Melancong ke Kota Pahlawan, Surabaya


Tugu Pahlawan di Surabaya
Foto : Koleksi Pribadi


Hey hey guys, gimana nih masih setia kan baca tulisan-tulisan gue? haha tentunya dong. Nah kali ini gue mau cerita perjalan gue di Kota Terbesar ke-2 setelah Jakarta nih. Kota apa hayo? Ituloh yang lambangnya adalah Sura dan Buaya. Tau kan? Kalo nggak tau kebangetan yah haha. Yap Kota Surabaya.

Ini bukan kali pertama gue menginjakan kaki di kota yang di juluki Kota Pahlawan ini. Tahun 2013 pertama kali gue kesini dalam agenda Konfrensi Mahasiswa Tingkat Nasional di ITS Surabaya. *sok iyaa kan* hehe . Nah, kali ini gue pengen balik lagi nih ke Surabaya, karena gue penasaran dengan kemajuan-kemajuan dari Surabaya. Mau tau nih perbadaan dari 5 tahun lalu. hehe. 

Guys masih sama yah, perjalanan gue dari Kediri. Yaa kurang lebih Kediri – Surabaya 2,5 - 3 jam lah via tol Kertosono – Mojokerto dan di lanjut tol Mojokerto – Surabaya. Ohiya guys, perjalanan selama di tolnya sih lancar ya, Cuma tarif tolnya yang agak mahal hehe. Kurang lebih sekitar Rp. 85ribu Kediri – Surabaya untuk satu kali perjalanan via tol. Ya setidaknya kalian harus top up Kartu Elektronik kalian minimal Rp. 100rb untuk sekali jalan atau lebih baik kalian top up Rp. 200rb jika kalian ini PP lewat jalan tol.

Kartu Elektronik Brizzi dari Bank BRI untuk pembayaran Tol dll
Foto : Koleksi Pribadi


Untuk Kartu Elektroniknya kalian bisa pake produk dari Bank apa aja kok. Kalo gue kemaren pake Brizzi dari bank BRI. Jadi kalapun kalian top up saldo Brizzi-nya lebih, kalian bisa untuk berbelanja di merchant – merchant yang kerjasama dengan Bank BRI. Duh kok jadi promosi sih bang? maklum mantan CS Bank BRI. Jadi naluri melayani nasabahnya masih ada. Hihi


BTW, salah satu tujuan gue datang ke Surabaya adalah mengujungi Pameran Buku Impor terbesar di Surabaya yaitu Big Bad Wolf Book Sale Surabaya di JX International Convention Exhibition. Jadi ini adalah destinasi pertama sesampainya di Surabaya. Eh ternyata buku yang gue cari udah sold out karena ini menjelang akhir pameran jadi nggak ada satu pun buku yang dibawa pulang . huhu

Nah, setelah ke pameran buku, gue memutuskan untuk makan siang dulu nih. Kalian tau gue makan siang apa? haha ini salah satu makanan wajib yang harus kalian coba kalo mampir di Surabaya yah, namanya adalah Nasi Krawu Buk Tiban. Nah Nasi Krawu ini adalah salah satu makanan khas dari Gresik tapi di Surabaya ada dua cabang loh. Kalau gue kemarin ke Nasi Krawu Bu Tiban yang ada di jalan Kayun No 33. 

Nah ini penampakan dari Nasi Krawu Bu Tiban 

Nasi Krawu ini menurut gue sih enak. Yaiyalah secara ini salah satu makanan  yang banyak dikunjungi. Satu paket Nasi Krawu ini terdiri dari nasi putih yang dikasih alas daun pisang. Untuk lauknya itu ada banyak olahan abon. Ada juga daging ayam yang sudah di suir halus. Nah penambah nafsu makanya ada sambel petis dan juga satu mangkuk kecil kuah kaldu yang rasanya nggak beda jauh dengan Kuah Rawon. Btw, ini seger banget coy jadi lahap banget deh makannya. *efek laper juga sih guys* wkwk. Ohiya untuk satu porsi Nasi Krawu ini, dibandrol dengan harga Rp. 20ribu yaah. worth it kok guys ...


Sudah isi perut dan sudah ada tenaga baru untuk pura-pura bahagia wkwk. Eits, nggak dong maksudnya sudah ada tenaga untuk explore destinasi selajutnya. Nah belum afdol kalo kita berkunjung ke Surabaya tapi belum mampir ke Museum Sepuluh Nopember Surabaya. Museum ini satu lokasi dengan Tugu Pahlawan. Untuk alamatnya ada di Jalan Pahlawan, Alun-Alun Contong, Bubutan. Ohiya FYI ya guys, Museum Sepuluh Nopember ini didikiran untuk mengenang jasa are-arek Suroboyo dalam pertempuran heroik pada tanggal 10 Nopember 1945. 

Ruangan pertama di Museum Sepuluh Nopember Surabaya

Selain itu, kalian akan disuguhkan banyak peninggalan-peninggalan Bung Tomo. Seperti Mobil yang digunakan Bung Tomo pada kala itu, rekaman suara Bung Tomo, dan masih banyak lainnya. Museum ini terdiri dari dua lantai yaa guys dan dilengkapi dengan fasilitas lift untuk penyandang disabilitas atau pengunjung yang sudah berusia. Kalian juga akan melihat banyak diorama dengan teknologi yang sudah sangat mumpuni untuk menceritakan Sejarah Pergerakan Arek-Arek Suroboyo. Ohiya sampai lupa, HTM-nya itu Rp. 5ribu yaa guys perorangnya.

Patung Soekarno - Hatta tepat di pintu masuk Tugu Pahlawan

Setelah kalian dari museum, jangan lupa untuk keliling ke Tugu Pahlawannya yah. Lokasinya persis ada dipintu masuk menuju museum. Selain melihat Tugunya yang berbentuk Paku Terbalik, kalian juga bisa melihat patung Ir. Soekarno dan Bung Hatta berdiri kokoh menghadap kejalan. 

Nah guys, setelah dari Museum Sepuluh Nopember, gue melanjutkan perjalanan gue ke salah satu museum yang tak kalah terkenal di Surabaya. Hayo tebak museum apa? Yap betul banget. Namanya adalah House of Sampoerna atau yang biasanya dikenal dengan sebutan Museum Kretek Indonesia. Untuk lokasinya ada di Jalan Taman Sampoerna 6. FYI yaa guys, Museum ini adalah tempat produksi pertama kali Rokok Sampoerna setelah bangunan bergaya kolonial ini dibeli oleh Liem Seeng Tee yang merupakan pendiri Sampoerna. 

Pintu masuknya House of Sampoerna nih guys ...
Foto : Koleksi Pribadi

Guys, masuk ke museum ini gratis yah. Kalian hanya menujukan KTP/SIM/Passpor kalian. Loh buat apa  emang bang? Petugasnya akan melihat tanggal lahir kalian yang terdapat pada kartu identitas. Loh Kenapa lagi dengan tanggal lahirnya? Nah inikan museum rokok yah, jadi pengunjungnya pun harus di atas 17 tahun. Jadi untuk yang belum 17 tahun harap bersabar yah. hehe


Salah satu koleksi yang ada di House of Sampoerna 
Foto : Koleksi Pribadi

Ohiya disini kalian akan melihat banyak banget pengetahuan baru. Mulai dari Sejarah Keretek di Indonesia, Ruangan pembuatan rokok dari mesin-mesin zaman dulu, sampai dengan spot foto yang instagramable banget guys. hehe. Ohiya museum ini terdiri dari dua lantai yaa guys. dan yang paling gue suka adalah ornamennya yang keren banget. Selain itu fasilitas penunjang museum juga lengkap loh. Ada musolah, cafe, sampai tempat beli oleh-oleh khas Museum Kretek juga ada loh. Ohiya satu lagi nih, dari Museum ini kalian juga bisa naik bus gratis untuk keliling Kota Surabaya loh. Keren kan hehe. 

 Salah satu spot yang Instagrambel nih guys ... 
Foto : Koleksi Pribadi

Lanjut ya guys, setelah dari House of Sampoerna dan waktunya sudah sore, jadi alangkah baiknya kita liat sunset nih. Btw, dimana yah lokasi yang asik dan nggak gitu-gitu aja di Surabaya? Hmmm... kayaknya ada deh tempat yang gue maksud. Kalian pernah dengar Surabaya North Quay? Pasti udah dong yah. Ini salah satu destinasi baru yang ada di Surabaya. Dan akan penuh dengan pengujung di kala weekend di waktu sore hari.


Buat yang belum tau apa itu Surabaya North Quay (SNQ) jangan khawatir yaa ini mau gue jelasin. hehe. Jadi SNQ ini merupakan Terminal Gapura Surya Nusantara tempat bersandarnya Kapal Pesiar (Cruise) Internasional yang dikelola oleh PT. Pelindo III (Persero). Nah untuk alamatnya ada di Gapura Surya Nusantara.

Tampak depan dari Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara
Foto : Koleksi Pribadi

Untuk lokasinya ada di lantai 2 dan 3. Dan untuk HTM-nya itu Rp. 10ribu per orang. Eitss tapi tenang aja, dengan HTM tadi kalian mendapatkan voucher yang dapat ditukar dengan makanan atau minuman sesuai HTM dan apabila makanan atau minuman yang kalian pesan harganya lebih mahal bisa kalian tambah dengan uang kalian di counter pembayaran. Enak kan? hehe

Bayar HTM dulu sebelum masuk yaa guys ...
Foto : Koleksi Pribadi

 Ohiya momen paling pas adalah saat sunset. Kalian bakal ngeliat matahari yang menguning diatas kapal-kapal pesiar yang sedang bersandar. Menenang dengan angin laut dan hilir mudik orang-orang yang memenuhi pelataran atas rooftop SNQ. 


Icon SNQ yang Instagramble dan wajib banget foto disini ... 
Foto : Koleksi Pribadi

Ohiya banyak banget loh spot yang instagramable banget disini. Jadi jangan lupa abadikan banyak momen di tempat ini yah hehe. kapan lagikan liat sunset ditemenin kapal-kapal pesiar internasional kalo bukan di SNQ.

Ini nih perpaduan yang epic antara Sunset di Kapal Pesiar 

Oke guys, segitu dulu yah sedikit cerita gue di Kota Pahlawan Surabaya. Buat kalian yang mau ke Surabaya tapi bingung mau ngapain, boleh banget coba beberapa destinasi yang udah gue share disini hihi. OkeyEnjoy guys ...


     








0 Comments