Mau Belajar Sejarah Alam Indonesia? Yuk ke Munasain!

Belajar Sejarah Alam Indonesia? Yuk ke Munasain!

...
STASIUN BOGOR
(buka google maps)
Ketik ...
Tempat wisata terdekat dari Stasiun Bogor ?
Jawaban google maps
1. Museum Munasain
2. ...
3. ...
...

       Travellovers weekend ini mau kemana nih? sudah ada rencana kah? Apalagi buat travellovers yang sudah memiliki anak nih, udah punya rencana kemana akhir pekan sama si kecil?  Jangan bilang masing bingung yaa? Duh  jangan bingung dong plis *wkwk

       Nah ngomongin tentang rencana di akhir pekan, untuk travellovers yang ada di sekitaran Jabodetabek kayaknya nggak usah bingung deh. Karena kita nggak perlu jauh-jauh untuk keluar kota kalau kita tidak punya banyak waktu untuk bepergian.

         Contohnya adalah Bogor. Yaps, kota yang di juluki Kota Hujan ini memang menyimpan banyak potensi yang tidak cukup satu dua kali untuk di explore. Selain wisata alamnya yang sangat mempesona di Kabupaten Bogor yang menjadi incaran para traveler, Kota Bogor pun punya banyak tempat yang cocok untuk dikunjungi saat akhir pekan.
          Weekend ini abang mau jalan-jalan santai nih di sekitaran Kota Bogor. Entah mengapa Bogor menjadi candu buat abang *eaaa. Selain udaranya yang sejuk, akses menuju Bogor pun mudah. Yah bisa dibilang salah satu alternatif ketika abang mulai bosan bolak-balik ibu kota. *cieelah gaya banget lu bang wkwk

            Sengaja dari Bekasi menju Bogor abang menggunkaan KRL karena selain mudah, kali ini abang mau explore tempat-tempat yang lokasinya nggak terlalu jauh dari Stasiun Bogor. Benar aja, setelah sampai di Stasiun Bogor abang tertarik mengunjungi salah satu museum yang lokasinya nggak terlalu jauh dari Stasiun Bogor.

Penampakan gedung Museum Munasain Bogor
Travellovers, ini dia penampakan depan Museum Munasain di Bogor

            FYI ya travellovers, abang ini salah satu orang yang suka menggunjungi museum yah, apapun itu. Nah museum kali ini yang akan abang kunjungi adalah Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau disingkat Munasain. Btw, apa travellovers pernah denger Museum Munasain ini? Sebagian mungkin pernah mendengar dan sebagian mungkin sama sekali baru tau termasuk abang. *hehe
            
         Jujur abang pun baru tau kalau ada museum ini. Itu pun berkat abang cek google maps dan mencari tempat wisata disekitaran Stasiun Bogor. Muncul lah tempat-tempat wisata dan sejenisnya, salah satunya adalah Museum Munasain ini.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia
Selamat datang di Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia travellovers

           Benar aja, cukup berjalan kaki sekitar 650 m atau sekitar 10 menit dari Statsiun Bogor kita akan sampai ke bangunan yang cukup tua dan sangat asri karena berada di sekitaran Kebun Raya Bogor atau di Jalan Ir. H. Juanda No. 22 – 24, Kota Bogor. Museum ini bernama Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain).

          Museum Munasain ini merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia (MEI) yang dicetuskan oleh Prof. Sarwo Prawirohardjo yang merupakan Kepala LIPI saat itu. Nah untuk Museum Munasain ini diresmikan pada tanggal 18 Mei 2016 oleh Wakil Kepala LIPI Dr. Achmadi Abas (Alm).

Memasuki Museum Munasain ini kita akan dikenakan HTM  sebesar Rp. 5000/orang, dengan waktu kunjungan :

Senin – Kamis pukul 08.00 – 16.00 WIB
 Jumat pukul 08.00 – 11.00 dan 13. 00 – 16.30 dengan batas akhir waktu kunjungan pukul 16.00 WIB
Sabtu & Minggu pukul 09.00 – 14.00 dengan batas akhir waktu kunjungan 13.30 WIB.

Museum Munasain ini terdiri dari 2 lantai yah travellovers. Dan abang memilih untuk meng-explore lantai 1 dulu. Di lantai satu kita akan melihat pameran-pameran yang sangat apik dengan perpaduan cahaya dan juga penempatan yang pas. Serta kita akan melihat megahnya perahu layar yang terbuat dari Kayu Randu  dan berasal dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Megahnya perahu layar yang terbuat dari kayu randu
Ini dia megahnya perahu layar dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi Jawa Barat

            Nggak cukup sampai disitu travellovers, di lantai satu ini juga ada pameran tentang sejarah geologi, geografi dan biogeografi Indonesia. Ada juga evolusi kehidupan manusia serta evolusi dan diversitas kehidupan biotanya. Semuaya ini disajikan dalam diorama dan juga replika beberapa hewan dan jenis-jenis tumbuhan dari berbagai daerah di Indonesia.

Perkembangan manusia
Ini tentang evolusi kehidupan manusia nih travellovers

perkembangan zaman
Nah kalau ini tentang zaman-zaman yang pernah terjadi di bumi

          Salah satu replika yang membuat saya sangat tertarik adalah cantik dan eksotisnya replika Bunga Bangkai dan Bunga Rafflesia yang merupakan salah satu jenis bunga yang langka dan dilindungi di Indonesia. Ohiya di lantai satu ini juga tersedia teater loh travellovers. Di teater ini kita akan menyaksikan film dokumeter yang memiliki durasi sampai dengan 45 menit. Tapi teater ini hanya bisa dibuka untuk rombongan atau minimal pengunjung 20 orang, jadi kalau pengunjung dibawah 20 orang, teater nggak dibuka. Dan karena waktu itu abang kunjungan sendiri, jadi nggak bisa masuk juga. *Sabar yaa abangkuh *wkwk

Replikas Bunga Bangkai
Salah satu replika yang ada di Museum Munasain yaitu Bung Bangkai 

Replika Rafflesia
Nah kalau ini replika Bunga Rafflesia travellovers

       Selanjutnya abang turun ke lantai dasar, dilantai dasar kita akan mendapatkan pengetahuan baru tentang kearifan lokal masyarakat Indonesia yang memanfaatkan sumber daya alam yang di olah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ada yang di olah untuk jadi makanan dan minuman, obat-obatan, sampai dengan alat-alat yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dan semua itu di tampilkan dalam ruang-ruang kaca besar. Asli ini  Keren banget travellovers.


Hasil kerjainan tangan
Nah, ini dia salah satu kerajinan yang berasal dari alam


Koleksi artefak
Ini beberapa koleksi artefak yang ada di Museum Munasain travellovers

               Di lantai lantai dasar juga kita akan melihat koleksi-koleksi artefak loh dan katanya jumlah keseluruhanya ada 2000 nomer koleksi dari seluruh penjuru nusantara. Wow banget kan travellovers. Artefak-artefak ini terdiri dari tumbuh-tumbuhan yang di olah  kembali oleh masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan, kesehatan, sampai ke alat-alat perlengkapan untuk bertani, berburu sampai dengan meramu. Ohiya disini pun disediakan permainan tradisonal dan ada juga alat musik yang bisa kita mainkan loh. Serukan travellovers.
            
testimoni pengunjung
Ini salah satu testimoni dari pengunjung yang datang

          Nah ada tapinya nih travellovers, waktu abang kunjungan kesini, abang nggak menemukan sama sekali pemandu atau guide yang menjelaskan tentang isi dari museum. Cukup disayangkan sih travellovers, karena kita hanya mendapat informasi tok dari apa yang kita lihat dan bingung kalau mau tanya-tanya harus ke meja informasi yang ada di depan. Semoga kelak ada pemandu yang dapat menjelaskan agar semakin banyak informasi yang kita dapatkan.

      Gimana travellovers, udah punya gambaran kan untuk mengisi akhir pekan agar lebih bermanfaat. Tenang, museum ini ramah banget kok untuk semua pengunjung. Mau kalian sendirian, sama teman, atau ajak keluarga untuk bermain sambil belajar pun bisa. Yuk kita main ke Museum Munasain travellovers.  

Alamat dan Informasi :
Museum Sejarah Alam Indonesia (Munasain)
Jalan Ir. H. Juanda No. 22 – 24, Kota Bogor.
Tlp      : 0251 -8387730
Web   : munasain.lipi.go.id 
HTM  : Rp. 5000/orang

48 Comments

  1. Saya baru tahu tentang Munasain ini. Semoga bisa singgah ke sini kalau singgah ke Bogor lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa teh, nanti kalo main ke Bogor jang lupa mampir kesini yah hehe

      Delete
  2. Membaca postingan ini, saya jadi teringat sudah pernah ke sini tapi belum menulis di blog. Dan baru taju singkatannya, munasain. Ini museumnya masih gedung baru nih, belajar sambil refreshing memang menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyaa teh. Soalnya lokasing nggak jauh dari Stasiun Bogor tinggal jalan kaki aja hehe :D

      Delete
  3. Belum pernah ke museum ini. Untung Abang cerita jadi tahu deh. Iya kedepannya semoga difasilitasi guide ya biar makin jelas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyaa kak kalo ada guidenya enak buat tanya-tanya informasi yang belum jelas hehe. Jangan lupa mampir ya kak kalo lagi di Bogor :D

      Delete
  4. Informasi baru, nih. Semoga bisa berkunjung kesana ntar ya. Ini kayak museum zoologi gitu, ya? Di kota malang Jawa timur ada juga lho museum zoologi. Tepatnya di daerah sekitar tidar dekat candi badut. Ntar kalo ke malang saya tunjukan dah. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyaah mas. Tapi di Bogor juga ada Museum Zoologi, jadi beda hehe. Wah kalo saya ke Malang cuma di tunjukan aja nih, nggak diajak gitu? wkwk

      Delete
  5. Sering lewatin tapi belum pernah mampir ke museum ini hehe..

    Dan abis baca postingan ini jd kepengen ajak anak anak wisata edukasi ke museum sains deh. Thanks sharingnya ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah teteh. Musti ajak si kecil sekalian liburan dan belajar 😄😄😄

      Delete
  6. Kalau ada pemandunya bakalan lebih seru dan tahu banyak lagi ya, nggak cuma lihat lihat dan sekedar baca petunjuk dan catatan di sana.

    Btw ini dekeeeettt tapi saya belum pernah ke sana, padahal sering dilewati kalau ke sekolah atau nemenin Mommy belanja dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak, semoga kelak ada petugasnyaa yaah biar nggak kebingungan pengunjungnyaa hehe.

      Jangan lupa mampir teh kesini 😄

      Delete
  7. Baru tau nih ada museum munasin di Bogor, paling senang kalo sudah berkunjung ke museum bisa mengenang sejarah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iyaah kak aku juga baru tau. Jangan lupa ajak keluarganyaa yaah kak 😄

      Delete
  8. Keren nih, museumnua Bang Ipul. Dan saya baru tau ada museum ini di Bogor. Cocok ajak anak-anak nih, jadi sekalian nambah pengetahuan juga. Habis dari sini, lanjut wisata kuliner. Apalagi Bogor juga gudangnya kuliher enak hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener banget tuh Mas Bambang, wajib ajak anak-anak sekalian belajar sambil piknik. Eh abis itu kulineran deh hehe

      Delete
  9. Bogor kota kelahiran saya, tapi baru tau klo keberadaan museum ini. Semoga bisa berkunjung kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah orang Bogor yaa a. Iyaah a jangan lupa mampir yaah ke museum Munasain 😄

      Delete
  10. Deket nih kalau di Bogor, tiket masuknya juga terjangkau banget. Next bisa ajak anak-anak kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah teh monggo ajak anak-anaknyaa piknik sambil belajar disini 😄

      Delete
  11. Aku belum pernah kesini. Mau nandain dulu ah. Tampak banyak pelajaran bisa dilihat disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah bang bisa banget. Bisa belajar geografi, bilogi juga bisa hehe

      Delete
  12. Deket stasiun Bogor, wahh cocok banget buat para pelancong dari luar kota, ya Bang.
    Btw, berwisata sambil belajar itu seru buat anak2, tapi tetap harus dibuat menarik memang ya bang, agar pengunjung nggak bosan.
    Nice review, bisa jadi alternatif kunjungan wisata, jika ke Bogor.
    Mksh bang ipoel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak, selain nggak terlalu jauh dari Stasiun Bogor, kita pun bisa ajak si kecil untuk belajar disini. Sama-sama kaka ...

      Delete
  13. Baru tahu kalau dekat stasiun bogor ada museum. HTM nya murah pula. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  14. Berkali2 mau ke Museum ini tapi blm jadi2. Murah meriah dan juga banyak ilmunya yang bisa didapat ya. Sekalian naik Kereta ke Bogornya, Anak2 pasti suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah bun hehe. KAlo ke Bogor lagi wajib banget yah mampir kesini dan ajak anak-anak hehe

      Delete
  15. Wah aku baru tahu nih museum ini kak. Singkatannya unik ya. Dan d pastinya edukatif buat anak anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak singkatanya emang unik hehe. Iyaah bener banget kak, cocok aja si kecil kemuseum ini 😄

      Delete
  16. Asik ada di Bogor, nggak hanya wisata Kuliner aja, bisa sekalian wisata sejarah juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak, ada banyak Wisata Edukasinya juga kok kak. Salah satunyaa Museum Munasain ini 😄

      Delete
  17. Sekarang banyak museum yang semakin nyaman dikunjungi, ya. Kalau dulu tuh museum kesannya kumuh dan spooky hehehe. Ini strategis ya lokasinya karena dekat dengan stasiun Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak. Sekarang banyak museum yang udah mengalami peremajaan jadi nyaman untuk dikunjungi.

      Iyaah sangat strategis kak, jadi mudah kalo mau kesini 😀

      Delete
  18. Wah seru juga Munasain ini yah kak, kalo main ke Bogor harus mampir nih bareng anak2ku, pasti mereka bakal suka deh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru dong kak. Hehe
      Iyah wajib banget ajak anak-anak kaka untuk piknik sekaligus belajar disini kak 😀

      Delete
  19. Wah information banget. Terima kasih ya. Saya Juga suka mengunjungi museum. Rasanya seperti masuk lotong waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaah kak. Seneng aka bisa belajar banyak dari setiap museum yaang di kunjungi.

      Lorong waktu kali yaa kak 😄

      Delete
  20. Wah.. ada objek wisata baru di Bogor.
    Btw ini museum yang dari Kementerian Pertanian itu bukan yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak baru sih sebenernya bang, cuma di revitalisasi aja hehe.


      Iyah betul banget abang 😄

      Delete
  21. Dekat stasiun bogor ya?. lumayan menambah referensi wisata yang murah dan dekat stasiun

    ReplyDelete
  22. Bagi yang dewasa menambah wawasan, bagus!
    Apalagi buat anak-anak agar makin banyak pengetahuannya. Nanti kalau ke Bogor mesti masuk sini kayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa wisata edukasi banget kak buat kita yang dewasa dan juga buat anak-anak. Wah wajib banget kak kalo ke Bogor mampir kesini . hehe

      Delete
  23. Menarik banget. Saya baru tau ada museum Munasain, belum lama ini baru tau ada museum tanah di kawasan Bogor. Ternyata masih banyak yg lebih di eksplore dari kota hujan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, wah itu lokasinya nggak jauh dari Museum Tanah kak, bersebelahan malah hehe

      Delete
  24. Indonesia itu punya kurleb 280 museum dari Sabang sampai Merauke. Sepertinya Munasain adalah satu dari sekian museum yg saya belum tau padahal ini di Bogor yah.

    Saya taunya museum sekitaran Jakarta aja Kak. Share ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyaa kak banyak banget musemum yang ada di Indonesia. Dan bisa dibilang juga banyak yang belum tau tentang Museum Munasain ini.

      Terima kasih banyak kak sudah di share :)

      Delete