Masa Pandemi, Yuk Belajar Bisnis Aquascape: Modal Tipis Untung Berlapis

Masa Pandemi, Yuk Belajar Bisnis Aquascape: Modal Tipis Untung Berlapis

Hallo sobat jalan-jalan, apa kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat selalu yah. Btw, nggak kerasa yah sudah mau satu tahun pandemi Covid-19 di Indonesia ada. Eh nggak bisa dibilang ‘nggak kerasa’ juga sih, karena pandemi ini membuat banyak perubahan dalam hidup kita. Iya nggak nih sobat jalan-jalan?

Kebiasaan normal baru dibuat agar kita tetap bisa beraktivitas selama masa pandemi ini. Salah satu contohnya adalah bekerja dari rumah (work from home). Dahulu sebelum pandemi ada, kita dengan leluasa pergi kemanapun kita mau tanpa khawatir, saat ini kita harus lebih mengontrol diri agar mengurangi kegiatan di luar rumah jika tidak terlalu penting, alias stay at home.

Mulai Menekuni Hobi Kembali

Aquascape
Foto oleh Zoosnow dari Pixabay

Pandemi ini memang tidak selamanya berdampak negatif yah, karena ada sebagian hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil. Salah satunya adalah memiliki waktu lebih untuk menekuni hobi kembali. Yaps, mungkin selama kerja dulu waktu kita sangat terbatas untuk menekuni hobi karena menumpuknya pekerjaan, nah di masa pandemi ini karena lebih banyak di rumah, jadi semakin banyak waktu juga untuk memulai kembali menekuni hobi yang dulu sempat terabaikan.

Setiap orang pasti punya hobi masing-masing, seperti abang yang memulai kembali hobi menulis dan mulai tertarik belajar hal baru, salah satunya adalah mulai suka dengan dunia menghias akuarium. Betul banget, namanya adalah aquascape

Mengenal Aquascape

Aquascape oleh MabelAmber Pixabay
Foto oleh MabelAmber dari Pixabay

Sobat jalan-jalan sudah tahu apa itu aquascape? Tenang kalau belum tahu abang kasih tahu nih hehe. Aquascape merupakan seni mengatur tanaman, batu, karang, kayu, dan sebagainya dalam sebuah media seperti  kaca atau akrilik atau bisa disebut akuarium. Pasti sobat jalan-jalan sudah banyak yang tahu dan liat yaah aquascape ini, yakan? Pas banget karena abang masih baru dan pengen tahu banyak seputar aquascape, akhirnya abang menemukan video di youtube yang membahas tentang aquascape.

Video ini ada di channel youtube Ninjaxpressid dengan judul Tips BisnisAquascape: Modal Tipis Untung Berlapis|BERGURU (Belajar Ragam Usaha Baru) Eps.02 atau kalian bisa klik judulnya untuk menonton. Di video ini ada Mas Wendy Kurniawan seorang Aquascaper yang sudah berpengalaman dan sudah meraup untung dari usahanya di dunia aquascape.   

Belajar membuat aquascape emang butuh kesabaran dan ketelitian serta harus memiliki kecintaan lebih terhadap tanaman dan satwa. Yaps karena komponen utamanya adalah tanaman dan satwa seperti ikan sebagai penghias aquascape-nya. Ini salah satu pesan awal dari Mas Wendy buat kita yang masih newbie hehe.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat aquascape?

Tips Bisnis Aquascape: Modal Tipis Untung Berlapis | BERGURU (Belajar Ragam Usaha Baru) Eps. 02

Mas Wendy menjelaskan, ada beberapa hal yang harus dipersiapakan untuk membuat aquascape di rumah nih sobat jalan-jalan. Seperti:

1. Menyiapkan wadah atau akuarium sebagai media tanam. Boleh ukuran dan berbentuk apa aja yah.

2. Siapkan tanaman sesuai selera. Biasanya kebanyakan tanaman yang digunakan adalah Amazon Sword, Ludwigia Repens, Giant Hairgrass, dan masih banyak yang lainnya. 

3. Menyiapkan lampu sebagai pengganti cahaya matahari.

4. Siapkan komponen hardscape seperti batu atau kayu. Kalian bisa sesuaikan sesuka hati yah~

5. Siapkan juga substrat atau dsaran pada aquascape seperti pasir malang, pasir silika, sampai ke tanah. Substrat ini disesuaikan juga dengan jenis tanaman yang kita pilih ya sobat jalan-jalan. 

6. Jangan lupa sediakan pula pinset khusus untuk menancapkan tanaman di aquascape. Pinset ini sangat memudahkan kita menancapkan tanaman di substrat aquascape.

NinjaXpress edisi Aquascape

Selain itu, di video ini pun Mas Wendy mengenalkan tiga jenis gaya aquascape yang sering digunakan, seperti: 

1. Dutch Style (Gaya Belanda)

Menurut informasi, Dutch Style ini merupakan aliran aquascape tertua yaitu dari tahun 1930. Biasanya gaya ini menggunakan 10-12 jenis tanaman stem dengan warna yang berbeda-beda. Semakin rumit penempatan tanamannya, semakin menambah nilai estetik dalam gaya ini.

2. Iwagumi Style (Gaya Iwagumi)

Selanjutnya adalah Iwagumi Style yang diperkenalkan oleh mastah dari Jepang, yaitu Takashi Amano. Nah secara garis besar, Iwagumi Style ini mewakili masyarakat Jepang yang suka dengan keindahan, spiritualis, serta kesederhanaan. Oleh karena itu, gaya iwagumi ini hanya menggunakan batu sebagai hardscape nya dan hanya satu jenis tanaman (biasanya tanaman karpet).

3. Nature Style (gaya Alami)

Gaya ketiga yang dikenalkan oleh Mas Wendy adalah Nature Style atau dikenal juga dengan gaya alami. Pada dasarnya, nature style ini menggambarkan miniatur di alam sekitar, seperti pegunungan, hutan hujan, sampai ke bukit atau lembah. Perpaduan antara batu, kayu apung, dan jenis tanaman harus diperhatikan dalam gaya ini.  

Bisnis Aquascape, Modal Tipis Untung Berlapis

BERGURU NinjaXpress
Dari video youtube ini, abang jadi dapet banyak insight baru seputar aquascape. Mas Wendy mengatakan, untuk pemula yang ingin membuat aquascape membutuhkan modal sekitar Rp. 500.000 – Rp. 600.000,- dan untuk yang sudah profesional seperti Mas Wendy, beliau pernah membuat aquascape sepanjang 4 meter seharga di atas 100 juta rupiah. Nahkan untungnya gede bangetkan?

Yaps, salah satu kunci yang harus dilakukan adalah keseriusan dan kesabaran lebih, apalagi untuk pemula. Sering-sering gagal mah nggak apa-apa, namanya juga belajar, yang terpenting itu nggak menyerah hehe. Apalagi aquascape ini bisa dilakukan di rumah selama pandemi. Jadi ada aktivitas baru deh selama di rumah aja. 

BERGURU bareng Ninja Xpress

Channel Youtube Ninja Xpress

Sobat jalan-jalan perlu kita tahu nih, cerita di atas abang dapetin setelah abang nonton video BERGURU di channelnya Ninjaxpressid. Sudah pada tahu belum apa itu BERGURU? Haha, BERGURU ini merupakan kependekan dari Belajar Ragam Usaha Baru yang merupakan kategori konten dari Ninja Xpress untuk melakukan kolaborasi bersama para kreator lokal untuk mendukung UMKM dan brand lokal serta para komunitas menghadapi new normal. Mantapkan?

Web Ninja Xpress

Sobat jalan-jalan pasti udah tahu dong Ninja Xpress? Yaps, Hadir di Indonesia sejak tahun 2015, Ninja Xpress mendukung industri bisnis UKM hingga e-commerce  dengan menyediakan solusi layanan pengiriman berbasis teknologi inovatif, yang turut menyelesaikan kerumitan dari proses pengiriman paket. Ninja Xpress menghadirkan pilihan fleksibel bagi pelanggan, serta kemudahan sistem yang memungkinkan pelacakan paket secara real-time, pembayaran paket secara cash-on-delivery, serta layanan customer service yang profesional. Dengan pemahaman mendalam terhadap sektor e-commerce dan perdagangan sosial, bersamaan dengan kebutuhan konsumen Indonesia, Ninja Xpress hadir untuk menciptakan solusi pengiriman melalui layanan teknologi yang memadai, serta menjadi solusi yang mampu menjangkau berbagai skala bisnis.

Tentunya nih sobat jalan-jalan, akan ada video raga usaha baru yang bisa dimulai dari rumah melalui konten BERGURU. Video barunya akan di update setiap satu minggu sekali, tonton di channel youtube-nya Ninjaxpressid jangan lupa di subscribe channel Ninjaxpressid biar nggak ketinggalan video-videonya yang sangat menginspirasi dan jangan lupa kunjungi ninjaxpress.co untuk info lebih lanjut yah~

0 Comments