Kata Siapa Bikin Paspor Ribet ?





Hallo guys, apa kabarnya nih? Masih belum bosen kan yah baca tulisan gue . hehe *semoga nggak bosen yah*. Kali ini gue  mau sharing nih tentang cara buat Paspor. Kali aja masih ada yang bingung gimana caranya buat Paspor.

FYI : Paspor adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh pejabat pemertintah yang berwenang tentang identitas seorang warga negara yang akan melakukan perjalanan lintas negara. Nah paspor ini digunakan ketika kita akan hendak memasuki batas negara lain. Ohiya paspor juga ada dua jenis yah, ada Paspor biasa dengan 24 lembar dan 48 lembar atau e-Paspor. Tapi kali ini gue akan bahas yang Paspor biasa yah.

Guys, bikin paspor itu udah nggak seribet dulu kok. Dulu tuh orang-orang sampek berdesak-desakan untuk ambil nomer antrian, bahkan mereka harus antri dari pagi buta biar dapet nomer antrian. Selain itu juga rawan dengan “calo” nih guys, seremkan. Weits tenang kalo sekarang mah zaman udah canggih jadi nggak harus kita dateng pagi-pagi buta untuk dapet nomer antrian. Gimana bisa bang? Nih gue ceritain yah …


Gue kan lahir dan gede di Bekasi nih ye, jadi gue urus paspornya di Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi yang lokasinya di Jl. Achmad Yani No. 2 atau lebih tepatnya di belakang GOR Kota Bekasi (masih satu kawasan dengan Stadion Patriot Kota Bekasi). FYI ya guys, sekarang permohonan pembuatan paspor baru harus lewat online yah. Jadi kalian akan ditolak apabila belum mendaftar secara online. Kalo untuk Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi kalian bisa klik link ini bekasi.imigrasi.go.id/. Ohiya jangan lupa yaa untuk siapkan juga persyaratanya :

*gambar diambil dari Akun Instagram Ditjen Imigrasi


Pertama kalian masuk dulu ke laman diatas. Lalu kalian pilih Layanan Publik dan pilih Permohonan Paspor. Selanjutnya kalian akan disuruh memasukan nomer HP. Usahakan nomer HP yang aktif ya guys, soalnya nanti kalian akan mendapatakn kode yang harus dimasukan di laman berikutnya. 


halaman depan Web Imigrasi Kelas II Bekasi



Setelah itu kalian disuruh memilih tanggal dan jam kedatangan. Pilih tanggal yang berwarna biru yah, apabila dalam bulan tersebut berwarna merah atau tanda “X” berarti kuota untuk bulan tersebut sudah penuh. Kalian bisa meng-klik “next” dipojok kanan atas. 



masukan nomer HP yang aktif dan Kode yang tertera yah




masukan kode yang dikirim ke Nomer Hp kalian




pilih tanggal kedatangan kalian




jangan lupa pilih waktunya juga yah




masukan jumlah pemohon paspornya bisa sampai 6 orang


Setelah sudah kalian harus memasukan jumlah pemohon yang akan membuat paspor. Disini kalian bisa mengisikan sampai 6 orang pemohon yah. Jangan lupa siapkan data lengkapnya sepeti Nama Lengkap dan Nomer KK, kepada setiap pemohon. Nah setelah sudah kalian akan mendapatkan Kode Pendaftaran Anda berupa Nomer dan juga Barcode. Ini wajib dicetak dan dibawa dengan dokumen lainnya yah pas saat proses pembuatan.




nah ini Kode Pendaftaran kalian dan Wajib di Cetak yaa


Usahakan kalian datang 1 jam sebelumnya yah guys, biar nggak buru-buru banget dan juga jangan lupa bawa Materai 6000 satu lembar yah untuk mengisi surat pernyatan. Nah setelah itu kalian akan diberikan nomer antrian dan disuruh melengkapi persyaratanya sebelum di cek oleh petugas. Setelah dicek oleh petugas dan dinyatakan lengkap, kalian menunggu giliran foto dan wawancara dengan petugas Imigrasinya yah. Tenang aja nggak usah grogi pas wawancara. Biasanya mereka akan menanyakan seputar alasan kalian membuat paspor.

Setelah semua alur selesai, kalian akan diberikan bukti pembayaran dan jadwal pengambilan paspor, biasanya 5 hari kerja sudah jadi. Untuk besaran biayanya adalah Paspor Biasa 24 Halaman : Rp. 155.000 , 48 Halaman : Rp. 355.000, dan Paspor Elektronik (e-Paspor) 48 Halaman : Rp. 655.000,-. Biaya pembuatan paspor sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2014 Tentang Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.



nah ini paspor gue yang dikirim oleh  Pos Indonesia

Ohiya guys, di Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi pembayaran dilakukan di Pos Indonesia. Biasanya ada di halaman Kantor Imigrasi. Selain itu kalo kalian nggak punya waktu banyak, kalian bisa menggunakan jasa pengiriman paspor menggunkanan Pos Indonesia. Jadi kalian bayar biaya Pembuatan Paspor dan Pengirimannya. Praktis bukan? Kata siapa bikin paspor ribet? Buktinya gue nggak kok . hehe. Selamat Mencoba yah … 










1 Comments

  1. Trima kasih ya bg atas informasinya, ngebantu banget buat gua yg bru pertama ngurus paspor

    ReplyDelete