RS Premier Bintaro: Blogger & Vlogger Gathering Penanganan Terkini Saraf Kejepit

RS Premier Bintaro

Hai sobat jalan-jalan, apa kabarnya nih? Semoga baik-baik aja yaa. Btw, abang mau cerita serunya ikut acara Blogger & Vlogger Gathering bersama RS Premier Bintaro nih. FYI yaa sobat jalan-jalan, RS Premier Bintaro memang secara rutin mengundang rekan-rekan blogger dan vlogger untuk health talk and hospital tour, dan kali ini temanya adalah “Penanganan Terkini Saraf Kejepit” bersama dr. Ajiantoro, Sp.OT.

Tentang RS Premier Bintaro

Rumah Sakit Premier Bintaro

Teruntuk sobat jalan-jalan yang belum tau, RS Premier Bintaro ini terletak di tengah kawasan Bintaro Jaya yang dibangun di atas lahan seluas 12.000m2 dengan konsep desain yang unik. Ohiya RS Premier Bintaro mulai beroperasi pada 12 Oktober 1998 dengan nama Rumah Sakit Internasional Bintaro, nah per 12 Agustus 2010 akhirnya berganti nama menjadi Rumah Sakit Premier Bintaro.

FYI nih sobat jalan-jalan, RS Premier Bintaro adalah bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Group, grup rumah sakit swasta yang memiliki lebih dari 100 rumah sakit dan fasilitas di Australia, Inggris, Prancis, Malaysia, dan Indonesia. Selain itu, Rumah Sakit Premier Bintaro adalah rumah sakit pertama di Indonesia yang terakreditasi menggunakan standar Joint Commission International ( JCI ) edisi ke empat. JCI adalah organisasi akreditasi internasional, bagian dari Akreditasi Komisi Gabungan Organisasi Perawatan Kesehatan (JCAHO-USA).

Hospital Tour RS Premier Bintaro

Salah satu kegiatan acara Blogger & Vlogger Gathering adalah hospital tour dan kami dibagi menjadi beberapa kelompok, abang dapet kelompok 4 btw hehe. Kami diajak mengunjungi beberapa fasilitas unggulan yang ada di RS Premier Bintaro, diantaranya:

·      Lobi dan Pendaftaran Berkonsep Open Space


Lobi RS Premier Bintaro

Kesan abang pertama kali masuk RS Premeier Bintaro adalah tidak merasa ini rumah sakit, lebih mirip Mall karena konsep open space-nya. Di lobi selain meja informasi dan pendaftaran, kalian pun akan bertemu dengan si robot pintar bernama “darby’ yang siap membantu kita nih.


Selain itu, tepat di bagian belakang kita akan menemukan beberapa tenant yang menjual berbagai kebutuhan dan tempat menunggu yang mirip taman. Asli sih, menunggu jadi makin nyaman disini.  


·      Roof Garden


roof garden RS Premier Bintaro

Roof garden ini merupakan area yang ada di lantai 3 khusus untuk pasien yang ingin berjemur atau menghidup udara segar. Selain itu juga terdapat Pojok Dahak yang diperuntukkan untuk pengambilan dahak pasien. 


·      MCU Visa


MCU Visa RS Premier Bintaro

Salah satu layanan unggulan di RS Preimer Bintaro adalah terdapat layanan Medical Check Up untuk Umum dan untuk pengajuan Visa. Terdapat beberapa negara yang sudah terdaftar dalam layanan ini yaitu: UK (Inggris), Australia, Selandia Baru, Canada, dan Amerika. 


·      Stroke Center


storke center RS Premier Bintaro

Layanan unggulan lainnya adalah strok center yang mulai beroperasi di awal tahun 2022. Layanan unggulan Stroke Center Rumah Sakit Premier Bintaro dibentuk untuk memberikan penanganan stroke secara terpadu mulai dari tahap pencegahan (preventif), pengobatan (kuratif), dan pemulihan (rehabilitatif) bagi pasien stroke dan masyarakat.


·      Skin & Laser Clinic


skin and laser clinic RS Premier Bintaro

Nah selanjutnya adalah skin & laser clinic yang merupakan layanan unggulan di RS Premier Bintaro. Layanan ini menjadi solusi untuk semua permasalahan kulit dengan alat laser terkini. Selain untuk kulit, laser ini dapat mendukung layanan di Spesialis Kandungan, Spesialis THT, Spesialis Vaskular, serta Spesialis Urologi.


Health Talk: Penanganan Terkini Saraf Kejepit


Agenda selanjutnya adalah health talk bersama dr. Ajiantoro, Sp.OT(Kspine) yang merupakan salah satu dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi yang ada di RS Premier Bintaro. Beliau memaparkan terkait penanganan terkini saraf kejepit yang tidak melulu harus operasi dalam penanganannya. Pada usia produktif, 80% populasi mengalami minimal satu kali nyeri pinggang dalam episode kehidupan. Saraf kejepit atau low back pain juga merupakan urutan kedua tersering kunjungan kedokter dan urutan kelima penyebab masuk rumah sakit. Selain itu nih sobat jalan-jalan, saraf kejepit juga urutan ketiga penyakit yang butuh pembedahan dan salah satu penyebab tertinggi disabilitas. Ngeri yah?


Lalu apa yang menyebabkan saraf kejepit? Ternyata penyebabnya adalah tulang bergeser, HNP (Bantalan Robek), dan Segenerasi (Saraf Kejepit). Menurut beliau terdapat beberapa tindakan konservatif (Tanpa Operasi) untuk menangasi saraf kejepit ini, diantaranya:

·      Diet dan berat badan ideal

·      Perbaiki pola hidup dan aktivitas harian

·      Istirahat (bed rest) saat nyeri timbul

·      Menghindari gerakan-gerakan pencetus nyeri

·      Mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri, radang, dan vitamin, dan

·  Rehabilitasi medik seperti, Modalitas nyeri (TENS, US, Radiotheraphy, Latihan fisik dan penguatan otot (Olahraga), dan menggunakan Alat bantu dan korset. 

Nah untuk informasi nih yaa sobat jalan-jalan, RS Premier Bintaro memiliki layanan unggulan Ramsay Spine Center. Teruntuk yang belum tau, Ramsay Spine Center adalah pusat layanan untuk mengatasi seluruh problem tulang belakang secara terpadu dan komprehensif. Penanganan problem tulang belakang dilakukan oleh tim yang terdiri dari berbagai bidang spesialistik, yaitu dokter Spesialis Orthopedi Tulang Belakang, Spesialis Neurologi, Spesialis Neurofisiologi, Spesialis Rehabilitasi Medik dan Spesialis Radiologi.

Problem tulang belakang yang ditangain meliputi:

·      Berbagai nyeri tulang belakang.

·      Kelainan bentuk tulang belakang seperti skoliosis, dsb.

·      Trauma tulang belakang.

·      Gangguan syaraf akibat kelainan tulang belakang. 


Fasilitas pelayanan Ramsay Spine Center meliputi,

·      Terapi Non-Operatif/Konservatif

Sebagian besar problem tulang belakang tidak memerlukan terapi operatif, tapi cukup dengan mengikuti berbagai program yang telah disediakan yaitu Fisioterapi dan Terapi DBC (Documentation Based Care).

·      Terapi Operatif

Pengambilan keputusan operatif hanya dilakukan oleh tim Ramsay Spine Center setelah melalui analisa yang cermat. Tindakan operasi tulang belakang yang dapat dilakukan di Ramsay Spine Center antara lain:

-   Artificial Disc Replacement (penggantian cakram artifisial)

-   Spine Fusion (fusi tulang belakang)

-   Scoliosis Reconstruction (rekonstruksi skoliosis)

-   Endoscopic Discectomy (diskektomi endoskopi)

-   Vertebroplasty (vertebroplasti)

-   Pulse Radio frequency

-   Coblation



RS Premier Bintaro

Jl. MH Thamrin No. 1, Sektor 7 Bintaro Jaya, Kota Tangerang Selatan, 15224.

RSDHealth Careline: 1500908
WA Appointment    : 
+6281 7777 742

IGD & Ambulans    : +6221 7458 118
WA IGD & Ambulans : +62811 9690 5513


0 Comments