Yuk, Nyobain LRT Lewat Uji Publik LRT Jakarta!

Uji Publik LRT Jakarta


Setelah beberapa pekan lalu Jakarta memiliki transpostasi baru yaitu Ratangga atau Mass Rapid Transit  (MRT), dan kalian pun udah baca dong yang pengalaman abang naik MRT, tentunya dong bang wkwk. Nah kali ini abang mau nyobain transportasi anyar di Jakarta nih, namanya adalah Light Rail Transit (LRT). Udah pada tau dong yah travellovers dengan moda transportasi teranyar ini.








Halo Sahabat LRTJ! Sebelum beroperasi secara komersil, kami memberi kesempatan kepada Sahabat LRTJ untuk mengikuti Program Uji Publik LRT Jakarta yang akan dimulai dari tanggal 11 Juni 2019. Yuk daftarkan data diri kamu di halaman website bit.ly/UjiPublikLRTJ (link tertera pada bio profile kami) Caranya: 1. Isi formulir pada halaman website, pastikan informasi alamat email yang di masukkan benar dan sesuai. 2. Pilih jadwal Uji Coba. 3. Submit form yang sudah di isi dan jangan lupa verifikasi email kamu yang sudah di daftarkan dengan mengklik tautan pada email. 4. Setelah verifikasi email berhasil, cek email dan download e-ticket mu. 5. Selamat kamu dapat mengikuti Uji Publik LRT Jakarta sesuai dengan jadwal pilihan mu dengan menunjukan e-ticket pada petugas ticketing di loket stasiun untuk ditukarkan tiket SJT (Single Journey Trip) LRTJ. Kami tunggu Sahabat LRTJ😊 #LRTJakarta #LRTJkt #AyoNaikLRTJ #UjiPublikLRTJ
A post shared by LRT Jakarta (@lrtjkt) on

Jumat (14/6) abang termasuk salah satu yang ikut Uji Publik LRT Jakarta nih travellovers. Sebenernya Uji Publik LRT Jakarta ini sudah dimulai dari Selasa (11/6), tapi abang baru bisa di hari jumatnya, maklum sok ngartis wkwk. Uji Publik LRT Jakarta ini dibuka dari tanggal 11-21 Juni 2019 travellovers.

Tentang LRT Jakarta

Uji Publik LRT Jakarta
Yeah, akhirnya abang bisa foto bareng sama LRT Jakarta prokprokprok

Light Rail Transit (LRT) Jakarta adalah moda transportasi publik yang didedikasikan bagi masyarakat menuju era mobilitas ramah lingkungan. PT LRT Jakarta merupakan anak perusahaan dari PT Jakarta Propertindo/JAKPRO yang dibentuk berdasarkan penugasan PT Jakarta Propertindo  sebagimana Peraturan Gubernur Nomor 154 Tahun 2017 sebagai penyelenggara prasarana  dan sarana LRT Jakarta atau disebut sebagai perusahaan operator LRT jakarta.

Dalam Fase 1 ini, LRT Jakarta telah memiliki koridor dari Kepala Gading sampai ke Velodrome yang panjang lintasanya adalah 5,8km.
Sumber : Instagram @lrtjkt

Pendaftaran Uji Publik LRT Jakarta

Uji Publik LRT Jakarta
Fokus ke kartu single tripnya yah bukan ke abangnya yang single *eh

Pada Uji Publik LRT Jakarta ini, pendaftaran bisa dilakukan melalui online dengan mengisi form yang telah disedikan di web atau instagram LRT Jakarta. Sebelumnya melalui laman instargam @lrtjkt telah memposting poster yang berisi Uji Publik LRT Jakarta yang di mulai tanggal 11 – 21 Juni 2019. Kita bebas memilih tanggal berapa aja untuk mencobannya. Tentunya selama masa uji coba yah travellovers.

Dalam Uji Publik LRT Jakarta ini,  abang mendaftar via online dan memilih hari Jumat, 14 Juni 2019 dengan rute dari Stasiun LRT Velodrome. Nah untuk jam operasional dalam uji  publik, LRT Jakarta mulai beroperasi pukul 05.30 – 23.00 WIB setiap harinya saat uji publik dengan headway setiap 10 menit.

Uji Publik LRT Jakarta
Nah ini dia para penumpang LRT yang sedang mengantri tiket uji publik

Ohiya travellovers, ternyata pendaftaran untuk Uji Publik LRT Jakarta nggak cuma bisa lewat online loh, tapi bisa langsung dengan membawa kartu identitas seperti KTP/Suket, SIM atau Passpor tentunya yang masih berlaku yaah travellovers dan mengisi daftar penumpang uji coba di buku yang telah disedikan oleh pihak LRT Jakarta. Jangan lupa antri yang tertib yah travellovers. hihi

Uji Publik LRT Jakarta
Jangan lupa selfie yaa travellovers hihi

Setelah mendaftar kita akan diberikan kartu LRT Single Trip. Yaps kartunya itu Single Trip alias satu kali jalan. Jadi kalian harus tau mau naik dimana dan turun dimana. Karena jika kalian sudah keluar, maka kalian tidak boleh masuk lagi. So, puas-puasin deh explore LRT. Jangan lupa take some photo or take a video yah wkwk!

Rute Uji Publik LRT Jakarta

Uji Publik LRT Jakarta
Papan informasi kedatangan LRT

Dalam Uji Publik LRT Jakarta ini, pihak LRT Jakarta melayani 5 koridor yaitu : Stasiun Boulevard Utara – Stasiun Boulevard Selatan – Stasiun Pulomas – Stasiun Equestrian – Stasiun Velodrome.

Kalian tinggal pilih mau naik dari stasiun mana duluan yah. Kalo abang kemaren start dari Stasiun Velodrome menuju ke Stasiun Boulevard Utara PP. 

Menuju Stasiun Velodrome

Uji Publik LRT Jakarta
Ini dia Stasiun LRT Velodrome travellovers

Karena abang kemaren memilih dari Stasiun Velodrome dan domisili abang di Bekasi, maka yang harus di perhatikan adalah gimana caranya dari Bekasi ke Stasiun Velodrome. Iyaa kan travellovers? Harus naik apa dan transit dimana. Oke baiklah abang kasih rutenya, kali aja ada yang dari Bekasi juga hehe

Bekasi - Jatinegara
Pertama dari Bekasi abang naik KRL menuju Stasiun Tansit Jatinegara. Nah setelah sampai Stasiun Jatinegara, kita lanjut menggunakan Transjakarta yah travellovers.

Stasiun Jatinegara – Stasiun LRT Velodrome
Setelah sampai di Stasiun Jatinegara kita melanjutkan perjalanan ke Stasiun LRT Velodrome dengan menggunakan Transjakarta. Halte Transjakarta Stasiun Jatinegara 2 berada di sebelah kanan yah travellovers alias naik melalui jembatan penyebrangan orang.

Setelah ada di Halte Transjakarta Stasiun Jatinegara 2, kita naik Transjakarta dengan kode 11 dengan rute Kampung Melayu – Pulogebang dan turun di halte Transjakarta Flyover Jatinegara.

Setelah itu, melalui jembatan penghubung Halte Transjakarta Stasiun Jatinegara 1, kita melanjutkan perjalanan menggunakan Transjakarta dengan kode 7M  dengan rute Kampung Rambutan – Pulogadung. Disini kalian mungkin agak keribetan, karena jembatan penghubungnya memiliki banyak jalur. Nah untuk naik Transjakarta dengan kode 7M kalian musti ambil jalur pertama di jembatan penghubungnya jangan ambil yang paling pojok karena nanti akan berkali-kali transit. Pengalaman abang kemaren salah naik Transjakarta dan akhirnya transit berkali-kali wkwk.

Nah jika kalian sudah di Transjakarta 7M dengan rute Kampung Rambutan – Pulogadung, nanti turun di Halte Transjakarta Pemuda Rawamangun yah jangan di Halte Transjakarta Velodrome. Karena halte terdekat adalah Halte Transjakarta Pemuda Rawamangun. Keluar halte dan jalan kaki deh sekitar 250 meter ke Jakarta Internasional Velodrome.

Note :
Sebenernya ini cuma saran aja yah travellovers. Kalian bisa menggunakan cara abang diatas atau langsung pake ojek online. Buat yang nggak suka ribet wkwk. Kalo menggunakan cara abang diatas kalian sekaligus mencoba 3 moda transporasi yang ada di Jakarta. Mulai dari KRL, Transjakarta, dan LRT. Kerenkan? Hehe. Btw, jangan lupa kartu e-money-nya yah untuk memudahkan kalian menggunakan KRL dan Transjakarta. 

Uji Publik LRT Jakarta

Uji Publik LRT Jakarta
Ini dia LRT Jakarta di Stasiun LRT Velodrome

Seperti yang udah abang jabarin diatas yah travellovers, dalam Uji Publik LRT Jakarta kali ini, pihak LRT memberlakukan 5 koridor yaitu Stasiun Boulevard Utara – Stasiun Boulevard Selatan – Stasiun Pulomas – Stasiun Equestrian – Stasiun Velodrome dengan jam operasional pukul 05.30 – 23.00 WIB setiap harinya saat uji publik dengan headway setiap 10 menit.

Terdiri dari 2 - 4 gerebong dalam setiap LRT yang dapat menampung kurang lebih 600 orang atau 270 orang per transit dalam sekali jalan. Selain itu, jarak tempuh antar stasiun LRT kurang lebih adalah 2,5 menit dengan kecepatan maksimum 90km/jam. Wow kece banget kan travellovers?

Nah pas kemaren abang ikutan uji coba, ternyata hanya ada 2 gerebong yang disediakan dan karena hari Jumat jadi agak ramai penumpangnya hehe. Selain itu travellovers, petugasnya pun ramah-ramah banget dan menjelaskan dengan baik apapun pertanyaan dari penumpang. Semoga seperti itu yaah nggak cuma di uji coba aja hihi.

Ohiya travellovers, LRT ini jalurnya layang semuanya yah atau disebut (elevated). Hal ini merupakan salah satu cara agar Jakarta bebas dari kemacetan tentunya. 

Yang Boleh dan Tidak Boleh dilakukan Saat Uji Publik LRT Jakarta

Uji Publik LRT Jakarta
Yuhuu ... Senengnya bisa naik LRT Jakarta 

Travellovers, dalam Uji Publik LRT Jakarta ini, ada beberapa poin yang penting banget kalian tahu dan dilaksanakan saat mencoba LRT. Hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dillakukan saat Uji Publik LRT Jakarta, ini dia :

Yang boleh dilakukan
1. Budayakan untuk antre yah travellovers. Entah saat penukaran tiket, masuk kedalam stasiun, sampai dengan masuk kedalam LRT. 
2. Biasakan menggunakan eskalator sebelah kiri untuk diam dan kanan untuk mendahului atau berjalan. Jadi jangan sampai mengobrol dan membloking dua bagian yah, karena akan menggangu pengguna LRT lainnya yang sedang buru-buru.
3. Travellovers, selalu dahulukan penumpang yang keluar yah sebelum kalian masuk. Dan mengantrilah di jalur (dengan garis kuning) yang telah disediakan. Masuklah dengan perlahan jangan sampai saling dorong yaa travellovers.
4. Selalu prioritaskan penumpang Lansia, Ibu Hamil, Ibu Membawa Balita dan juga Penyandang Disabilitas yah travellovers.

Yang tidak boleh dilakukan
1. Dilarang merokok selama berada di stasiun dan didalam rangkaian kereta
2. Dilarang makan dan minum selama berada di stasiun maupun rangkaian kereta
3. Dilarang membuang sampah sembarangan
4. Dilarang membawa hewan peliharaan
5. Dilarang mencoret atau merusak fasilitas stasiun
6. Dilarang melakukan tindakan komersialisasi atau mengkomersialkan kegiatan apapun di area stasiun
7. Dilarang membawa senjata tajam dan barang berbahaya, dan 
8. Dilarang duduk di lantai stasiun atau kereta 

Sumber : Instagram @lrtjkt




Nah travellovers, itu sedikit cerita abang yah tentang Uji Publik LRT Jakarta dari Stasiun LRT Velodrome sampai ke Stasiun LRT Boulevard Utara (PP). Kalian juga bisa banget kok ikutan Uji Publik LRT Jakarta ini, tinggal pilih mau daftar via online atau datang langsung.

Info sementara, uji publik ini berlangsung dari tanggal 11 – 21 Juni yah travellovers. Ingat, selalu jaga dan manfaatkan dengan baik moda transportasi yang baru ini yah. Selamat mencoba LRT travellovers.  


2 Comments

  1. wah,, ntar kalau ke jakarta lagi.. nyobain LRT dah,, pengenjuga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk main ke Jakarta kak terus nyobain LRT deh wkwk

      Delete