Taman Alun-Alun, Tempat Nongkrong Kece di Cianjur

...
[DM di Instargam dan WA]

Bang ... Besok main yuk ?
Keman coy ?
Kemana kek ... suntuk nih dirumah
Boleh, kemana yah yang asik? *pura-pura mikir
Ohiya, gimana kalo kita ke Taman Alun-Alun baru di Cianjur aja?
Emang ada yah? wait cek IG !!!
...

Hallo travellovers, gimana nih weekend-nya ada rencana piknik kemana nih? Atau hanya bermalas-malasan aja dikasur? Hmm ... Kasur dan guling kadang emang posesif banget yah kalo ditinggal pergi pas weekend gini. Se-posesif abang yang bukan siapa-siapanya dia  *jleb

      Mungkin sebagian dari travellovers ingin menghabiskan weekend-nya untuk mengunjungi sebuah tempat wisata yang belum pernah dikunjungi tapi masih bingung mau kemana kan? alhasil cuma scroll feed instagram dan kepoin ig story orang-orang. Terus tiba-tiba ngedumel dalam hati *ish si anu mah kerjaannya jalan-jalan muluk, banyak banget duit apa yah ... blaa .. blaa .. blaa ... *kelakuan orang-orang di negara +62 yang sedang berflower  *upss

      Betewe, ngomongin tentang tempat wisata yang baru dan lagi viral, apa travellovers tau tempat wisata yang abang maksud di Kabupaten Cianjur ini? Wah kayaknya udah pada tau yah apa nama tempat yang abang maksud. Yap betul banget, nama tempatnya adalah Taman Alun-Alun Kabupaten Cianjur.

Salah satu sisi cantiknya Taman Alun-Alun Cianjur

     Taman Alun-Alun Kabupaten Cianjur ini merupakan ruang publik bagi masyarakat Kabupaten Cianjur dan siapapun yang ingin berkunjung ke Cianjur  yang baru di resmikan pada tanggal 8 Februari 2019 oleh pak Presiden Republik Indonesia yaitu Pak Joko Widodo. 

     Taman yang berlokasi di Jalan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menjadi incaran warga di kala hari libur dan weekend tiba. Selain memang baru, tempat ini juga sangat luas dan terdiri dari banyak tempat untuk bermain, berkumpul dengan keluarga, hingga spot foto yang instagramable. Cukup bayar parkir kita sudah bisa menikmati cantiknya ikon barunya Cianjur ini.

Gimana travellovers, indah bangetkan Taman Alun-Alunnya Cianjur?

     Abang penasaran dengan postingan teman-teman di taman alun-alun ini. banyak banget yang upload foto-foto disini. Tapi kayaknya abang salah momen deh. Karena pas abang kesini, pas banget tanggal merah jadi pengunjungnya banyak pake banget. Jadi agak susah buat dapet foto yang bener-bener bebas tanpa gangguan. Yaa maklum, kan pengen gitu foto-foto bagus ala-ala selebgram di Taman Alun-Alun Cianjur ini *wkwk

    Ngomongin tentang Taman Alun-Alun Cianjur memang agak berbeda dengan alun-alun yang ada di kota atau kabupaten khusunya di Propinsi Jawa Barat. Konsepnya kekinian banget dan cocok banget sebagai ruang publik yang dapat dikunjungi semua usia. Ohiya travellovers, di taman alun-alun ini ada :

Rumput Sintesis

Kece kan abangnya? Eh maksudnya rumput sintesis dengan background Masjid Agung Cianjur *hehe

Di taman alun-alun ini tersedia rumput sintesis seperti yang ada di Alun-Alun Bandung. Tapi sepertinya yang ada di Taman Alun-Alun Cianjur ini lebih luas. Rumput sintesis ini cocok untuk kita duduk-duduk menikmati view air mancur dan juga Masjid Agung Cianjur atau menemani anak-anak bermain. Sama seperti di Alun-Alun Bandung, siapapun yang mau bermain atau sekedar duduk-duduk harus membuka alas kakinya. Sayangnya, belum disediakan tempat menyimpan sepatu disekitaran rumput sintesis ini. Agak sedikit riskan sih dengan alas kaki yang kita tinggalkan dipinggiran.  

Tiang-Tiang Berlafazkan Asmaul Husna

Ini dia tiang-tiang berlafazkan Asmaul Husna-nya travellovers

Memasuki taman alun-alun travellovers akan terpukau melihat keindahan tiang-tiang yang berlafazkan Asmaul Husna. Tiang-tiang ini berbaris rapih mengantarkan kita untuk berkeliling taman alun-alun. Nggak heran juga, jadi salah satu spot foto yang paling di incar nih travellovers. Tapi pas kesini rame banget, jadi mau nggak mau abang foto diantara orang-orang deh *fiuh

Panggung Hiburan

Inget, fokus ke panggung dibelakang abang yah. Jangan salfok :p

Di taman alun-alun ini disediakan panggung dan tempat pertunjukan. Abang sih bilangnya panggung hiburan. Disini biasanya berbagai pertunjukan akan ditampilkan. Selain yang berbetuk panggung, di taman alun-alun ini juga tersedia area pertunjukan yang sudah disediakan tempat duduknya. Layaknya kita nonton di stadion. Keren kan travellovers?

Tempat Duduk

Nah, ini beberapa tempat duduk. Aslinya ada banyak loh travellovers

Selain rumput sintesis, di taman alun-alun ini pun sudah disediakan tempat duduk untuk para pengunjung. Tempat duduk sepasang dengan mejanya dan di desain unik dengan warnanya yang indah banget. Buat travellover yang bawa makan boleh makan disini kok, tapi tolong yah sampahnya di buang pada tempatnya.

Spot Instagramable

Ini salah satu spot yang paling diincar niih travellovers, makanya harus antri kalau mau foto disini *hehe

Nah ini nih travellovers yang nggak boleh ketinggalan spot foto yang instagramable. Di taman alun-alun ini disediakan banyak banget spot foto yang instagramable buat kaula muda atau yang suka foto-foto. Hampir semua bagian dari taman alun-alun bisa dijadikan spot foto yang instagramable, serius deh.


Travellovers, itu sebagian kecil tentang Taman Alun-Alun Cianjur yah. Ohiya travellovers, Taman Alun-Alun Cianjur ini buka pukul 13.00 – 18.00 WIB untuk hari Senin sampai dengan Jumat, pukul 09.00 – 21.00 WIB untuk hari Sabtu, dan pukul 08.30 – 18.00 WIB untuk hari Minggu.

Megahnya Masjid Agung Cianjur ini ...

Nah buat travellovers yang muslim, kalian bisa juga sekalian solat di Masjid Agung Cianjur yah, lokasinya persis ada didepan taman alun-alun. Dan buat travellovers yang membawa keluarga dan juga makanan tolong sampahnya dibuang pada tempatnya yah. Biar sama-sama kita jaga fasilitas yang sudah dibuat oleh pemerintah untuk kita semua tentunya. Selamat berakhir pekan travellovers.   
         

33 Comments

  1. Tentang Cianjur, yang aku kenal baru sebatas curugnya aja yang keren dan mempesona. Kalo alun2nya, boleh nih buat recomend

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe betul banget kak,
      Aku juga biasanya explore alamnya aja. Eh ternyata kotanya pun cantik banget heueheu

      Delete
  2. Alun-alunnya cakeeeppp! Gue suka banget sama tiang-tiang lengkung, masjid agungnya dengan atap berundak, dan Al Quran raksasa. Jam berapa ya alun-alun ini sepi? Pengen foto-foto di sana saat sepi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iyaa bang Nugie alun-alunya cakep banget.
      Wih pokoknya siang hari dan bukan hari libur wkwk

      Delete
  3. Bagus juga ada wisata seperti ini. Foto di tiang asmaul husna bagus tuh. Semoga selain Ramai buat foto-foto, Ramai juga yang ibadahnya. Hehee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah betul banget kang! Semoga yang mampir kesitu nggak lupa buat ibadah jugaa yaah :)

      Delete
  4. Saya belum pernah wisata ke Cianjur. Apalagi ke alun-alunnya, belum pernah sama sekali. Kelihatan tempatnya keren. Tapi yang lebih bikin penasaran adalah: banyak spot kulinernya nggak, di sekitaran alun-alun Cianjur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Kak Dyah,
      Sini atulah main ke Cianjur hehe.
      Spot Kuliner? Wih ada banget kak. Ada banyak banget spot kuliner disekitaran Alun-Alun Cianjur ini :D

      Delete
  5. Kalo ada yg ngulas cianjur, pasti inget sama salah satu resto disini : Ikan Bakar Cianjur.
    Btw, taman alun-alunnya cakep ya. Kayanya seru kalau ngumpul sama temen disina, gk melulu di cafe. Terus tiang-tiang yang ada asmaul husna nya jg instagramable banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hhahah, aku nggak sempet kemaren mampir ke restonyaa kak.

      Iyah kekinian dan instagramable banget hehe

      Delete
  6. Wiiii,, aku kok langsung mikir kalo asik banget goler2 di rumput alun-alun itu sih bang Ipul. Meski rame, tapi tetep legaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah emang asik banget si Din mau goler-goleran kek mau tidur-tiduran juga gpp. Tapi harus tetap jaga kebersihan yaah hheehe

      Delete
  7. Beberapa kali ke Cianjur belum main-main ke alun-alunnya hehehe. Soalnya cuma mampir ke rumah temen. Tapi emang salut deh sama Cianjur, banyak banget tiang-tiang atau aristektur jalan yang ada text asmaul husna nya ya. Kota yang religius.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok-besok kalo ke Cianjur mampir yaa kak atau nggak mainya disitu aja hehe. Biar bisa sekalian foto-foto hehe

      Delete
  8. Kalau alas kakinya dimasukin ke kantong, kemudian masukin ke tas lagi boleh, gak? Saya juga kayaknya agak riskan ya kalau sepatu/sandal ditinggal gitu aja di pinggir. Apalagi kalau lagi ramai begitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bisa deh kak, yang penting jangan dipakai alas kakinya hehe.
      Iyaah kak, semoga makin ada pembaharuan yah untuk tempat menyimpan alas kaki :)

      Delete
  9. Wah Cianjur cantik ya
    Aku belum pernah ke Cianjur euy
    Itu taman alun-alunnya asyik banget buat tempat bersantai bareng keluarga

    ReplyDelete
  10. Bang Ipul ga rela nih kayaknya foto2an bocor hahaha bnyk org ya ga kosong2 di tiang2 bertuliskan Asmaul Husna 🤣🤣🤣 Beneran ini rumput sintetis? Kelihatan bagus ya, hijau, luas gitu. Pantesan Alun2 Cianjur ini ruameeee 😘

    ReplyDelete
  11. Tsakeeppp bin keren buangeett
    Alun2 emang bisa jadi wajah kota yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget kak, ini bisa jadi icon baru buat Kota Cianjur kak :)

      Delete
  12. Wiiiw udah bagus banget sekarang alun-alun Cianjur. Banyak spot Instagramable-nya pula. Nggak heran ya pasti selalu rame sama warga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah kak Dita, Cianjur udah punya icon baru nih kak hehe

      Delete
  13. Wah alun-alunnya bersih dan rapi ya bikin betah buat nongkrong. Kalau taruh sandal di tepi rumput gitu aman nggak ya takutnya pulang nyeker haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kak yang kemaren aku takuitin, makanya mainya nggak jauh-jauh karena takut alas kakiknya ilang heheh

      Delete
  14. Belum pernah ke Cianjur sih. Tapi sumpah ini alun-alunnya kereeen bangeet.

    ReplyDelete
  15. Belum pernah lihat sama sekali penampakan Masjid Agung Cianjur. Ternyata seperti ini ya. Khas Indonesia banget ya arsitekturnya. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak Lina masih kental banget dengan arsitektur Khas Indonesia. Ohiya, dalamnya juga megah banget loh kaka :)

      Delete
  16. Ipul ke Cianjur gak ajak2 ih haha

    Aku belum pernah euy ke sini, mentok2 sampe Puncak doank. Pengen ke sana, tp blm ada waktunya. Cianjur ternyata keren ya sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kaka kan sibuk terus gimana mau ngajak wkwkwk.
      Hayuk atuh mainya jangan puncak aja, melipir dikit ke Cianjur kak hehe

      Delete
  17. gilak, spot photonya bejibun gitu.. g kebayang klo pagi dan cuaca cerah.. pasti keren beud

    ReplyDelete
  18. Spot publik yang menyenangkan nih.Buat kalangan millenials muda, banyak spot instagrammable, buat keluarga, anak-anak juga bakal nyaman.

    Seru!

    ReplyDelete