Murah! Cuma Rp. 10.000,- Sudah Bisa Keliling Jawa Tengah


...
Hari ini abang lagi di Semarang, tepatnya dirumah teman abang.
Namanya Sitta. Temen yang abang kenal di Kampung Inggris, Pare.
Hari ini Sitta ngajakin keliling Kota Semarang.
Kira-kira diajak kemana yah?
...

Yuhuu travellovers, sudah punya rencana traveling kemana lagi nih akhir pekan ini? Ah yakin belum punya nih? Duh plis dong ah! Masa weekend cuma tiduran aja, sayang tau. Cuaca diluar lagi bagus tuh, yuk main!

          Kali ini abang mau cerita nih, serunya perjalanan abang di Kota Semarang. Mungkin sebagain travellovers udah nggak asing dengan tempat ini yah. Semarang merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah, selain itu Kota Semarang juga dijuluki kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. 

Jujur, semarang merupakan kota yang pengen banget abang kunjungi dari dulu. Penasaran aja dengan kota ini. Nah mumpung ada temen yang tinggal disini, kenapa nggak sekalian explore yekan? 
          
Finally, abang berada di kota yang terkenal dengan Lumpianya nih travellovers. Banyak yang bilang, jangan lupa kesini yaah kalo mampir ke Semarang, jangan lupa makan ini juga yah ... Banyak juga yah yang harus dikunjungi dan cicipi kayaknya nih di Semarang *hihi

Tapi kali ini abang diajak ke salah satu destinasi yang terkenal di Semarang nih. Betewe, Kalian pernah denger Taman Mini Jawa Tengah nggak sih? Atau yang lebih dikenal dengan sebutan Grand Maerakaca. Hayo travellovers ada yang tau nggak sama tempat ini? yang udah pernah ke Semarang pasti tau tempat ini yah. hehe. Tapi tenang, buat travellovers yang belum pernah kesini jangan khawatir. Abang bakal ceritain disini yah. Cekidot ...

Travellovers, welcome to Grand Maerakaca

          Grand Maerakaca merupakan tempat rekreasi yang sarat akan edukasi. Terletak di Puri Maerokoco di Jalan Yos Sudarso, Tawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Dulu tempat ini bernaman Puri Maerokoco, tetapi sekarang telah berubah menjadi Grand Maerakaca atau  lebih dikenal dengan sebutan Taman Mininya Jawa Tengah. Kenapa disebut begitu? Karena didalam sini terdapat kurang lebih 35 anjungan kabupaten dan kota yang ada di provinsi Jawa Tengah. Nggak hanya anjungan travellovers, tapi ada sejarah dan hasil industri dari daerah masing-masing. Cocok banget kan buat kita yang mau tau sejarah masing-masing daerah di Jawa Tengah, yakan?

Ini nih tiket masuknya. Benerankan cuma Rp. 10.000 dan kita bisa keliling Jawa Tengah sepuasnya.
Foto : Koleksi Pribadi

Selain belajar sejarahnya, travellovers juga bisa foto loh di anjungannya. Karena anjungan atau rumah adatnya keren-keren dengan ciri khasnya masing-masing dan cocok buat foto. Tetep yah travellovers foto mah nggak boleh ketinggalan. *apalagi abang, mayan kan buat stok foto di instagram eh ..

Nah ini foto abang di Rumah Adat Kabupaten Pati. Kece kan? *upss

Disini juga ada miniatur candi nih. Cocokan buat foto-foto? *hihi

Travellovers, luas dari Grand Maerakaca ini kurang lebih 23.84 Ha. Luas banget kan? Saking luasnya, di Grand Maerakaca ini nggak cuma anjungan aja, disini juga ada banyak spot-spot yang travellovers wajib kunjungi nih. Salah satunya adalah Hutan Mangrove atau Trekking Mangrove. Ini salah satu spot yang paling banyak pengunjungnya.

Yuk masuk ke Trekking Mangrove travellovers

          Ini spot yang cocok untuk menenangkan diri sejenak. Dengan menyusuri jalan setapak untuk dapat mengelilingi pinggiran sungai dan menikmati rimbunnya hutan mangrove. Eits, jangan aneh yah kalau di spot ini akan ramai apalagi pas sore hari. Karena ini salah satu spot instagramable yang ada di Grand Maerakaca.
         
 Yakin nih nggak mau foto kayak abang gini? *wkwks

Travellovers, kalau kalian sudah agak lelah kalian bisa kok menyewa sampan atau perahu mesin untuk dapat mengelilingi kawasan hutan mangrove yang ada di Grand Maerakaca ini. Dengan merogoh kocek Rp. 15.000/orang, kalian sudah bisa berkeliling kawasan hutan mangrove.

          Keliling anjungan sudah, foto-foto di hutan mangrove udah, nah sekarang waktunya kalian isi perut dulu nih. Eits, disini ada yang menarik nih. Cafenya ada diatas telaga atau sering disebut “angkringan ngambang”. Tenang, ada banyak banget varian makanan dan minuman kok disini. Tinggal duduk manis aja sambil menikmati indahnya telaga dari atas.
          
Ini loh angkringan ngambang di Grand Maerakaca. Kece kan kayak abang? *hihi

Angkringan ngambang ini juga jadi salah spot yang instagramable banget loh travellovers. Gimana nggak instagramable, kursi dan mejanya di desain berwarna putih dan ditambah ornamen-ornamen cantik lainnya. Uhh, siapa coba yang nggak mau foto disini *hehe. Ohiya travellovers, kalau mau ke angkringan ngambang ini cocoknya di sore hari. Biar lebih syahdu pemandanganya *ashiap ...

          Gimana-gimana travellovers bikin envy nggak nih cerita abang di Grand Maerakaca? Envy dong yah pastinya. Wih tenang, masuk ke tempat wisata ini nggak sampek buat jebol kantong kita kok, serius. Cuma merogoh kocek Rp. 10.000,- kita sudah dapat mengelilingi Jawa Tengah. Ohiya travellovers, Grand Maerakaca ini buka mulai pukul 08.00 - 18.00 WIB setiap harinya yah. Yuk main ke Grand Maerakaca, Semarang!

...
Oh ternyata Sitta mengajak abang ke Grand Maerakaca,
Bener katanya, “Cuma Rp. 10.000,- kita sudah bisa mengelilingi Jawa Tengah".
Next abang mau diajak kemana lagi yah di Semarang ???
Tunggu cerita abang berikutnya yah ...
...
                   

2 Comments