Mau Liat Manusia Purba? Ke Gua Pawon Aja

Siapa yang belum pernah ke Bandung? Ibukota dari Provinsi Jawa Barat ini penuh pesona dan kreativitas. Siapapun yang mengujungi kota Kembang ini pasti selalu betah berlama-lama menikmati keindahan alamnya. Udaranya yang sejuk, warganya yang ramah, serta lokasi pariwisatanya yang tidak kalah dengan daerah lain, membuat siapapun yang pernah mengunjungi tempat ini akan sependapat dengan saya. Jika kalian yang suka mengunjungi tempat baru, apakah kalian sudah pernah mengunjungi Gua Pawon? Jika jawaban kalian belum, segeralah mengunjungi gua ini.

            Sedikit cerita dari saya mengenai Gua Pawon yang mungkin  bisa menjadi sedikit gambaran perjalanan liburan kalian diakhir pekan ini. Perjalanan saya diawali dengan terpilihnya saya menjadi Delegasi Ekspedisi Mata Angin 2014 setelah melewati proses seleksi yang ketat. Acara Ekspedisi Mata Angin ini merupakan acara yang diusung oleh Ambassador of Indonesian Culture and Tourism (AICT) yang merupakan project dari Komunitas Sobat Budaya.

            Tak tanggung-tanggung, acara ini mengundang peserta terpilih dari seluruh Indonesia yang telah dibekali sebelumnya dengan materi-materi penunjang dalam perjalanan ekspedisi seperti Travel Writing, Fotografi, dan Videografi.  Semua materi ini disampaikan oleh pakar-pakar dibidangnya dengan penyampaian yang santai dan fresh, sehingga kita dengan mudah memahami materinya. Selain itu acara ini didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Wardah Kosmetik “Inspiring Beauty”, JNE “Express Across Nation” , dan masih banyak lagi.

            Perjalanan saya berawal ketika saya bergabung bersama kelompok 1 yang mendapatkan lokasi ekspedisi di Gua Pawon dan Stone Garden atau Taman Batu di daerah Padalarang. Perjalanan kami awali menuju ke Gua Pawon dengan menggunakan fasilitas mobil dari JNE. Ini cerita singkat saya, buat kalian yang menyukai Wisata Alam atau Wisata Sejarah, Gua Pawon bisa menjadi salah satu alternatif kunjungan kalian diakhir pekan.  Gua Pawon merupakan gua yang terletak di Pasir atau Gunung Pawon, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat, jaraknya kurang lebih 500 meter dari pintu masuk Kawasan Karst Citatah di tepi Jalan Raya Padalarang. Atau kita bisa menempuh jarak + 25 km  ke arah Barat menuju Padalarang dari Kota Bandung.

            Mengapa harus mengunjungi tempat ini? Ini mungkin pertanyaan pertama yang akan terlontar ketika mendengar Gua Pawon. Gua Pawon ini merupakan salah satu Cagar Alam yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bandung Barat. Gua yang “mengangah” lebar ini membuat kita akan terpesona dengan salah satu Maha Karya Tuhan yang sangat luar biasa. Maha Karya yang terbentuk oleh alam secara alami dan wajib dikunjungi, dipelajari, serta dilestarikan ini.

            Dengan merogoh kocek Rp 5.500,- kita sudah dapat “menelanjangi” Gua Pawon sampai ke titik feminim yang belum banyak orang ketahui. Titik yang mungkin hanya bisa kalian nikmati ketika berada di jantung Gua Pawon. Selain itu, sepanjang perjalanan menuju ke Gua  Pawon, kalian akan disambut rombongan kera-kera yang hidup di sekitaran gua.

            Lain di luar lain juga di dalam, saat berada di mulut gua kita sudah disambut dengan aroma khas yang mungkin sebagian orang tidak menyukainya. Ya, aroma itu berasal dari kotoran ribuan kelelawar yang “menghitam” di atas gua, selain itu juga kalian akan menjumpai kawanan burung Walet yang hilir mudik di antara celah-celah mulut gua. Tenang saja, aroma itu hanya tercium di awal saja, semakin dalam dan semakin tinggi kita menjelajahi isi gua, semakin terbiasa dan perlahan menghilang aromanya. Stalaktit yang menggantung dilangit-langit membuat gua ini pun semakin cantik dan mempesona.



Penampakan Stalaktit yang sangat mempesona


Selain terpesona dengan keindahan isi gua, kalian pun akan tercengang dengan penemuan fosil manusia purba yang ada di dalam gua. Ternyata, menurut sejarah gua tersebut pada masa lalu digunakan sebagai tempat hunian dengan temuan berupa artefak penunjang kehidupan pada masa lalu, serta di gua ini pernah ditemukan oleh para peneliti yaitu lima bagian tulang belulang manusia purba yang mewakili lima individu yang berbeda, dan kalian bisa melihat rangka utuh manusia purba yang pernah ditemukan di Gua Pawon.


Fosil manusia purba di Gua Pawon

Jadi, selain menyimpan keindahan, ternyata Gua Pawon menyimpan banyak sejarah dan misteri yang harus kita pelajari. Yuk, tunggu apalagi kalau mau belajar tentang Arkeologi dan Ilmu Kebumian, Gua Pawon bisa menjadi salah satu alternatif mudah mengisi liburan atau hanya sekedar ingin menikmati hamparan kawasan karst di Kabupaten Bandung Barat.
           


0 Comments