Nginep di Hotel? Ini Barang-Barang yang Boleh dan Tidak Boleh di Bawa Pulang!


           Tidak bisa di pungkiri bahwa hotel menjadi salah satu komponen penting untuk kita yang sering berpergian. Baik bepergian antar kota, antar daerah, bahkan antar negara sekalipun. Iyakan travellovers? Mau itu hotel berbintang atau pun tidak yang jelas setiap hotel punya fasilitas yang membuat pengunjungnya nyaman dan betah berlama-lama di dalam kamar hotel.

     Tentunya fasilitas-fasilitas tersebut tergantung jenis hotel yang kita pesan yah travellovers. Semakin bagus dan mahal tentunya pun fasilitas di dalamnya pun semakin lengkap. Fasilitas tersebut diberikan secara cuma-cuma dan tentunya bisa kita gunakan ketika kita masih menjadi tamu di hotel tersebut.

Ini salah satu kamar yang pernah abang pakai selama di Surabaya

            Fasilitas-fasilitas atau barang-barang yang ada di dalam kamar hotel memang sudah satu paket dengan harga kamar yang kita sewa. Bahkan dibeberapa hotel akan memberlakukan uang pangkal diluar biaya pemesan hotel saat kita check in. Hal ini mereka lakukan untuk mengantisipasi adanya barang-barang yang hilang atau diambil oleh tamu hotel. Tentunya uang jaminan tersebut tidak dapat meng-cover semua barang yang kalian ambil atau hilang yah. Nanti akan ketahuan setelah housekeeping mengecek saat kalian check out.

Nah ini ada beberapa fasilitas didalamanya. Hayo tebak ada apa aja itu? *wkwk

        Kejadian seperti ini sering terjadi. Apalagi kalau tamunya agak “gatel” bawaanya pengan ambil kenang-kenangan dari dalam kamar. Sebenarnya ketika kalian berhasil mengambil barang keluar hotel, pihak hotel akan tetap tahu. Karena setelah kalian check out ada petugas housekeeping yang akan mengecek satu per satu fasilitas yang ada didalam kamar yang kamu pakai. Dan jika ada yang hilang, pihak hotel akan menghubungimu lewat Kartu Identitas yang sebelumnya kamu gunakan saat check in. Makanya harus hati-hati ya travellovers dan kalau bisa jangan ambil barang-barang yang memang notabenenya tidak boleh diambil. 

Dari foto ini, tebak mana aja barang yang boleh dan tidak boleh dibawa pulang travellovers?

         Travellovers, sebenernya kalian tau nggak, ternyata fasilitas yang kita gunakan didalam kamar hotel ada yang bisa kita bawa pulang dan ada juga yang nggak boleh dibawa pulang loh. Jadi kalain harus tau yah, barang-barang mana aja yang aman untuk dibawa pulang dan tidak boleh dibawa pulang. Jika kalian terlanjur pengen punya barang yang sama persis dengan yang ada di dalam kamar, kalian bisa tanyakan langsung ke receptionist apakah hotel tersebut menyediakan “gerai atau shop” yang menjual barang-barang hotel untuk dibawa pulang atau tidak. Karena dibeberapa hotel telah disediakan gerai atau shop yang khusus menjual pernak pernik yang ada di hotel tersebut. Lebih legal dan aman kan kita membawa pulangnya travellovers . *hehe

        Nah untuk mengantisipasi itu semua travellovers, kali ini abang bakalan kasih tau nih, barang-barang apa aja yang boleh kalian bawa pulang dan nggak boleh kalian bawa pulang. Abang bahas dari barang-barang yang boleh dibawa pulang dulu yah.

Ini dia beberapa barang-barang yang boleh kalian bawa pulang dari kamar:

1. Sabun, Shampo, dan Conditioner
Ini merupakan benda yang sering banget diambil oleh para tamu dari dalam kamar dan hal itu sah-sah aja yah. Karena barang-barang ini akan diganti dengan yang baru oleh pihak hotel setelah kita check out. Tapi ada dibeberapa hotel yang menyimpan sabun dan shampo didalam tempat besar yang sudah menempel di dinding toilet. Hal ini mereka lakukan untuk mengurangi sampah plastik dari bekas sabun dan shampo. Jadi kalau bentuknya menempel di dinding jangan diambil ya travellovers. hehe

2. Sikat Gigi dan Pasta Gigi  
Sama halnya dengan Sabun, Shampo, dan Conditioner. Sikat Gigi dan Pasta Gigi pun masuk kedalam kategori Toiletries atau perlengkapan mandi, jadi boleh untuk dibawa pulang. Apalagi untuk kita yang akan melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya, jadi ini bisa sebagai antisipasi untuk gosok gigi deh apabila ditempat berikutnya kita tidak menemukan sikat gigi dan pasta gigi. wkwk

3. Body Lotion dan Shower Cap
Memang ada beberapa hotel yang menyediakan body lotion dan shower cap untuk para tamunya. Dan apabila hotel yang kalian kunjungi ada kedua benda ini, kalian boleh kok untuk membawa pulang. Karena sama dengan perlengkapan toiletries lainnya, ini termasuk benda-benda sekali pakai.

4. Sandal
Wah kayaknya ini benda yang paling kalian incar untuk dikoleksi nih. Hayo ngaku, kalian pasti akan mengambil benda ini setelah check out dari hotel kan? haha. Selain bisa dipakai kemana-mana, buat sehari-hari dirumah pun masih sah-sah aja kok hehe. Dan sandal ini boleh dibawa pulang ya travellovers.

5.  Kopi, Teh, Gula, dan Creamer
Untuk kalian pencita kopi atau teh kalian bisa langsung meminumnya sambil bersantai di dalam kamar. Tapi untuk kalian yang tidak menyukai keduanya, kalian boleh kok membawanya pulang untuk diminum dirumah atau sebagai kenang-kenangan aja.

6. Pulpen dan Notes
Travellovers jika di meja dalam kamar kalian terdapat pulpen dan notes, kalian boleh kok membawanya pulang. Kali aja kalian membutuhkanya saat perjalanan. Yakan travellovers ...

    Nah itu barusan beberapa barang yang boleh kalian bawa pulang yaa travellovers. Jangan khawatir itu legal kok kalau kalian bawa pulang. Kali aja ada travellovers yang mau koleksi kan *wkwk

Sekarang giliran barang-barang yang tidak boleh dibawa pulang :

1. Bantal, Sprei dan Selimut
Siapa bilang barang-barang ini tidak sering hilang dari dalam kamar hotel? Ada banyak kejadian loh barang-barang seperti Bantal, Sprei dan Selimut dibawa tamu saat check out, padahal notabenenya barang-barang tersebut gede ya travellovers. Tapi dibeberapa kejadian mereka akan melipat sprei atau selimut dan dimasukan kedalam tas atau koper. Tapi hal ini jangan sampai terjadi yah kalau kamu nggak mau kena charge tambahan.

2. Pengering Rambut
Barang ini pun menjadi incaran para tamu yang nakal nih. Biasanya pengering rambut ini disediakan di dalam toliet untuk mengeringkan rambut yang basah. Dan biasanya  pun akan dibawa pulang oleh para tamu untuk dipakai dirumah. Biasanya sih tamu perempuan yang bawa pulang *wkwk 

3. Ketel Air
Barang ini biasanya disandingkan dengan kopi dah teh. Ketel air ini masuk kategori barang yang sering dibawa pulang oleh tamu yang nakal loh travellovers. Inget yaa travellovers, yang kalian boleh bawa adalah kopi, teh, creamer dan gula aja bukan ketel airnya. Ups!

4. Perlengkapan Makan dan Minum
Untuk kalian yang sering memesan makanan atau minuman untuk dibawa kedalam kamar , tolong perlengkapan makannya jangan ikut dibawa pulang yah. Biasanya perlengkapan makan dan minum seperti sendok, garpu, piring hingga gelas akan hilang dibawa pulang.

5. Perlengkapan Ibadah
Sama halnya dengan perlengkapan makan dan minum, perlengkapan ibadah pun tak luput dari tangan jahil pengunjung yang nakal. Seperti sarung, mukena, tasbih, Al-Quran, dan perlengkapan ibadah lainnya.

6. Gantungan Baju
Di dalam kamar, kita akan diberi beberapa gantung baju yang sudah tersedia didalamnya. Nah untuk gantungan baju yang tidak permanen, biasanya akan hilang dibawa oleh pengunjung saat check out.

7.  Handuk
Berbeda dengan perlengkapan mandi atau toiletries diatas, handuk tidak boleh dibawa pulang yah travellovers. Karena handuk ini merupakan fasilitas yang akan digunakan kembali untuk tamu-tamu berikutnya.

8. Keset
Ternyata ada loh travellovers tamu yang dengan sengaja membawa pulang keset untuk dipakai kembali di rumah mereka. Padahal keset itu barang yang tidak boleh dibawa pulang loh. 

9. Perelengkapan dalam Kamar
Perlengkapan dalam kamar ini biasaya adalah lukisan, vas bunga, sampai ke lampu di meja. Dengan bentuk yang indah dan unik menjadi alasan para tamu membawanya pulang. Inget, nggak boleh dibawa pulang ya travellovers apapun alasanya.

10. Asbak
Asbak ini biasanya disediakan di smoking room dan ada juga yang disedikan di kamar. Tentunya, asbak ini merupakan properti yang tidak boleh dibawa pulang ya travellovers.

11. Makanan dan Minuman dalam Mini Bar
Dibeberapa kamar hotel biasanya akan disediakan makanan dan minuman yang ada di dalam mini bar. Kalian boleh mengkonsumsinya atau mengambilnya tapi dengan catatan kalian harus lapor. Karena sebenarnya makanan dan minuman itu dijual bukan untuk di konsumsi cuma-cuma. *hehe. Inget, ini makanan dan minuman yang ada didalam mini bar yah bukan yang disediakan di meja. 

       Nah travellovers, barusan abang udah jabarin yah beberapa barang-barang atau fasilitas di dalam kamar hotel yang boleh kalian bawa pulang dan tidak boleh di bawa pulang. Jadi tamu hotel yang smart ya travellovers kalau kalian tidak mau malu atau kena charge tambahan untuk barang yang kalian ambil saat check out. Selamat menginap travellovers !



2 Comments

  1. Wah Terima kasih infonya, aku biasanya yang tak bawa pulang sandal hotel. Btw ini hotel apa ya? Kamarnya kece bgt. Kemarin aku di Surabaya nginep di Bidakara hotel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa-apa mas kalo yang dibawa sendal untuk bukan raknya yah hehhe . Ini hotelnya mas https://www.siipuljalanjalan.com/2018/12/hotel-dengan-konsep-soerabaia-tempoe.html

      Delete