Sueger Fam Trip 2019 : Menyusuri Jember Bersama Blogger Nusantara

Sueger Fam Trip 2019 menyusuri jember bersama blogger nusantara

Ting tong (Bunyi notifikasi email)
Selamat Anda lolos menjadi salah satu peserta #SuegerFamTrip2019 ...
*Ya Allah sujud syukur

Begitulah sedikit tulisan yang muncul di sebagian layar hp abang. Bahagia? Uh bukan lagi. Karena ini salah satu event yang abang apply dan sangat berharap masuk kedalam bagian Sueger Fam Trip 2019. Secara yang daftar acara Sueger Fam Trip 2019 ini banyak banget dan kuotanya sangat terbatas. Panitia hanya memilih peserta yang mumpuni dengan persyaratan yang ada. Kuotanya adalah 20 untuk Blogger Nusantara (Seluruh Blogger di Indonesia) dan 10 untuk blogger lokal (Sekitaran Jember). FYI yaa travellovers, Sueger Fam Trip 2019 merupakan acara yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Jember yang menggandeng Komunitas Blogger Jember Sueger. Mantap kan Disparnya travellovers.

Menjadi bagian dari serunya menyusuri Kabupaten Jember bersama Sueger Fam Trip 2019 mungkin bukan cuma keinginan abang semata, tapi banyak blogger dan vlogger lainnya. Terbukti dengan banyaknya yang mendaftar dalam kegiatan ini dan hanya sebagian orang yang diterima. Tau sendirikan abang masih baru di dunia per-Bloggeran, jadi acara ini bisa menjadi batu loncatan untuk bertemu dengan senior-senior travelbloger dari seluruh penjuru nusantara.

Abang lanjutin yah travellovers, acara Sueger Fam Trip 2019 ini berlangsung dari tanggal 22-24 Juni 2019 dengan 30 travelbloger terpilih yang terdiri dari 10 Blogger Lokal (Sekitaran Jember) dan 20 Blogger Nusantara (Seluruh blogger se-Indonesia). Nah penasarankan acaranya apa aja, ini dia serunya Sueger Fam Trip 2019  :

Hari Pertama : 22 Juni 2019
Abang bersama rombongan dari Jakarta, duilah bang pake segala bawa rombongan udah kek besanan aja wkwk, sampai di Stasiun Jember sekitar pukul 08.40 WIB dan dijemput oleh teman-teman dari Blogger Jember dan tim dari Dispar Kab. Jember. Langsung deh diajak sarapan di Hararu Japanesse Food Jember.

Hararu Japanese Food Jember
Lokasi pertama yang abang kunjungi dengan peserta yang lain adalah Hararu Japanesse Food Jember yang lokasinya persis ada di depan Stasiun Jember atau di Jl. Wijaya Kusuma No. 50, Pagah, Jemberlor, Patrang, Kabupaten Jember. 

Sesuai dengan namanya, Hararu ini  merupaka cafe yang memiliki banyak menu Japanese Food dan minuman yang kekinian. Nggak cuma menunya aja yang kekinian, cafe yang buka 24 jam ini juga instagramable dan asik banget loh buat dikunjungi sambil nunggu jadwal keberangkatan kereta.

Ohiya ada beberapa menu nih yang abang coba disini yaitu : Yakitori yang merupakan Pentol dengan daging Kelinci, Pilet Ayam, dan juga Sosis Sapi. Terus juga ada menu Suki yang bisa kita masak sendiri disini. Uh bikin baper kan perut abang, bwt! Nah untuk minumnya abang pilih Matcha dan Virgin Mojito. Matchanya nenangin banget dan Virgin Mojitonya nyegerin banget, cocok di minium pas siang hari.

Nah, buat kalian yang penasaran dengan Hararu Japanese Food Jember bisang langsung follow instargramnya di @hararu.jbr

Warung Kembang

Destinasi berikutnya adalah Warung Kembang. Wah makan lagi nih bang? Wih iyaa dong! Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit dari Stasiun Jember, kami melanjutkan perjalanan ke destinasi kedua yaitu Warung Kembang.

Sueger Fam Trip 2019
Warung Kembang merupakan salah satu rumah makan dengan konsep pedesaan dan sangat asri. Hamparan pesawahan dan rimbunnya pohon-pohon pun masih bisa kita lihat disini. Di Warung Kembang ini, kami dan teman-teman yang baru sampai dari luar kota dipersilahkan untuk beristirahat dan bersih-bersih alis mandi wkwk. Secara Jakarta – Surabaya 12 Jam lanjut Surabaya – Jember 5 jam nah bisa dihitung sendiri berapa jam kami didalam gerebong kereta dah gimana kondisi kami wkwk. Plis dibayangkan aja yah wkwk.

 Hayoo siapa yang nggak laper liat menu-menu ini? Nyam!

Lanjut, setelah bersih-bersih acara dilanjutkan dengan makan siang dengan menu-menu yang sangat menggugah selera. Gimana nggak menggugah selera coba, ada ayam goreng dan bakar, ada ikan goreng dan bakar, urab, lodeh, tahu dan tempe goreng, jamur krispi, sayur asem dan yang nggak boleh ketinggalan adalah sambel. Uhh, abang jadi laper lagi yaa btw wkwkw

Btw travellovers, selain menjadi salah satu tempat makan yang hits di Jember, Warung Kembang ini cocok dijadikan tempat untuk Gathering dan Wedding Party loh. Nggak percaya? Follow aja nih instagramnya : @warungkembang


Puslit Koka Indonesia







A post shared by ᔕYᗩIᖴᑌᒪ ᗷᔕ (@ipulsoedibjoe) on
Mandi udah, makan siang udah, sekarang waktunya explore yah travellovers. Kita akan mengujungi salah satu pusat penelitian tentang kopi dan kakao nih di Jember. Secara Jember merupakan salah satu penghasil kopi dan kokoa terbaik di Indonesia loh. Pasti udah banyak yang taukan travellovers? Yaps namanya adalah Puslit Koka Indonesia.

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslit Koka) merupakan lembaga untuk melakukan penelitian dan pengembanggan komoditas kopi dan kakao secara nasional. Ini satu-satunya loh di Indonesia travellovers. Yaps ini hanya ada satu-satunya di Indonesia yaitu di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Jember, Jawa Timur. Keren kan Jember punya Pusat Penelitian Kopi dan Kakao terbesar di Indonesia. Prokprokprok! 

Sueger Fam Trip 2019
Ini dia yang ada di Puslit Koka Indonesia
Nah, di Puslit Koka Indonesia ini kami diajak berkeliling kebun kopi dan kokoanya serta dijelasakan proses pengolahan kopi dan juga kokoa hingga menjadi olahan yang bisa dikonsumsi. Ada banyak produk kopi dan juga kokoa yang sudah diolah menjadi kopi dan coklat. Dan semua produknya itu bisa kita beli di Outlet Kopi dan Kokoa yang berada di Puslit Koka Indonesia travellovers.

Pantai Pasir Putih Malikan (Pantai Papuma)







A post shared by ᔕYᗩIᖴᑌᒪ ᗷᔕ (@ipulsoedibjoe) on
Lanjut lagi yok ah! Udah cukup keliling Puslit Koka Indonesianya, perjalanan dilanjutkan ke Pantai Pasir Putih Malikan (Pantai Papuma). Cung siapa disini yang belum tau Pantai Papuma? Fix main kalian masih kurang jauh, pulang kalian masih kurang malem eh! Moonmaap wkwk. Travellovers, Pantai Papuma merupakan salah satu pantai dengan view terbaik di Jember loh.

Selain hamparan pasir putih, Pantai Papuma merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset loh. Sayangnya, pas kami kesini suasanya lagi mendung jadi nggak bisa liat cantiknya sunset di Pantai Papuma deh. Ini salah satu definisi sakit tapi nggak berdarah, Jleb! 
Tapi abang tetap bisa menikmati indahnya Pantai Papuma dengan hamparan tanjungnya yang cocok banget jadi tempat foto. Eits, jangan lupa naik ke Siti Hinggilnya yah, karena ini tempat yang cocok banget untuk menikmati Pantai Papuma dari ketinggian.

Btw, setelah menikmati indahnya Pantai Papuma, kami pun bermalam di salah satu penginapan milik Perhutani di sekitaran Pantai Papuma, karena besok paginya kami akan melihat para nelayan yang baru pulang melaut. Wow amazing!

Hari ke-2 : Minggu, 23 Juni 2019
Watu Ulo Pegon Parade 2019 (Waton)
Ada yang menarik dalam Sueger Fam Trip 2019 ini, karena seluruh peserta diundang secara langsung untuk mengikuti acara Waton 2019. Acara Watu Ulo Pegon Parade 2019 (Waton) ini merupakan acara pertama yang diselenggarkan oleh Pemkab Jember yang diselenggarakan di Pantai Watu Ulo.

Sueger Fam Trip 2019
Nggak lupa foto bareng pengisi acaranya dong

Dalam acara Waton 2019 ini ada banyak kegiatan dan penampilan yang disajikan untuk menghibur masyarakat Jember pada umumnya. Mulai dari Reyog, Jaranan dan Jathilan, dan ada juga Ta’ Butha’an yang merupakan raksasa atau barong. Selain itu juga ada pameran UKM yang sekaligus menjual berbagai macam produk atau olahan, lomba mewarnai sampai dengan melukis, lomba bakar ikan, sampai dengan “Ngalap Berkah” atau bagi-bagi berkah dengan melempar ketupat dan lepet yang berbetuk gunung. Dilanjut dengan makan bersama deh yang namanya adalah “Kembulan Bujono”.

 Ini Pegon yang abang naikin sama Mbak Uniek 

Ini foto bersama dengan ibu dan bapak pemilik Pegon

Nah yang menjadi daya tarik adalah Parade Pegon itu sendiri. Pegon merupakan alat transportasi zaman dulu yang ditarik oleh sapi dan biasanya untuk menggangkut orang atau barang. Di acara Waton 2019 ini, ada lebih dari 60 pegon yang ikut berpartisipasi loh. kebayangkan serunya. Btw, abang juga dapet kesempatan mencoba langsung naik pegon loh hehe. Alhamdulillah yaa sesuatu ...

Wisata Agro Rayap Kebun Renteng
Sueger Fam Trip 2019
Setelah mengikuti acara Waton 2019, kami bergegas menuju destinasi berikutnya yaitu Wisata Argo Rayap Kebun Renteng atau biasa disebut Kebun Kopi Rayap. Kebun Kopi Rayap ini berada di Desa Kemuningsari Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember atayu sekitar 16 KM dari Jember.

Kebun Kopi Robusta Rayap merupakan bagian dari Kebun Renteng PTPN XII yang berada pada ketinggian 400-800 mdpl dengan topografi pegunungan yang merupakan barisan lereng gunung Argopura.

Suara gemercik air dari sungai, udaranya yang sejuk, hingga hijaunya pemandangan sekitar membuat kita betah berlama-lama. Disini, kita bisa melihat proses pengolahan Kopi Robusta, mulai dari penggorengan (pengeringan) kopi sampai dengan uji coba rasa Kopi Robusta. Lengkap deh travellovers.

Ohiya, di Wisata Argo Rayap Kebun Renteng ini juga terdapat bangunan bekas belanda yang sekarang dijadikan untuk penginapan loh. Jadi kalau kalian ingin bermalam disini bisa banget, karena bisa menampung banyak orang. Tenang, harganya pun masih cocok kok, so buat kalian yang mau kesini jangan khawatir nggak ada penginapan yah. 

Hotel Rembangan


Hari mulai gelap, kami pun melanjutkan perjalanan ke Puncak Rembangan, yaps Puncak Rembangan. Travellovers, Puncak Rembangan merupakan dataran tertinggi di Kabupaten Jember. Nah, kami pun menginap di Hotel Rembangan. Salah satu hotel dengan view terbaik untuk menikmati kota Jember dari ketinggian.

Menikmati makan malam dengan ribuan cahaya kerlap kerlip kota Jember di malam hari. Sambil menikmati sejuknya udara di sekitar, nggak lupa wedang jahe dan pisang goreng menjadi teman yang setia menghabiskan malam di Hotel Rembangan. 

Sueger Fam Trip 2019
Foto keluarga dulu dong hehe

Jangan bangun siang-siang yah kalo bermalam disini, sayang! Iya sayang, karena kalian akan melewatkan  pemandangan yang epic banget dan jarang kita lihat apalagi kalau kita tinggal diperkotaan. Berkeliling lah disekitaran hotel. Dan lihatlah, Gunung Argopuro yang indah diantara hijaunya perkebunan kopi. Epic!

Jika kalian sudah terbiasa dengan dinginya udara dipegunungan, kalian boleh berenang kok di kolam renang yang ada di Hotel Rembangan. Tenang, air di kolam renangnya nggak sedingin sikap dia ke kamu kok, Ups!

Hari ke-3 : Senin, 24 Juni 2019
Museum Tembakau dan Perpustakaan







Museum Tembakau dan Perpustakaan . Temans, di Jember ada Museum Tembakau dan Perpustakaannya loh yang berada di dalam UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau Jember (UPT PSMB - LT Jember) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur. . Nah Museum Tembakau dan Perpustakaan ini merupakan bagian dari Tobacco Information Center yang memberikan informasi tentang diversifikasi tembakau seperti : Bio-oil, Minyak atsiri, Bahan pembuat solar cell, Bahan farmasi, Parfum, Kosmetik, Pupuk & Pestisida. . Selain itu, di Museum Tembakau ini ada juga loh Perpustakaannya yang sudah memiliki Digital Library yang merupakan hasil kerja sama dengan LIPI. Kalian bisa mencari tentang literatur tembakau dan komoditas lain dalam bentuk e-book yang bisa diakses di perpustakaan ini. Keren banget nggak temans? . Jangan lupa mampir ke Museum Tembakau dan Perpustakaannya yah kalau lagi ada di Jember 😄 . . @bloggerjember @naturallyjember_official @humas_jember #museumtembakau #museumtembakaujember #museumtembakaudanperpustakaan # #UPTPSMBLTJember #explorejember #explorejembercity #bloggerjember #travelblogger #suegerfamtrip19 #siipuljalanjalan #lfl💛
A post shared by ᔕYᗩIᖴᑌᒪ ᗷᔕ (@ipulsoedibjoe) on

Di hari ketiga ini, kami diajak mengunjungi UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau Jember (UPT PSMB LT Jember) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur yang didalamnya terdapat Laboratorium Penguji, Laboratorium Kalibrasi, dan ada juga Museum Tembakau dan Perpustakaan.

Salah satu yang menarik di UPT PSMB LT Jember yang beralamat di Jl. Kalimantan No. 1 Jember ini adalah, kami diberi kesempatan untuk keliling Museum Tembakau dan Perpustakaanya nih travellovers. Serukan!
Sueger Fam Trip 2019
Travellovers, Museum Tembakau dan Perpustakaan ini merupakan bagian dari Tobacco Information Center yang memberikan informasi diversifikasi tembakau antara lain : Bio-oil, Minyak Atsiri, Bahan pembuat solar cell, Bahan farmasi, Parfum, Kosmetik, Pupuk dan Pestisida.

Nah jadi ternyata tembakau itu nggak cuma jadi cerutu dan rokok aja tapi banyak kegunaanya. Btw, selain Museum Tembakau, disini juga ada perpustakaannya loh. Dimana didalam perpustakaanya terdapat SNI Corner hasil kerja sama dengan Badan Standarisasi Nasional sebagai pusat informasi bagi stakeholder tentang Standar Nasional Indonesia. Ada juga Digital Library yang merupakan hasil kerjasama dengan LIPI yang akan memberikan literatur tentang tembakau dan komoditas lain dalam bentuk e-book yang bisa diaskses di perpustakaan. Keren banget kan travellovers!

BIN Cigar Factory

Sueger Fam Trip 2019
Lanjut lagi yaa pemirsa haha, masih ada kaitanya dengan tembakau, kali ini kita diajak ketempat produksi cerutu terkenal di Kabupaten Jember nih travellovers. Yah kita udah tau semua yah kalo Kabupaten Jember merupakan salah satu penghasil tembakau terkenal di Indonesia, makanya jangan aneh kalau salah satu tempat memproduksi cerutu terkenalnya ada disini nih. Yaps namanya adalah BIN Cigar Factory.

Beralamatkan di Jalan Brawijaya No. 3, Krajan, Jubung, Sukorambi, Kabupaten Jember, BIN Cigar Factory ini telah memproduksi ribuan bahkan jutaan batang cerutu yang di ekspor keluar negeri. Seperti Cina, Jepang, Turki, Polandia dan masih banyak lainnya.

Ohiya travellovers, selain kita bisa melihat koleksi-koleksi cerutunya, kita pun bisa melihat langsung bagaimana cara memproduksi cerutu ini. mulai dari proses pemilihan daun, memotongnya sampai dengan proses penggulungan hingga menjadi cerutu yang siap dikirim kepelanggan. Keren kan travellovers, ternyata Kabupaten Jember punya cerutu yang udah Go Internasional.

Warung Nasi Gudeg Lumintu
Travellovers, sepertinya ini makan siang terakhir dengan semua peserta dan panitia Sueger Fam Trip 2019 deh, sambil nangis dipojokan meja hiks. Yaps di Warung Nasi Gudeg Lumintu ini kita makan siang. Bukan tanpa alasan kita makan siang disini, selain rasanya yang enak, Warung Nasi Gudeg Lumintu ini sudah melegenda sejak berjualan di Bondowoso tahun 1968. Wow!

Nah, ada yang menarik nih travellovers, dari namanya pun kita sudah tau yah, dalam penyajianya gudeg ini dilengakapi dengan pecel (sayuran) lengkap dengan sambalnya. Menarik bukan? Jujur nih travellovers, sebenernya abang itu nggak terlalu suka gudeg, karen rasanya agak manis sedangkan abang asli Sunda Betawi, yang makananya mayoritas pedes, asin, gurih, jadi kalo agak manis nggak terlalu suka. Eh tapi di Gudeg Lumintu ini beda rasanya nggak terlalu manis seperti gudeg pada umumnya, jadilah cocok dengan mulut abang hehe.

Warung Nasi Gudeg Lumintu ini masuk kedalam wisata kuliner yang wajib kalian cobain loh kalo lagi mampir ke Jember, so buat kalian pencinta kuliner khususnya gudeg bisa banget nyobain Pecel Gudeg Lumintu yah.

Sueger Fam Trip 2019
Sedih abang tuh kalo liat foto ini hiks 
Travellovers, jangan pernah sesali pertemuan, dan jangan pernah tangisi perpisahan yah. Tsah sambil lap air mata. Sebenernya explore Jember 3 hari 2 malam itu masih kurang banget, asli! Ada banyak sisi Jember yang belum di jelajahi, tapi apa boleh buat time is over guys waktunya kembali ke habitat masing-masing untuk mengais rezeki lagi wkwk.

Btw, Terima kasih banyak Dinas Parwisata Kabupaten Jember, temen-temen Blogger Jember, dan juga keluarga baru di Sueger Fam Trip 2019. Semoga kita bisa bertemu lagi dengan keadaan yang lebih baik lagi yah. aamiin.
See you at another trip guys ...

54 Comments

  1. festival Waton pecah banget dah mas... Suka deh, hehehehehe baru pertama kali aku ikut event itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa banget Sol, bikin gagal move on yah dari event ini hihi

      Delete
  2. Pecah banget pemirsah Sueger Famtrip di Jember! Lengkap banget emang Jember ya Bang, ada pesona alam, kulinernya enak, pun budayanya cakep. Oleh-olehnya juga mantap. Bakar ikan di Waton asyik banget tuh, plus ke Puslit Koka yang bikin kalap belanja cokelat dan kopi. Kapan ya ke Jember lagi. Sueger tenan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebangetan yaa Mas Rud lengkapnya ehehe ..
      Hayuk mas main ke Jember lagi hihi

      Delete
  3. Seru banget ya pul..

    Makasih lho da sering jadi tukang foto disana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbak hehe, hehe iyaa mbaku sama-sama yah hihi

      Delete
  4. Waah selamat yaa kemarin terpilih dari 20 blogger yang diajak jalan-jalan ke Jember. Baru tau kalau Jember punya Pantai Papuma yang cantiik dan punya dataran tinggi Rembangan yang cakep. Kalau nggak ditulis blogger blogger gini juga nggak tau loh.

    Tulisannya apik dan informatif. Tapi panjang banget ya. Kayaknya kalau dipisah jadi part 1 dan part 2 lebih enak ya bacanya gak kepanjangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe terima kasih kak Nunung,
      iyaa sengaja nih nulis biar panjang dan dijadiin satu part aja.
      Lagi pengen nulis panjang dan tuntas di 1 artikel heheh

      Delete
  5. Saya malah penasaran dengan Puslit Koka dan Museum Tembakau. Itu terbuka untuk umum nggak ya? Boleh juga tuh, kalau lihat-lihat produk-produk keren Indonesia. Daripada pantai, saya lebih suka keluar masuk museum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak Dyah,
      Terbuka untuk umum kok kak dan untuk Museum Tembakau sementara di buka hanya di weekday aja kak hehe

      Delete
  6. Gue belom pernah ke Pantai Papuma. Fix gue mainnya kurang jauh! xD

    Baru tau kalo Papuma itu adalah singkatan, kirain memang namanya itu. Acaranya padet dan seru banget ya, bro! Tapi bahagia sih karena bisa ketemu dan main bareng temen-temen blogger. Gudeg-nya unik karena disajikan dengan pecel. Bangga ya cerutu kita sudah melanglang buana ke berbagai penjuru dunia!

    Cuma satu pertanyaan, kenapa ada agenda ke restoran makanan Jepang? Pasti masih ada banyak tempat makan Indonesia di Jember :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaha iyaa bang, itu agenda tambahan makan di resto Jepang :D

      Delete
  7. mas itu blogger nusantara komunitas? adanya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan komunitas kak,
      Itu hanya sebutan buat temen-temen blogger yang lolos dalam acara Sueger Fam Trip 2019 :)

      Delete
  8. Baru tau ternyata Jember cantik banget
    Banyak sekali potensi wisata alam dan agro yang bisa dieksplor
    Tambah lagi makanannya tampak enak-enak semua
    Aaaa.... aku jadi pengen ke Jember

    ReplyDelete
  9. Ke Jember itu memang belum komplit jika belum datang ke PUslitkoka. Saya sendiri ke sana bertahun-tahun lalu dan mengincipi cokelat yang mereka bikin langsung di dalam laboratoriumnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng yaa kak bisa langsung mencicipi coklat dari tempatnya hehe

      Delete
  10. Et dah Bang Ipul sumringahnya ikutan acara Sueger Fam trip ini. Menu santapan nusantara yang berlimpah, menikmati udara sejuk di Jember. Semoga ada fam trip lagi lolos lagi yak, jangan lupa daku diajak, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Fenni, iyah senyumnya musti lima jari kak makanya sumringah banget hehe
      hayuk kak tahun depan ikutan yah biar bisa keliling Jember hehe

      Delete
  11. Wah, di Jember sudah ada rumah makan yang 24 jam ya. Asyik banget..

    Pertamanya kok aku bacanya Pasar Kembang ya, bukan Warung Kembang. Bahahha


    Tembakau Jember ini kononn katanya terbaik kedua di dunia. Jadi promosi tentang tembakau Jember ini memang perlu banyak dipromosikan biar banyak orang Indonesia yang tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih bang? Mungkin aku salah ketik kali jadi agak saru antara Pasar Kembang dengan Warung Kembang wkwkwk

      Iyah bener banget bang Tembakau jadi komoditas utama di Jember. Setuju banget! Musti gencar-gencaran agar banyak yang tau kualitas Tembakau Jember ini.

      Delete
  12. Makasih Bang Ipul,, udah nulis lengkap. Aku jadi makin nyesel karena dateng malem banget di hari pertama. Hiks.

    Btw, Bang Ipul emang nyebur ke kolam renang yang di Hotel Rembangan? Kok bisa bandingin kalo air kolamnya nggak sedingin sikap dia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey kamu yang kalo foto bagus itu di instagram wkwk
      semoga kita bisa ketemu lagi yaak kwkwk

      hahah ndak sih tapi mendingan nyebur kolam aja deh ketimbang sikap dia, kagak enak taauq! nyess

      Delete
  13. Aduh yang bikin envy itu Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Btw ada mesin roasting nya juga gk sih disana?

    Demi apa gw baca ini, pagi-pagi di kantor, dan JAPANESE FOOD?! Damn gw ngiler dong.

    Event Sueger Fam Trip ini harusnya sering dilaksanain dong yaaa. biar nambah temen dan bisa jadi tempat sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kalo nggak salah kak, soalnya disana juga buat mesin-mesin pengolah yang bisa dijual ke beberapa perusahaan.

      Haha, pencinta Japanesse food yaa kak? Aku juga suka banget wkwk

      Iyaa kak ini udah kali kedua, kayaknya bakal jadi agenda tahunan deh hehe

      Delete
  14. Wiiiih congrats ya Bang Ipul jalan2 ke Jember terpilih dengan kuota terbatas cieeee :) Keren banget ya total 30 orang blogger dan vlogger semua ya. Bisa berkunjung ke Puslit Koka, pantai berpasir putih, kulineran Jeoang, kulineran khas Jember dst. Menu2nya bikin perut minta nambah yang di Warung Kembang. Parkirannya juga luas. Btw, Bang Ipul mandi dulu ga sebelum makan di Warung kembang? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teteh mah suka ngeledek nih hehe, teteplah teteh yang paling hits aku mah belum ada apa-apanya nih dibanding teteh, ciee wkwk

      Ahaha belum dong teh, eh wkwk
      mandinya baru disitu wkwk

      Delete
  15. Huhuhu aku telat dapet info ini. Udah pengen maen ke museum tembakau tadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah udah ngunjungi duluan yaa bang sebelum baca ini wkwk.
      Gpp bang, lebih asik dateng langsungkan? hehe

      Delete
  16. Saya udah tau sejak beberapa tahun lalu yang pantai Papuma. Sempat nanya-nanya juga karena pengen banget ke sana. Tetapi, memang belum rezeki. Sampai sekarang belum kesampaian. Sekalinya ke Jember, malah urusan kerjaan. Gak sempat jalan-jalan. Mudah-mudahan bisa ke Jember lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Kaka Kenai , pasti bisa kok kesini hehe.
      Pokoknya wajib banget main ke Pantai Papuma yaa kak hehe

      Delete
  17. Penasaran sama Puslitkoka nya, bikin tulisan lagi dong bang soal proses pengolahan kopi dan coklatnya, pasti seru deh, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kaka, ditunggu episode berikutnyaa yaah hehe

      Delete
  18. Karena dimana ada pertemuan disitu ada perpisahan, Bang ipul 😁. Dan senang nya yak bisa ketemu kawan yang nota bene kenal nya via medsos langsung dah cair suasana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha teh best quote banget nggak sik teh heheh...
      Iyaah alhamdulillah langsung nyambung banget wkwkw

      Delete
  19. serunya, kalau mau ikutan acara gini gimana caranya mas ? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak Umi,
      Nanti tahun depan biasanya akan di infokan oleh panitia (Dispar Kab. Jember) kak. So stay tune terus yaa kak hehe

      Delete
  20. wahh sedap kali bang,,,
    bisa jalan-jalan bersama blogger senusantara
    pantainya bikin ngiler nih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi alhamdullilah bang bisa ketemu dan jalan-jalan sama senior blogger hehe.
      Iyaah bang sini main ke Jember hehe

      Delete
  21. wah..seneng banget bisa ikutan. Jember memang punya destinasi menarik dan wisata kuliner yang enak. Aku waktu itu juga mau daftar tapi tanggalnya pas lagi ngak bisa, mudah2an tahun depan bisa ikutan heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe iya kak, keren banget ternyata Jember.
      Wih kaka kan sibuk banget hehe. Semoga tahun depan bisa ikutan yah kak :)

      Delete
  22. Ternyata seseru ini yaa sueger fam trip d Jember. Ak next mau nyoba daftar bang ipul hihi. Apalagi itu pantai Papuma masya Allah indah banget dan pasti view gunung Argopuro yg bikin sulit untuk move on dari jember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaah kak tahun depan wajib banget ikuatn yah, biar bisa explore Jember secara keseluruhan hehe. Pokoknya bikin gagal move on deh kaka hihi

      Delete
  23. Kok seru banget sih ini jalan-jalan menyusuri Jember, duh aku kepengen dong kalau ada lagi. Soalnya pengen banget Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, pengen nyobain juga sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk kak Chichie tahun depan ikutan yaak biar bisa ke Puslit Koka Indonesia hihi

      Delete
  24. wahh serunya....Alhamdulillah ya bisa ikutan acara di Jember...destinasi wisata Jember emang top lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kak Alhamdulillah bisa explore Jember nih hehe.
      Iyaah kak Jember emang top banget lah hihi

      Delete
  25. Duh, Bang. Mertuaku asli Jember tapi aku belum ke Papuma, Watu Ulo, Museum Tembakau, gimana ini, Bang? (Kenapa jadi tanya Abang, wkwkwk). Aslinya kemarin pengin daftar juga. Tapi keingetan anak-anak lagi mau libur. Yawis, ditahan dulu. Semoga next ada lagi acara kayak gini. Biar bisa pepotoan kayak Abang, kikiki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kaka nanti musti di agenda kan banget nih kalo kaka lagi mudik kerumah mertua hehe. Biar bisa keliling-keliling hehe

      wajib ikuta kak tahun depan yah. Semoga timingnya tepat dan kaka bisa explore dan pefotoan deh heheh

      Delete
  26. Seru banget ya perjalanan nya
    Jember salah satu destinasi yg belum sempat di jejaki. Padahal sering ke Jawa timur
    Hehehe

    ReplyDelete
  27. Baca di beberapa paragraf pertama, gua kenyang gila.. Masa abis makan Japanese, lanjut makan warung kembang.. Langsung celana merasa sesak.. wkwkwkwk

    Eh itu pantainya cakep banget..

    Seru banget acara perjalanannya kak..lucky lagi bisa ketemu ama blogger2 se Indonesia..

    ReplyDelete
  28. Waton ini baru diselenggarakan sekarang atau tahun2 sebelumnya ada mas? Aku taunya cuma JFC yg di Jember hehe
    Wah ternyata Jember juga kaya akan kopi dan tembakau ya? Penasran kenapa disebut "kopi rayap"?

    ReplyDelete
  29. Yah Bang Ipul kenapa nggak cerita drama-drama kita di kereta pas berangkat sih? Singkat banget narasinya pas berangkat. Tiba-tiba udah sampe Jember aja. :D

    ReplyDelete