Berisiko Terkena Kanker, Ini Pola Hidup yang Harus di Terapkan!

Berisiko Terkena Kanker, Ini Pola Hidup yang Harus di Terapkan!

Sobat jalan-jalan, data Globocan menyebutkan di tahun 2018 terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, dimana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami kejadian kanker. Data tersebut juga menyatakan 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan, meninggal karena kanker.

Data dari Kemenkes RI menunjukan Angka kejadian penyakit kanker di Indonesia (136.2/100.000 penduduk) berada pada urutan 8 di Asia Tenggara, sedangkan di Asia urutan ke 23. Angka kejadian tertinggi di Indonesia untuk laki laki adalah kanker paru yaitu sebesar 19,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 10,9 per 100.000 penduduk, yang diikuti dengan kanker hati sebesar 12,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 7,6 per 100.000 penduduk. Sedangkan angka kejadian untuk perempuan yang tertinggi adalah kanker payudara yaitu sebesar 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk yang diikuti kanker leher rahim sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk.

Depresi
Foto oleh Whoismargot dari Pixabay

Data di atas menjadi warning untuk kita karena siapapun kita, apapun jabata kita, baik itu laki-laki maupun perempuan, semua bisa terkena kanker. Semua berawal dari kebiasan hidup kita yang jauh dari kata sehat yang dapat memicu berbagai penyakit, termasuk kanker. Menurut data International Agency for Research on Cancer (IARC) pada 2018, hampir 10 juta orang (9,6 juta) meninggal akibar kanker. Hal ini membuat kanker menjadi penyakit nomer dua mematikan setelah penyakit kardiovascular (gangguan pada jantung dan pembuluh darah).

Sobat jalan-jalan, gaya hidup yang tidak sehat tentunya secara tidak langsung memicu adanya gangguan kesehatan pada tubuh kita. Mencegah tentunya akan lebih baik daripada mengobati. Berikut beberapa tips cara mencegah kanker dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari.

Olahraga Rutin

Jogging
Foto oleh StockSnap dari Pixabay

Salah satu cara yang paling mudah dan murah adalah dengan berolahraga secara rutin. Berolahraga dapat membantu menghindari menumpuknya hormon-hormon yang dapat memicu kanker pada tubuh kita. Sobat jalan-jalan, kita direkomendasikan untuk berolahraga setidaknya 150 menit per minggu untuk olahraga ringan, dan 75 menit per minggu untuk olahraga berat yang intens. Nah, kita juga bisa melakukan olahraga ringan atau aktivitas fisik setidaknya 30 menit per hari nih sobat jalan-jalan. Jadi tidak ada alasan untuk malas yah untuk olahraga setiap harinya.

Stop Merokok!

No Smoking
Foto oleh Myriams-Fotos dari Pixbay

Sobat jalan-jalan tahukah kalian, asap rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia, di mana ratusan bahan kimia tersebut mengandung racun dan sekitar 70 persen dapat menyebabkan kanker. Penelitian telah menunjukan bahwa setiap 15 batang rokok yang dihisap, ada perubahan DNA yang dapat menyebabkan sel dalam tubuh menjadi kanker. Dikutip dari Mayo Clinic, merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru karena dapat merusak sel-sel yang melapisi paru-paru.

Nah sudah jelas banget kan sobat jalan-jalan, bahwa rokok itu sama sekali tidak ada manfaatnya untuk tubuh kita, jadi buat sobat jalan-jalan yang masih merokok, yuk belajar pelan-pelan untuk mengurangi rokok sampai bisa berhenti dari rokok. Teruntuk yang tidak merokok, semoga kita tetap pada pendirian kita untuk tidak merokok yah. Sayangi badan kita.

Mengkonsumsi Sayur Mayur dan Buah-Buahan

Sayur mayur sehat
Foto oleh Congerdesign dari Pixabay

Salah satu yang harus mulai kita perhatikan adalah komposisi makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Rutin mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan setiap harinya dapat menjadi cara mencegah kanker dengan mencegah kerusakan sel-sel yang dapat memicu timbulnya sel kanker. Sebaiknya, kita rutin mengkonsumsi 2,5 cangkir buah-buahan dan sayur mayur setiap harinya.

Hindari Minum Alkohol

stop alcohol
Foto oleh Jarmoluk dari Pixabay

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut alkohol sebagai karsinogen yaitu suatu unsur yang dapat menyebabkan kanker. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol juga dapat mempercepat risiko remaja terserang kanker payudarah.

Selain itu, penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi sekitar 3-5 gelas alkohol dalah satu hari akan meningkatkan risiko kanker payudarah hingga 50 persen. Hal ini terjadi karena kandungan ethanol yang terdapat dalam segelas red wine dan bir. Jadi mau laki-laki atau perempuan, yuk hindari meminum alkohol.

Rutin Minum Air Putih

Minu Air putih 8 gelas sehari
Foto oleh Michael-T dari Pixabay

Seperti yang kita tahu nih sobat jalan-jalan, 60 persen tubuh kita terdiri dari cairan dan kita wajib rutin minum air putih minimal 8 gelas setaip hari. Selain itu, hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, rutin minum air putih dalam jumlah minimal lima gelas sehari juga dapat mengurangi risiko kanker. FYI nih sobat jalan-jalan, tubuh yang tak kekurangan cairan dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 45 persen, kanker kandung kemih hingga 50 persen, dan kemungkinan juga dapat mengurangi risiko kanker payudarah. Jadi mulai rutin untuk minum air putih setiap hari ya sobat jalan-jalan.

FWD Cancer Protection

Sobat jalan-jalan itu di atas adalah beberapa tips dari abang untuk mencegah kanker dengan pola hidup sehat setiap harinya. Nah selain menerapkan pola hidup sehat, alangkah lebih baiknya kita pun harus melindungi diri kita dan orang tersayang dengan Arusansi Kanker dari FWD Insurance yaitu FWD Cancer Protection. Sudah pada pakai belum nih? Jika belum, nih abang jelasin dulu yah apa itu FWD Cancer Protection.

Asuransi Kanker FWD Cancer Protenction

Sobat jalan-jalan, FWD Cancer Protection adalah produk asuransi kanker online dari FWD Insurance yang memberikan perlindungan atas risiko penyakit kanker hingga tertanggung berusia 70 tahun. FWD Cancer Protection memberikan manfaat 100% uang pertanggungan jika kamu didiagnosis kanker. Perlindungan akan kamu terima jika terjadi risiko, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan biaya-biaya tak terduga dan bisa fokus pada proses pemulihanmu. Adapaun Carsinoma In Situ (CIS) yang termasuk dalam pertanggungjawaban adalah Carsinoma In Situ Payudara, Rahim, Saluran Tuba, Vulva, Vagina, Serviks Uteri, Usus Besar, Rektum, Alat Kelamin Pria, Testis, Paru-Paru, Hati, Perut, Nasofaring, atau Kandung Kemih.

Fitur Utama Asuransi Kanker: FWD Cancer Protection

-    Mudah Ketentuannya

100% Uang Pertanggungan jika didiagnosis kanker di tahap awal walaupun sudah memiliki perlindungan lainnya.

-    Mudah Belinya

Cukup 4 langkah, pembelian melalui online dimana saja cukup dengan 3 pertanyaan kesehatan saja.

-    Mudah Bayarnya

Mulai dari Rp. 10.000,-/bulan* bebas pilih uang pertanggungan sesuai dengan kebutuhan.

-    Mudah Klaimnya

Proses pengajuan kalim mudah dan cepat, selama dokumen lengkap.

Bagaimana nih sobat jalan-jalan, pentingkan kita memiliki Asuransi Kanker dari FWD Cancer Protection, asuransi mudah beneran cara apply-nya pun lewat online saja nggak perlu keluar rumah, dan bayarnya pun mulai dari Rp. 10.000,- per bulan loh. Yuk buruan kunjungi webnya yah. Salam sehat selalu sobat jalan-jalan. 

0 Comments