Oh Ini Rasanya Naik MRT Jakarta, Asli Bikin Nagih!

...
Selasa, 12 Maret 2019
Ini hari yang abang tunggu-tunggu dari dulu ...
Bukan karena hari ulang tahun abang, atau tanggal anniversary *duh aniv apalagi pacar aja nggak ada ... *curhat
Terus apa dong bang?
Karena hari ini, hari pertama MRT di Jakarta Uji Coba!
...

Pertama kali naik MRT itu pas backpackeran ke Malaysia. Ngerasain kereta cepatnya yang per 3 menit keretanya dateng. Kadang abang ada di bawah tanah eh kadang ada diatas juga. Seru deh pokoknya *hehe

          Pas udah tau MRT Jakarta bakal melaksanakan Uji Coba Publik pada tanggal 12 – 23 Maret 2019, abang udah excited banget denger kabar ini. Pengen cepet-cepet ngerasain sensasinya MRT Jakarta tuh kek apa. Nah abang pantengin terus dah instagramnya MRT. Takut kehabisan tiket! *terniat hihi

          Eh, abang udah ngacir aja nih bahas MRT *nafsu bet haha. Betewe emang kalian tau, apa itu MRT? Ngaku aja hayo, tau apa nggak? Kalau tau bilang tau, kalo nggak bilang nggak. Jangan tau yang nggak-nggak! *lah skip

          Nih abang kasih tau yah, menurut Wikipedia MRT Jakarta itu kepanjangan dari Mass Rapid Transit atau Angkutan Cepat Terpadu Jakarta yang merupakan sebuah sistem transportasi transit cepat menggunakan kereta rel listrik. Sampek sini pahamkan yak? *haha. Jadi intinya ini merupakan kereta cepat yang biasanya digunakan di kota-kota besar di seluruh dunia untuk solusi pemecahan masalah macet salah satunya. Oke baiklah, kita lanjut yah ceritanya.


Ini poster yang ada di Instagramnya MRT Jakarta yaa genks ...

Taraaa ... Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga. Apalagi kalau bukan Pendaftaran Uji Coba Publik MRT Jakarta. Yuhuu, tanpa pikir panjang abang langsung daftar deh. Karena pada uji coba ini MRT Jakarta bekerjasama dengan Bukalapak jadi kita harus daftar di aplikasi tersebut.

Awalnya abang memilih Stasiun Bundaran HI sebagai stasiun keberangkatan, karena pada uji coba publik kali ini, MRT Jakarta membuka trayek Lebak Bulus ke Bundaran HI jadi kita harus memilih stasiun keberangkatan. Tapi ternyata abang kalah cepet dengan yang lain, alias udah sold out dalam hitungan jam. Sengitkan persaingan ini *wkwk

Akhirnya abang coba pilih Stasiun Senayan sebagai stasiun keberangkatan. Fiuh, akhirnya dapet juga 1 tiket Free Uji Coba Publik MRT Jakarta. Inget cuma 1 tiket, karena abang emang request-nya cuma satu padahal setiap orang maksimal 2 tiket. Yaa mau ajak siapa lagi, udah weh sendirian juga jadi *wkwk

Ohiya pendaftaranya mudah banget kok, cuma masukan Nama Lengkap yang sesuai dengan ID (KTP/Passpor), Nomer NIK, No HP, dan Email aja. Nah nanti kalau berhasil kita akan mendapatkan tiket seperti ini :

Ini dia penampakan e-ticket Uji Coba MRT Jakarta

Pendaftaran sudah selesai, selanjutnya kita akan mendaptkan E-Ticket yang didalamnya terdapat data kita, stasiun keberangkatan dan juga jadwal. Nah pada uji coba kali ini waktunya dibagi menjadi beberapa sesi atau window time. Window time-nya antara lain pukul 08.00 – 10.00 WIB, 10.00 – 12.00 WIB, 12.00 – 14.00 WIB, 14.00 – 16.00 WIB. Inget jadwal ini hanya di trial run yah, kalau sudah beroperasi secara massal jadwal paling pagi mulai pukul 05.00 WIB. 

Lanjut yah genks, pagi ini Bekasi gerimis-gerimis lucu jadi sedikit telat. Niat  awal mau ikut yang jadwal 08.00 – 10.00 WIB tapi meleset jadi 10.00 – 12.00 WIB. Start awal dari Stasiun Senayan yang lokasinya persis di depan Ratu Plaza, atau buat kalian yang naik busway bisa turun di Halte Bundaran Senayan. Lanjut jalan kaki deh.


Stasiun MRT Senayan

Ini dia Stasiun MRT Senayan genks. Kece kan?
Foto : Koleksi Pribadi

Sampai di Stasiun MRT Senayan, abang di suruh menunjukan E-Ticket dan juga KTP sekaligus di cek tasnya *takut bawa yang aneh-aneh hehe. Setelah itu, e-ticket dan KTP di cek kembali oleh petugas sebelum masuk. Barcode E-ticketnya di scan agar kita dapat masuk. 

Ini dia tahap pengecekan e-ticket dan KTP genks
Foto : Koleksi Pribadi

Yuhuuu ... Akhirnya abang mendapatkan stiker berwarna kuning dengan tulisan Uji Coba Publik MRT Jakarta dan ada jamnya juga loh, yaitu jam 10.00 – 12.00 WIB. Ohiya stikernya beda-beda warna yah tergantung kita ada di sesi keberapa. Nah nanti kalau sudah habis waktunya kita harus keluar dan bergantian dengan sesi berikutnya.

Stiker berwarna kuning bertuliskan Uji Coba Publik MRT Jakarta
Foto : Koleksi Pribadi

Setelah di pasang stiker, abang langsung disambut ramah oleh semua petugasnya. Salah satunya kak Yuli, salah satu petugas yang menyambut dan menjelaka­­n tentang rute. Tenang abang ada foto bareng sama kak Yuli kok. Orangnya baik dan Cantik *uhuk ... Semoga kelak dia baca tulisan abang ini yah hehe.

Nah ini dia Kak Yuli, salah satu Kru MRT Jakarta yang saya temui di Stasiun MRT Jakarta *manis kan? hihi

Untuk pejalanan pertama menggunakan MRT Jakarta ini, abang memilih rute Senayan menuju Bundaran HI. Jadi ada dua trayek antara Senayan – Bundaran HI dan Senayan - Lebak Bulus. Kalian bebas pilih yaa rute mana dulu yang mau kalian coba. 

Ini papan jadwal tiba MRT Jakarta di Satasiun Senayan
Foto Koleksi Pribadi

Nah kalau ini rute stasiun yang bakal di lewati. Kalian bisa turun dimana stasiun mana aja yah genks ...
Foto : Koleksi Pribadi

Ohiya genks, dalam uji coba MRT Jakarta kali ini dengan rute Lebak Bulus ke Bundaran HI ataupun sebaliknya, kita akan melewati 13 stasiun sepanjang 15,7 km.

Jangan lupa foto didepan jalur antrian yah 

Dari 13 stasiun kita akan melewati 6 stasiun dibawah tanah. Seru banget nggak tuh genks? Nah selain dibawah tanah ada juga stasiun yang diatas. Jadi kayak turun naik gitu, tapi asli seru banget! *hihi

Ohiya genks sistemnya hampir sama dengan KRL Communterline yah. Kalau kita tidak keluar stasiun alias melewati pintu keluar kita bebas untuk naik MRT lagi sampai kita benar-benar memilih untuk berhenti di satu stasiun.

Fasilitas dalam Stasiun
         
Di setiap stasiun MRT Jakarta disediakan tangga, eskalator, dan juga lift loh genks 
Foto : Koleksi Pribadi

Ketika abang menginjakan kaki di Stasiun Senayan, mata abang langsung terperangah dengan desain stasiun yang sangat modern bak di luar negeri. Selain itu fasilitasnya pun lengkap. Tersedia tangga, eskalator, lift, dan juga guilding block atau jalur khusus bagi penumpang difabel. Semua disediakan untuk memudahkan penumpang dalam menggunakan moda transportasi MRT Jakarta yang bernama Ratangga ini.

Ini penunjuk ke Kamar Kecil atau Toiletnya
Foto : Koleksi Pribadi

Nah ini dia nih penampakan toiletnya. Bersih dan kayak di hotel kan? hehe
Foto : Koleksi Pribadi

Selain itu, abang menyempatkan untuk menggunakan toilet. Wah ternyata toiletnya keren kayak di hotel-hotel *hehe. Ohiya, toiletnya pun dilengkapi untuk penumpang difabel loh. Lengkapkan? 

Nah di setiap stasiun juga tersedia Ruang Menyusui, Tempat Ibadah, dan akan adan tenan-tenan yang kelak akan berjualan di stasiun. Ohiya nggak cuma itu loh genks, di setiap stasiun juga disedikan pintu kaca pembatas peron otomatis. Ini terasa lebih aman loh. Karena jarak antara pintu kereta dengan pintu kaca otomatis ini hampir tidak terlihat. 

Ini dia penampakan pintu otomatisnya yang ada di Stasiun Bawah Tanah Senayan
Foto : Koleksi Pribadi

Salah satu yang harus kalian perhatian yaitu tanda panah berwarna hijau dan garis berwana kuning atau merah yaa genks ...
Foto : Koleksi Pribadi

Perhatikan juga sebelum masuk kedalam MRT. Persis didepan pintu otomatis ada tanda panah berwarna hijau dan beberapa garis berwarna kuning atau merah di tepi pintu. Ini difungsikan untuk memberikan kemudahan penumpang yang akan turun terlebih dahulu sebelum penumpang yang akan naik. Dan tentunya akan lebih tertib.

Di dalam MRT Jakarta


Yuhuuu ... akhirnya bisa ngerasain naik MRT Jakarta *hihi

Pas baru masuk Gerebong MRT Jakarta dari Stasiun Senayan, abang dapet di Gerbong ke 6 atau gerbong akhir. Desain gerbongnya sangat modern dan futuristik. Tentunya bersih juga yah. terdapat CCTV disetiap gerbongnya. Jadi semakin aman. Ohiya FYI, setiap 1 kereta MRT terdapat 6 gerebong. Bahkan wacananya, kelak akan ada gerbong khusus wanita atau women only unit. Nah gerbong khusus wanita ini nanti akan di operasikan pada jam-jam sibuk, seperti jam 07.00 – 09.00 WIB dan jam 17.00 – 19.00 WIB. Ohiya gerbongnya khusus wanita pun ada di gerbong pertama dan terakhir.

Ini penampakan MRT Jakarta genks. Kece banget kan?
Foto : Koleksi Pribadi

Genks, disetiap ujung tiap peronnya disediakan 6 kursi prioritas untuk lansia, ibu hamil, ibu dengan anak-anak, dan penyandang disabilitas. Tandanya dengan tiang berwarna kuning dan tali pegangannya (handgrip) pun berwarna kuning dengan lebih rendah agar lebih mudah di gapai. Nah selain itu, khusus di gerbong nomer 3 dan 4 di khususkan untuk sahabat disabilitas dan juga prioritas, karena di dalamnya ada space untuk kursi roda. Jadi MRT ini sangat ramah untuk semua penumpang.

Selalu berikan tempat duduk prioritas untuk yang membutuhkan yang genks ...
Foto : Koleksi Pribadi

Ini kursi prioritasnya genks. Ingat bedanya adalah tiang dan handgrip-nya berwarna kuning dan sedikit lebih rendah ...
Foto : Koleksi Pribadi

Kalau ini untuk penumpang disabilitas. Jadi disediakan space khusus untuk kursi roda
Foto : Koleksi Pribadi

Selain itu, disetiap gerbong disedikan papan penunjuk arah digital yang akan bergerak sesuai dengan stasiun yang akan dituju. Dijamin kita nggak akan salah atau lupa stasiun berikutnya. Ada juga rute evakuasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan dilengkapi juga dengan Interkom Darurat yang memungkinkan kita bisa berbicara dengan petugas disaat keadaan darurat. Satu lagi, disetiap gerbong atau peron disediakatn Kamera CCTV. Jadi jangan berbuat aneh-aneh yah . hehe
                   
Papan penunjuk arah digital yang sangat membantu penumpang untuk mengetahui posisi stasiun saat ini dan selanjutnya ...
Foto : Koleksi Pribadi

Ini dia Interkom Daruratnya. Ingat digunakan saat darurat aja yaa genks!
Foto : Koleksi Pribadi

Di setiap gerbong MRT Jakarta di sediakan Rute Evakuasi loh genks 
Foto : Koleksi Pribadi

Pada uji coba MRT Jakarta kemarin, kereta akan tiba setiap 10 menit sekali. Jadi jaraknya tidak terlalu lama ya. Bahkan pas coba abang hitung, jarak tempuh antara Stasiun Bundaran HI – Lebak Bulus hanya 35 menit. Cepet banget kan genks?

Nah ini di Satasiun Fatmawati yang merupakan stasiun yang ada diatas (layang). Serukan bisa liat gedung-gedung yang tinggi-tinggi . hihi
Foto : Koleksi Pribadi

          Ohiya abang juga menyempatkan untuk turun dibeberapa stasiun. Kayak di Stasiun Fatmawati. Mencoba mengobrol dengan kaka-kaka kru cantik dan ramah yang dengan sigap akan memberikan informasi kepada kita sebagai penumpang MRT Jakarta. Bukan Cuma kaka-kakanya aja, beberapa petugas keamanan pun abang tanyain. Dan emang asli mereka ramah-ramah banget.

Isi Kuesioner
        
Setelah cukup puas keliling dan turun naik MRT Jakarta, akhirnya abang balik lagi ke stasiun awal alias Stasiun Senayan. Nah pas mau keluar ada kru yang minta waktu untuk wawancara dan mengisi kuesioner terkait uji coba MRT Jakarta. Yaudah abang mah ikut aja. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan terhadap kepuasan pengguna MRT Jakarta dan harapan kedepanya.

Mayan kan buat nyemil-nyemil lucuk *hihi
Foto : Koleksi Pribadi

          Blaa .. blaa .. blaa .. Pertanyan demi pertanyaan abang jawab dengan dengan lugas dan penuh dengan wibawa *apa coba wkwk. Setelah semua pertanyaan terjawab eh abang dapet beberapa snack dan minuman. Alhamdulillah yah rezeki anak Bolang (Bocah Ilang) *wks. Tau aja abang belum sarapan dari kemaren *ehehe . btw, Makasih yaa kru MRT Jakarta untuk snack dan minumannya.

Kesimpulan dan Harapan
          
Akhirnya penantian bertahun-tahun terlaksana juga. Ini bukan cuma penantian abang semata, tapi rakyat Indonesia, khususnya yang ada di Jakarta. Dari dulu kita pasti memimpikan punya moda transportasi yang cepat dan bebas dari macet serta terintegrasi dengan moda transportasi lain. Ini salah satu jawaban dan solusi untuk pemecahan masalah macet di Jakarta.

          Overall, semua krunya ramah dan sigap banget memberikan informasi kepada semua pengunjung. Mulai dari Cleaning Service, Petugas Keamanan, Kru, dan semuanya yang bertugas. Senyum ramah dan cekatan. Semoga hal ini nggak hanya di temui pas trial run aja yah. tapi harus terus menerus. Agar kita sebagai penumpang merasa aman dan nyaman.

          Untuk para pengumpang, kita harus menjaga semua fasilitas yang ada. Ini merupakan transporasti terbaru untuk kita semua jadi kita harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Patuhi semua peraturan yang ada. Tertib dan budayakan antri yah genks.

          Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan stasiun dan MRT-nya juga. Biasakan untuk menyimpan sampah yang kalian bawa dan membuangnya ketika sudah menemukan tempat sampah yah. MRT Jakarta untuk kita semua ...
          

2 Comments

  1. Bang mau Tanya, Saya Kan pedan tiketnya Bundaran HI. Berarti awal keberadaan ya Bundaran HI yah? Doalbya Di E tiket bukalapak Ada tulisannya Bundaran HI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah betul banget harus dari Stasiun MRT Bundaran HI startnyaa 😄

      Delete