Cemang (Cemilan Mangrove) Muaragembong

Tidak akan ada habis ketika kita bicara mengenai Muaragembong. Mulai dari lokasinya yang dialiri Sungai Citarum sampai potensi pariwisatanya. Ya, Kecamatan Muaragembong yang merupakan 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi ternyata menyimpan banyak potensi yang belum banyak orang tahu termasuk oleh-oleh khas Muaragembong yaitu Cemang. Selain kaya akan potensi pengembangan  budidaya perikanan pantai seperti Ikan Bandeng, Udang, Kerapu, Lobster, Kepiting dan lainnya yang sebagain dapat diolah menjadi Kerupuk Udang dan Ikan, serta menjadi Terasi, ternyata kita dapat memperoleh oleh-oleh dari olahan Mangrove.


Dodol Mangrove Muaragembong
Selain berfungsi sebagai penahan abrasi ternyata tanaman mangrove dapat diolah menjadi makanan yang enak seperti Jus dan Dodol. Jus dan Dodol yang dihasilkan dari buah mangrove jenis Pidada  (Sonneratia ovate dan Sonneratia caseolaris) dapat bertahan hingga 1 bulan untuk Dodol, dan Jus bisa dinikmati sambil menikmati alam Muaragembong. Selain untuk dinikmati ditempat, untuk olahan Mangrove dapat dibawa pulang untuk oleh-oleh dari Muaragembong.

            Masyarakat dibantu dengan aktivis lingkungan mulai terampil mengolah tanaman mangrove menjadi  olahan yang dapat mengahasilkan uang. Hal ini dapat membantu penghasilan masyarakat Muaragembong, namun produksi ini masih sangat terbatas karena masih sedikitnya tenaga yang terampil dalam mengolah mangrove, terbatasnya alat untuk mengolah, masih banyak masyarakat yang menebang tanaman mangrove jenis ini karena menurut mereka tidak bermanfaat, serta masih kurangnya promosi sehingga banyak orang yang belum tahu akan cemilan mangrove ini.

            Bukan tidak mungkin cemang ini akan menjadi primadona dirumahnya sendiri (Kabupaten Bekasi). Karna tempat pariwisata yang ideal adalah daerah itu harus memiliki apa yang disebut Something to see, Something to do, dan Something to buy. Apa yang bisa kita nikmati di daerah itu, apa yang bisa kita lakukan disitu, dan apa yang dapat kita beli disana untuk oleh-oleh. Dengan mendukung masyarakat Muaragembong didalam memproduksi hasil olahan mangrovenya sama saja dengan kita membantu perekonomian masyarakat Muaragembong dan kita bangga dengan produk dari rumah sendiri. Yuk dukung pariwisata di rumah sendiri.




0 Comments