Mengintip Indahnya Kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi




          Guys, setelah kemaren gue cerita tentang perjalanan gue ke Vihara Nam Hai Kwan Im Po Sat di daerah Loji, Kecamatan Simpenan Melihat Pesona Vihara Dewi Kwan Im di Sukabumi Bak Berada di Thailand. Sebelumnya gue sudah mengunjungi salah satu tujuan objek wisata yang paling hits di Kabupaten Sukabumi. Yaps, apalagi kalau bukan Kawasan Geoprak Ciletuh, Sukabumi.

           Perjalanan gue ini menggunakan sepeda motor dan pertama kali juga gue touring ter-jauh menggunakan motor. hehe. Maklum biasanya gue lebih prepare naik moda transportasi umum kalo kemana-mana. Tapi kali ini karena diajakin temen gue yowis gas terus lah hehe.

Satu Hari Sebelum Berangkat

          Satu hari sebelum berangkat kita masih nggak tau mau kemana. Gue mah cuma bilang pengen main ke daerah Bogor. Pengen ngeliat deretan perbukitan, ladang-ladang dan pesawahan, ada sungai dan juga air terjun. Dan temen gue cuma “menganggut” aja memahami tempat apa yang gue maksud. hehe. Dan nggak lupa, temen gue juga sempet service motornya dan memastikan baik-baik aja untuk perjalanan besok.
         
Hari H (Touring)

Kita start itu pukul 05.00 WIB setelah solat subuh. Sengaja dari pagi buta biar sampai sananya itu masih agak siang. Nah diperjalanan pun temen gue make sure lagi ke gue ...

Temen Gue   : “Bang serius kita ke Bogor?”
Gue              : “Iya ke Bogor aja kali yah yang nggak terlalu jauh ...” *sambil main 
                       hp*
Temen Gue   : “Nggak bosen yaa bang ke Bogor terus? Kemana gitu yang jauh 
                       sekali-kali” *mempengaruhi gue agar mengubah destinasi*
Gue              : “Kemana yah gue bingung nih. Lu punya tempat yang gue ceritain
                      semalem nggak?”
Temen Gue   : “Hmm... Gimana kalo ke Kawasan Geopark Ciletuh di Sukabumi?”
Gue              :  *terkaget sambil ter-nganga* “Buset ... Serius lu kita ke 
                       Sukabumi?”
Temen Gue   : “Udah kesana aja yah, kalo lu penasaran sama tempatnya lu cari    
                      aja di google yah” *sambil ngebut*
Gue             : “Hmm.. Baiklah ...” *sambil buka google*

             Sambil jalan, asli gue dan temen gue pun belum sarapan. Gue cuma sibuk buka google maps karena jalannya takut nyasar. Dan akhirnya pukul 10.00 WIB kita sampai di Sukabumi dan memilih untuk sarapan terlebih dahulu. Sampek sedikit tanya-tanya sama si ibu penjual ...

Gue     : “Ibu punten, kalo ke Geopark Ciletuh masih jauh bu?”
Si Ibu  : “Oh si aa teh mau ke Ciletuhnya? Udah deket kok a” *sambil senyum*
Gue     : “Wah udah deket yaa bu? Kira-kira berapa lama lagi yaa bu saya bisa 
             sampai disana?” *sambil ngunyah gorengan*
Si Ibu  : “Yaa paling 2 jam lagi a” *sambil ketawa licik*
Gue     : “Gubrak ... Fiuh ...” *sambil nelen gorengan dan minum sebanyak-
             banyaknya*

          Yaps sudah bisa disimpulkan yah guys, kalo kalian tanya jarak sama penduduk sekitar yang ada mereka jawab “sudah dekat kok”. Yaa sebenarnya sih nggak salah yah, mungkin bagi mereka karena mereka sering mengunjungi jadi terasa dekat dan buat kita yang baru datang pasti akan merasa jauh. Heuu .. antara bahagia dan hela nafas yah ...

Setelah makan gue melanjutkan perjalanan. Nah memasuki Kabupaten Sukabumi kita akan melihat banyak bukit dan sawah yang luas. Asli ini bikin nyaman banget dan nyegerin mata. Ohiya guys jangan khawatir untuk aksesbilitasnya, udah enak banget kok. Jalannya udah mulus banget dan penunjuk arahnya pun udah terpampang jelas yang akan mengarahkan kita ke tempat wisata di sekitaran Sukabumi.

Ini loh guys penampakan jalannya
Foto : Koleksi Pribadi

Kurang lebih jarak dari Sukabumi ke Ciemas salah satu pintu masuk ke Kawasan Geopark Ciletuh adalah 90.5 km atau sekitar 2 – 3 jam. Nah ini merupakan jalur baru yah jadi lebih cepat. Kalian pun bisa lewat jalur ini, rutenya mulai dari Simpang Loji di Jalan Pelabuhanratu sampai dengan melewati Muara Cisaar di Kecamatan Ciemas. FYI nih guys, Kawasan Geoprak Ciletuh ini berada didalam delapan kecamatan di Sukabumi. Total luasnya kurang lebih 126.100 Ha mulai dari Cisolok (Pantai Cimaja) sampai dengan ke Ciemas (Pantai Ujunggenteng).  

Pemandangan seperti ini yang bakalan kalian liat disepanjang jalan 
Foto : Koleksi Pribadi

          Gue bisa pastikan kalian akan "terkagum-kagum" melihat keindahan alam Sukabumi ini. Perpaduan yang kawin banget antara deretan perbukitan yang hijau ditambah sawah yang membentang luas. Eits nggak cuma itu aja, kalian akan terpesona dengan pesisir pantai yang bisa kalian liat sepanjang jalan dari atas bukit. Alamakkk gue jatuh cinta sama tempat ini ...

Yakin deh nggak akan bosen liat pemandangan kayak gini 
Foto : Koleksi Pribadi

           Perjalanan kalian gue jamin nggak akan ngebosenin sama sekali, yang ada kalian maunya turun aja buat foto (gue banget itu sih) haha. Jalurnya itu turun naik yah dan sedikit ada yang agak tajam jadi kalian perlu hati-hati banget. Tenang, kalau bukan musim liburan jalur ini cenderung tidak terlalu ramai jadi enak deh yah nggak macet-macetan haha ...

Minggir bentar yaa, abang mau foto dulu :p

          Yuhuu ... akhirnya kita sampai di tempat pertama yaitu Puncak Gebang sekitar pukul 12.30 WIB. Ini belum sampai ke geopark-nya yah. Sengaja gue pilih tempat ini, karena nggak terlalu ramai dan disini ada beberapa spot foto yang instagramable banget. Nah untuk alamatnya ada di Jalan Pantai Cilegok, Girimukti, Ciemas, Sukabumi. Kalian cukup bayar parkir aja kok. Nggak percaya kalo Puncak Gebang ini keren? nih beberapa koleksi foto gue di Puncak Gebang ...

Replika perahu di Puncak Gebang

Yakin nih nggak mau foto disamping abang? eaaa 

           Wihhh, gimana keren kan foto-fotonya guys. Lanjut yah kita ke destinasi kedua yaitu Bukit Panineungan. Lokasinya nggak jauh dari Puncak Gebang hanya beberapa ratus meter aja. Gue pilih lokasi ini, karena ini tempat yang pas banget buat liat kawasan geopark dari atas bukit. Disini juga terdapat beberapa warung buat kalian makan siang dan solat.

Taraaa, Bukit Panineungan
Foto : Koleksi Pribadi

Ini Kawasan Geopark Ciletuh dilihat dari atas, Cantikan !
Foto : Koleksi Pribadi


Yakin nih nggak pengen foto disini?

Selain untuk tempat foto, kalian bisa liat pemandangan Geopark Ciletuh dari gubuk ini

          Asli ini tempat keren banget guys. Kalian bisa melihat dengan jelas birunya air laut yang terlihat tak berbatas. Disini juga disedikatan beberapa spot foto yang tentunya instagramable banget dan juga ada “gubuk” yang dibuat menjorok ke pantai. Ohiya kalian cukup bayar parkir aja yaa guys nggak ada HTM masuk disini.

          Setelah dari sini kita melanjutkan perjalanan ke lokasi utamanya yaitu Geopark Ciletuh.  Argggh, rasanya tuh campur aduk banget bisa sampai disini. hehe lebay mode on ... tapi ada “cuma-nya” nih guys. Pas banget sampai disini itu mendung banget dan hujan. So, nggak banyak aktivitas yang bisa gue lakukan disini. Yaa gue sempet kok yah foto di landmark-nya Geopark Ciletuh, itu mah hal yang kudu dan wajib banget dilakukan yekan wkwk.

Nah ini nih Landmark-nya Geopark Ciletuh, Sukabumi

          Selain itu gue juga sempet kok sedikit keliling pantainya. Gue cukup menyayangkan yah guys, karena pantainya kotor banget sama sampah. Sedih aja gitu liatnya, apalagi Kawasan Geopark Ciletuh ini kan sudah mendapatkan predikat sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) yang ditetapkan pada sidang Executive Board Unesco ke 204, Komisi Programme and External Relations di Paris, Perancis.

Ini pantai di belakang landmark-nya. Kalian liat banyak sampah kan?

          Apalagi kalian akan banyak melihat sampah plastik yang kita tau itu butuh waktu yang lama untuk dapat mengurai. Yaa entahlah  sampah ini dari mana. Yang jelas salah satu perilaku yang amat sangat disayangkan. Padahal gue liat banyak kok sudah disediakan tempat sampah, tapi yaa kalo kesadaranya masih kurang yaa masih belum berfugsi dengan baik deh tempat sampahnya.

          Guys, karena hujanya makin deras jadi kita memilih untuk berteduh disekitaran Geopark Ciletuh. Disini ada banyak kok warung-warung. Sebenernya masuk ke Geopark Ciletuh ini Gratis guys, tapi karena di dalam kawasan ini terdapat beberapa tempat wisata, jadi kalian akan dikenakan biaya ketika kalian masuk ke tempat wisatanya. Tenang, nggak sampek ngerogoh kocek dalem-dalem kok. haha

             Daaaaan hujannya pun akhirnya agak reda, pikir gue kita akan melanjutkan ke destinasi selanjutnya tapi ternyata kita harus pulang.

Temen Gue   : “Bang, udah sore kita pulang yuk”
Gue              : *seketika melongo* “Hah? Serius kita pulang sekarang?”
Temen Gue   : “Iya kita pulang sekarang bang, soalnya barusan atasan gue 
                      telepon besok gue harus lembur”
Gue              : *tarik nafas* “Hmm ... Yaudah deh”

          Ada rasa ketidak ikhlasan ketika harus meninggalkan tempat ini begitu cepat dan ngebayangin perjalanan Bekasi – Geopark Ciletuh 6 jam naik motor. Padahal gue udah prepare untuk nginep entah sewa tenda dipinggir pantai atau cari penginapan di sekitar. Tapi yaudahlah, mari kita pulang ...

Uhh, belum bisa move on dari tempat ini akutuh ...

          Sebenernya ada banyak banget tempat wisata disini, mulai dari deretan perbukitan, pantai-pantai, air terjun, sampai beberapa bangunan yang dibangun di Kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi ini. Nggak salah Unesco memilih Sukabumi sebagai kawasan Geopark di Indonesia. Kawasan yang memeiliki tempat wisata yang begitu komplit. 

Tips Kece

1. Guys gue memiliki beberapa tips kece nih buat kalian yang mau kesini. Kalau kalian kesini menggunakan kendaraan baik Motor/Mobil, wajib banget di cek dan diservice yah. Karena track-nya turun naik dan ada beberapa kelokan dan tanjakan yang cukup terjal jadi kendaraan harus dalam keadaan prima. Jangan lupa cek kondisi "ban-nya" yah. Jangan sampai gundul (botak). Karena bisa membahayakan dikala hujan.

2. Untuk yang menggunakan moda transportasi umum kalian bisa naik bus MGI Ekonomi/AC dari Terminal Baranangsiang, Bogor. Kalian ambil jurusan Bogor – Pelabuhanratu. Tarifnya sekitar 30-40ribu untuk Ekonomi dan 40-50ribu untuk AC. Sesampainya di Terminal Pelabuhanratu kalian bisa lanjut menggunakan Elf jurusan Ciletuh dengan tarif sekitar 35ribu. Tapi trayek Elf-nya terbatas yaa guys, biasanya cuma sampai pukul 14.00 WIB. Setelah itu kalian bisa turun di Ciwaru dan pindah menggunakan Ojek ke Geoprak. FYI, sampai saat ini disini masih jarang ditemukan Ojek Online, so jangan berharap banyak yah hehe

3. Nah selain Bus, kalian juga bisa mengunakan moda transportasi Kereta Api Pangrango dari Stasiun Paledang, Bogor dengan tujuan Sukabumi. Tarifnya mulai dari 20 – 50ribu dan biasanya adanya 3 kali dalam satu hari. Setelah sampai di Sukabumi kalian bisa menaiki Elf dari Terminal Lembursitu sama dengan trayek diatas. 

4. Guys, buat kalian yang menggunakan Motor selalu sediakan Jas Hujan yah dan Payung kecil. Karena disini tuh sering banget hujan, jadi kalian tetap bisa melanjutkan perjalanan walaupun hujan. 

5. Sediakan beberapa minuman dan snack yah, jadi kalau kalian agak lelah dan laper bisa minggir untuk beristirahat sejenak. 

6. Jaga kesehatanya. Apalagi yang belum terbiasa touring. Kalian akan berjam-jam diperjalanan. Apalagi yang PP kayak gue. 12 Jam di jalan Bekasi – Ciletuh – Bekasi.

7. Ohiya, untuk para pengunjung jangan biasakan untuk membuang sampah sembarang yah. kalau memang sepanjang jalan kalian tidak menemukan tempat sampah, tolong bawa kembali sampahnya kerumah. Be smart traveler guys.

8. dan yang terakhir adalah, Plis jangan bawa mantan atau masa lalu yah. Kan niatnya mau refreshing dan move on dari bayang-bayang masa lalu. Jadi yang kayak gituan ditinggalin aja yah.. wkwk 

Daaan segitu dulu yah perjalanan gue di Geopark Ciletuh, Sukabumi. Buat kalian yang belum kesini, wajib banget yah kesini. Okeii, happy holiday guys ...  

4 Comments

  1. Wii gilaa bagus bangeet baaaang. Syukaaaaaa. Bacaan nya persuasif bgt isshhh wkwkwk syuka deh aku sama temen2 aku jadi pengen banget ke sini hahaha. Semoga bisa ke sini beneran deh 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Masyita Putri,
      Terima kasih banyak yah.
      Yuk ke Geopark Ciletuh, Sukabumi :))

      Delete
  2. Kereenn bang. Dari dulu pengen banget Travelling ke sukabumi, tapi belum kesampean. kapan-kapan ajakin saya lah keliling hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo bro Danu, aslinya lebih keren lagi tau hehe. Boleh kapan-kapan touring bareng yah hehe

      Delete