salah satunya adalah nunggu momen liburan lebaran. Iyakan travellovers? *Hayoo ngaku hayoo ngaku hehe.

Kebanyakan nih travellovers, liburan lebaran digunakan untuk mudik dan bertemu dengan orang tua serta sanak saudara. Ada juga yang stay dirumah aja, dan ada juga ada yang berlibur. Terlepas dari itu semua, abang hanya mengingatkan yah, utamakan silaturahmi dengan sanak saudara dan juga tetangga sebelum kalian liburan. Okei travellovers!


Btw, buat travellovers yang mau berlibur kira-kira udah punya tujuan belum? Jangan sampai belum punya tujuan yah. Apalagi buat yang liburan di dalam kota alias Jakarta jangan bingung, Plis! Karena sekarang udah ada “Ratangga” yang akan nemenin travellovers semuanya untuk keliling Kota Jakarta. *yuhuu~

Wah Ratangga, siapa lagi itu bang?
Yah, masa belum kenal sih sama Ratangga? Hmm ... Yowis abang kasih tau yah. Ratangga itu adalah Mass Rapid Transit Jakarta atau disingkat MRT Jakarta. Nah kalo MRT Jakarta pasti semua udah pada tau yah. *Kebangetan ajak kalo belum tau MRT Jakarta *heu  

MRT Jakarta merupakan salah satu public transportation terbaru yang ada di Indonesia khususnya di Ibu Kota Negara Indonesia yaitu Jakarta. Nah, MRT Jakarta ini sebagai salah satu solusi kemacetan di Jakarta loh. FYI yaa travellovers, MRT Jakarta ini sendiri berdiri pada tanggal 17 Juni 2018 loh, masih baru yakan,

MRT Jakarta
Saat pemaparan program-program MRT Jakarta

Nah hari Rabu (29/05) kemarin, abang beserta temen-temen Blogger dan Media di undang nih di acara buka puasa bersama dan ngobrol bareng tentang program-program terbaru MRT Jakarta saat lebaran. Ohiya dalam acara ini juga turut hadir Bapak William Sabandar selaku Direktur Utama PT. MRT Jakarta, Ibu Silvia Halim selaku Direktur Konstruksi PT. MRT Jakarta, dan Bapak Muhammad Kamaluddin selaku Corporate Secretary. Travellovers, penasarankan ada apa aja program-program terbaru MRT Jakarta di Idul Fitri 1440 H. Yuk baca artikel abang selengkapnya dibawah ini.

Tarif MRT Jakarta
Untuk travellovers yang bingung berapa tarif MRT Jakarta, nih abang kasih tau yah tarif MRT Jakarta Berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 34 Tahun 2019.

Tarif MRT Jakarta
Sumber : MRT Jakarta

Tarif tersebut merupakan tarif normal yang berlaku sejak 13 Mei 2019 yaa travellovers. Ohiya, kalian juga bisa menggunakan Kartu Single Trip (satu kali pakai) yang bisa dibeli di stasiun MRT Jakarta terdekat dengan tarif sesuai dengan rute yang kalian tuju, atau kalian bisa mengunakan Uang Elektronik seperti E-money, Brizzi, Flazz dengan saldo minimal yang tersisa adalah Rp. 15.000,-. 

Pola Operasi MRT Jakarta
Berikut ini pola operasi MRT Jakarta di weekday dan weekend yaa travellovers :


Pola Operasi Weekday
Jam Operasi : 05.00 – 24.00 WIB
Headway
 Peak Hour : 5 Menit
Off Peak Hour : 10 Menit
Jumlah TS : 14 Operasi
Jumlah Trip : 285 trip/hari 

Pola Operasi Weekend
Jam Operasi : 05.00 – 24.00 WIB
Headway : 10 Menit
Jumlah TS : 7 Operasi
Jumlah Trip : 219 trip/hari

Ohiya travellovers, sesuai dengan Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tentang Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2019 yang menetapkan Libur Hari Raya Idul Fitri dan Cuti Bersama yang jatuh pada 3-7 Juni 2019, maka mulai tanggal 1-9 Juni akan diberlakukan Gapeka Weekend pada MRT Jakarta.

Persiapan Pengamanan Menjelang Idul Fitri 1440 H
Nah travellovers, keamanan dan keselamatan merupakan prioritas utama PT. MRT Jakarta. Menjelang Idul Fitri 1440 H, MRT Jakarta tetap memeberikan pelayanan dengan standar internasional untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan setianya. Seperti :

1. Hand Metal Detector pada entrance
2. Walk Through Metal Detector ketika memasuki unpaid area
3. Briefing berkala dan update laporan pengamanan per 2 jam

Jelajahi Jakarta Edisi Lebaran

MRT Jakarta
Jelajahi Jakarta Edisi Lebaran Bersama MRT Jakarta
Sumber : MRT Jakarta

1. Penjualan tiket untuk rombongan mulai tanggal 4 – 9 Juni 2019
2. Tour Guide (Volunteer kerja sama dengan Divisi Customer Engagement) yang akan mendampingi penumpang rombongan dari Stasiun Bundaran HI – Lebak Bulus Grab atau Sebaliknya.
3. Tour Guide akan menjelaskan mengenai MRT Jakarta, manners di dalam stasiun dan didalam Ratangga.
4. Pembagian Peta Lokalitas MRT Jakarta & Integrasi.
5. Promo voucher (Outback Steakhouse dan tempat menarik lainnya).

Customer Rewards MRT Jakarta

mrt jakarta
Customer Rewards MRT Jakarta
Sumber : MRT Jakarta

Nah travellovers, selain program Jelajah Jakarta Edisi Lebaran, ada juga program Customer Rewards MRT Jakarta yang merupakan bagian dari acara HUT MRT Jakarta ke-11. Nominator dipilih berdasarkan aksi nyata yang diposting di sosial media dan akan dinilai oleh Juri dari MRT Jakarta. Kategori Customer Rewards MRT Jakarta meliputi Customer Integrasi, Customer Penghubung, Customer Berdedikasi, Customer Penggagas Komunitas. 

Naming Right & Telekomunikasi
Travellovers, sekarang kalian sudah dapat menggunakan layanan komunikasi selama berada di stasiun dan Ratangga. Beberapa provider yang sudah bekerjasama antara lain Telkomsel, Smartfren, dan Tri. Selanjutnya akan terus bertambah dengan provider-provider lainnya.

Intergarsi Transportasi

MRT Jakarta
Peta integrasi transportasi MRT Jakarta
Sumber : MRT Jakarta

Titik Transit Utama :
Stasiun Lebak Bulus – Fatmawati
Stasiun Blok M – ASEAN
Stasiun Dukuh Atas – Bundaran HI

10 Rute Integrasi TJ Dukuh Atas dan Lebak Bulus :
Dukuh Atas – Kota
Dukuh Atas – Tanah Abang
Dukuh Atas – Kuningan
Dukuh Atas – Sam Ratulangi
Bundaran HI – Kota
BSD – Bundaran Senayan
Bintaro – Blok M
Pondok Cabe – Tanah Abang
Cinere – Kuningan
Jatijajar – Lebak Bulus

9 Rute Integrasi Fatmawati – Blok M :
MRT ASEAN – Pakubuwono
MRT ASEAN – Kramat Pela
MRT ASEAN – Wijaya 1
MRT Blok A – Antasari
MRT Blok A – Radio Dalam
MRT Haji Nawi – Antasari
MRT Haji Nawi – Metro Pondok Indah
MRT Cipete Raya – Antasari
MRT Fatmawati – Lebak Bulus

MRT Jakarta
Layanan integrasi transportasi MRT Jakarta
Sumber : MRT Jakarta


Layanan Integrasi Transjakarta Fatmawati – Blok M
St. MRT ASEAN – Jl. Pakubuwono VI
St. MRT ASEAN – Jl. Kramat Pela
St. MRT ASEAN – Jl. Wijaya 1
St. MRT Blok A – Jl. Pangeran Antasari
St. MRT Blok A – Jl. Radio Dalam Raya
St. MRT Haji Nawi – Jl. Pangeran Antasari
St. MRT Haji Nawi – Jl. Metro Pondok Indah
St. MRT Cipete – Jl. Pangeran Antasari
St. Fatmawati – Jl. Lebak Bulus 1
  
Nah travellovers, itu adalah beberapa program-program terbaru dari MRT Jakarta. Untuk kalian yang bingung mau berlibur kemana saat libur lebaran ini, bisa banget mencoba keliling Jakarta menggunakan MRT Jakarta. Liburan Lebaran? Yuk Naik MRT Jakarta travelovers!

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi :
Instagram : mrtjkt
Twitter : @mrtjakarta
Facebook dan Youtube : MRT Jakarta 


4 Comments

  1. Gapeka Weekend itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, karena dari tanggal 1-9 Juni itu masuk cuti bersama dan semuanya libur jaddi disebutnya "gapeka weekend" kak. Karena mau weekend dan hari biasa sama aja, libur (karena cuti bersama). hehe

      Delete
  2. MRT emang super menyenangkaaannn!
    Aku udah coba pas mudik lebaran lalu sih
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete