Keliling Kota Bogor Gratis? Yuk Naik Si Uncal!


...
Pengen main ke Bogor,
Tapi pasti macet banget! Fuh ...
...

           Hallo travellovers udah punya rencana kemana nih akhir pekan ini? atau ada yang males pergi kemana-mana karena takut macet dan nggak punya waktu banyak untuk pergi jauh-jauh? Wah kayaknya untuk hal yang satu ini perlu disiasatin nih yah untuk tetap piknik walaupun terkadang ada rasa males karena jalan yang macet atau nggak punya waktu banyak untuk piknik.  Apalagi kalo piknik keluar kota kan travellovers. Hmm... perlu  dipikirkan mateng-mateng yah kalau yang itu ...

         Nah ada tapinya nih travellovers, jika kalian merasakan beberapa keresahan diatas, *cielah keresahan, bahasanya tinggi banget Badrooon!wkwk. Kayaknya kalian perlu menikmati akhir pekan di perkotaan aja nggak usah jauh-jauh. Salah satu alternatifnya adalah mengunjungi beberapa tempat wista yang ada diperkotaan.
Bagi abang, terkadang piknik itu nggak melulu tentang perjalanan yang jauh, tapi mengunjungi tempat yang belum pernah kita kunjungi atau mencoba hal-hal baru yang belum kita coba sebelumnya pun bisa dibilang piknik loh, yang pentingkan bahagiaaa *iya dah bang iyaa serah lu wkwk!

         Travellovers, salah satu tempat yang cocok dikunjungi pas akhir pekan dan jaraknya tidak terlalu jauh adalah Bogor. Kota yang dijuluki Kota Hujan ini selalu ramai didatangi para pelancong saat akhir pekan. Wah bang, Bogorkan macet banget tau apalagi pas weekend gini? Yaps, Bogor  pernah di cap Kota Termacet apalagi pas weekend tiba. Solusinya, jika travellovers berasal dari Jakarta atau kota-kota terdekat lainnya, bisa menggunakan public transportations seperti KRL Commuter Line travellovers.

           Seperti pengalaman abang setiap main ke Kota Hujan Bogor dari Bekasi. Alternatifnya gini ya travellovers untuk kalian yang berasal dari Jakarta, Depok, Tanggerang, Bekasi (Jadetabek)!

 Alternatif menggunakan KRL Commuter Line ke Bogor :

Bekasi

Di Bekasi itu stasiun ada banyak yah, apalagi sekarang sudah ada yang dari Cikarang. Jadi kalian pilih yang paling deket dari tempat tinggal kalian. Tapi, untuk kereta yang berasal dari Cikarang itu hanya ada 1 jam sekali, jadi kalian harus prepare lebih biar nggak ketinggalan.

Kalo abang kemaren start dari Stasiun Bekasi terus naik KRL yang tujuan Jakarta Kota. Kalian bisa naik yang tujuan Jakarta Kota atau Manggarai yah, karena kita akan transit di Stasiun Manggarai.

Sesampainya di Stasiun Manggarai kalian pindah ke Peron 8 untuk melanjutkan perjalanan ke Bogor. Sampai deh di Stasiun Bogor.

Jakarta
Sama dengan Bekasi, karena Jakarta memiliki banyak stasiun, kalian tinggal pilih yang langsung ke arah Bogor  atau yang bisa transit di Stasiun Manggarai.

Depok
Kalau Depok mah jangan ditanya yah, karena jaraknya cuma beberapa stasiun aja ke Bogor. Jadi gampang.

Tanggerang
Kalian tetap bisa naik KRL kok menuju ke Bogor. Tinggal naik KRL menuju  Stasiun Bukit Duri. Dari Stasiun Bukit Duri tinggal tunggu KRL tujuan Stasiun Bogor deh.

          Nah sesampainya di Bogor, kalian bebas deh mau main kemana. Seperti yang kita tahu, Bogor ini terdiri dari dua yah travellovers ada kabupaten dan kotanya. Saran abang, jika ingin ke wisata alamnya kalian musti ke Kabupaten Bogor. Karena Kabupaten Bogor sudah terkenal dengan wisata alamnya. Seperti deretan perbukitan, air terjun, dan banyak wisata lainnya. Dan abang juga menyarakan membawa kendaraan pribadi, kayak motor atau mobil.  Tapi, jika kalian mau main ke museum, kebun raya, dan wisata perkotaan kalian musti ke Kota Bogornya. Gitu travellovers hehe ...

            Kali ini abang mau jalan santai dan keliling-keliling sekitaran Kebun Raya Bogor aja. Hmm ... tapi gimana caranya yah bisa keliling disekitaran Kebun Raya Bogor, sedangkan luas Kebun Raya Bogor aja kurang lebih 87 Hektar. Wow bisa seharian untuk keliling kebun raya aja, padahal disekitaran sini juga banyak tempat yang pengen banget abang kunjungi dalam satu hari ini.

Tara ... Ini dia si biru Uncal travellovers 

          Dan taraaaa ... Akhirnya abang mendapatkan jawaban dari kekhawatiran ini. *tjiee khawatir tjie, dia aja biasa aja *apadeh! Ternyata Kota Bogor telah menyiapkan solusi untuk warga Bogor dan para pengunjung yang ingin mengeliling Kota Bogor secara sekaligus, kayak abang ini. Yaps, solusinya adalah dengan menaiki Uncal. Uncal bang? apaan lagi itu?

            Uncal merupakan kependekan dari Unforgettable City Tour at Loveable City yang merupakan Bus Wisata Kota Bogor yang dikelola oleh Badan Hukum Koperasi milik Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT). Nah selain itu travellovers, ternyata Uncal dalam bahasa sunda artinya adalah Rusa dan sudah kita tau bahwa hewan rusa merupakan simbol dari Istana Bogor. Keren kan travellovers ...

            Bus berwarna biru dengan desain yang klasik dan unik ini pertama kali diresmikan pada 1 Januri 2017. Tapi karena beberapa kendala terkait surat-menyurat administrasi layak jalan, jadi sempat tidak beroperasi. Tapi tenang, semuanya sudah kelar dan sekarang udah bisa beroperasi mengantarkan kita keliling Kota Bogor nan indah ini. Yuhuuu ...

Warnanya biru, bentuknya klasik dan unik, ini dia Si Uncal 

            Travellovers, Si Uncal ini hanya beroperasi saat weekend aja yah alias hari Sabtu dan Minggu dari pukul 08.00 – 11.00 WIB. Tapi kondisi ini tergantung jumlah pengunjung. Jika pengunjung membeludak, maka jam operasional akan ditambah hingga sore hari. Ohiya yang perlu kita tahu adalah naik Uncal ini GRATIS !!! Mau banget dong yah hehe

              Si Uncal ini memiliki kapasitas 25 orang yang dilengkapi dengan 13 kursi yang bisa diduduki oleh 2 orang. Selain itu juga terdapat tali untuk penumpang yang ingin berdiri. Nggak cukup sampai disitu, Bus Uncal ini juga dilengkapi oleh pemandu wisata yang secara interaktif menjelaskan kepada kita tentang wisata-wisata yang ada disekitaran Kota Bogor dan tentunya kita lewati bersama Si Uncal.

Antusiasme warga yang mau naik Si Uncal nih. Siap-siap ngantri yaa travellovers 

Travellovers, kalian bisa menaiki Si Uncal dari Balaikota Bogor di Jalan  Ir. Haji Djuanda No. 10, Pabaton, Kota Bogor dan untuk rutenya ini yah :

Dari Balaikota menuju Jln. Sudirman, lalu singgah sebentar di Taman Huelang. Selanjutnya dari Taman Heulang, Si Uncal mengarah ke Taman Kencana. Setelah itu dilanjutkan ke Jln. Pajajaran dan ke arah Tugu Kujang. Dan selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke Jln. Otista sampai ke pertigaan Suraya Kencana dan balik lagi menuju Balaikota.

          Perjalanan ini menempuh jarak kurang lebih 20-30 km, dengan waktu tempuh kurang lebih 30-45 menit. Perjalanan menaiki Si Uncal ini seru banget loh travellovers, selain bisa melihat sisi lain Kota Bogor dan sejarahnya kita pun bisa tau tempat-tempat wisata yang ada disekitaran Kota Bogor.

            Saran abang, kalian harus dateng pagi dan mengantri di Balaikota. Soalnya pas kemaren abang naik busnya hanya ada satu dan pengunjungnya banyak banget akhirnya berdiri deh dan agak desak-desakan. Tapi tetap asik kok hehe

            Nah buat travellovers yang punya waktu sedikit tapi ingin keliling Kota Bogor, kalian bisa menaiki Si Uncal yah. Selamat berakhir pekan di Kota Hujan travellovers.

Meeting poin dan Jam operasional naik Si Uncal :
Balaikota Bogor
Jalan  Ir. Haji Djuanda No. 10, Pabaton, Kota Bogor.
Sabtu – Minggu
Pukul : 08.00 – 11.00 WIB

6 Comments

  1. Seru juga nih nyobain uncalnya heheh, bsk lah klo lagi ke Bogor wajibbb nyobain

    ReplyDelete
  2. Unik banget bentuk bisnya. Anak saya yang suka berbagai jenis kendaraan lihat ini pasti girang. Beberapa tahun lalu kesana belum ada uncal. Tapi untungnya dulu masih single jadi masih kuat keliling jalan kaki bawa ransel. Sekarang udah jadi emak-emak rasanya berat, nggak akan kuat, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha ... nanti kalo ke Bogor lagi jangan lupa cobain naik Uncal yaaa bun. Ajak anaknyaa juga sambil nyari kuliner yang cihuy di Bogor wkwk

      Delete
  3. seru banget pasti iniii... aku blom. pernah ke Bogor pokok besok mau naik uncal kalo kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hayuuk ke Bogor kak. Wajib banget loh nyobain naik Uncal di Bogor 😄

      Delete