Unik dan Kreatif! Ada Batik Kukus dan Brownies Salak di Festival UMKM Sembada 3

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman tahun ini kembali menghelat Festival UMKM Sembada 3 di Atrium Jogja City Mall (JCM) dari tanggal 3 – 6 Desember 2020. Festival tahunan yang mengumpulkan para pegiat Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Sleman ini mendapatkan antusias yang sangat luar biasa, baik itu dari para pelaku usaha maupun dari pengunjung yang datang. Terbukti, Festival UMKM Sembada 3 ini diikuti oleh 143 UKM di 64 stan-stan pameran yang terdiri dari 19 UMKM Kerajinan, 36 UMKM Busana, 82 UMKM Kuliner, dan 6 UMKM Flora, dan banyak lainnya.

Sekilas Tentang Festival UMKM Sembada 3

Pembukaan Festival UMKM Sembada 3
Penampilan tari tradisional dalam pembukaan Festival UMKM Sembada 3
Foto: Dokumen Pribadi

Festival UMKM Sembada 3 merupakan acara tahunan yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman untuk mengumpulkan para pegiat Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memamerkan produk-produk unggulannya. Tujuannya tidak lain untuk memperkuat perekonomian masyarakat dengan pemberdayaan UMKM. Terlebih, sektor ini merupakan salah satu yang paling terdampak pandemi COVID-19. Sehingga harapannya, melalui Festival UMKM Sembada 3 ini diharapkan dapat memperkokoh perekonomian serta memastikan roda perekonomian tetap berputar di tengah situasi yang serba sulit ini. 

Tidak Hanya Offline, Festival Ini Pun di Gelar Secara Online

Belajar membatik di Festival UMKM Sembada 3
Ibu-ibu sedang belajar membatik di Festival UMKM Sembada 3
Foto: Dokumen Pribadi

Festival UMKM Sembada 3 kali ini terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Diselenggarakan di masa pandemi, Festival UMKM Sembada 3 ini digelar secara offline dan online. Jika teman-teman saat ini sedang berada di sekitaran Yogyakarta, kalian dapat mengunjungi festival ini di Atrium Jogja City Mall (JCM) di Jl. Magelang KM. 6, No. 18. Kutu Patran, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, DIY. 55284. Festival ini berlangsung dari tanggal 3-6 Desember 2020. 

Aplikasi virtual kendi sembada
Tampilan depan Aplikasi Virtual Kendi Sembada
Foto: Dokumen Pribadi

Tapi jangan khawatir, teruntuk kalian yang sedang tidak berada di Yogyakarta, kalian tetap dapat mengikuti semua rangkaian acara termasuk memesan produk secara online melalui Aplikasi Android Kendi Sembada V 1.5 yang dapat diunduh di google playstore dengan menggunakan kata kunci “Kendi Sembada” atau kalian bisa klik disini. 

Pembayaran Sudah Bisa Cashless

QRIS di Festival UMKM Sembada 3
Salah satu barcode QRIS di stan Prasojo Gemilang Group
Foto: Dokumen Pribadi

Di era yang serba digital ini, apapun terasa lebih mudah termasuk transkasi pembayaran. Begitupun transkasi pembayaran di semua stan yang ada di Festival UMKM Sembada 3 yang sudah mengadopsi pembayaran secara non-tunai (cashless) dengan menggunakan Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) yang sudah disediakan di setiap stan. Jadi kalian tidak akan kesulitan lagi jika tidak membawa banyak uang tunai, tinggal scan barcode-nya langsung bawa deh belanjaannya. Mudah bukan?

Sudah Menerapkan Protokol Kesehatan

Pintu masuk Festival UMKM Sembada 3
Pengecekan suhu tubuh dilakukan di pintu masuk Festival UMKM Sembada 3
Foto: Dokumen Pribadi

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat mengunjungi Festival UMKM Sembada 3 secara offline adalah protokol kesehatannya. Sebelum teman-teman memasuki area pameran, kalian diwajibkan menggunakan masker, selanjutnya akan di cek suhu tubuh dan juga diwajibkan menggunakan handsanitizer yang sudah disediakan pihak penyelenggara di pintu masuk pameran dan juga disetiap stan pameran. 

Handsanitizer di Festival UMKM Sembada 3
Di pintu masuk sudah disediakan handsanitizer jangan lupa di pakai ya
Foto: Dokumen Pribadi

Handsanitizer di setiap stand
Di setiap stan pun sudah disekiatan handsanitizer loh
Foto: Dokumen Pribadi

Penyelenggara pun akan melakukan patroli secara berkala apabila kedapatan terlalu ramai pengunjung di satu titik. Hal ini untuk mencegah penularan COVID-19 dikerumuman. Ingat, kita harus menerapkan 3M dimanapun kita berada ya, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan juga menjaga jarak.

Unik, Ada Batik di Kukus Loh!

Kue Batik Kukus Jogja
Mba Olivia dengan produknya Kue Batik Kukus Jogja
Foto: Dokumen Pribadi

Ngomongin yang unik di Festival UMKM Sembada 3 ini mah banyak banget, serius! Salah satu hal unik yang aku temukan di stan kuliner adalah batik di kukus. Eits sebentar, batik yang dikukus ini ternyata adalah kue bolu yang memiliki corak batik, unik banget bukan? Batik Kukus Jogja ini bisa menjadi alternatif oleh-oleh dari Jogja yang unik dan tentunya kekinian loh.

Batik Kukus Jogja
Kemasannya premium banget ya 
Foto: Dokumen Pribadi

Bolu dengan motif batik di Jogja
Ini kue bolunya dengan motif Parang dan Kawung. Cantik ya?
Foto: Dokumen Pribadi

Tekstur kuenya yang lembut, ternyata memiliki dua varian rasa, yaitu coklat dan keju. Kalian tinggal pilih deh suka yang rasa apa. Uniknya lagi, kita tidak hanya dapat membeli produknya saja, melainkan dapat juga belajar membuatnya. Yap, mulai dari Rp. 175.000 -  Rp. 300.000, kalian sudah dapat mengikuti kelas membuat kue bolu dengan corak batik. Batik Kukus Jogja ini sudah lama membuka kelas untuk teman-teman yang ingin belajar membuat kue bolu dengan motif batik tanpa minimum peserta, tentunya kalian pun dapat memesan ingin belajar motif batik apapun yang kalian mau. Seru bangetkan?

Bersama owner Kue Bolu Batik Kukus Jogja
Bersama Mba Olivia nih. Kalian jangan lupa beli Kue Batik Kukusnya
Foto: Dokumen Pribadi

Batik Kukus Jogja

Perumahan Dalem Maguwo Asri No. C1, Demangan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, DIY. 55281.

WA: 089681005757

IG: @batik_kukus

Harga: Rp. 45.000,-/10 buah (Normal), Pameran: Rp. 42.000,-/10 buah

Kreatif, Ternyata Salak Bisa Jadi Brownies

Ibu Denita owner Kanaya culinary House
Ibu Denita selaku owner dari Kanaya Culinary House
Foto: Dokumen Pribadi

Tidak hanya Batik Kukus Jogja yang memiliki keunikan, di Festival UMKM Sembada 3 ini, aku pun menekukan kuliner yang unik sekaligus kreatif, yaitu Brownies Salak Kanaya. Terkenal dengan penghasil buah salak terbesar se-Indonesia, Kabupaten Sleman memang tidak perlu diragukan lagi terkait kualitas buah salaknya. Tidak hanya itu, kalian pun akan menemukan banyak olahan buah salak yang di produksi oleh tangan-tangan kreatif masyarakat Sleman, salah satunya di tangan Ibu Denita yang menyulap buah salak menjadi brownies yang enak dan lezat.

Kemasan Brownies Salak Kanaya
Cantik ya kemasan Brownies Salak Kanaya
Foto: Dokumen Pribadi

Brownies Salak Kanaya
Yummy! Yakin kalian nggak ngiler liat ini? 
Foto: Dokumen Pribadi

Nyatanya, pandemi COVID-19 tidak selalu menyisakan cerita kelam, di tengah krisis saat pandemi ini, Bu Denita yang merupakan owner dari Kanaya Culinary House akhirnya menemukan resep baru untuk produknya yaitu Brownies Salak Kanaya. Terhitung tiga bulan dari Agustus 2020, semenjak produk ini dilempar ke pasar, ternyata respon pasar begitu bagus. Brownies Salak Kanaya merupakan brownies berbahan dasar buah salak yang diolah menggunakan bahan baku alami gula semut yang rendah gulkosa. Sehingga kue brownies ini dapat dikonsumsi siapapun, baik anak-anak, orang tua, bahkan penderita diabetes pun dapat mengkonsumsinya. 

Owner Brownies Kanaya
Bersama Ibu Denita owner Kanaya Culinary House. Yuk beli produknya
Foto: Dokumen Pribadi

Tekstur yang begitu lembut dan rasanya yang lezat membuat siapapun yang mencobanya pasti akan kaget kalau ternyata bahan dasarnya adalah Buah Salak. Selain Brownies Salak Kanaya, ada juga loh Pempek Ikan Campur, Pempek Dos Pastel (Sayuran), dan Bubur Sumsum Pandan. Yakin nih kalian tidak mau mencobanya?

Kanaya Culinary House

Jl. Turi Agrowisata KM. 1,5 Jogokerten, Trimulyo, Sleman, DIY.

WA: 08112954118

IG: kanayaculinaryhouse

Harga: - Brownies Salak Gula Semut Gluten Free : Rp. 52.000,-

-      Brownies Salak Gula Semut : Rp. 49.000,-

-      Pempek Ikan Campur : Rp. 20.000,-

-      Pempek Dos Pastel (Sayuran) : Rp. Rp. 20.000,-

-      Bubur Sumsum Pandan : Rp. Rp.5000,-

Nah, bagaimana teman-teman, seru bukan Festival UMKM Sembada 3 yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman di Atrium Jogja City Mall (JCM) ini? Beberapa produk di atas hanyalah sebagain kecil produk unggulan dari Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman, ada puluhan bahkan ratusan produk unggulan lainnya yang di pamerkan di Festival UMKM Sembada 3.  Yuk, bagi kalian yang ada di sekitaran Yogyakarta bisa langsung mengunjungi JCM ya. Jangan khawatir, bagi kalian yang ada di luar Yogyakarta pun masih bisa mengikuti Festival UMKM Sembada 3 menggunakan Aplikasi Kendi Sembada. Mari belanja produk lokal, mari sama-sama membantu UMKM.

#dinkopukmsleman #FestivalUMKMSembada3 

0 Comments