Ada Stonehenge di Padalarang?



Siapa yang belum pernah ke Bandung? mungkin hampir setiap orang sudah pernah mengunjungi Kota Kembang ini. Kota dan Kabupaten yang terkenal dengan udaranya yang segar, pemandangannya yang indah, serta sekarang Bandung menjadi sorotan pelancong baik domestik maupun mancanegara. Mengapa tidak? Bandung saat ini memiliki banyak inovasi baru dan segar bagi masyarakatnya maupun orang-orang yang sekedar ingin tahu dengan terobosan yang ada di Bandung. siapa yang tidak tahu dengan Taman Jomblo?, kalau Taman Musik?, atau Taman Lansia? Eitss, yang paling terbaru deh Taman Film? Tahu ngga?  Ini semua tempat hiburan yang dibuat untuk masyarakat Bandung khususnya dan seluruh orang yang berkunjung ke Bandung pada umumnya.

            Mungkin itu segelintir kecil tempat wisata di Bandung, tetapi kali ini saya akan membahas tentang Taman Batu atau Stone Garden. Ada yang pernah mendengar Taman Batu atau Stone Garden di Bandung? Jika belum boleh simak cerita saya serunya berkeliling Stone Garden. Perjalanan saya di Stone Garden berawal ketika saya dinyatakan menjadi salah satu delegasi Ekspedisi Mata Angin 2014 perwakilan Bekasi. Acara yang diselenggarakan oleh Ambassador of Indonesian Culture and Tourism (AICT) dibawah naungan Komunitas Sobat Budaya ini mempertemukan saya dengan orang-orang hebat se-Indonesia hasil seleksi yang ketat.

Singkat cerita, saya masuk dikelompok satu yang mendapatkan lokasi destinasi Gua Pawon dan Taman Batu atau sering disebut Stone Garden. Pagi itu kami diantarkan menggunakan mobil JNE. Setelah sampai dilokasi, kami mengunjungi Gua Pawon terlebih dahulu sebelum Stone Garden karna lokasi yang berdekatan dan masih dalam satu kawasan karst di daerah Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
            Pernah mendengar Stonehenge di Inggris? Mungkin Stone Garden ini bisa dibilang versi Indonesianya. Lokasi yang terletak di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat merupakan pemandangan hamparan perbukitan dengan bongkahan Batugamping dengan variasi bentuk dan ukuran yang menghampar luas seperti Taman Batu (Stone Garden). Diperlukan waktu 30 menit atau sekitar 1,5 kilometer menuju lokasi yang berada kurang lebih 710 meter diatas permukaan laut. 



Stone Garden, Citatah, Kabupaten Bandung Barat


Trek yang berliku dan lumayan terjal membuat kita harus berhati-hati dalam berjalan, tetapi itu semua akan terbayar lunas ketika kita sudah berada di Stone Garden. Hamparan bebatuan yang tak beraturan, ilalang-ilalang yang mengelilingi bebatuan, sampai hamparan pesawahan yang sebagiannya mulai menguning terlihat jelas dari lokasi Stone Garden.


            Menurut cerita, hamparan ini merupakan bagian-bagian dari kumpulan Batugamping yang terbentuk dibawah permukaan laut sekitar 30 juta tahun yang lalu. Wow, bukan hanya pemandangan yang indah yang bisa kita nikmati tetapi, kita bisa belajar mengenai jenis batuan gamping beserta proses geologinya.
 


Hamparan batugamping yang meninggi diantara ilalang



Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Stonehenge di Inggris untuk menikmati hamparan bebatuan, cukup ke Stone Garden di Bandung saja. Selain jalan-jalan, kita juga bakalan banyak dapet pelajaran tentang bebatuan, kita juga bisa mengetahui sejarah pembetukanya, terlagi lokasi ini berdekatan dengan Gua Pawon sehingga sekali mendayung dua pulau dinikmati. Selamat berlibur.  

           
 
 


















0 Comments