Pantai Muara Beting, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi

Ketika kita banyak bicara mengenai Bekasi, apakah Anda pernah terpikir kalau Bekasi memiliki tempat wisata? Ya mungkin sebagian orang bertanya-tanya, apakah Bekasi memiliki tempat wisata atau tidak, karena sejauh ini belum banyak tempat wisata di Bekasi yang ramai dikunjungi dan ter-Ekspose media, sekali pun ada pasti tidak terurus dengan baik. Itu mungkin yang menjadi beberapa alasan pengunjung enggan untuk berkunjung, walapun tempat itu menarik untuk dikunjungi. Yang sering kita lihat dewasa ini di Bekasi adalah menjamurnya pusat perbelanjaan dan apartemen mencakar langit serta perumahan yang sangat mendominasi di Bekasi. Selain itu juga, Bekasi sebagai Kawasan Industri yang merupakan kawasan berikat industri dan merupakan salah satu kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Lantas dimana tempat wisata di Bekasi?

            Saya memang bukan dari jurusan Ilmu Pariwisata, tapi hobi jalan-jalan saya yang membuat saya tahu bahwa Bekasi ternyata memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa apabila kita sama-sama mengembangkan potensi tersebut. Untuk apa jalan-jalan jauh kalau di rumah sendiri aja banyak yang kita belum tahu. Nah, disini saya akan sedikit bercerita mengenai potensi rumah kita (baca : Bekasi), yaitu Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. 


 Kantor Camat Muaragembong, Kabupaten Bekasi

Anda tahu Muaragembong? Ya salah satu nama kecamatan di Kabupaten Bekasi yang memiliki ciri paling berbeda dengan 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi lainnya. Kalau saya bilang kecamatan ini Bak “Mutiara dalam Kerang”. Kenapa saya bilang Muaragembong ini bak mutira dalam kerang? Ya karena daerah Muara Gembong  ini di lalui oleh laut Jawa. Sudah terbayangkan jika derah ini penuh dengan perairan? Nah, dari  sini lah yang membuat Muaragembong memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa. Salah satunya di bidang Pariwisata Bahari, banyak yang belum tahukan kalau Muaragembong  itu ternyata memiliki objek wisata bahari yang tidak kalah dengan pantai-pantai lain di Indonesia, yaitu di Pantai Muara Beting. Ya memang tak selengkap dan seindah pantai-pantai lain tapi ini bisa menjadi alternatif  perjalanan Anda yang memiliki budget sedikit tapi ingin menikmati ombak pantai atau sekedar berkeliling menikmati rindangnya pohon mangrove. Yuk monggo ke Muaragembong.

Pantai Muara Beting, Sebagai Potensi Wisata Bahari di Kab. Bekasi

Pantai Muara Beting merupakan pantai yang ada di Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi tepatnya di Kampung Beting, RT. 004/002 Desa  Pantai Bahagia, memang belum banyak yang mengetahui Pantai Muara Beting ini karena lokasinya yang berada ditengah-tengah laut, jadi butuh perahu untuk dapat sampai ke lokasi tersebut. Tapi jangan khawatir, sepanjang perjalanan menuju Pantai Muara Beting, Anda akan disuguhkan hamparan hutan mangrove yang mulai menghijau memelilingi pesisir pantai, menarik bukan? 

 Wisata Edukasi Mangrove dan Lokasi Pemotretan

Pantai Muara Beting pada umunya berupa pantai yang cukup panjang kurang lebih 340 m atau 0,34 km bila diamati dari Google Earth yang belum tersentuh sarana dan prasarana apapun karena memang ini belum dijadikan lokasi pariwisata di Kabupaten Bekasi. Potensi pantai ini  dapat dikembangkan menjadi potensi wisata bahari seperti memotret sekaligus edukasi disekitaran hutan mangrove yang pada umumnya berjenis Api-api (Avicennia marina dan Avicennia alba), Bakau (Rhizophora mucronata), Pidada (Sonneratia ovate dan Sonneratia caseolaris,), Nipah (Nypa frutican), dan beberapa berupa semak seperti Jeruju (Acanthus illicifolius). Selain dapat mengenal jenisnya kita pun dapat melihat dan membeli hasil olahan mangrove Pidada dan jenis Api-api yang dapat diolah menjadi sirup, dodol, puding dari olahan mangrove. Ada juga yang memanfaatkan rumput-rumput untuk dijadikan anyaman tikar. 

            Biasanya di akhir pekan, banyak pengunjung yang datang. Mulai dari hari Jumat sampai dengan Minggu. Biasanya pengunjung yang datang itu adalah para pemancing. Mereka sengaja mengunjungi Pantai Muara Beting untuk menyalurkan hobi memancingnya untuk merasakan sensasi memancing yang berbeda di tengah laut. Selain itu juga jenis ikan yang didapatkan pun jenis  ikan Kakap Putih. Lumayankan?

Bagang tempat memancing di Pantai Muara Beting

Dipantai Muara Beting memang sudah disediakan gubuk-gubuk ditengah laut yang berjumlah sekitar 15 gubuk yang diperuntukan untuk para pemancing, biasanya satu gubuk berjumlah 4 sampai 5 orang. Menarik bukan? Tak perlu jauh-jauh untuk menikmati sensasi memancing di tengah laut datang saja langsung ke Pantai Beting Muaragembong, dengan merogoh kocek Rp. 15.000,- per orang untuk menyewa perahu, Anda sudah dapat menikmati sensasi memancing ditengah laut.

  Selain itu , Tempat pariwisata yang ideal adalah adanya keterkaitan satu objek wisata dengan wisata lainya. Seperti halnya Pantai Muara Beting, didekat Pantai Muara Beting terdapat juga objek wisata lain yang letaknya tidak jauh, yaitu Masjid Alam Balacan sebagai objek wisata religi yang terdapat di perbatasan antara Desa Pantai Mekar dan Desa Harapan Jaya. Dan ada juga Muara Bendera, selain bisa belajar mengenal jenis mangrove dan belajar untuk menanam sendiri, disana juga masih terdapat habitat Lutung Jawa yang masih tersisa. Jadi kapan mau ke Bekasi?