3 Hari 2 Malam di Malaysia

Hallo kembali lagi dengan gue Ipul Soedibjoe dalam acara senandung malam *ala-ala penyiar radio* hihi. Maklum mantan penyiar radio karbitan, yang setiap siaran nggak ada yang dengerin *fix ini sih jadi curhat*. Huhu, skip ya guys, kali ini gue mau cerita nih tentang perjalan gue 3 hari 2 malam di Negeri Jiran Malaysia. Cekidot …

Okey perjalanan gue dalam rangka backpacker-an yah, jadi semuanya serba ala kadarnya. Tapi tetep dong penuh makna buat gue. Gue ke Malaysia berdua dengan temen gue, doi salah satu Dosen di universitas terkemuka di Jakarta. Udah lama kita ngerencanain trip bareng tapi kebanyakan gagal, karena sama-sama sibuk. Eh akhirnya kita cocokin jadwal dan jatuhlah tanggal 26 – 28 Juli 2018. Jadi 3 hari 2 malem disana.

Perburuan tiket murah pun dimulai. Nah buat para travel addict udah hafal banget maskapai mana yang paling banyak promonya hehe. Iya betul sekali, Air Asia jagonya nih buat promo tiket perjalanan. Langsung deh gue cari jadwal keberangkatan yang cocok. Jadi karena gue hanya 3 hari 2 malam otomatis untuk keberangkatan gue ambil lebih pagi dan untuk kepulangan gue ambil agak malam, intinya biar maksimal gitu. Hehe

Ohiya saran gue kalo kalian udah booking tiket buru-buru deh dibayar, kalo bisa sih kalian ada M-Banking jadi kalian nggak usah repot-repot keluar rumah. Soalnya setelah gue booking tiket dan gue bayarnya agak lama, tuh harga tiket naik dari yang awal. Makanya harus buru-buru kalo sudah booking biar nggak berubah harganya.

Guys, saran aja nih. Semua tiket bisa dibeli di penyedia jasa perjalanan atau penginapan yah. Jadi kali ini gue pake Traveloka untuk semua pemesana tiketnya, baik Pesawat maupun Hotel. Dan kalau bisa sekalian kalian pesan hotel juga. Nah, gimana sih tau hotel yang cocok sama kita? Gue kasih tipsnya yah …

1.   Pilih hotel dipusat yang dekat dengan jalur transportasi, tempat wisata, atau kuliner. Contohnya China Town, Petaling, Bukit Bintang dll
2. Sesuaikan dengan budget kalian dan tujuan kalian di Malaysia yah. Karena waktu itu niat gue backpacker-an alhasil gue pilih hotel yang standart aja. Karena gue pake hotel Cuma buat tidur aja, selebihnya dari pagi sampek malem diluar. Jadi sayang aja gitu hehe
3.   Per 1 September 2018, tamu hotel yang bukan warga maupun penduduk tetap Negara Malaysia diwajibkan untuk membayar pajak turis sebesar MYR 10 per malam per kamar (berlaku untuk semua hotel yang terdaftar pada pemerintahan Malaysia). Jadi ini dibayarkan diawal yah pas kalian mau Check-in dan disesuaikan dengan berapa lama kalian tinggal di hotel tersebut.
4. Ohiya kalian bisa liat kok review hotel di aplikasi Travelokanya. Setidaknya itu bisa menjadi gambaran kalian yah untuk memilih hotel yang cocok buat kalian.

Setelah urusan tiket dan hotel kelar kalian tinggal tunggu jadwal keberangkatan deh, jangan lupa juga biasakan membuat itinerary biar nggak bingung mau ngapain aja selama di Malaysia. Tapi kalo kalian bingung, kalian bisa baca artikel gue ini yah hehe

Sesampainya gue di Malaysia, biasanya Air Asia akan turun di Kualalumpur International Airport 2 (KLIA 2). Kalau kalian ingin ke Bukit Bintang, kita harus naik bus lagi kurang lebih 45 menit – 1 jam perjalanan. Waktu itu gue naik Aerosky Ventures KLIA 2 – KL Sentral harganya 12 RM/Orang.

ini pemapakan sim cardnya yah

Ohiya kalian nggak usah khawatir juga yah dengan kartu sim card kalian. Waktu itu gue pake Digi. Banyak kok dijual di sekitaran bandara. Saran gue kalau mau beli sim card, jangan didalam bandaranya karena harganya agak lebih mahal, belinya di luar bandara dekat dengan pemesanan tiket bus. Harganya bervariasi yah sesuai dengan kuota dan masa tenggang. Langung aktif dan bisa digunakan juga.

ini kartu multifungsinya

Semuanya akan transit di KL Sentral yah. Jadi kalo kalian ingin melanjutkan perjalanan naik Bus, LRT, MRT ada semua disini. Ohiya sedikit bahas ya, di Malaysia itu ada LRT dan MRT. Kalo dikita itu mungkin KRL. Biasanya LRT itu untuk perjalanan jarak dekat dan per 3 menit kereta akan lewat, jadi nggak harus ngantri lama buat naik LRT. Sedangkan MRT itu jarak jauhnya. Tapi saran gue kalian beli deh kartunya myrapid – rapidKL ini bisa digunakan di LRT atau pun MRT bahkan Bus-nya. Tinggal di top up aja saldonya.

ini kunci kamar hotelnya

Guys, gue nginep di Sandpiper Hotel Kualalumpur di Jalan Pudu, Bukit Bintang. Awalnya kita salah turun, harusnya kita turun di Stesen Plaza Rakyat tapi malah turun di Stesen Pudu. Alhasil kita jalan kaki lumayan jauh . hehe, nggak seru juga yah kalo kita nggak nyasar, nggak ada cerita yang bisa dikenang di negara orang. Hotelnya lumayan bagus buat gue, karena kita jarang pake selain buat istirahat dan bersih-bersih aja. Gue nggak review makanan di hotel yah, karena gue nggak ambil paket makannya juga. Kita lebih pilih makan diluar sekalian jalan-jalan. Ohiya, FYI yaa guys, kalian jangan lupa bawa colokan charger yang segi tiga yah, karena mayoritas disana menggunakan itu, ya kalapun nggak bawa kalian bisa beli sih atau diakal-akalin kayak gue. hehe

Gue sampai hotel pukul 14.00 waktu Malaysia, selonjoran bentar dan langsung explore beberapa titik yang nggak terlalu jauh dari hotel. Stasiun itu bahasa Malaysianya Stesen, nah Stesen terdekat dari hotel gue itu adalah Stesen Plaza Rakyat. Destinasi pertama gue itu adalah Masjid Jamek, kalau mau kesini kalian bisa turun di Stesen Masjid Jamek. Di Masjid Jamek ini, selain masjid kalian bisa meikmati River of Life atau sungai Kehidupan yang ada di sekitaran Masjid Jamek. Tapi sayangnya pas gue kesini banyak ikan-ikan yang mati disungainya. Jadi sedikit nggak terlalu enak kalo liat ke arah sungai. Hehe

kawasan Masjid Jamek

jalan di sekitaran Kawasan Masjid Jamek

titik 0 Kualalumpur

Setelah sedikit mengeksplor Masjid Jamek, kalian bisa loh berfoto-foto ria di Dataran Merdeka. Disana kalian banyak melihat banguan bergaya Timur Tengah. Salah satunya adalah Gedung Abdul Samad. Selain itu kalian bisa banget loh berfoto di salah satu icon instagramble-nya Kualalumpur, itu adanya di Kualalumpur City Gallery (KLCC). Foto disini gratis, tapi kalian harus antri yah karena dijaga sama security juga hehe biar tertib.

salah satu spot foto yang instagramabel di KLCC

Kawasan Dataran Merdeka

Setelah puas keliling di sekitaran Masjid Jamek dan Dataran Merdeka, gue melanjutkan perjalanan ke salah satu icon ter-kecenya Kualalumpur nih, apalagi kalo bukan Menara Kembar Petronas, atau Twin Tower Petronas. Kayaknya kalian belum afdol deh kalo ke Malaysia belum foto disini. Hehe. Jangan lupa masuk juga yah ke dalam Twin Towernya. Jadi di dalamnya itu Mall megah yang semua isinya adalah barang-barang branded. Selain itu kalo kalian mau naik kepuncaknya juga bisa, tapi agak mahal yah bagi gue hehe jadi gue nggak naik sampai kepuncaknya. Ohiya temen gue coba ke toiletnya, eh kena tarif 2 RM atau sekitaran 7ribu rupiah. Dia juga dapet bukti pembayaran dan tisu basah. Hehe lumayan mahal ya kalo mau ke toilet . hihi

Twin Tower Petronas

Ohiya, Twin Tower lebih keren dilihat di malam hari loh, Karena ada air mancur warna-warninya. Tapi kalo kalian mau liat pertunjukan air mancur yang lebih wow dengan iringan musik, itu ada di belakang gedung Twin Tower yah, kalian perlu jalan kaki dulu ke belakang gedung. Tapi asli, kalian bakal betah banget nonton pertunjukan air mancur yang menari kesana kemari.

Twin Tower pada malam hari

Nah setelah dari Twin Tower dan sebelum balik ke hotel, kita sempetin mampir ke daerah Petaling Street dan China Town. Tempat ini merupakan pusat kuliner dan belanja oleh-oleh. Hati-hati hilaf yah hehe dan sama hati-hati sama barang bawaan kalian juga tentunya. Karena tempat ini rame banget dan agak sempit. Siapkan uang yang banyak aja kalo kalian emang doyan belanja. Kelar deh aktivitas hari pertama di Malaysia. Waktunya balik ke hotel.

Hari kedua di Malaysia. Gue udah pasang alarm jam 6 pagi. Jam 6 pagi di Inonesia itu udah siang banget, nah jam 6 pagi disana itu masih gelap gulita. Alhasil gue Tarik selimut lagi dan baru mulai aktivitas jam 9 waktu Malaysia. Hari ini gue mau coba makanan khas Malaysia yaitu Nasi Lemak dan Teh Tarik. Nasi Lemak mugkin kalo di Indonesia same like Nasi Uduk ya guys. Isinya biasanya rebusan telor ayam yang dibelah, teri, sambel, dan kalian boleh tambah lauk lainnya. Tapi menurut gue nasinya agak lebih “pera” dan maaf mulut gue nggak cocok hehe. Maklum mulut kampung. Tapi Teh Tariknya matap banget dah, suka gue hehe.

Nasi Lemak dan Teh Tarik

Setelah sarapan, perjalanan hari ini agak jauh ya. Destinasi pertama gue hari ini adalah Batu Caves. Kalian pasti tau lah tempat wisata yang terkenal di Malaysia itu. Kalau mau kesini kita harus ke KL Sentral dulu terus nanti liat jadwal dulu, biasanya jadwalnya 1 jam sekali. Kali ini kita naik MRT karena jaraknya lumayan jauh, yaa kurang lebih 45 menitanlah. Tapi tenang MRT-nya enak kok bersih dan nyaman. Ohiya, Batu Caves itu ada di Stesen terakhir ya, jadi jangan khawatir kelewat. hehe

ini Stesen Batu Caves

Masuk Batu Caves itu gratis ya, tapi ada beberapa tempat yang bayar sih. Kalian cukup berpakaian sopan dan tidak meludah disembarang tempat aja. Kalapun kalian pakai celana pendek biasanya nanti di pakaikan kain, karena ini tempat suci. Patung Budhanya ada dibawah ya sebagia salah satu spot foto yang Instagramable hehe. Kalo gue sih coba naik sampek puncak karena gue penasaran diatas ada apa. Ternyata itu Goa yang didalamanya banyak kuil-kuil. Guys, kalian musti hati-hati yah kalo kesini membawa makanan atau minuman. Karena disini banyak monyet-monyet nakal, bisa-bisa makanan dan minuman kalian raib digondol monyet. Hehe

Salah satu spot andalan di Batu Caves

ini patung yang ada di atas Goa

ini salah satu spot yang ada di Kawasan Batu Caves

Setelah semua kelar di Batu Caves gue melanjutkan perjalanan ke daerah sekitaran National Mosque atau Masjid Negara. Mumgkin kalo di kita itu Masjid Istiqlal. Kalian kalau mau kesini bisa naik Bus Gratis yang ada di depan KL Sentral. Tunggu aja di halte nanti juga ada. Semacam busway kalo di kita. Nah sesampainya di Masjid Negara kalian bisa solat atau keliling-keliling masjid. Ini dibuka untuk umum, jadi untuk yang Non-Muslim yang mau masuk, akan dipakaikan Jubah untuk perempuan dan Sarung untuk laki-laki. Selain Masjid Negara, jika kalian mau jalan keatas, kalian bakal banyak menemukan Museum dan juga ada Planetarium. Cuma sayangnya pas gue kesini Planetariumnya udah tutup karena udah sore. Agak nyesel sih, tapi bisa foto di depan planetariumnya sih hehe.

National Mosque atau Masjid Negara

Planetarium Negara

Nah setelah kelar, gue memilih untuk menikmati suasana Kualalumpur malam hari di Twin Tower. Hilir mudik dan gemerlap lampu-lampu yang menghiasi gedug-gedung dan pohon-pohon disepanjang jalan, cantiknya Kualalumpur malam hari. Seperti biasa sebelum pulang ke hotel, kali ini gue mampir dulu ke Mydin. Jadi Mydin itu sama kaya minimarket yang menjual makanan dan oleh-oleh Malaysia. Bagi pencinta cokelat, ini kayaknya surganya deh. Kalian pasti hilaf dengan semua yang ada disini. Nah biasanya juga yang buka jasa Jastip, belanjanya disini. Upss . hehe

sebagian oleh-oleh dan juga titipan hehe

Nah dihari ketiga ini tidak banyak yang kita lakukan, paling gue penasaran dengan Susu Milo yang dijual nggak jauh dari hotel. You know what, kalo kalian beli Susu Milo di plastik nanti akan diikat sama tali. Kalian boleh memintanya untuk diikat mati atau diikat dipinggir supaya bisa diminum sepanjang jalan. Rasanya manis banget, karena ditambah susu tambahan tapi asli ini unik dan enak hehe.

ini pemapakan Es Milonya

Ohiya karena hari ini check-out jadi kita keluar jam 12 siang waktu Malaysia. Barang bawaan kita pun semakin berat karena ada oleh-oleh hehe, jadi kami langsung memilih untuk ke KL Sentral dan makan siang disana. Tetep kalo gue pasti cari fast food walapun sama aja nasinya, nasi lemak atau nasi kebuli. Penerbangan gue jam 19.00 waktu Malaysia yah, jadi gue nggak terburu-buru. Sekitar pukul 15.00 gue naik bus yang sama waktu berangkat menuju Bandara KLIA 2. Sampai disana lumayan agak mengular antrian ke Imigrasinya. Tapi tetap untuk jadwal penerbangan gue masih aman. Dan setelah kelar waktunya Back to Indonesia tercinta ..

Segitu aja yah sedikit cerita gue di Malaysia. Sometime, jika kita memilih untuk berpergian ke Negara lain bukan karena Indonesia itu nggak indah tapi kita pun harus banyak belajar dari setiap tempat yang kita kunjungi termasuk negara lain. Dan menurut gue Malaysia itu negara yang aman buat backpacker-an amatarian kayak gue. Selain nggak terlalu jauh dari Indonesia, bagi yang merasa Bahasa Inggrisnya dibawah rata-rata kayak gue nggak usah panik, karena mereka mayoritas pake bahasa Melayu yang nggak terlalu jauh dari Bahasa Indonesia. Hehe. Jangan lupa piknik yaa teman-teman, biar bahagia …